Nostalgia 90-an: Peliknya Lirik Lagu


memorize lyrics of a song

Weekend kemarin gue nyetir ke Jawa Tengah, nganter istri Oriflame-an. Biar nggak ngantuk, gue membekali diri dengan flashdisk berisi lagu-lagu favorit, yang sebagian besar tentunya berasal dari era 90-an.

Lagu demi lagu mengalun, dan gue hampir selalu ikut nyanyi. Soal kesesuaian nada belakangan, yang penting kan nggak ngantuk. Sambil nyanyi gue ngeliatin layar music player, tertulis ada lebih dari 400 lagu dalam flashdisk gue. Saat itulah gue sadar: sekitar 70% dari 400-an lagu itu, gue apal liriknya. Kok bisa ya? *kagum sendiri*

Tapi gue pikir-pikir, memang segala sesuatu yang didapet dengan susah payah, biasanya nggak gampang dilupakan.

Sebagai perbandingan, di era Google ini, nyari lirik lagu tuh gampang buwanget. Tinggal ketik judul lagu di browser, langsung dapet. Nggak tau judul lagunya? Tinggal ketik sebaris bait yang kita tau, juga bisa ketemu. Di Youtube juga banyak video klip yang memuat lirik lagunya. Bisa dengerin lagunya, nonton video klipnya, sambil ikutan nyanyi. Gampang segampang-gampangnya.

Di era 90-an, perjuangan untuk dapet lirik lagu itu keras, Bruh.

Sumber pertama, tentunya dari sampul kaset.

Buat yang nggak tau kayak apa bentuk kaset. Di balik kertas sampulnya itu biasanya ada lirik lagunya. Sumber foto.

Cuma masalahnya, sejak harga kaset naik dari Rp. 2.750 ke kisaran Rp. 11.000 – 21.000 gara-gara Indonesia didamprat Bob Geldof, beli kaset jadi urusan serius. Di era saat mi ayam masih 700 perak, uang jajan di kisaran 2.000 perak, beli kaset Rp. 18.000 itu masalah. Udah gitu, masih jarang banget kaset kompilasi. Kaset yang beredar kebanyakan album resmi. Artinya kalo mau dapet lirik lagu dari 3 artis, harus punya 3 kaset, dong? Yang bener aja! Selain itu, suka ada aja artis sok asik yang nggak naro lirik lagu di sampul kasetnya. Jadi di sampul kasetnya cuma ada gambar-gambar artisnya doang. Pret banget kan.

Kalo nemu yang model begini mah seneng, di dalem ada liriknya. Sumber.

Jadi, gimana kalo lu mau tau lirik lagu, tapi nggak punya kasetnya?

Solusinya adalah Radio Sonora.

Di Radio Sonora ada satu acara berdurasi (kalo nggak salah) 1 jam yang isinya ngebacain lirik lagu, lengkap dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Jadi kurang lebih acara itu akan terdengar seperti ini:

Pendengar tercinta, Anda masih bersama Sonora dalam acara “Bedah Lirik” yang hari ini mengupas lagu “One Moment in Time” dari Whitney Houston. Kita masuk ke bagian ke dua ya. I – broke – my – heart. Saya ulangi, I – broke – my – heart. Ini menggunakan bentuk lampau ya, jadi maksudnya saya telah mematahkan hati saya.

Tapi dalam durasi 1 jam paling berapa lagu sih yang bisa dibacain? Dua juga udah hebat. Mana di era itu orang pada demen bikin lagu panjang-panjang. Mungkin pernah kejadian begini juga kali:

Pendengar tercinta, Anda masih masih bersama Radio Sonora dalam acara “Bedah Lirik”. Kita telah memasuki minggu ketiga untuk lagu “November Rain”

Artinya, mau nggak mau, harus nyatet sendiri. Dan ini juga nggak gampang.

Perlu diingat bahwa alat yang digunakan adalah cassette player, bukan iPod atau MP3 player. Jadi yang harus dilakukan adalah langkah-langkah berikut:

  1. Pencet PLAY
  2. Berusaha keras dengerin lirik.
  3. Pencet PAUSE.
  4. Nyatet lirik yang berhasil didenger.
  5. Pencet REWIND sampe kira-kira balik ke awal lagu.
  6. Pencet PLAY
  7. Dengerin lagu sambil ngebandingin dengan lirik yang berhasil dicatet.
  8. Garuk-garuk jidat pake bolpen karena hasil catetan kok kayaknya nggak klop sama lagunya.
  9. Pencet REWIND
  10. Ulangi langkah 1-9 sekitar 20x.
  11. Nelepon Radio Sonora.

Ini umum terjadi kalo berusaha nangkep lirik lagu yang susah dibedain sama siaran berita kayak gini:

Tapi segala perjuangan untuk ngoleksi catatan lirik lagu akan terbayar kalo lagi acara camping, study tour, atau perpisahan kelas, api unggun udah nyala, gitar udah keluar dari sarungnya, beberapa chord udah digenjreng dan…

“Aduh, tapi gue nggak apal liriknya!”

Elu muncul dari balik kegelapan, dengan nada tenang terkendali berkata, “Tenang, gue punya catetannya…”

Maka temen-temen lu akan:

 

Gambar ilustrasi gue pinjem dari situs wikihow ini, yang berisi kiat menghapal lirik lagu. Silakan dicoba!

Iklan
Tinggalkan komentar

20 Komentar

  1. Aduh ini bener bangeeeet :)))) Jaman SD sama SMP nih, nulis lirik lagu trus di file. Makin banyak makin hepi :))))

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  2. Jadi inget lagu berbahasa Inggris pertama yang aku hafal tuh Nothing`s gonna change my love for you si George Benson and A Whole New World nya soundtrack Aladdin pas kelas 1 SMP… Dan alhamdulillah kayaknya sih itu berkat sering dengerin kedua lagu itu berulang-ulang, jadi bisa hafal semua liriknya 😀

    Suka

    Balas
  3. iya itu, artis yg sok nggak ngasi lirik lagu di kasetnya itu menyebalkan sekali hehehe

    Suka

    Balas
  4. Kalau diingat-ingat, teliga jadi terbiasa mendengar lagu-lagu Inggris dan menangkap kata-katanya. Aku ingat banget dulu banyak belajar dari lagu-lagunya Celine Dion.

    Selain tegang ngedengerin di Radio (biar bisa nyanyi), alternatif lainnya bisa pinjam buku lagu teman untuk disalin atau beli buku lirik di abang tukang mainan. Biasanya abang ini ditemukan di depan sekolah.

    Konon di beberapa radio lirik ini juga dijual lho.

    Suka

    Balas
    • Bukan cuma lirik, tapi konon bbrp radio mau merekamkan kaset kompilasi sesuai pesanan, tapi cuma ke beberapa orang tertentu aja.

      Suka

  5. waahh ini mah ngalamin banget 🙂 sampe punya sebuku khusus lirik lagu2 favorit, yang beredar di kelas buat disalin… 😀 tapi emang jadi lebih hapal lagunya ya, kalo caranya kayak gini.. itung2 latihan listening kan..

    Suka

    Balas
  6. Hahaha..bener bangett. Kesel bener dah, udah bela-belain beli kaset si artis, trus isinya cuma dia ama temen-temennya di sampul. Mana liriknya?? Manaa?
    Makanya kalo ada, suka beli kaset kompilasi. Entah kenapa, kalo kompilasi biasanya dikasi lirik. Padahal dari kompilasi itu biasanya gak sampai separo juga lagu yang disenengin.
    Oh ada lagi cara lain supaya kaset asli gak boncos di-rewind, play, pause : rekam dari radio. Itu deh yang diputer ulang sampe kusut dapetin lirik.
    Kepuasannya waktu udah dapet lirik dengan cara play pause rewind ini…gak terkatakan…*tepok tangan muji diri sendiri. Kalah deh ulangan matematika dapet 10

    Suka

    Balas
    • Tapi sekalipun kasetnya nggak boncos, dinamo tapenya yang juga jadi suka error. Ciri2nya, tempo lagu mendadak berubah jadi lebih lambat, trus lama2 bikin kaset kusut…

      Suka

    • hehehe..memang ya, untuk lirik, perjuangannya serius beud. Kaset kusut, tape rusak..kembali lagi >> kebanggaannya ituuu

      Suka

  7. ngalamin banget, mas! di Bandung ada MGT FM, setiap Senin malam, ada tuh acara yang ngediktein lirik lagu plus nerjemahin. Waktu diktein lagu Boyz II Men yang judulnya I’ll Make Love to You, suara si penyiarnya terdengar gugup gimana gitu deh… hahaha.. trus, saya kumpulin lirik itu dalam satu buku. alhasil, buku lirik lagu saya sering beredar dipinjem 😛

    Suka

    Balas
  8. heavendrive

     /  17 November 2015

    hahahahahaannnjjiirrr laaahhhhh nyatet lirik di ulangi dengan rewind itu juaraaaakkk…

    Suka

    Balas
  9. Berarti zamanku agak mendingan ya mas Agung, karena mulai banyak tabloid atau majalah yang menampilkan lirik lagu yg lagi ngehits. Ada juga buku buku yang khusus menampilkan lirik lagu hehe. NostalGila!

    Suka

    Balas
  1. Berburu Lirik di MTV | Fadly

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: