Pak Supir ini Berani Buka Panti Asuhan. Kita?


pak joko dan ida

Namanya Pak Joko. Profesinya supir freelance di sebuah rumah produksi. Freelance, artinya hanya dipanggil kerja kalau dibutuhkan aja. Tapi beliau berani buka panti asuhan yang menaungi 23 anak.

Ceritanya berawal dari mertua Pak Joko, seorang kyai di Ciganjur, yang mendirikan panti asuhan khusus anak laki-laki. Tapi lama kelamaan mulai banyak anak perempuan yang dititipkan. Waktu anak-anak ini mulai beranjak akil balik, Bu Tatik, istri Pak Joko berpikir seharusnya mereka dipisahkan dalam panti asuhan yang berbeda.

Akhirnya Pak Joko memberanikan diri membangun panti asuhan baru. Bermodalkan seluruh tabungan plus jual mobil plus utang, akhirnya panti asuhan itu berdiri. Namanya Yayasan Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim. Saat ini, panti asuhan Al Hasyim menampung 15 anak dengan rentang usia kelas 2 SD sampai SMA. Tapi Pak Joko baru dapat kabar bahwa akan segera datang 8 anak tambahan dari luar kota.

Dari hasil ngobrol-ngobrol dengan Pak Joko, gue dapet info bahwa biaya kebutuhan dasar (makan dan transportasi) rata-rata per anak per hari adalah Rp. 5.500 – 7.500, dibedakan berdasarkan usianya. Artinya kalo diambil rata-rata Rp. 6.500 per anak per hari, setiap bulannya panti ini butuh 4,5 jutaan. Itu masih harus ditambah dengan biaya pendidikan anak-anaknya, dan sumber dana utamanya hanya dari gaji Pak Joko yang nggak bisa dibilang tetap itu. Sekilas kayak nggak masuk akal, tapi ternyata niat baik memang selalu dimudahkan jalannya. Buktinya panti ini masih berdiri hingga hari ini. Soal mampu nggak mampu untuk bikin panti, orang bisa berdebat sampe kiamat. Tapi jelas, faktor keberanian Pak Joko lah yang membuat panti ini bisa terwujud.

Buat yang tergerak untuk bantuin Pak Joko merawat dan membesarkan anak-anak ini, silakan deh mampir ke pantinya. Ini data lengkapnya:

Yayasan : Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim
Alamat :  Jl. Warung Silah, Gg. H. Saaman No. 83, RT 03 / RW 04,
Cipedak – Jagakarsa, Jakarta Selatan
Pengelola :

  • Pak Joko 085327185167
  • Bu Tatik Joko 085213812767
  • Panti : 0217866845

Rekening :
Bank Mandiri Cab. Cilandak KKO
a/n. YBKN AL HASYIM
1270005891294

Anna Melani, salah satu donatur panti, juga membuatkan blog berisi aktivitas panti Pak Joko, silakan klik bantupakjoko.blogspot.com. Kalo ada yang mau tanya-tanya silakan kontak Anna via twitter @annAMeL_ atau email ke panti.pakjoko@gmail.com

Iklan
Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

12 Komentar

  1. Inspiratif

    Suka

    Balas
  2. pernah kesini sama temen.. tabik buat pak joko..

    Suka

    Balas
  3. Salut sama Pak Joko. Izin share ya mas Agung 🙂

    Suka

    Balas
  4. kita bisa bantu apa ya? mau Gung, kalo ada ide yg manfaat gue nimbrung..

    Suka

    Balas
    • Yang jelas selalu dibutuhkan ya uang tunai des, tp coba kontak sama anna yg lbh tau sekarang lagi butuh apa.

      Suka

  5. Inspiratif! Penamaan yayasannya sepertinya sejalan dengan niat pak supir tersebut.

    Suka

    Balas
  6. entah kenapa.. Ida kostumnya gak masuk blas banget sih.. *salah fokus.. *gue sebarin ya Gung di TL gue..

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: