Begini Caranya Pindahan Video dari FB ke Youtube


Salah satu fitur baru FB yang menurut gue OK adalah Go Live.

Dengan fitur ini, pengguna aplikasi mobile FB bisa bikin siaran langsung kapan pun, dan bisa tanya jawab langsung dengan para penontonnya. Fitur ini bermanfaat banget buat:

(lebih…)

Ini Dia… 11 Jurus SEO buat Website Jualan


internet is your money magnet

Hari ini gue mencoba sebuah hal baru yaitu ikut seminar berbayar, atas inisiatif sendiri. Biasanya kan nunggu dibayarin kantor. Berhubung tadi di akhir acara pembicaranya bilang bahwa materi seminarnya boleh dikultwitkan, artinya dia nggak keberatan materi seminarnya disebarluaskan. Ya udah sekalian aja gue tulis di blog, sebab kalo cuma dikultwit kan susah nyarinya lagi.

Eh iya, btw ini tulisan pertama gue di 2015, selamat tahun baru buat semuanya!

OK mari kita mulai.

(lebih…)

From MP to WP: More Blogging, Less Drama


Gue memang belajar ngeblog dari jalur yang ‘salah’, yaitu dari Multiply. Kenapa ‘salah’? Karena Multiply itu bukan (sepenuhnya) blog. Multiply adalah blog oplosan, karena dicampur dengan social networking.

Apa bedanya?

Berikut adalah definisi versi gue sendiri, yang gue rangkum dari berbagai sumber:

Blog: sebuah website yang biasanya dikelola secara pribadi, di mana posting-posting tersusun secara kronologis.

Social networking: sebuah layanan online yang memfasilitasi interaksi antar para anggotanya dengan notifikasi real-time dan konsep follow (misalnya: Twitter, Foursquare, Path)

Perpaduannya jadi kayak apa sih?

(lebih…)

Laman: 1 2 3 4 5

Kunjungan ke Kantor Mulpid: “Copy Blog? Nggak Bisa!”


Jum’at 7 September 2012, perwakilan blogger Multiply mampir ke kantor Multiply Indonesia (Mulpid) di Gandaria City lantai 23 dengan agenda:

  1. Menanyakan kesiapan tool migrasi
  2. Meminta kesempatan untuk mengcopy isi blog ke dalam DVD

Kunjungan ini diprakarsai oleh Wib, dan disambut baik oleh sejumlah blogger yang rame-rame nitip minta dicopy-in juga ke DVD. Gue sendiri sebenernya pesimis mereka akan memenuhi permintaan kita, tapi karena kayaknya seru maka hari ini gue bela-belain cuti dari kantor untuk menyaksikan langsung peristiwanya.

Ini adalah laporan pandangan mata gue, yang ditulis dengan ingatan yang ala kadarnya akibat faktor usia plus kurang nyimak 100% karena disambi update Twitter. Laporan ini akan gue kelompokkan berdasarkan topiknya karena kalo berdasarkan kronologi udah lupa-lupa inget urutannya gimana.

Selamat menikmati.

(lebih…)

List ex-Blogger MP yang kini Blogger WP


Daftarnya komplit, disusun alfabetikal pula. Keren!

Iwan Yuliyanto

Di bawah ini adalah alamat resmi kawan – kawan blogger Multiply yang sudah menjadi blogger WordPress pasca ditutupnya fitur blog Multiply per 1 Desember 2012 (Resmi ditutup fitur blog pada tanggal 20 Maret 2013, dan murni berganti platform menjadi murni e-commercee, namun ternyata kemudian situs tersebut DITUTUP SELAMANYA pada tanggal 6 Mei 2013).

Update terakhir: 15 Desember 2013, 17.15 WIB
Jumlah: Lebih dari 400 WPers ex-MPer.

Semoga Anda menemukan kembali kawan – kawanmu di sini, dan kemudian saling memfollow mereka sebagai bagian dari upaya mempererat jalinan silaturahim.

Lihat pos aslinya 1.526 kata lagi

Posting Tulisan yang Sama di Lebih dari Satu Blog? Awas Dimusuhin Google!


Masih terkait urusan pindahan blog dari Multiply nih. Beberapa bulan lalu, mungkin udah ada firasat kali ye, gue mulai melakukan back-up blog gue di Multiply dengan cara melakukan cross-posting ke Blogspot. Jadi tiap kali bikin posting di Multiply, gue klik tombol cross-posting ke Blogspot yang memang disediakan oleh Multiply. Sehabis itu iseng-iseng gue coba googling untuk ngecek apakah posting baru gue udah tercium keberadaannya oleh Google. Hasilnya, ternyata hanya posting gue di Blogspot yang berhasil ditemukan, sementara yang di Multiply enggak!

Tadinya gue kira ini gara-gara sistem Multiply yang dodol. Ternyata ada penyebab lain*.

(lebih…)

Sehabis Import Blog Kena Setrap oleh WordPress? Ini Penyebabnya!


Masih dalam rangka pindahan dari Multiply.

Beberapa hari yang lalu gue menemukan sebagian review gue belum muncul di WordPress. Maka gue cobalah mengekspornya sekali lagi pake aplikasi Multiply RSS Generator yang sekarang udah dibuat dalam versi Java ini.  Sempet gagal, tapi untung dibantuin sama sang empunya aplikasi.

File XML review gue import ulang ke WordPress, trus tiba-tiba aja muncul pesan ini:

Warning: We have a concern about some of the content on your blog. Please click here to contact us as soon as possible to resolve the issue and re-enable posting.

 

Lah, apa maksudnya nih? Jangan-jangan ada content yang dianggep porno di blog gue?

(lebih…)

Awas, Httrack Nggak Bisa Nyimpen Album Foto!


Fakta ini baru gue temukan beberapa hari yang lalu, waktu Sigit mampir ke rumah untuk numpang download MP pake httrack. Ternyata setelah terkumpul 4 GB lebih di harddisk, SEMUA foto di “Photo Album” masih ngelink ke server MP!

Contohnya foto yang ini:

(lebih…)

Ini Baru Ini Dia: Cara Praktis Mendownload Foto di Multiply untuk Akun Reguler (Non–Premium)


Sebelumnya gue udah memposting cara praktis mendownload foto dari media locker. Cara ini udah dites oleh Wib, dan ternyata berhasil. Sayangnya, hanya berlaku bagi akun premium. Padahal sebagaimana kita ketahui, akun premium Multiply kurang laku, jadi hanya sedikit yang bisa memanfaatkan cara ini.

Trus gimana dong? Nggak ada harapan untuk akun reguler? Tinggal tunggu nasib, berharap pihak Multiply menepati janjinya bikin exporter tool?

Ya jangan dong, karena ternyata ADA cara yang NYARIS sama praktisnya untuk mendownload semua foto kalian di Multiply, yaitu dengan mengirimkannya via email!

(lebih…)

Ini Dia, Solusi Migrasi Foto Multiply buat Premium Account (kayaknya)


Masih dalam rangka penasaran cari cara mindahin seabrek foto dari Multiply, beberapa hari yang lalu gue buka-buka Media Locker-nya Multiply dan menemukan ini:

(lebih…)

Kehidupan Pasca Multiply (bag. 3): Optimalisasi dan Link Ulang Foto


Kalau kalian udah menjalankan langkah-langkah yang gue jelasin di posting tentang pemindahan hosting foto yang ini, pertanyaan penting berikutnya adalah:

Gimana caranya mengubah link foto dari Multiply ke URL barunya?

Berikut langkah-langkahnya: (lebih…)

Kehidupan Pasca Multiply (bag. 2): Menyelamatkan Foto di Jurnal


Ceritanya dalam upaya membuat jurnal-jurnal gue lebih enak dilihat, gue membiasakan diri menghiasnya dengan gambar. Kalo nggak motret sendiri, ya ngopy dari google. Lebih dari 95% jurnal yang pernah gue tulis di Multiply berhiaskan foto. Bahkan ada beberapa jurnal yang memuat lebih dari 1 foto.

Dan pas lagi pindahan blog kayak gini, gue mulai rada nyesel pernah serajin itu memasang foto.

Nah lo, trus gimana dong?

Siaran Radio Pengusiran Blogger Multiply, DFM


Ini adalah hasil rekaman siaran radio di DFM 103,4 FM tanggal 1o Agustus 2012 yang lalu. Kalo lu nanya kenapa kok gue yang mewakili MPers dalam siaran ini, jawabannya adalah karena kebetulan aja kantor gue ‘agak’ deket dengan radionya, dan yang kebetulan bisa pada tanggal dan jam yang diminta. Beberapa perwakilan lainnya mendadak nggak bisa hadir.  Jadi nggak ada pertimbangan lain di luar itu kok.

Kalo mau baca transkripnya, bisa klik posting di blog MG shop ini.

Mudah-mudahan setelah ini ada kesempatan siaran di radio-radio lainnya, syukur-syukur kalo bisa dialog langsung dengan pihak manajemen Multiply-nya.

Kehidupan Pasca Multiply (bag. 1)


Walaupun perdebatan masih aja seru soal apakah Multiply sebaiknya menghapus fitur blognya atau enggak, apakah ini keputusan yang tepat, apa iya Multiply tanpa blogger akan lebih menguntungkan, atau apakah Daniel Tumiwa tukang tipu atau bukan, mari kita melakukan apa yang perlu: menyelamatkan blog kita di Multiply.

Itu, kalau lu menganggap perlu menyelamatkan blog lu. Kalo enggak juga nggak papa sik.

Secara umum ada 2 hal yang bisa lu lakukan sekarang, yaitu:

Klik di sini kalo mau tau apa yang bisa dilakukan

The Final Curtain


Buat yang follow twitter gue @mbot atau nyantol jadi contact gue di FB kemungkinan udah baca ocehan gue tadi pagi tentang #MPshutdown ya. Intinya; MP akan fokus menjadi tempat jualan, dan nggak merasa perlu mengurus blogger yang bisanya ngoceh nggak guna kayak gue.

Sebenernya indikasi ke arah ini udah jelas kelihatan sejak MP buka kantor pemasaran di Indonesia, akhir 2010. Waktu itu sih para MPer menyambut gembira kedatangan mereka, apalagi sampe diundang tatap muka dan diskusi segala. Gue pun menitipkan banyak harapan untuk perbaikan MP lewat posting yang ini.

(lebih…)

%d blogger menyukai ini: