McAfee: Antivirus Nggak Tahu Diri


mcafee_logo

Laptop yang gue pake sekarang emang bukan laptop supercepat, tapi ketika untuk start up aja butuh waktu sampe 30 menit sendiri, gue curiga ada yang salah. Tadinya gue kira yang bikin lelet adalah semua aplikasi yang operasinya selalu terkonek dengan internet, seperti Adobe Creative Cloud, Google Drive, atau Dropbox, maka gue matiin semuanya. Tetep aja lemot.

Tersangka berikutnya adalah harddisk bermasalah, tapi gue cek baik-baik aja. Kirain file registry ada yang error, tapi udah discan dan semua normal. Baru hari ini gue kepikiran untuk melakukan hal yang harusnya gue lakukan duluan: pencet ctrl+alt+del dan ngecek task manager. Dari situlah ketangkep siapa biang keladinya.

Ternyata antivirus McAfee yang terinstall di komputer gue menggunakan 99% daya prosesor! Dan ini adalah dalam keadaan standby, dalam arti dia nggak lagi melakukan aktivitas scanning. Kalo lagi anteng aja dia pake 99% daya prosesor, trus kalo lagi kerja dia mau pake berapa persen?

Gue langsung googling untuk nyari temen, apakah ada orang-orang lain yang mengalami masalah sama dengan gue. Ternyata: banyak.

Di user forum McAfee yang ini, ini, dan ini, para pengguna menggeluhkan McAfee yang menyedot terlalu banyak tenaga prosesor. Ada salah satu di antaranya yang dijawab oleh staf McAfee dengan jawaban kurang lebih: “Sudah kami cek, McAfee Anda normal dan baik-baik saja”. Walah, ini sih tipe-tipe jawaban CS sotoy seperti yang nanganin saldo Gopay ilang kemarin.

Lagian tujuan orang pasang antivirus itu kan supaya komputernya aman dari bahaya, ya. Lha kalo antivirusnya malah menguasai seluruh aktivitas komputer sampe nggak bisa dipake lagi, trus apa gunanya? Ini seperti piara anjing buat jaga rumah, tapi anjingnya rajin beranak sampe menuhin seluruh rumah sehingga pemilik rumahnya terpaksa tidur di luar.

Yang lebih nyebelin lagi, untuk miara antivirus nggak tahu diri ini gue bayar US$59.95 per tahun, karena gue nerusin setting pre-install application yang termasuk dalam laptop ini. Udah bayar, malah dibikin susah.

Akhirnya cek situs penguji antivirus ini dan kembali memilih antivirus andalan sejak zaman dahulu kala: Avira. Harganya? Gratis!

Setelah install Avira, gue cek lagi task manager. Dalam keadaan stand by, daya prosesor yang terpakai: 17% saja. Cakep!

Bye bye McAfee, silakan beranak-pinak di rumah orang lain aja yaaa…

Tinggalkan komentar

17 Komentar

  1. Terima kasih infonya. Saya dapat trial McAfee 30 hari. Bagus sih, setalah uji coba gratis habis jadi mikir-mikir ga bisa perpanjang yang berbayar. Solusi anjing penjaga yang pintar dan manis pun dicari. Saya mau anjing penjaga rumah yang baik.

    Suka

    Balas
  2. Analogi “menguasai” itu kok jadi teringat Israel ya mas? Hahaha
    Saya pake Win 10 pro dan alhamdulillah kena malware yg menginfeksi registry dan menyebabkan gagal terkoneksi ke internet (malware proxy address). Antivirus ga ngaruh, akhirnya pake zemana antilogger. Itu juga berulang kali kambuh. Akhirnya setelah saya tau registry mana aja yg bermasalah, saya manual delete satu2 dan berhasil. 😂 Daripada instal ulang ribet. Sekarang pake kaspersky aja.

    Suka

    Balas
    • Aih ngerinya. Untung udah teratasinya. Makasi infonya, mudah2an gak akan perlu pake si antilogger itu

      Suka

  3. Pernah kayak gini juga, dan akhir uninstall McAfee adalah pilihan terbaik 😀

    Suka

    Balas
  4. makasih mas,info nya sangat bermanfaat….pas banget yg sedang saya alami sekRANG…malah bkin reebet mcAffe.

    Suka

    Balas
  5. Antivirus bukannya membantu tapi malah menambah masalah, :v

    Suka

    Balas
  6. Jangan itu mcafee-nya nitip biat mining bitcoin, ahaha.

    Saya semenjak pakai win10, gak pernah pakai antivirus, cuman ya harus ngecek teliti ketika ada flashdisk masuk atau buka web.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas

    • https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsHmmm jangan2 iya, ya…
      Nggak pernah pake antivirus lagi? Win10 bagus ya, keamanannya?

      Suka

    • Nggak pernah lagi,,sudah sejak 2015an berarti gak pake antivirus,
      Kalau aman enggaknya gak paham secara teknisnya, namun mungkin karena bahasa programnya beda sama generasi sebelumnya kali ya. Update juga reguler sih selama terhubung ke inet.
      Overall sih selama ini saya belum nemuin virus jalan di win 10,,

      Disukai oleh 1 orang

  7. eh iya nih cek ah, jangan2 sama gegara anti virus nih

    Suka

    Balas
  8. Wah, jangan jangan komputerku lemot harus start up sampai 30 menit kayak komputer mas Mbot juga gara gara si MacAfee nih 😦

    Suka

    Balas
    • coba aja ctrl+alt+del, pilih task manager. Lihat aplikasi apa yang paling menyedot processor atau memory

      Suka

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: