Coba-Coba Gak Minum Gula Sebulan, Ternyata Begini Akibatnya


infus

Sejak keberhasilannya ‘puasa’ yang manis-manis sebulan penuh, Rafi mulai sering menggugat. 

“Bapak curang! Kenapa cuma aku yang nggak boleh minum manis? Kenapa Bapak boleh?”

“Loh, siapa bilang kamu nggak boleh? Kamu boleh minum manis, tapi… kalo nggak minum manis, dapet hadiah,” jawab gue, “Lagipula, Bapak kan olah raganya jauh lebih banyak daripada kamu.”

Tapi diem-diem gue mikir juga, “Apa iya, konsumsi gula gue udah ideal?”

Gue sih nggak merasa mengonsumsi gula secara berlebihan. Memang gue setiap hari rutin beli Kopiko 78, dan seminggu sekali beli Starbucks, tapi masih dalam batas wajar, toh? 

Di sisi lain, gue baca dari berbagai sumber bahwa gula, dalam bentuk gula olahan (gula pasir, gula batu, gula aren, dan teman-temannya) sama sekali nggak ada kontribusinya terhadap gizi. Semua makanan yang bisa dicerna manusia, termasuk pare yang pahit sekalipun, pasti akan diubah jadi energi dalam bentuk gula darah. Jadi dari segi manfaat, gula olahan itu gak guna. Paling-paling cuma untuk menghibur lidah, sementara mudharatnya lebih banyak karena berpotensi bikin aneka penyakit. Pertanyaan logisnya adalah: lantas ngapain gue menelan zat yang nggak ada gunanya, bahkan bisa bikin penyakit, hanya untuk menghibur lidah, yang sebenernya bisa dihibur dengan cara yang lebih sehat?

Bahayanya lagi, konon gula juga bersifat adiktif, bikin ketagihan, bahkan lebih adiktif dari kokain. Nih, baca laporan eksperimennya di sini. Para produsen makanan tau bener soal ini, makanya mereka demen banget nambahin gula ke produk-produknya. Coba deh baca label produk makanan yang mengaku ‘tanpa bahan pengawet’, maka elu akan nemuin minimal salah satu dari dua zat ini dalam jumlah besar: kalo nggak gula, ya garam. Lha iya, sejak jaman nenek moyang, cara terpopuler mengawetkan makanan tuh kalo nggak dibuat manisan ya asinan! Gula sebagai pengawet ‘alami’ menarik banget buat para produsen makanan, karena selain bikin makanannya tahan lama, bikin konsumennya ingin beli lagi dan lagi. Menguntungkan!

Nah, berbekal literatur sana sini dan motivasi untuk nggak digugat seorang bocah SD, maka pada tanggal 28 Juli 2015 gue menetapkan nggak akan mengonsumsi gula olahan sama sekali. Peraturan yang gue buat sendiri adalah sebagai berikut:

  • Nggak akan mengonsumsi segala jenis makanan yang mengandung gula olahan (dengan demikian buah segar dan juice murni tanpa gula masih dikonsumsi)
  • Menabung uang yang biasanya gue pake untuk beli makanan/minuman bergula

Gue juga ingin tau pengaruh absennya gula ke berat badan gue, maka gue catet berat sebelum mulai puasa gula adalah 93,5 KG.

Hari pertama, sekitar jam 11 siang mulai terasa ‘sakaw’ ingin beli Kopiko 78. Berhasil gue tahan, dan gue masukin 6.500, seharga Kopiko 78, ke dalam amplop. Kenapa nggak minum kopi pahit aja? Karena gue nggak doyan. Pulang kantor lewat minimarket, mendadak ngiler ingin beli Frestea. Dengan susah payah berhasil gue tahan, dan duit 8.100, seharga Frestea, masuk amplop. Begitu seterusnya, tiap kali gue ngiler ingin beli sesuatu yang manis, gue masukin duit seharga benda itu ke amplop. Berlaku juga untuk benda manis yang saat itu mungkin nggak terlalu bikin ngiler, tapi biasanya gue beli dalam waktu tertentu. Misalnya kalo nonton bioskop biasanya beli popcorn caramel, maka gue masukin duit senilai harga popcorn ke amplop. Kenapa nggak beli popcorn yang asin aja? Sama seperti kopi, karena gue nggak doyan.

Seminggu pertama rasanya kayak gejala putus obat. Gelisah, rasanya ingin belok ke minimarket melulu, dan segala makanan manis yang dulu-dulu nggak menarik mendadak jadi nampak menggiurkan. Sebagai pengalih akhirnya gue jadi beli banyak cemilan asin. Nggak lebih sehat juga, tapi minimal supaya seminggu pertama ini bisa fokus pada satu ‘musuh’ dulu deh. Yang jelas, di minggu pertama ini gue jadi sadar bahwa jajanan manis gue ternyata banyak banget. Tiap hari berkali-kali gue harus masukin duit ke amplop.

Minggu kedua, gejala sakaw mulai berkurang. Ngemil yang asin-asin juga berkurang, karena ternyata ngemil asin dalam jumlah banyak tanpa diimbangi minum manis malah bikin mual. Mending nggak usah sekalian.

Minggu ketiga, gue merasa ada sesuatu yang beda. Gue pikir-pikir, apa yang beda, ya? Ternyata sekarang gue nggak pernah ngantuk lagi di kantor! Jadi selama ini gue rutin minum kopi sekitar jam 11 karena di jam itu mulai terasa ngantuk. Eh setelah kopinya distop, ngantuknya malah hilang!

Minggu keempat, ada seorang temen kantor gue yang mulai penasaran ngelihat kebiasaan baru gue. Pas lagi makan siang bareng, tiba-tiba aja dia beliin es podeng buat gue!

podeng

Es podeng dan oknum pembelinya

Di posisi itu, gue udah lebih dari 30 hari nggak makan/minum manis, jadi setan di otak gue mulai bisik-bisik, “Nggak papa lah, emang apa pengaruhnya sih minum es podeng sebiji doang?” Tapi gue pikir-pikir, kalo sekali ini gue nyerah, besok-besok godaannya akan makin dahsyat. Maka dengan berat hati, terpaksa gue biarkan es podeng itu meleleh…

Tanggal 5 September, hari Rafi  boleh minum manis dan gue pun ikutan. Hal pertama yang gue lakukan adalah menghitung duit dalam amplop. Ternyata isinya adalah… 660 ribu! Bayangin, ternyata dalam waktu kurang lebih sebulan, gue yang RASANYA nggak terlalu sering beli makanan/minuman manis menghabiskan duit sebanyak itu. Artinya dalam setahun hampir 8 juta yang gue belanjain buat gula doang! Sayang banget, duit segitu banyak mendingan buat beli gadget baru atau jalan-jalan, deh!

Setelah itu gue nimbang, dan berat gue ternyata jadi 89,1 KG alias turun 4,4 KG dalam waktu sebulanan!

Trus gimana saat gue ketemu gula lagi setelah lebih dari 30 hari? Ternyata biasa aja. Tadinya gue kira segala makanan dan minuman manis itu akan terasa WAH banget, taunya enggak tuh. Malah cenderung cepet mual kalo makan/minum yang manis, seperti yang dirasakan Rafi.

Dengan segala efek positif yang terjadi, tentunya program ini gue terusin sampe sekarang, udah sampe hari ke 95 dengan hanya 2 kali ‘cheat day‘.

Bye bye gula!

Foto: nggak ada hubungannya sama gula dan eksperimen ini, cuma ingin tau berapa banyak orang yang kejebak mengira tulisan ini tentang orang yang sakit gara-gara nggak minum gula… Sumber

Tinggalkan komentar

79 Komentar

  1. Aku juga udah putus hubungan sama minuman manis, kayak thai tea, dll gt mas

    Duhhh, padahal duluuu aku tuh bs dibilang hamba promo Go/GrabFood dan nyaris setiap hari beli minum yg manis2 ntuh.

    ALhamdulillah sekarang minum air mineral aja tiap hari.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  2. pas pengen yg manis2 liatin pasangan bgitu buat obat, terus kalau ga kuat banget ya di kiss
    kan halal
    hoho,,
    atau arahin makan buah kali yah

    Suka

    Balas
  3. seru juga percobaan ente bro.. ane sdh berhenti lama tergoda gula palsu si narkoba.. sejak Juni 2015 sampe hari ini.. paling2 meleset klo ada yg nambahin gula putih di makan siang dari kantin kantor.. sapa yg tau tuh taruh apaan di jualannya ga da labelnya bro.. hehe.. btw mampir di mari bro http://www.terapiairhidrogen.id manteb nih buat detox narkoba..

    Suka

    Balas
  4. kyk nya musti coba
    gw minum es teh manis pake 3-4 sendok teh gede tiap hari

    Suka

    Balas
  5. Entah benar atau salah, tapi saya kurang setuju kalau Gula tidak ada gunanya. Glukosa/Sukrosa/Fruktosa akan diubah menjadi energi, dalam proporsi tertentu, dan Input energi juga harus sesuai dengan output energi. Itu teori yang saya pakai untuk berolahraga atau hiking ke gunung, Gula Merah/Coklat Batangan/Biskuit/Permen sering jadi santapan ringan agar lebih bertenaga. Maaf kalau ada salah-salah tanpa mencantumkan link yang lebih meyakinkan.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
    • Iya, kalo untuk kondisi khusus seperti olah raga, memang butuh gula untuk sumber energi cepat. Para pelari marathon juga suka ngemil pasta gula saat energinya mulai turun. Tapi di luar kondisi-kondisi khusus seperti itu, dan selama kita cukup makan, kita nggak butuh gula.

      Suka

  6. Berasa ada yang lebih baik juga pas ga banyak konsumsi gula selama hamil kemarin, tetapi sekarang kambuh lagi.

    Sepertinya aku akan mencoba tantangan diet gula.

    Yuk mari.

    Suka

    Balas
  7. For those who want to try this sugar-free diet and find it difficult, try sugar-free dark chocolate sparingly. It’ll help.

    Suka

    Balas
    • Kalau gue sih mending nggak makan gula daripada makan coklat pahit gitu, haha

      Suka

  8. ijin share ya bung..
    ini persis dengan pengalaman saya

    Suka

    Balas
  9. btw, baru nyadar. kalo liyat dari feed, sepintas judul post ini agak-agak kayak judul-judul artikel di sidebar kitabmuka. hihi. keren!

    Suka

    Balas
  10. Ijin Share ya Pak, …
    Terimakasih ..

    Suka

    Balas
  11. ijin share kang

    Suka

    Balas
  12. inkmoink

     /  9 November 2015

    Hi mbot,
    Dari awal saya baca judul nya sbnrnya saya uda paham bgt kemana arah tujuan tulisan ini. And yes! Saya ngga kejebak. Entah ya pas saya baca judul nya, tetiba aja saya berasa balik ke 3 thn silam.

    Jadi saya adalah pecinta dan peminum kopi kelas kakap. Otak saya brasa stuck kalo dipagi hari saya ngga kena kopi. Akhirnya ritual minum kopi pun ga bs dilewatkan. Ditambah lagi saya pubya B kantor super rajin yang sll buatin saya kopi (mostly cappuccino krn saya pun ngga doyab kopi hitam).

    Si OB sampai tau kopi kesukaan saya apa dan inisiatif bliin stiap kali keabisan stok yg sll ditagihkan stiap tgl gajian :)) hahaha.. Nah ga cm itu, kantor saya yg berlokasi dalam satu gedunh dengan salah satu mall.dijkt semakin manambah khasanah “asam lambung” saya yg ga kunjung usai krn ketagihan kopi.

    Setiap sore saya ngga pernah absen beli strbcks. Jadi dalam sehari saya pasti ngopi 2x blm lg ditambah kl lg stress smp drmh bs ngopi lg. Ngga perna terpikir akan brenti, krn emg buat saya kopi itu obat. Perna dgr istilah “coffee is a language of its own” ya emang bnr mnrt saya. Sampai suatu waktu saya berasa baju kantor saya mulai terasa sesak dipakai, perut jd aga buncit.

    Krn saya ngga tipe org yg doyan makan, saya jd bingung sendiri apa penyebab nya. Kemudian saya ingat, kl saya ngga pernah putus ngopi. Dan Ya! Konsumsi gula jd satu2nya tersangka dalam kasus ini. Hari itu juga saya putuskan untuk stop ngopi. Wah itu sakau nya luar biasa.. Tp saya ngga kayak km yg nabungin uang kopi, saya sih saya belanjain yg lain. Haahahaha..namanya juga cw ya. Saya men-challenge diri saya untuk ganti kopi ke air mineral. Setiap hari saya minta OB untuk belikan saya 1 kardus air mineral botolan berkadar oksigen. Waktu itu 1 kardus isinya 12. Dan saya menantang diri saya untuk meminum minimal 2 botol setiap jam kantor (botol ukuran 1,5liter) sbg pengganti kopi dan wajib saya konsumsi slm 2 bulan. Nah krn niatnya dadakan jd saya ngga sempat nimbang.

    Setelah menjalani challenge lebih kurang 2 minggu, semua celana, rok, blazer dan baju kantor berasa kendor. Dan saya iseng nimbang berat badan saya 52kg (berarti sebelumnya mgkn 54/55kg kali ya).

    Setelah 2 bulan saya menjalani challenge tsb, saya cb nimbang berat badan lagi dan surprisingly berat badan saya turub drastis jadi 42kg. Jadi bisa dibilang turun 10kg lebih ya. Sejak itu semua baju ngga ada yang muat krn kegedean semua, saya pun berubah haluan jadi pemakai baju ukuran S, yg sebelumnya M kecil.

    So, kesimpulannya gula itu emang biang kerok yg harus dihindari. Thanks ya mbot, uda posting cerita ini dan boleh nulis2 disini.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  13. tulisan yang inspiratif, kayaknya nyiksa bgt ya om??tp ga bakal tau hasilnya klo ga dilakuin..harus segera dicoba

    Suka

    Balas
  14. Thanks untuk tulisannya. Dan gw sependapat, karena setau gw salah satu ciri orang yang kena diabetes itu adalah sering ngantuk dan lelah bahkan setelah makan nasi yang notabene banyak kali glukosanya. Tapi ini layak dicoba. sekali lagi thanks.

    Suka

    Balas
  15. kayaknya gw mesti copas puasa gula ala elu deh Mbot. Soalnya gw sering ngantuk banget di pagi hari.

    Suka

    Balas
  1. Lagi Males Ngeblog? Coba Cara Ini deh, Siapa Tau Bisa Berangkat Umroh!
  2. [Menuju Langsing] Kenalan (Lagi) dengan Intermittent Fasting (01) | (new) Mbot's HQ

Ada komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari (new) Mbot's HQ

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca