Ini dia yang namanya Kampanye Butek


Gimana, udah mulai eneg lihat berita-berita miring tentang capres berseliweran? Sama. Ada yang bilang, selama berita miringnya masih “negative campaign” dan bukan “black campaign” masih bisa dibenarkan. Tapi di suatu titik tertentu, enegnya sama aja.

Emang apa sih bedanya?

Konon perbedaan antara negative campaign dan black campaign adalah:

Negative Campaign: memberitakan fakta (betulan terjadi) yang negatif mengenai seseorang.

Black Campaign: memberitakan cerita fiktif yang negatif mengenai seseorang.

Masalahnya membedakan negative campaign dan black campaign nggak semudah itu berkat kemunculan campaign tipe baru yaitu kampanye butek.

Gue definisikan kampanye butek sebagai:

Memberitakan sesuatu yang berdasarkan fakta tapi dipoles sedemikian rupa hingga akhirnya banyakan polesannya daripada faktanya, dan gak jelas mana fakta mana imajinasi.

Kurang lebih seperti proses perubahan Stefani Joanne Angelina Germanotta jadi Lady Gaga.

Berikut beberapa tipe kampanye butek beserta contohnya:

Tipe “Ini Bisa Gawat”

Dalam tipe ini, dampak suatu peristiwa dibesar-besarkan sehingga apapun bisa berujung pada kehancuran bangsa.

Contoh:

Fakta: Di sela aktivitas kampanye, seorang capres mampir ke minimarket dan beli teh botol.

Kampanye butek: Mengapa seorang capres malah memilih untuk beli teh botol yang merupakan produk industri raksasa, padahal banyak rakyat kecil yang jualan teh kenyot? Ini ciri keberpihakan pada kaum kapitalis! Kalau presidennya saja berpihak pada industri besar, habislah sudah para pedagang kecil, mereka semua akan mati kelaparan!

Tipe “Harusnya Bisa”

Penulis kampanye butek tipe ini punya daftar kemampuan yang harus dimiliki seorang presiden. Orang yang nggak punya salah satu aja dari daftar itu nggak layak jadi presiden.

Contoh:

Fakta: ada capres naik bemo.

Kampanye butek: Mengapa dia cuma jadi penumpang? Kenapa bukan dia yang nyetir? Bagaimana mau jadi presiden kalau nyetir bemo aja nggak sanggup?

Tipe “Teori Konspirasi”

Dengan tipe ini, dua atau lebih kejadian yang belum tentu berhubungan dikesankan seolah-olah saling terkait dalam sebuah skema besar konspirasi yang super ngeri. Biasanya dibumbui dengan pertanyaan-pertanyaan menggantung agar kesannya lebih misterius.

Contoh:

Fakta: capres makan malam di restoran X, 300 meter dari rumah Mister Anu.

Kampanye butek: Restoran X, tempat yang dipilih capres untuk makan malam, hanya berjarak 300 meter dari rumah Mister Anu, seorang tokoh yang terkenal sering melanggar HAM. Capres selesai makan malam jam 8, lalu buru-buru menuju mobil dan pulang. Sementara itu, sebuah sumber kami melaporkan bahwa lampu rumah Mister Anu menyala sampai jam 12 malam. Apakah terjadi sebuah pertemuan rahasia di antara mereka? Silakan simpulkan sendiri…

Tipe “Terjun Bebas”

Tipe ini rada mirip sama teori konspirasi, tapi dalam bentuk jauh lebih bego. Modusnya adalah menarik sebuah kesimpulan dari fakta yang nggak ada hubungannya sama sekali.

Contoh:

Fakta: capres doyan minum sari tebu.

Kampanye butek: Lihat, minuman kesukaannya aja dibuat dengan memeras tebu, pasti ini ciri capres yang senang memeras rakyat!

Tipe “Numerologi”

Ini tipe kampanye butek paling goblok pake U dan G ekstra jadi GUOBLOG: fakta dihubung-hubungkan dengan angka, lalu angkanya dihubungkan lagi sama hal lain.

Contoh:

Fakta: capres miara marmut.

Kampanye butek: Perhatikan! Dia senang memelihara marmut. Bila diurai, M-A-R-M-U-T terdiri atas 6 huruf, sama dengan B-A-N-G-K-E. Apakah dia seorang capres bangke? Anda simpulkan sendiri!

Selain itu kalau kita urutkan dalam abjad, M=13, A=1, R=18, M=13, U= 21 dan T=20 lalu kita jumlahkan hasilnya sama dengan 86. Padahal kita sama-sama tahu, istilah “86” sering digunakan orang sebagai kode untuk “tahu sama tahu”. Pertanda capres ini gemar kolusi!

Jadi harus Gimana?

Pertama-tama, kalo ada contact FB lu yang mem-posting kampanye-kampanye butek, SEGERA unfriend. Ada contact BBM yang doyan BM kampanye butek, remove from contact. Ada akun twitter yang demen ngetwit link berita palsu, unfollow.

Sentimen?

Bukan, ini langkah pencegahan demi keamanan. Kalo kapasitas otak orang itu nggak mampu menyaring informasi mana yang bener dan mana yang ngawur, maka kemungkinan besar dia berisiko tinggi kena virus. Lu tau kan, di FB banyak app yang kalo diklik bakal nularin virus ke komputer kita. Nah, orang-orang dodol kayak begini biasanya jadi sasaran empuk virus. Iya kalo virusnya cuma ngerusak komputernya sendiri. Lha kalo dia kena virus yang suka auto tag foto produk iklan penggondrong alat vital, dan muka lu ditag ke foto hasil produk tersebut, emang enak?

Yang kedua, doain agar mereka cepat insap dan dikaruniai kecerdasan memilah informasi.

Yang ketiga, tentunya, stop forward berita model gitu. Nggak usah forward, komentar pun nggak usah. Karena semakin dikomentarin, semakin besar peluangnya untuk nyebar karena banyak orang. yang baca notifikasi new comment.

Dan kita semua bertanggung jawab menjaga kewarasan bangsa ini.

 

Tinggalkan komentar

26 Komentar

  1. sankerenti

     /  7 Juli 2014

    bwahahahahahahahahahahhaha,,😀😀 .. plis bikin buku kedua nanti aku beliii lagii

    Suka

    Balas
  2. Mas Agung..
    Cant agree more.. kita emang bertanggung jawab atas kewarasan bangsa.. punya andil banget..🙂
    Tq ya..

    Suka

    Balas
  3. Mas Agung, saya ijin mengutip, ya. Terima kasih🙂

    Suka

    Balas
  4. SETUJUUUUU!

    Gue barusan delete beberapa contact di BBM karena sering nyebarin kampanye butek via broadcast. Beneran deh, keselamatan dan kewarasan gue lebih penting, dari pada bawaannya emosian melulu >.<

    Suka

    Balas
  5. ijin share pemikiran mu ini yo, mas..
    ngguyu ngakak saya..
    matur nuwun

    Suka

    Balas
  6. bikin ngakak aja nih mbot😀 keren cara nyampein pesannya (y)
    ini yg paporit ane:
    Tipe “Terjun Bebas”

    Tipe ini rada mirip sama teori konspirasi, tapi dalam bentuk jauh lebih bego. Modusnya adalah menarik sebuah kesimpulan dari fakta yang nggak ada hubungannya sama sekali.

    Contoh:

    Fakta: capres doyan minum sari tebu.

    Kampanye butek: Lihat, minuman kesukaannya aja dibuat dengan memeras tebu, pasti ini ciri capres yang senang memeras rakyat!”

    izin share yaaa :’)

    Suka

    Balas
  7. Ngakak banget ampe dilihatin orang seruangan di kantor… wah, blog ini juga bisa menyebarkan virus nih…virus ketawa tiada henti..hehehe…nice post…skalian ijin share ke FB ku…🙂

    Suka

    Balas
  8. sheetavia

     /  13 Juni 2014

    Reblogged this on Sheetavia's Weblog and commented:
    hahahahaha…..beneran ngakak abis baca ini….
    awalnya dulu gw suka ngerimpit-nyeripmpit temen-temen gw biat gak kampanye butek *keren istilahnya bang, tapi capek juga euy…ujung-ujungnya gw yg kena serimpit…
    sekarang mah…enjoying this democrazy…..

    Suka

    Balas
  9. Yang Numerologi itu keren. Menunjukkan tim sukses lawannya berasal dari semua kalangan. Bandar Togel pun direkrut.

    Suka

    Balas
  10. yak, Agung..
    jadi. berapa menit tepatnya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tulisan ini? ^_^

    Suka

    Balas
    • ternyata cukup lama, sekitar 1 jam lebih. Padahal idenya udah disusun sejak semalem.

      Suka

  11. Sudah hampir satu bulan ini saya mulai jarang buka Twitter dan efeknya sangat menyegarkan hati dan pikiran. Halah. Maksudnya, saya tidak jadi pusing baca tweet2 yang bikin pusing ttg capres2 itu dari para pendukungnya.

    Suka

    Balas
  12. Totally made my afternoon. *nggak berhenti2 ngakak*😀

    Suka

    Balas
  13. iya, belakangan mulai eneg dengan segala jenis kampanye yg wara wiri di televisi, sosmed, dll. Makanya skrg ga nonton tayangan televisi dan mulai nge-mute bbrp akun media yg terang2an condong sebelah pemberitaannya😀

    Suka

    Balas
  14. ….padahal capres itu bukan miara marmut loh mas Agung. Tapi miara SEMUT *silahkan diurai lagi hehehe*

    Tulisan mas Agung selalu keren dan bikin nyengir. *ketawa sih, cuma kan gengsi, masak mentertawakan hal-hal seperti ini, nanti rakyat susah pun ditertawakan. Capres makan keselek pun ditertawakan… kentut harum pun ditertawakan <- tipe "ini bisa gawat" *

    Suka

    Balas
    • Gawat karena melecehkan rakyat kecil yang bisanya cuma kentut. Penindasan!

      Suka

  15. makasih mas, bacaan segar ni🙂

    Suka

    Balas
  16. Aku sudah mulai unfollow orang-orang yang informasinya negatif melulu di twitter, capres manapun yang didukung. Capek euy bacanya.

    Suka

    Balas
  1. On Bullsh*t Prevention Protocol and Why People Believe Things Said in Kampanye Butek | Rumah Liliput

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    apinn95 di [2012-003] Mau gampang? Ya jan…
    Sandra Buana Sari di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    omnduut di Manusia Ibarat Kertas…
    Rezky Yayang Yakhami… di Kenapa Orang Tersinggung?
    fe13bi di Kenapa Orang Tersinggung?
    mbot di Kenapa Orang Tersinggung?
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 4.158 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Jepret!

    Dia nggak bilang pejalan kakinya manusia kan... Siapa tau yang dimaksud tokek. 
#spanduk #koplak #superindo #tokek #pengumuman #tebet Hati2 kalo nanya sama psikolog asal jeplak gini

#whatsapp #psikolog #chat #konsultasi Kamu seperti... #jemuran #hujan #inget #gombal #meme Silakan add, @bangjoni udah live di Line! Pentingnya grammar
#stiker #sticker #grammar #fail #jakarta #traffic #car Bang Joni akan live di Line! 
#chat #bangjoni One question: HOW? 
#bajaj #jakarta #parkir #got #ajaib #koplak Psychology Class of 91 Silvery Reunion. 
Reunion, reunited. Today. 
#reunion #friends #ui #psikologiui #psikologi #silvery Simbol status
#rokok #cukai #50ribu #harga #meme
  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
    • Review: 5th Wave (2016) 17 Januari 2016
      Coba deh tonton trailer film ini:Action? Check.Alien? Check.Chloë Grace Moretz? Check.Jelas, gue langsung memutuskan nonton.Ekspektasi gue adalah film sejenis Battle Los Angeles (2011) atau War of the Worlds (2005) atau Independence Day (1996), tentang bumi yang diserang alien jahat dan berisi adegan-adegan perang seru.Begitu filmnya mulai, adegan dibuka den […]
    • Review: Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2015) 5 Januari 2016
      Tentang kenapa di sini kaum Cina ‘diperlakukan khusus’ adalah pertanyaan yang belum berhasil gue temuin jawabannya. Kenapa kita bisa santai bilang, “Si Joko Jawa, Si Tigor Batak, Si Asep orang Sunda,” tapi giliran “Si Ling Ling” mendadak kagok, lantas jadi nginggris: “Chinese”? Atau yang lebih absurd lagi: pencanangan sebutan Cina diganti jadi Tionghoa oleh […]
    • Obrolan Film Merangkap Ujian Kesabaran 9 April 2015
      Setiap orang punya penghayatan beda tentang film. Ada yang suka ngapalin berbagai detil tentang film favoritnya, ada juga yang bisa inget judul aja udah syukur. Sah-sah aja sih sebenernya. Yang bikin senewen adalah NGEDENGERIN orang-orang tipe terakhir saling ngobrol. Kemarin, karena udah kemaleman untuk jalan kaki, gue pulang naik angkot. Di dalemnya ada 2 […]
    • Review: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 6 April 2015
      Baru kali ini gue sampe merasa perlu "belajar" dulu sebelum nonton film. Ada dua pemicunya. Pengalaman nonton film Lincoln: udah mana pengetahuan gue tentang sejarah Amerika minim banget, cuma ngerti Lincoln itu anti perbudakan dan matinya ditembak, eh di filmnya muncul tokoh banyak banget yang mukanya nampak sama semua karena rata-rata berewokan.  […]
    • Battle of Surabaya: Menikmati Seriusnya Proses Jualan Film 23 Maret 2015
      Seumur-umur jadi penggemar film Indonesia, baru kali ini gue ngelihat film yang upaya pemasarannya seserius ini. Bayangin aja, filmnya belum jadi, tapi trailernya udah didaftarin ikut lomba. Eh, masuk nominasi di Golden Trailer Award, bahkan menang di International Movie Trailer Festival. Ngomong-ngomong, baru sekarang loh gue tau ada festival untuk trailer […]
    • Preview: Tomorrowland (2015) 11 Maret 2015
      Gue pertama kali nonton teaser trailer film ini tahun lalu, dan langsung memutuskan akan nonton. Adegannya bikin penasaran banget: ada seorang cewek ABG yang mendadak bisa pindah lokasi saat menyentuh sebuah pin berlogo T. Pin apa itu? Kenapa dia bisa mindahin orang? Pindahnya ke mana? Sukses banget trailernya bikin orang penasaran ingin nonton film ini.Baru […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Banyak orang gagal jalanin MLM? Bukan..mereka BERHENTI. 1 September 2016
      'Udah pernah join dulu mbak, tapi gagal….’ Pernah denger kalimat ini saat mengajak seseorang join oriflame? Saya sering..  Alasan ‘kegagalan’-nya macam-macam.. Ada yg karena modalnya mandeg gara-gara jualan produk oriflamenya sistem hutang maka menilai bisnisnya gagal , ada yg ditolak 10 orang lalu merasa gak bakat dan gagal, ada yg gak naik-naik level […]
    • Konsultan Oriflame seperti siapakah Anda: Neil Armstrong atau Lance Armstrong? 26 Agustus 2016
      Ada dua orang Armstrong yang menempati ruang khusus di hati rakyat Amerika. Keduanya berjasa, telah terbukti komitmennya, dan menunjukkan keberanian yang menginspirasi banyak orang. Namun, kisah mereka memiliki akhir yang berbeda.Yang pertama adalah Neil Armstrong, astronot Amerika. Sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, namanya kondang ke se […]
    • Bangga Jualan, Sekarang Juga! 25 Agustus 2016
      "Malu Jualan", barengan sama "Gampang Percaya Hoax" dan "Jam Karet"adalah kebiasaan-kebiasaan yang penting segera diberantas karena bikin Indonesia susah maju. Tapi "Malu Jualan" adalah yang paling parah. Beberapa waktu lalu, seorang teman yang lama nggak kedengeran kabarnya tiba-tiba muncul dengan pertanyaan, "Gu […]
    • Kerja Oriflame itu seperti apa sih? 24 Agustus 2016
      Dulu, waktu pertama kali baca tentang Oriflame, liat cerita sukses para top leader yang berhasil dapat penghasilan bulanan hingga puluhan juta, dapat mobil, jalan-jalan ke luar negeri, aku bertanya-tanya, "Ini kerjanya gimana sih sebenernya? Kok kayaknya seru banget. Nggak harus terikat jam kerja kayak kantoran tapi bisa pada punya uang jutaan!" Se […]
    • Skin Pro Oriflame, Membersihkan Wajah 5x Lebih Bersih 23 Agustus 2016
      Membersihkan wajah itu penting! Aku menyarankan metode 2 langkah untuk pembersihan wajah, yaitu: 1. Susu Pembersih 2. Toner Untuk menuntaskan pembersihan, kita mencuci muka menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Cuci muka pakai tangan saja hasilnya ternyata kurang maksimal, karena kotoran dalam pori-pori tidak bisa terangkat sepenuhnya. Orifl […]
    • Edukasi MLM untuk Abang Gojek 22 Agustus 2016
      Aku baru pulang dari training skin care di Oriflame Daan Mogot. Pulangnya seperti biasa panggil Gojek. Di jalan, abang Gojeknya tanya, kenapa ramai sekali kantor Oriflame Daan Mogot hari itu. Rupanya dia biasa mangkal di depan kantor Oriflame dan keramaian hari itu lebih dari biasanya. Aku bilang, habis ada training besar, yang pesertanya sampai 300 orang. T […]
    • Scrub Bibir ala Ida dengan Tendercare dari Oriflame 21 Agustus 2016
      Banyak downline dan pelanggan yang menanyakan, apakah Oriflame sudah mengeluarkan produk scrub untuk bibir. Sayangnya, sampai hari ini belum. Tapi kita bisa membuat scrub bibir sendiri lho, dengan memanfaatkan produk andalan Oriflame, si kecil mungil ajaib Tendercare. Silakan tonton videonya ya! Bonus: Di menit 4:55 ada kejutan khusus gara-gara shootingnya d […]
    • NovAge, Skin Care favorite aku! 19 Agustus 2016
      Soal urusan merawat wajah, aku udah buktiin sendiri deh pokoknya. Produk Oriflame yg sesuai kalau dipakainya secara KONSISTEN dan SABAR, hasilnya beneran NYATA. Sebagai yg kulit wajahnya cukup rewel--sensitif maksudnya, aku dulu takut sekali coba sembarang skin care. Soalnya salah-salah pakai produk pastiii jerawatan dan bruntusan. Ah sedih deh pokoknya. Mak […]
    • Oriflame bagi-bagi Tab Advan, ini pemenang dari teamkuu.. :-) 17 Agustus 2016
      Bulan April 2016 lalu Oriflame bikin challenge KEREN BANGET!Apalagi kalau gak bagi-bagi hadiah kan? Judul challenge-nya 'NOW OR NEVER'.Persyaratannya bisa dibilang MUDAH SEKALI lho. Para konsultan yang ingin dapat hadiah ini cukup meraih level baru 9% atau 12% atau 15% di bulan April 2016, lalu mempertahankannya di bulan berikutnya. Serta ada syara […]
    • Merawat wajah itu SABAR dan KONSISTEN. 20 Juni 2016
      Yang namanya perawatan kulit wajah itu BUTUH WAKTU ya teman2. Minimal banget hasil mulai terlihat nyata pada minggu ke 4 ya.. sekitar 28 hari, sesuai siklus pergantian kulit kita. Baca lagi, aku tulis-- 'MULAI terlihat nyata'. Bukan berarti langsung tau2 muka berubaaaaah gitu. Gak bisa. Tapi umumnya akan terlihat perbedaan pada minggu ke 4. Apalagi […]
%d blogger menyukai ini: