Ini Dia… 11 Jurus SEO buat Website Jualan


internet is your money magnet

Hari ini gue mencoba sebuah hal baru yaitu ikut seminar berbayar, atas inisiatif sendiri. Biasanya kan nunggu dibayarin kantor. Berhubung tadi di akhir acara pembicaranya bilang bahwa materi seminarnya boleh dikultwitkan, artinya dia nggak keberatan materi seminarnya disebarluaskan. Ya udah sekalian aja gue tulis di blog, sebab kalo cuma dikultwit kan susah nyarinya lagi.

Eh iya, btw ini tulisan pertama gue di 2015, selamat tahun baru buat semuanya!

OK mari kita mulai.

Seminarnya berjudul “Internet is Your Money Magnet”, penyelenggaranya www.iPlusAcademy.com, pembicaranya namanya susah, ini gue ngetiknya musti sambil nyontek: Marshyellino Cambey. Sesuai namanya, seminar ini membahas tentang gimana caranya memanfaatkan website dan akun-akun medsos kita untuk jualan. Berhubung seminarnya setengah hari, dari jam 1 siang sampe jam 7 malem, tentunya banyak banget materi yang dibahas. Tapi yang akan gue tulis di sini cuma materi tentang SEO aja ya. Disclaimer: kalo ada penjelasan yang melenceng dari konsep, kemungkinan guenya yang kurang nyimak.

SEO alias Search Engine Optimization adalah teknik untuk membuat website kita muncul di halaman awal hasil pencarian search engine. Asumsinya, website yang muncul di halaman 1 punya peluang lebih besar untuk diklik ketimbang yang munculnya di halaman 10, sehingga berpeluang lebih besar menjual produk. Dengan demikian, kalo kita punya website untuk jualan maka kita perlu serius mikirin teknik SEO yang baik dan benar. Berhubung sampe hari ini Google merajai pasar search engine, maka teknik SEO yang dibahas di sini adalah SEO untuk Google aja.

Pak Mar (biar gampang gue singkat aja namanya ya Pak) membagikan 11 jurus SEO yang bisa dicoba langsung:

  1. Memilih kata kunci yang tepat
    “Kata kunci” adalah sebuah atau serangkaian kata yang diketikkan orang ke Google untuk menemukan informasi. Pemilik website jualan pastinya punya kata kunci yang diharapkan akan membawa orang ke websitenya. Misalnya lu punya website jualan baju anak, maka lu berharap kalo orang ngetik “cari baju anak” website lu akan muncul paling atas di hasil pencarian. Masalahnya yang punya website jualan baju anak di Indonesia kan bukan cuma elu seorang, maka kemungkinan kata kunci itu juga diincer sama kompetitor. Nah lu pinter-pinter dah nyari variasi kata kunci yang tetep berhubungan dengan produk lu tapi persaingannya nggak terlalu sengit. Misalnya kalo “cari baju anak” udah banyak yang memperebutkan, coba “jual baju anak” atau “jual baju bocah” atau “sedia baju buah hati”. Bidik juga kata kunci yang memang lagi rame dicari orang. Trus dari mana kita bisa tau seberapa “hits” kata kunci yang kita pilih? Mampir aja ke www.google.com/trends
  1. Bikin artikel
    Walaupun website lu buat jualan, isinya jangan cuma foto produk juga. Kalo mau hasil pencariannya bagus, bikin ada blognya juga. Trus isinya apaan? Ya apa kek yang berhubungan dengan dagangan lu. Kalo dagangannya baju anak ya misalnya bisa bikin artikel “kiat mengatasi anak yang ogah ganti baju padahal abis guling-guling di galian pasir”. Misalnya. Itu misalnya loh.
  1. Harus sering diklik dari hasil pencarian Google
    Nah ini yang rada repot. Jadi kalo lo punya website jual baju anak, pertama website lu harus muncul dalam hasil pencarian Google dan dari hasil pencarian itu harus ada yang ngeklik walaupun munculnya masih di halaman 39. Gimana caranya, coba? Masa tiap hari lu musti bikin status di fb, “Teman-teman, tolong ketik kata kuncil ‘jual baju anak’ di Google, buka hasil pencarian halaman 39, dan klik website gue di sana ya, makasi”. Gue curiga para penggiat SEO punya trik rahasia untuk mengakali hal ini, tapi tadi nggak dibahas lebih lanjut oleh Pak Mar.
  1. Artikelnya harus orisinal
    Artinya harus bikinan sendiri, jangan main copas artikel dari blog orang. Apalagi kalo modal copas, misalnya copas artikel tentang makan tahu, trus copasnya ke kaskus, trus dapet cendol atau pujian dari kaskuser lain, trus malah bilang “makasi gan” tanpa ada niatan menjelaskan asal usul artikelnya, itu bangke. Loh kok curcol.
    Kalopun lu nggak punya ide sama sekali mau bikin artikel apaan, lu bisa merangkum artikel orang lain. Jadi bukan copas, melainkan bikin artikel baru, dengan bahasa lu sendiri, berdasarkan tulisan lain. Merangkum lho ya, bukan copas ke Google translate, akan ketahuan juga sama Google. Oh iya, soal copas mengcopas dan kerugiannya karena diblokir Google, gue pernah mengalaminya langsung seperti yang gue tulis di posting yang ini.
  1. Untuk website baru, upayakan frekuensi update 3 hari sekali selama 6 bulan non stop
    Kenapa harus 3 hari, kenapa bukan 1 hari atau 7 hari? Ini berdasarkan risetnya Pak Mar. Dan yang sering update bukan berarti lebih baik karena malah bikin Google curiga.
  1. Hindari nama domain yang mengandung karakter-karakter non alfabet
    Ini termasuk tanda dash (-) atau angka. Karakter-karakter non alfabet akan bikin nama domain nggak terindeks sempurna. Dan kalo ada orang nanya juga ngejelasinnya susah. Misalnya lu bikin bajuanak-jakarta.com :
    Website lu apaan, gue mau mampir nih.”
    “wewewe dot baju anak setrip…”
    “Ah gak jadi deh, ngapain gue beli baju anak setrip, ogah.”
  1. Nama domain yang mengandung kata kunci akan lebih baik
    Jadi kalo website lu jual baju anak, jangan bikin domain siropmengkudu.com. Bingung orang.
  1. Perkenalkan kata baru ke Google
    Kalo di website lu ada kata baru yang belum pernah ada di website lain sebelumnya, akan menambah kekuatannya untuk muncul di halaman awal. Mungkin ini sebabnya orang suka kecentilan bikin istilah baru yang aneh-aneh hasil potong sambung kata. Kalo gitu gue mau memproklamasikan diri sebagai pakar “Abaliner” deh, yaitu cabang ilmu kuliner khusus hidangan yang dijajakan abang-abang.
  1. Kata kunci lokasi
    Kalo lu bikin kata kunci “jual baju anak jakarta” akan lebih kuat daripada sekedar “jual baju anak” doang.
  1. Prinsip 3/200
    Upayakan kata kunci lu hanya muncul 3 kali per 200 kata. Dan panjang artikel yang disarankan memang cuma segitu, 200 kata. Dikit amat ya, ini aja udah hampir 900.
  1. Maksimal 3 paragraf per artikel

Nah berhubung artikel ini udah bablas lebih 900 kata, padahal idealnya cuma 200, sampai di sini aja ya ringkasannya. Nanti blog gue kurang SEO, lagi. Kalo tertarik ikutan seminar sejenis, mampir-mampir deh ke www.iPlusAcademy.com atau kontak Pak Mar di twitternya @pakarDigitalMKT

Tinggalkan komentar

19 Komentar

  1. Wah… Senang sekali ada yang nulis blog tentang materi seminar ini. Senang juga ternyata Anda banyak belajar dari seminar ini. Semoga dengan adanya artikel ini, akan semakin dan semakin banyak lagi orang yang merasakan manfaat dari ilmu ini.

    Sudah pernah datang ke seminar iPLUS lainnya, seperti “E-Commerce Money Machine”?

    Btw, sebenarnya jumlah kata dari satu artikel itu boleh saja lebih dari 200 kata, asalkan penyebutan kata kuncinya hanya disarankan 3 kali per 200 kata. Semoga jelas yah…

    Suka

    Balas
  2. ternyata susah ya? masuk halaman 1, apalagi klo jualan baju, yang sering pasang foto baju baru, untuk buat artikelnya harus sering cari artikel fashion terkini

    Suka

    Balas
    • Untuk beberapa produk tertentu persaingannya memang lebih sengit

      Suka

    • Ada triknya ngga? Misalnya utk bidang yang tersengit persaingannya : video bokep.

      Suka

    • Baru lihat komen yang ini, rupanya nyemplung ke folder spam. Makanya kalo ngereply jangan sebut2 bokep.

      Suka

  3. Asikkkk, mas agung udah online lagi!! Sering-sering update ya mas.. Udah punya apps wordpress nih di hp, jadi lebih mudah lihat kalo ada posting terbaru..🙂

    Suka

    Balas
  4. Tidak sembarangan menambahkan imbuhan “an” itu mestinya jurus kedua belas dari SEO.
    Buset diimbuhkan akhiran an malah jadi terbaca Bu Setan.

    Buset bukan?

    *kok ga bisa reply langsung ke comment elu sih?
    takut dihujat ya?

    Suka

    Balas
  5. kata kunci paling efektif menurut gue sih segala sesuatu kata yang ditambahkan kata “murah”

    “baju anak murah” akan lebih banyak dicari orang ketimbang “baju anak marah”

    Suka

    Balas
    • Gimana kalo “baju anak murahan”, apakah lebih mantap daripada “baju anak murah”?

      Suka

  6. Wah kalau SEO Blog disarankan 500 kata.

    Semoga tahun ini makin rajin nulis ya Mas.

    Suka

    Balas
    • Berhubung SEO itu adalah hasil trial and error karena rumusnya sendiri dirahasiakan, mungkin aja ada perbedaan persepsi sih.
      Amiiin, semoga tahun ini bisa tembus total 1.000 posting ya (sekarang udah 900).

      Disukai oleh 1 orang

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    apinn95 di [2012-003] Mau gampang? Ya jan…
    Sandra Buana Sari di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    omnduut di Manusia Ibarat Kertas…
    Rezky Yayang Yakhami… di Kenapa Orang Tersinggung?
    fe13bi di Kenapa Orang Tersinggung?
    mbot di Kenapa Orang Tersinggung?
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 4.158 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Jepret!

    Dia nggak bilang pejalan kakinya manusia kan... Siapa tau yang dimaksud tokek. 
#spanduk #koplak #superindo #tokek #pengumuman #tebet Hati2 kalo nanya sama psikolog asal jeplak gini

#whatsapp #psikolog #chat #konsultasi Kamu seperti... #jemuran #hujan #inget #gombal #meme Silakan add, @bangjoni udah live di Line! Pentingnya grammar
#stiker #sticker #grammar #fail #jakarta #traffic #car Bang Joni akan live di Line! 
#chat #bangjoni One question: HOW? 
#bajaj #jakarta #parkir #got #ajaib #koplak Psychology Class of 91 Silvery Reunion. 
Reunion, reunited. Today. 
#reunion #friends #ui #psikologiui #psikologi #silvery Simbol status
#rokok #cukai #50ribu #harga #meme
  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
    • Review: 5th Wave (2016) 17 Januari 2016
      Coba deh tonton trailer film ini:Action? Check.Alien? Check.Chloë Grace Moretz? Check.Jelas, gue langsung memutuskan nonton.Ekspektasi gue adalah film sejenis Battle Los Angeles (2011) atau War of the Worlds (2005) atau Independence Day (1996), tentang bumi yang diserang alien jahat dan berisi adegan-adegan perang seru.Begitu filmnya mulai, adegan dibuka den […]
    • Review: Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2015) 5 Januari 2016
      Tentang kenapa di sini kaum Cina ‘diperlakukan khusus’ adalah pertanyaan yang belum berhasil gue temuin jawabannya. Kenapa kita bisa santai bilang, “Si Joko Jawa, Si Tigor Batak, Si Asep orang Sunda,” tapi giliran “Si Ling Ling” mendadak kagok, lantas jadi nginggris: “Chinese”? Atau yang lebih absurd lagi: pencanangan sebutan Cina diganti jadi Tionghoa oleh […]
    • Obrolan Film Merangkap Ujian Kesabaran 9 April 2015
      Setiap orang punya penghayatan beda tentang film. Ada yang suka ngapalin berbagai detil tentang film favoritnya, ada juga yang bisa inget judul aja udah syukur. Sah-sah aja sih sebenernya. Yang bikin senewen adalah NGEDENGERIN orang-orang tipe terakhir saling ngobrol. Kemarin, karena udah kemaleman untuk jalan kaki, gue pulang naik angkot. Di dalemnya ada 2 […]
    • Review: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 6 April 2015
      Baru kali ini gue sampe merasa perlu "belajar" dulu sebelum nonton film. Ada dua pemicunya. Pengalaman nonton film Lincoln: udah mana pengetahuan gue tentang sejarah Amerika minim banget, cuma ngerti Lincoln itu anti perbudakan dan matinya ditembak, eh di filmnya muncul tokoh banyak banget yang mukanya nampak sama semua karena rata-rata berewokan.  […]
    • Battle of Surabaya: Menikmati Seriusnya Proses Jualan Film 23 Maret 2015
      Seumur-umur jadi penggemar film Indonesia, baru kali ini gue ngelihat film yang upaya pemasarannya seserius ini. Bayangin aja, filmnya belum jadi, tapi trailernya udah didaftarin ikut lomba. Eh, masuk nominasi di Golden Trailer Award, bahkan menang di International Movie Trailer Festival. Ngomong-ngomong, baru sekarang loh gue tau ada festival untuk trailer […]
    • Preview: Tomorrowland (2015) 11 Maret 2015
      Gue pertama kali nonton teaser trailer film ini tahun lalu, dan langsung memutuskan akan nonton. Adegannya bikin penasaran banget: ada seorang cewek ABG yang mendadak bisa pindah lokasi saat menyentuh sebuah pin berlogo T. Pin apa itu? Kenapa dia bisa mindahin orang? Pindahnya ke mana? Sukses banget trailernya bikin orang penasaran ingin nonton film ini.Baru […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Banyak orang gagal jalanin MLM? Bukan..mereka BERHENTI. 1 September 2016
      'Udah pernah join dulu mbak, tapi gagal….’ Pernah denger kalimat ini saat mengajak seseorang join oriflame? Saya sering..  Alasan ‘kegagalan’-nya macam-macam.. Ada yg karena modalnya mandeg gara-gara jualan produk oriflamenya sistem hutang maka menilai bisnisnya gagal , ada yg ditolak 10 orang lalu merasa gak bakat dan gagal, ada yg gak naik-naik level […]
    • Konsultan Oriflame seperti siapakah Anda: Neil Armstrong atau Lance Armstrong? 26 Agustus 2016
      Ada dua orang Armstrong yang menempati ruang khusus di hati rakyat Amerika. Keduanya berjasa, telah terbukti komitmennya, dan menunjukkan keberanian yang menginspirasi banyak orang. Namun, kisah mereka memiliki akhir yang berbeda.Yang pertama adalah Neil Armstrong, astronot Amerika. Sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, namanya kondang ke se […]
    • Bangga Jualan, Sekarang Juga! 25 Agustus 2016
      "Malu Jualan", barengan sama "Gampang Percaya Hoax" dan "Jam Karet"adalah kebiasaan-kebiasaan yang penting segera diberantas karena bikin Indonesia susah maju. Tapi "Malu Jualan" adalah yang paling parah. Beberapa waktu lalu, seorang teman yang lama nggak kedengeran kabarnya tiba-tiba muncul dengan pertanyaan, "Gu […]
    • Kerja Oriflame itu seperti apa sih? 24 Agustus 2016
      Dulu, waktu pertama kali baca tentang Oriflame, liat cerita sukses para top leader yang berhasil dapat penghasilan bulanan hingga puluhan juta, dapat mobil, jalan-jalan ke luar negeri, aku bertanya-tanya, "Ini kerjanya gimana sih sebenernya? Kok kayaknya seru banget. Nggak harus terikat jam kerja kayak kantoran tapi bisa pada punya uang jutaan!" Se […]
    • Skin Pro Oriflame, Membersihkan Wajah 5x Lebih Bersih 23 Agustus 2016
      Membersihkan wajah itu penting! Aku menyarankan metode 2 langkah untuk pembersihan wajah, yaitu: 1. Susu Pembersih 2. Toner Untuk menuntaskan pembersihan, kita mencuci muka menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Cuci muka pakai tangan saja hasilnya ternyata kurang maksimal, karena kotoran dalam pori-pori tidak bisa terangkat sepenuhnya. Orifl […]
    • Edukasi MLM untuk Abang Gojek 22 Agustus 2016
      Aku baru pulang dari training skin care di Oriflame Daan Mogot. Pulangnya seperti biasa panggil Gojek. Di jalan, abang Gojeknya tanya, kenapa ramai sekali kantor Oriflame Daan Mogot hari itu. Rupanya dia biasa mangkal di depan kantor Oriflame dan keramaian hari itu lebih dari biasanya. Aku bilang, habis ada training besar, yang pesertanya sampai 300 orang. T […]
    • Scrub Bibir ala Ida dengan Tendercare dari Oriflame 21 Agustus 2016
      Banyak downline dan pelanggan yang menanyakan, apakah Oriflame sudah mengeluarkan produk scrub untuk bibir. Sayangnya, sampai hari ini belum. Tapi kita bisa membuat scrub bibir sendiri lho, dengan memanfaatkan produk andalan Oriflame, si kecil mungil ajaib Tendercare. Silakan tonton videonya ya! Bonus: Di menit 4:55 ada kejutan khusus gara-gara shootingnya d […]
    • NovAge, Skin Care favorite aku! 19 Agustus 2016
      Soal urusan merawat wajah, aku udah buktiin sendiri deh pokoknya. Produk Oriflame yg sesuai kalau dipakainya secara KONSISTEN dan SABAR, hasilnya beneran NYATA. Sebagai yg kulit wajahnya cukup rewel--sensitif maksudnya, aku dulu takut sekali coba sembarang skin care. Soalnya salah-salah pakai produk pastiii jerawatan dan bruntusan. Ah sedih deh pokoknya. Mak […]
    • Oriflame bagi-bagi Tab Advan, ini pemenang dari teamkuu.. :-) 17 Agustus 2016
      Bulan April 2016 lalu Oriflame bikin challenge KEREN BANGET!Apalagi kalau gak bagi-bagi hadiah kan? Judul challenge-nya 'NOW OR NEVER'.Persyaratannya bisa dibilang MUDAH SEKALI lho. Para konsultan yang ingin dapat hadiah ini cukup meraih level baru 9% atau 12% atau 15% di bulan April 2016, lalu mempertahankannya di bulan berikutnya. Serta ada syara […]
    • Merawat wajah itu SABAR dan KONSISTEN. 20 Juni 2016
      Yang namanya perawatan kulit wajah itu BUTUH WAKTU ya teman2. Minimal banget hasil mulai terlihat nyata pada minggu ke 4 ya.. sekitar 28 hari, sesuai siklus pergantian kulit kita. Baca lagi, aku tulis-- 'MULAI terlihat nyata'. Bukan berarti langsung tau2 muka berubaaaaah gitu. Gak bisa. Tapi umumnya akan terlihat perbedaan pada minggu ke 4. Apalagi […]
%d blogger menyukai ini: