4 Jenis Manusia Paling Ngeselin untuk Travelling Bareng


Jangan pernah sekalipun ngaku deket, cocok, bersahabat karib sama seseorang sebelum lu ngerasain travelling bareng. Persis seperti yang dibilang mbah Mark Twain berikut ini:

4450-Mark-Twain-Quote-I-have-found-out-that-there-ain-t-no-surer-way-to

Kenapa?

Karena sekalipun untuk tujuan liburan, travelling itu sebenernya sebuah kegiatan yang sangat melelahkan baik lahir maupun batin. Dalam kondisi capek lahir batin itulah akan kelihatan sifat asli seseorang, yang nggak bakal muncul dalam kesehariannya. Dari berbagai sifat asli yang pernah gue lihat dari orang-orang yang pernah travelling bareng, inilah 4 jenis yang paling ngeselin.

cover si model

Si Model Ulangan

Okelah gue ngerti, saat travelling ke tempat baru, apalagi yang pemandangannya bagus, orang pasti ingin punya foto buat kenang-kenangan. Tapi orang jenis Model Ulangan ini kayaknya nggak sekedar ingin punya foto buat kenang-kenangan, melainkan ingin tampil keren di foto bak foto model. Padahal kualitas tampangnya… yah, begitulah.

Akibatnya orang jenis ini menghabiskan waktu semua orang dengan minta foto berulang kali karena setiap jepretan dinilainya jelek.

“Aiiiih, gunungnya bagus bangeeet. Fotoin dong!”

[klik]

“Yah, gunungnya jangan sampe kepotong dong. Lagi, lagi.”

[klik]

“Duh kok gue gendut banget keliatannya. Musti agak miring kali ya. Lagi dong.”

[klik]

“Ya ampun liat itu tangan gue gede banget. Nggak mau, apus, apus. Lagi dong.”

[500 klik kemudian]

“Loh, kok gunungnya nggak kelihatan?”

“Udah malem, Nyong, kebanyakan ngulang!”

Mirisnya, frekuensi seseorang minta foto ulang biasanya berbanding terbalik dengan kualitas tampang. Alhasil bagi fotografer terkait jadi apes dua kali: udah capek motret nggak kelar-kelar, modelnya juga kurang mendukung kesehatan mata.

Tips biar selamet dari tipe ini:

  • Jangan pernah nenteng kamera
  • Belaga gaptek nggak bisa motret

cover si telat

Si Telat

Orang jenis ini kayaknya memang punya dimensi waktu yang berbeda dari kebanyakan orang. Akibatnya, dia selalu bikin susah rombongan karena jadwal jadi berantakan hanya gara-gara nungguin dia.

Si Telat ini biasanya konsisten orangnya: mampu telat dalam segala aspek. Pertama-tama, biasanya dia akan mulai secara dengan telat bangun.  Setelah itu dia akan bersiap-siap secara lebih lama dari anggota rombongan lainnya sehingga telat pula untuk sarapan. Sarapannya pun dia lakukan secara super lelet sehingga selesainya pun makin telat lagi.

Kalopun akhirnya rombongan bisa berangkat saat matahari bersinar, siap-siap: berkat kehadiran dia, acara belanja di toko suvenir juga biasanya bakal jadi 3 kali lipat lebih lama dari biasanya. Repotnya lagi, tipe ini biasanya juga nggak cukup bernyali untuk keluyuran sendiri, alias selalu minta ditungguin rombongan.

Tips biar selamet dari tipe ini:

  • Tega
  • Cari satu anggota rombongan yang paling cupu/anak baru/pernah hutang nyawa sama elu; lalu tugaskan untuk nemenin Si Telat

cover si benalu

Si Benalu

Sebelum berangkat travelling,  kita packing perbekalan, mulai dari pakaian, alat mandi, sampe obat-obatan, dengan tujuan nanti di perjalanan bisa memenuhi segala kebutuhan kita sendiri. Nah, Si Benalu ini kayaknya berprinsip; buat apa packing kalau masih ada teman.

Karakteristik Si Benalu antara lain tergambar dari insiden-insiden seperti ini:

  • Udah jelas tujuan travelling-nya mau ke alam bebas, Si Benalu cuma bawa sendal jepit. Tapi maksa ikut jalan, akibatnya sendal putus di jalan, trus nyeker, trus kakinya kena duri, berdarah, harus dibopong, dst dst dst. Nyusahin.
  • Udah jelas nginepnya nggak di hotel, Si Benalu nggak bawa handuk. Akibatnya mau mandi celingukan, berharap ada yang bawa handuk lebih. Kalo nggak ada handuk lebih, pilihan sulit buat anggota rombongan lainnya: berbagi handuk (dengan risiko berbagi panu, kadas, kurap, dan aneka jejamuran lainnya yang mungkin tumbuh di badannya), atau ngutangin duit buat beli handuk, yang kemungkinan besar akan lupa dibayar. Atau pilihan sulit ketiga: tega-tegaan biarin Si Benalu nggak mandi, tapi akibatnya dia bikin polusi udara sepanjang perjalanan.
  • Udah jelas perginya 5 hari, Si Benalu cuma bawa baju untuk 2 hari. Sisanya cari pinjeman.
  • Udah jelas untuk makan harus bayar, ada oleh-oleh yang harus dibeli, tapi nggak nyiapin dana yang cukup buat perjalanan. Akibatnya di waktu makan dia cuma “icip-icip” makanan orang lain (alias ngurangin jatah orang) atau cuma duduk bengong dengan muka laper di pojokan saat semua orang lagi makan, bikin yang lain susah nelen. Pas mampir di toko suvenir Si Benalu sibuk nyari pinjeman ke sana-sini, akibatnya dia yang belanjaannya paling banyak dan paling puas belanja. Trus setelah pulang suka lupa bayar utang.

Tapi Si Benalu tipe yang super duper ganggu, jenis paling murni, crème de la crème dari segala jenis benalu adalah yang begini nih:

Aduh… gue mendadak mens nih, bisa tolongin beli pembalut gak? Pake duit lu dulu ya…

Tips biar selamet dari tipe ini:

  • Pelit
  • Gembok koper

cover si biang komplen

Si Biang Komplen

Kalo diperingkatin, jenis Si Biang Komplen ini adalah juara dunia dari semua jenis manusia yang paling ngeselin selama travelling.

Seperti gue bilang di awal tulisan, sekalipun tujuannya untuk liburan, travelling itu selalu melelahkan lahir batin. Mulai dari transportasi dan akomodasinya ada sederet peluang masalah: risiko pesawat delay, penumpang di sebelah ngorok, lasak, atau bau kaki, petugas hotelnya dungu atau kurang ajar, sampe kamar hotelnya bau kecoa atau handuknya apek. Potensi masalahnya juga bisa menyangkut tujuan utama travelling: ke Singapore mau main ke USS, taunya apes pas hari H USS mendadak ditutup karena ada masalah teknis, atau ancaman bom, atau apapun. Atau cita-cita jalan-jalan di Roma buyar karena pas hari H ada pemogokan massal. Di tempat wisata, ada kemungkinan masalah dengan wisatawan lain yang norak, copet, atau pengemis. Belum lagi kalo travelling dengan anak-anak atau lansia yang rentan sakit, selalu ada kemungkinan rencana jalan-jalan yang udah disusun berbulan-bulan ternyata harus dilewatkan di kamar hotel nyuapin orang sakit.

Nah Si Biang Komplen ini kayaknya susah banget menerima kenyataan bahwa akan ada banyak banget faktor yang di luar kendali dia, sehingga setiap perubahan rencana selalu bikin dia uring-uringan dan merusak suasana yang harusnya bisa dibawa asik aja.

  • Petugas hotel kurang ajar, dia ngamuk, minta ketemu manager, abis itu karena emosi jadi nggak doyan makan
  • Obyek wisata tutup, dia merasa seluruh perjalanan sia-sia dan merasa rugi besar karena udah jauh-jauh datang, ngomel ke petugas tiket, lalu minta ketemu manager
  • Nyoba makanan khas, ternyata rasanya biasa aja dan harganya selangit sehingga dia merasa rugi, lalu ngomel ke pramusaji, trus minta ketemu manager

(Sekarang jelas kan, kenapa manger dibayar lebih gede: untuk kompensasi luka batin ngadepin orang-orang model Si Biang Komplen).

Tips biar selamet dari tipe ini: 

  • nggak ada. Kalo lu terjebak di rombongan yang sama dengan tipe ini, tanpa ada peluang meloloskan diri ke rombongan lain, selesai hidup lu.

Tipe mana yang pernah lu rasain langsung kedahsyatannya?

sumber quote Mark Twain dari Quotefancy

Tinggalkan komentar

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Komentar Terbaru

    teguh P21 pada Tujuh Kecurigaan Gue kepada ML…
    jessmite pada McAfee: Antivirus Nggak Tahu…
    Rizal Sofyan Gueci pada Momen Pengubah Hidup
    mbot pada Ingin Hidup Seperti Raja? Ini…
    ririey2008 pada Ingin Hidup Seperti Raja? Ini…
    mbot pada Tujuh Kecurigaan Gue kepada ML…
    Erina Aprilia pada Tujuh Kecurigaan Gue kepada ML…
    ayikhaidar pada Penemuan Hari Ini… Atura…
    Itsnahm pada Ingin Hidup Seperti Raja? Ini…
    mbot pada Nostalgia Tentang Benda Ajaib…
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 706 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Tautan-tautan Pribadi

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Review: Onward (2020), film bagus yang apes 23 Mei 2020
      Sejak meluncurkan "Toy Story" tahun 1995, citra Pixar di kepala gue adalah sebuah studio yang mampu bikin film dengan perspektif unik. Ya Toy Story itu contohnya, kok ya kepikiran bikin film tentang "kehidupan rahasia" sekumpulan mainan. Film-film mereka lainnya seperti Monsters, Inc (energi jeritan bocah sebagai sumber tenaga listrik, wo […]
    • Review: Forgotten (2017), Ruwetnya Hidup Kalo Ingatan Nggak Bisa Diandalkan 9 Mei 2020
      Kalo kalian suka film yang awalnya nampak biasa-biasa aja, seolah bersenandung "la... la... la...", matahari bersinar, angin berhembus sepoi-sepoi, kupu-kupu beterbangan, tapi lama kelamaan makin gelap, tegang, mencekam, hujan geledek, pintu berderit, bayangan gelap melintas, kaca pecah berhamburan, dan dalam proses tersebut kalian terus dibikin be […]
    • Long Shot, Rom-Com dengan Pesan Khusus Buat Rakyat Indonesia 4 Mei 2020
      Buat penggemar film rom-com, gue sangat merekomendasikan film ini. Lagi ada di Fox Movies, malam ini jam 23.50, besok (5 Mei 2020) jam 22.05, dan Kamis (7 Mei 2020) jam 16.00.Film tahun 2019 ini menceritakan kehidupan Fred (Seth Rogen), jurnalis kere super idealis yang di sebuah pesta nggak sengaja ketemu Charlotte Field (Charlize Theron), mantan baby sitter […]
    • Hal yang Perlu Disiapin Sebelum Nonton "A Quiet Place" 15 April 2018
      Buat yang belum tau, "A Quiet Place" menceritakan kehidupan sebuah keluarga dengan 3 anak yang hidupnya sama sekali nggak boleh berisik, karena kalo bersuara dikit aja bisa diserang oleh 'sesuatu' (no spoiler ahead).Tentunya ini sedikit menimbulkan pertanyaan bagi gue, lantas gimana kalo mereka eek. Mungkin suara ngedennya bisa diredam, s […]
    • Benarkah Pacific Rim Uprising Jelek? 25 Maret 2018
      Soal keputusan untuk nonton atau nggak nonton sebuah film kadang cukup pelik. Di satu sisi, inginnya nonton semua film yang rilis. Di sisi lain, tiket bioskop deket rumah sekarang udah mencapai 60 ribu (harga weekend). Belum termasuk pop corn yang ukuran mediumnya 50 ribu dan air putih di botol 330 ml seharga 10 ribu*. Artinya: filmnya harus beneran dipilih […]
    • Review: Designated Survivor (Serial TV 2016) 15 Maret 2018
      Semua berawal gara-gara Netflix.Di suatu hari yang selo, nyalain Netflix tanpa tau mau nonton apa, tiba-tiba trailer film ini muncul.Ida langsung tertarik. "Nonton ini aja, suami. Istri seneng nonton film yang gini-gini," katanya, tanpa keterangan yang lebih operasional mengenai batasan film yang masuk dalam kategori 'gini-gini'.Ternyata […]
    • Review: Peter Rabbit (2018) Bikin Penonton Doain Tokoh Utama Celaka 11 Maret 2018
      Biasanya film kan dikemas sedemikian rupa biar penonton bersimpati pada tokoh utamanya, ya. Biar kalo tokoh utamanya dalam posisi terancam, penonton deg-degan, berdoa biar selamat sampai akhir film. Khusus untuk film ini, gue sih terus terang doain Peter Rabbit-nya cepetan mati. Digambarkan dalam film ini Peter Rabbit adalah kelinci yang sotoy, sangat iseng […]
    • Sensasi Nonton Pengabdi Setan Bareng Emak-Emak Setan 8 Oktober 2017
      Sejak lama, Joko Anwar terobsesi dengan film horor. Menurutnya, horor adalah genre film yang paling jujur. Tujuannya ya nakut-nakutin penonton, bukannya mau ceramah, motivasi, atau menyisipkan pesan moral. Di kesempatan berbeda, gue juga pernah denger dia bilang, secara komersial film horor lebih berpotensi laku. Alasannya sederhana: karena takut, orang cend […]
    • Parodi Film: Jailangkung (2017) 26 Juni 2017
      SPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTFerdi (Lukman Sardi) diketemukan nggak sadar di sebuah rumah terpencil oleh pilot pesawat carterannya. Dia dirawat di ICU, tapi dokter nggak bisa menemukan apa penyakitnya.Anak Ferdi, Bella (Amanda Rawles), tentu kepikiran. Dia minta bantuan Rama (Jefri Nichol), seorang... yah, dib […]
    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Menjadi Leader #30 di 'Top 50 Leader Oriflame Jakarta'. 2 Juni 2020
      Setiap tahunnya, oriflame cabang mengumumkan siapa-siapa saja leader yang menduduki posisi Top 50.Yaitu 50 Leader terbaik tahun tersebut dari ratusan ribu konsultan oriflame yang terdaftar di cabang tersebut.Aku terdaftar di cabang Oriflame Jakarta.Alhamdulillah, bulan Maret lalu tepatnya tanggal 30 Maret 2020, diumumkan bahwa aku mewakili Beauty Community-k […]
    • Ini Dia... Bisnis yang Cocok di Segala Musim! 7 Mei 2020
      Tahun 2020 ini mungkin jadi tahun di mana harapan banyak orang terkabul, sekaligus tahun yang paling dibenci orang. Lho harapannya terkabul kok malah benci, sih?Lha iya kan, selama ini kalau lagi terjebak kemacetan, banyak orang berharap, kapan ya... jalanan nggak macet lagi. Sekarang terkabul: jalan raya super lancar! Buat yang lagi males ngantor/sekolah, m […]
    • Oriflame vs Membangun Perusahaan Startup 10 Januari 2020
      Jadi, 2 hari lalu aku berkesempatan melihat presentasi 14 startup baru dari sebuah perusahaan startup generator program, yang sedang melakukan presentasi di depan para calon investor di singapore. Kalau yg mungkin belum terlalu paham, STARTUP itu kalau simplenya adalah perusahaan yg baru dirintis yg biasanya didirikan karena melihat adanya sebuah kebutuhan p […]
    • [Review] Loved Up Shower Gel Feel Good 4 Januari 2020
      Setelah sore ini galau mau pakai shower gel baru dari seri Feel Good-nya Oriflame yg mana, akhirnya aku memutuskan cobain yang LOVED UP. Kemasannya bentuk tube jadi akan memudahkan banget kalau isinya tinggal sedikit. Gak perlu dibalik botolnya. Atau diisi air lalu dikocok2.. Hahahaha.. Isinya 200ml. Menurutku cukup banyak untuk ukuran shower gel, cukup untu […]
    • Generasi Sandwich. 19 Desember 2019
      Pernah dengar istilah Sandwich Generation atau Generasi Sandwich? 🥪🥪🥪🥪🥪 Ini adalah istilah yang dipopulerkan oleh seorang Profesor dari Universitas Kentucky, USA, Dorothy Miller, di dalam sebuah jurnal pekerja sosial yang diterbitkannya tahun 1981. Generasi Sandwich ini adalah generasi yang terhimpit secara finansial untuk mencukupi kebutuhan finansial […]
    • Susu Pembersih, Penting Lho! 9 Desember 2019
      Duluuuu bangeeeet pas aku masih awal2 oriflamean, muka tuh kusam, jerawatan, gak karu2an lah.. Hahahaha.. Lalu aku ikutan training skin care di oriflame, dan dapat pencerahan bahwa langkah pertama perawatan kulit adalah pembersihan wajah yang optimal. Dan sabun muka aja gak cukuuuup ternyata. Sangat disarankan untuk melakukan pembersihan 2 langkah, yaitu sus […]
    • Jadi 'Hero' di PBS Workshop di OEC Jakarta! Seruuuu! 5 Desember 2019
      Jadi hari ini jadwalnya aku ke OEC Jakarta dan ikutan PBS Workshop yang oriflame adakan.Aku ingin tambah ilmu, ya khaaaan?Walaupun sudah bikin dan punya link PBS, aku merasa kalau aku tetap harus datang ke workshop ini karena pasti aku akan dapat sesuatu.Karena kunci untuk maju adalah: JANGAN pernah merasa SUDAH TAU. Banyakin belajar. Dan bener aja, aku dapa […]
    • Menghasilkan Uang di Oriflame Lewat Menjual, Begini Caranya! 💰💰🤑 4 Desember 2019
      Masih banyak yang suka bertanya-tanya: Sistem kerja oriflame itu seperti apa sih? Cara kerja oriflame itu bagaimana sih? Mari merapat! Aku akan jelaskan yaaaa.. 😍😍🤗🤗 Jadi, di Oriflame itu ada 2 cara untuk menghasilkan uang. Yang pertama, dengan cara menjual. Yang kedua, dengan cara membangun sebuah team dengan cara mengajak sebanyak mungkin teman kita bergab […]
    • Kenalan Sama Oriflame Lewat Video Ini, Yuk! 😍😍 3 Desember 2019
      Belum pernah tau tentang Oriflame? Atau, sudah pernah tau tapi cuma selewat aja? Yuk kenalan dengan oriflame lewat beberapa fakta menarik di video ini. 😍😍😍😍 Oriflame adalah perusahaan besar yang harus dipertimbangkan kalau teman2 sedang mencari bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah atau sambil ngantor. Perusahaan yang pertama kali berdiri di stockholm, swed […]
    • Cerita Dibalik Sebuah Conference Oriflame 😍😍😍 2 Desember 2019
      Aku mau ceritain tentang dibalik sebuah conference international-nya oriflame ya.. Sungguh aku tercengaaaaang banget pas denger penjelasannya di acara Business Day Diamond Conference Sydney, Januari 2019 kemarin. 😍😍😍😍😍 Di oriflame kan ada 2 event konferensi luar negeri-- Gold Conference dan Executive-Diamond Conference. Nah yg naik panggung cerita dan […]
%d blogger menyukai ini: