Selamat Hari Film Nasional!


Lebih dr setengah responden jajak pendapat Kompas bilang bahwa mrk lbh sering nonton film Indonesia dan yakin film Indonesia bisa bersaing dengan film asing. Selamat hari film nasional!

View on Path

Di Situ Kadang Saya Merasa Geli


Selama 2 hari terakhir, gue (dan mungkin kalian juga) lagi sangat terhibur oleh Mbak Polwan yang satu ini:

Di Situ Kadang Saya Merasa Sedih Original Image

(lebih…)

Sepinter-pinternya Sistem, Pasti Bego Juga


Para blogger pasti ingin semua tulisan yang pernah dipostingnya dibaca orang. Pasti. Kalo ada blogger yang bilang “gue sih nggak peduli ya, orang mau baca tulisan gue atau enggak” – pasti bohong. Karena kalo dia nggak perduli, dia nggak akan nyimpen tulisannya di blog. Dia akan simpen di hard disk-nya sendiri atau kalo takut hilang ya upload ke Dropbox.

Begitu juga dengan webmaster situs-situs berita: mereka ingin semua berita yang udah susah payah mereka tulis dibaca orang. Semuanya, bukan cuma sebagian. Tapi kenyataannya, hanya berita tertentu aja yang rame dibaca orang. Solusinya: mereka memperbanyak internal link, yaitu hyperlink yang menghubungkan satu posting dengan posting lainnya di blog/website yang sama – seperti ini. Tentunya agar pembaca nggak bingung, internal link yang kita pasang di sebuah posting sebaiknya menuju posting dengan topik yang mirip.

Nah, berhubung sekarang zaman canggih, apa-apa bisa serba otomatis, maka para programmer mengembangkan sistem untuk menambahkan internal link secara otomatis. Sistem ini akan ‘membaca’ kata kunci apa saja yang ada di sebuah posting, lantas menambahkan internal link ke posting lain dengan kata kunci yang sama. Situs berita yang nampaknya menggunakan sistem internal link otomatis ini adalah Tempo.co. Kelihatannya cukup berhasil, kecuali untuk sebuah berita yang nggak sengaja gue temukan dua minggu lalu.

Beritanya tentang seorang cewek bernama Rara yang bikin konferensi pers karena merasa telah di-PHP-in Zulfikar, anak Wagub Jabar Deddy Mizwar.

Berita aslinya bisa diklik di sini.

Soal bener apa enggaknya gue nggak terlalu tertarik. Yang bikin gue ngakak setengah mampus justru internal link yang bermunculan di berita tersebut.

(lebih…)

How to Tell a Great Story


Catatan penting tentang syarat dasar cerita yang menarik

Bigots, Bigots Everywhere


Awalnya adalah posting gue tentang Ippho Santosa yang gue posting tanggal 11 Juni 2012 lalu. Udah lama banget, bahkan sebelum pindah ke wordpress. Intinya: gue mengomentari kampanyenya untuk nabung 20 ribuan, dan kaitannya dengan ulah istri yang sesaat keranjingan ngumpulin 20 ribuan. Judul posting gue itu adalah Ajaran ‘sesat’ si Ippho Santosa. Perhatikan, ‘sesat’ dengan tanda kutip ya, artinya itu bukan dalam makna sebenernya,  gue nggak beneran menganggap dia tengah tersesat – walaupun hitung-hitungannya rada mirip Pak Harto di acara Kelompencapir.

(lebih…)


Penting diketahui

think globally act locally

Berbekal pengalaman mengurus sendiri surat sepeda motor milik ayahku di Samsat Cibabat, Bandung Barat, pada dekade 1980-an, aku sekarang selalu mengurus surat kendaraanku di Samsat.

Bukan hanya mengurus perpanjangan masa berlaku STNK yang rutin setiap tahun, tapi juga mengurus mutasi + balik nama, waktu alih-kepemilikan motor Tornado 1995, dan mutasi waktu perpindahan alamat dari Jakarta Timur ke Sasakpanjang.

Syarat MUTASI atau BALIK NAMA STNK BPKB Kendaraan bermotor keluar daerah:

  1. BPKB
  2. STNK
  3. Cek Fisik
  4. Kuitansi Pembelian apabila alih kepemilikan
  5. Identitas pemilik
    a. Atas Nama Perorangan : KTP) / SIM

Kecuali kalau mutasi (saja), kuitansi pembelian tak usah disertakan.

Biaya mutasi dari Jakarta ke Depok, Tangerang, dan Bekasi (atau sebaliknya), menurut daftar harga biro jasa Mitra Polda Metro Jaya, untuk sepeda motor Rp 750.000 dan mobil Rp 950.000 (belum termasuk pajak/PKB dan denda [bila ada]).

Itu harga versi biro jasa loh. Tetanggaku bahkan ada yang kena Rp 800.ooo-Rp 850.000 untuk sepeda motor…

Lihat pos aslinya 360 kata lagi

#ComicTips: Demam Panggung


Nyoba reblog…

@ComicKomatKamit

Salah satu pertanyaan yang paling sering gue dapetin dari temen-temen adalah, “Gimana sih caranya supaya nggak demam panggung?”. Mungkin lo juga nanyain hal yang sama. Yuk ah coba kita bahas.

Pertama-tama, coba kita teliti KENAPA orang bisa gugup saat naik ke atas panggung. Untuk segelintir orang, mungkin penyebabnya adalah faktor psikologis yang memang butuh terapi serius. Tapi untuk sebagian besar orang termasuk gue sendiri, sebenernya yang bikin kita gugup itu adalah: FEAR OF THE UNKNOWN. Rasa takut terhadap kemungkinan-kemungkinan buruk yang MUNGKIN terjadi. Padahal itu tuh baru mungkin lho, belum tentu juga kejadian. Tapi memang, seberapa senior pun seorang comic, panggung adalah sebuah tempat yang ajaib. Selalu ada beragam kekhawatiran yang mampir, misalnya:
– “Aduh gue nyiapin materi agak berat nih hari ini, pada ngerti ga ya?”
– “Waktu terakhir gue stand-up disini, mati lampu! Semoga ngga kejadian lagi”
– “Daritadi comic-comic yang lain udah pada kill semua. Penonton udah…

Lihat pos aslinya 350 kata lagi

[2012-026] Hantu macam apa itu?


Salah satu kesepakatan nggak tertulis di dunia twitter adalah: saat seseorang mentwitkan kesialannya, para followernya boleh ikutan ‘ngetawain’ lewat mention – tentunya dalam konteks bercanda. Sebagai sopan santun, orang yang diketawain akan meretweet mention yang dianggapnya menarik disertai komentar. Kalo diperhatiin, jurus ini yang sering dipake oleh selebtwit @poconggg: dia curhat tentang kejombloan dan kebelumlulusannya dari kuliah, trus nanti para followernya akan mem-bully dengan komentar yang lucu-lucu.

Malam ini, Pak Dokter Ferdiriva Hamzah penulis buku Cado-Cado ‘mengeluh’ bahwa dia lagi nginep di Hotel Majapahit Surabaya yang terkenal angker. Kontan bermunculanlah mention aneh-aneh yang malah nakut-nakutin dia dengan segala cerita horor yang konon pernah terjadi di sana. Salah satunya mengirimkan link ke sebuah blog berisi kumpulan legenda hantu Hotel Majapahit. Pas gue buka, di situ ada cerita tentang hantu anak kecil Belanda di lobby, suara cewek nangis, dan sebagainya. Rata-rata standar perhantuan, lah.
Tapi ada satu yang menarik perhatian gue: (lebih…)

[2012-024] Kenapa harus pake ‘he he he’ sih?


Malam ini iseng-iseng mampir ke Cali Deli, nostalgia tempat jajanan waktu tinggalnya masih nebeng nyokap. Di sana ada tumpukan majalah yang bisa dibaca di tempat. Ida ambil beberapa, salah satunya Cita Cinta edisi Mei 2012 ini.

[2012-018] Singkatan Jenius yang Meleset


Dua hari yang lalu, gue berkunjung ke sebuah rumah sakit dalam rangka medical check-up tahunan waktu ngelihat poster ini:

delapan - deteksi berkala payudara anda
Ini adalah poster kampanye agar para perempuan rajin memeriksa payudaranya sendiri setiap tanggal 8, biar kalo ada penyakit cepet ketahuan. Sekilas kampanye ini cukup cerdas, karena:
  • Bentuk angka 8-nya udah mengingatkan pada bagian mana yang harus rajin diperiksa
  • Tulisan ‘Delapan’-nya bisa dirangkai-rangkai menjadi kepanjangan yang kayaknya cukup iye yaitu “DEteksi berkaLA Payudara ANda”
Tapi apakah benar kepanjangan itu nyambung dengan tema kampanyenya?
Menurut gue agak melenceng, kalo nggak mau dibilang mengarah ke penyalahgunaan.
Permasalahannya terletak pada kata “Deteksi”. (lebih…)

[2012-015] Pilkada DKI ala koran Non Stop: Foke & Alex Paling Keren!


Di era 80-an dulu, grup lawak Jayakarta Group alias grupnya Jojon, Cahyono, Ester dan U’uk pernah ngebawain 1 cerita tentang ngelamar kerja. Ceritanya Cahyono dan Jojon adalah pengangguran yang nyoba ngelamar ke perusahaan milik U’uk. Emang dasar selalu kebagian peran apes, pas diwawancara jawaban Jojon selalu salah di mata U’uk. Ditambah lagi Jojon grogi karena dibentak-bentak U’uk sehingga jawabannya makin ngawur. Sedangkan Cahyono selalu diperlakukan baik. Salah satu penggalan yang gue masih inget: (lebih…)

[2012-012] Penemuan hari ini… kerjasama online shop dan artis


Malam ini baca-baca timelinenya @hijaubiru dan nemu twit ini:

endorsement artis untuk online shop

Jadi ternyata salah satu trik promosi yang umum dilakukan para OLS (online shop) adalah menawari seorang artis untuk memakai produknya secara gratis. Sebagai imbal baliknya, artis tersebut memposting foto dirinya lagi pake produk OLS tersebut disertai tulisan nama akun OLS-nya. Jadi sama-sama untung: OLS dapet promosi (dengan biaya relatif murah – cuma ngorbanin satu atau dua produk) sementara artisnya dapet baju gratis. Kan konon artis bajunya harus sering ganti. Kalo sama terus ntar dikira Batman. *apa sih.

(lebih…)

[2012-013] Kartu Motivasi bagi Para Dementor!


Masih inget tulisan gue tentang Dementor, orang yang kerjanya negatif melulu dan bikin lingkungan sekitar jadi ikutan depresi? Ternyata ada lho orang yang cukup gokil untuk bikin kartu motivasi bagi mereka!

Sekilas benda ini nampak seperti kartu-kartu motivasi biasa, yang isinya kutipan bijak dari orang terkenal. Tapi begitu dibaca satu per satu, baru ketahuan sintingnya. Berikut beberapa contoh “motivasi” di dalam kartu anti-motivasi ini:

kartu motivasi untuk dementor

Para penulisnya, menurut gue, kalo nggak sangat sinis, pasti sangat sebel sama orang-orang sini sampe kepikiran bikin kartu kayak gini. Konon kutipan-kutipan yang tercantum di sini adalah cuplikan dari sebuah buku. Jadi penasaran ingin baca kayak apa sih bukunya. Lumayan buat hiburan kalo bosen di kantor 🙂

Kartu ini bisa dibeli di toko Aksara, di deretan yang berdekatan dengan kartu-kartu motivasi ‘betulan’. Jadi hati-hati buat yang lagi nyari kartu motivasi betulan, jangan sampe salah beli! Harganya nggak tau, karena ini hadiah dari kakak gue.

Judul asli: Today I Will Nourish My Inner Martyr

[2012-011] Ajaran ‘sesat’ si Ippho Santosa


Pernah denger nama Ippho Santosa? Itu lho penulis buku 7 Keajaiban Rejeki yang antara lain mendorong kita untuk banyak-banyak pake belahan otak kanan dan sedekah kalo mau cepet kaya. Nah, akhir bulan lalu dia bikin ‘ulah’ lagi lewat sebuah akun twitter baru bernama Hanya20Ribu. Pesannya sederhana aja sih: banyak-banyaklah ngumpulin uang 20 ribuan untuk ditabung, nanti kalo udah banyak jadiin modal usaha, pasti akhirnya jadi cepet kaya. Kalo baca itung-itungan yang dijelasin di akun twitter itu kayaknya sih enak dan gampang aja ya. Padahal nggak segampang dapet online storage gratis dari Dropbox.  Antara lain dia bilang:

  • Kalau sehari kita bisa ngumpulin 5 lembar saja 20 ribuan, maka dalam 3 tahun uang Anda sudah 108 juta.
  • Kalau uang itu dipake untuk bisnis dengan keuntungan 10% aja, maka setiap bulan kita akan punya penghasilan 10,8 juta! Wow!

Wow?

Tunggu bentar.

(lebih…)

[2012-004] Jawaban Foke atas masalah Jakarta


Jawaban Foke atas Problematika Jakarta

%d blogger menyukai ini: