Kenapa Sebaiknya Stop Pake Blackberry (beserta Aplikasi Penting untuk Pindahan)



Gambar gue pinjem dari sini

Hari ini resmi sudah Blackberry Torch 2 yang gue pake selama lebih dari setahun terakhir pensiun. Dalam posting ini akan gue ceritakan kenapa gue memutuskan untuk stop pake Blackberry, serta langkah-langkah untuk pindah ke Android.

Kenapa Sebaiknya Stop Pake Blackberry?

Blackberry masuk dalam kategori smartphone. Artinya benda itu seharusnya cukup pintar untuk membantu kegiatan kita sehari-hari, lebih pintar dari ponsel biasa. Pada kenyataannya, emang bener sih Blackberry punya beberapa fitur unggulan, tapi dia juga punya sejumlah penyakit bawaan yang bikin repot, yaitu:

1. Lemot

Gue belum pernah nemu ponsel merk lain yang sekonsisten Blackberry: mulai dari Gemini yang harganya 1,5 jutaan sampe Dakota yang 4,5 jutaan sama-sama konsisten hang, atau mendadak bloon, atau sering disebut ‘jam pasir’ (walau gambar jam pasirnya udah digantikan dengan jam analog sejak OS BB 5.0) dalam saat-saat yang paling nggak tepat.

Kalo udah mulai lemot gitu, obatnya cuma satu: cabut batre. Dan sekali cabut batre, Blackberry butuh waktu hingga 5 menit untuk siap dipake lagi. Durasi ini bisa bertambah sesuai dengan jumlah aplikasi yang di-install di dalamnya. Makin banyak aplikasi, makin sering ‘jam pasir’, dan sekali cabut batre butuh waktu loading yang makin lama.

Kalo sesekali sih masih gak papa ya, tapi kalo tiap hari harus begini, lama-lama bludrek juga.

2. Pilihan Terbatas

Sekalipun memegang rekor sebagai produsen smartphone tertua yang masih ada, entah kenapa pilihan aplikasi untuk Blackberry terbatas banget. Nggak usah mimpi install aplikasi social media yang lagi nge-trend seperti Instagram atau Path, pilihan browser internetnya aja minim banget.

Keterbatasan pilihan juga berlaku saat memilih ponselnya. Kalo pake BB ya pilihannya cuma terbatas sama ponsel produksi Blackberry. Sedangkan kalo pake Android, lu bisa pilih puluhan tipe ponsel keluaran berbagai merk dengan rentang harga mulai 1 jutaan sampe 8 jutaan.

3. Inovasi Telat

Waktu BB 10 mau diluncurkan, gue sempet penasaran pembaruan macam apa yang akan dilakukan BB. Soalnya udah santer banget desas-desus tentang kelebihan BB 10. Kirain akan sehebat apa, gitu. Taunya cuma tambahan fitur video chat (yang entah sejak berapa tahun lalu udah ada di platform lain) dan time shift di kameranya, yang juga dengan mudah digantikan oleh burst shot di aplikasi kamera lain.

Inovasi-inovasi kesiangan itu lantas ditawarkan dalam gadget yang dihargai 7,5 juta – duh, yang bener aja Mas.

Contoh lain betapa kesiangannya inovasi BB adalah dari jumlah maksimal anggota group chat. Dari dulu sampe sekarang, BB Group hanya bisa menampung 30 anggota. Sementara Whatsapp baru-baru ini meningkatkan jumlah anggota maksimalnya dari 30 ke 50, Line bisa menampung 100 orang, bahkan Kakaotalk bisa sampe tak terbatas!

4. Mahal

Paket bulanan BB full service Telkomsel adalah 90 ribu. Ini konon udah termasuk streaming Youtube, tapi gue curiganya sih enggak. Buktinya Telkomsel juga jualan paket Extreme dengan “unlimited streaming” – artinya paket BB Full Service-nya nggak unlimited streaming, dong?

Sedangkan kalo pake Android, dan ponselnya pake salah satu tipe Galaxy dari Samsung, cukup bayar 49 ribu udah dapet paket 2 GB. Berdasarkan pengalaman gue, kuota segini cukup walau tiap hari gue pake chatting, kirim-kiriman email, main game online, bahkan update aplikasi. Streaming Youtube baru gue puas-puasin menjelang masa berlakunya abis, kalo kuotanya masih banyak Winking smile . Kalo mau aktifin paket Galaxy bisa lewat *303*3# ya!

Buat gue, empat faktor barusan adalah gelagat suramnya masa depan BB. Daripada bertahan pake BB dan suatu hari nanti harus repot karena perusahaannya tutup, mendingan pindah dari sekarang deh.

Aplikasi Penting untuk Pindahan dari Blackberry ke Android

Rainbow Contacts

Hal penting yang perlu diselamatkan duluan saat ganti ponsel tentunya adalah contact list. Aplikasi gratisan ini memudahkan proses transfer contact dari ponsel apa pun ke Android lewat koneksi bluetooth. Pengoperasiannya gampang, dan untuk gue yang punya kontak di atas 1.000 entri proses transfernya nggak sampe 5 menit.

Peringatan:

Secara default, contact list di Android nggak memiliki field birthday, jadi buat kalian yang rajin mencatat ulang tahun teman-temannya dalam address book BB harus mem-backup-nya secara terpisah. Atau, andalkan reminder dari FB.

Rainbow Contacts bisa didonwload di sini.

Whatsapp

Sebagai aplikasi chatting multi platform paling populer saat ini, Whatsapp jelas wajib install di Android kalian. Penggunaan tahun pertama gratis, selanjutnya akan dikenakan biaya yang murah banget, nggak sampe 20 ribu per tahun. Sepadan lah dengan manfaatnya.

Perbandingan Whatsapp vs. Blackberry Messenger

Kelebihan

  • Multiplatform, bisa nyambung sama pengguna iOS, BB, maupun Windowsphone
  • Group chat bisa menampung hingga 50 orang
  • ID melekat pada nomor telepon, bukan pada ponsel, jadi nggak perlu repot transfer ID kalo nantinya mau ganti ponsel

Kekurangan

  • Nggak ada fungsi PING (ini bisa jadi sisi positif juga sih)
  • Gambar yang dikirim otomatis diturunin resolusinya

Whatsapp bisa didownload di sini.

MobiMail

Aplikasi ini hanya diperlukan oleh kalian yang BB-nya tersambung dengan Outlook Web Access (OWA) atau Active Sync Mail Server. Biasanya yang model begini adalah email kantor. Entah kenapa, aplikasi email bawaan Android yang secara teoritis bisa menarik email OWA gagal mulu tersambung dengan email kantor gue. Baru setelah gue install aplikasi ini bisa nyambung. Harganya 4,99 dollar.

Perbandingan MobiMail vs. Blackberry Mail Service

Kelebihan

  • Bisa search alamat dari Global Address List server.

Kekurangan

  • Nggak mendownload email header, artinya setiap buka MobiMail akan terjadi proses refreshing yang membutuhkan koneksi data. Selain itu, di BB Mail Service email yang udah dibuka akan tersimpan offline di ponsel sehingga nggak memerlukan koneksi data untuk membukanya lagi.

MobiMail bisa didownload di sini

Akhir kata, buat kalian yang masih setia menggunakan BB sambil harus menebalkan kesabaran tiap kali ketemu “jam pasir”, ingatlah: kalian punya pilihan kok. Kalian nggak harus menderita begini. Kalian berhak kok, bahagia seperti pengguna smartphone lainnya. Smartphone udah selayaknya ‘smart’, bukan bikin naik asam urat!

Tinggalkan komentar

42 Komentar

  1. lu sebenarnya mw kritisi blackberry yg lu blg super bloon ato mw promosiin aplikasi? d bayar brp lu? omong doang tp gk bermanfaat, lu kira android sempurna? semua buatan manusia broo🙂
    peace

    Suka

    Balas
    • Yang bilang android sempurna siapa? Yang jelas, android jauh lebih fleksibel ketimbang BB yang fiturnya serba ketinggalan zaman. Baca lagi yang bener sebelum komentar.

      Suka

  2. blackberry emang lagi parah
    http:acepasel.blogspot.com

    Suka

    Balas
  3. ya juga sih… tp blackbarry yg sy pake uda berjasa membantu ketika q perlu jdx males dah pindah ke yg lain… kalo perlu ganti ya mungkin sy paling ngebet ma yg windows phone cz ane emg fans berat Microsoft… tp android juga bisa jd alternatif yg bagus

    Suka

    Balas
  4. RIM uda ganti nama jadi BLACKBERRY sejak awal tahun 2013
    admin nya sok pinter, sok update
    yg ini aja ga update”
    hadoo
    nih baca disini ===
    http://www.voaindonesia.com/content/rim-ganti-nama-luncurkan-dua-seri-blackberry/1594231.html

    Suka

    Balas
    • Ngomentarin reply yg atas? Itu yg reply bukan admin. Baca lagi, jangan sok pinter, sok update, baca aja gak becus wakakakak

      Suka

  5. Blackberry itu nama perusahaan sedangkan Android itu nama OS. Jd bandingkannya bukan blackberry dengan Android itu beda. kecuali eloh bandingkan Blackberry dengan Google baru pas. Tp seharusnya Android dengan Blackberry OS 10. biar enggak salah yah…

    Suka

    Balas
    • @Rothua : Blackberry itu bukan nama perusahaan, tapi nama produk. Nama perusahaannya itu RIM.

      Suka

  6. setuju saya sama judul dan postingannyaa, ketika saya ngetik komentar ini, bb saya lagi hang,, aarrgghhh kacrut. udah berkali2 nih cabut batre sampe di wipe.

    pake BB juga terpaksa karena kerjaan dan bisnis, BB itu bagaikan hp cina bahkan lebih parah dari HP cina, BB udah harganya mahal, mesinya kampreett bikin emosi jiwa, lemot dan sering hang. padahal bb gw baru ganti yg baru. Arrrggghh ingin gw tabok nih pembuat bb sialan.

    saat ini gw pake 3 hp, bb, android dan tablet. cuma BB yg bangs*t,, bikin emosi jiwa makenya. huuufftttt. ayo kita rame2 hajar sipembuat BB sialan, mesinya lebih parah dari hp cina

    Suka

    Balas
  7. yang paling tidak lemot diantara yang lemot-lemot itu apaan ya Bang?

    Suka

    Balas
  8. Iya nih sy jg udah males pake bb..mu ganti android bagusnya samsung tipe apa yah, sarannya dong mas

    Suka

    Balas
  9. Kalo BB sudah dak ada peminatnya, saya akan pindah ke BB😀 haa….

    Suka

    Balas
  10. Aku dong dari dulu ga pnh pake Bebee..dari mulai dipaksa-paksa pake bb sm tmn2, disindir2 gr2 ga pake bb,dipanas2in ga tau gosip2 di bbm, ttp tdk goyah sampe skrg org2 yg maksa2 ek pake bb jd berbondong2 exodus dr bb,ahahaa.. :p

    Suka

    Balas
    • Biar anti mainstream ayo sekarang mulai pake bb🙂

      Suka

    • katanya blacberry mau gulung tikar
      karena sahamnya semakin merosot dan penjualannya kurang laris
      kalau sama Android dan Iphone
      Bener ngga tuh rumor yang beredar

      Suka

    • Entahlah. Tp posisi skrg sih keuangannya maaih sehat walau ada rencana pengurangan pegawai

      Suka

  11. belum punya uang untuk beli Android.itu sih inti permasalahannya. hehhe

    Suka

    Balas
  12. untung dr dulu ga suka ama BB hohoho. krn sy cm melihat kelebihan BB cm 1 yaitu buat ngobrol *sy termasuk bawel tp ga suka ngetik2..cape bok

    Suka

    Balas
    • Lagian kalo ngobrol pake ngetik ada risiko yg diajak ngobrol gak baca

      Suka

  13. udah setahun ini pake android..

    Suka

    Balas
  14. Saya juga mau pindah dari BB ke android, tapi belum nemu juga aplikasi/cara buat mindahin SMS/text message dari BB ke android. Ada saran mas?

    Suka

    Balas
  15. Hahahaha… setuju maaas! Udah 3 bulan terakhir ini nggak pake BB, beralih ke Samsung Galaxy Chat. Jiwa terasa lebih tenaaang… gila, pas pake BB, sering banget nggak dapet sinyal (maklum rumah berada di lembah). Sementara pas android, sinyal lancar syalalala… padahal sama-sama pake telkomsel loh…dan bener tuh, jadinya lebih irit! Sebulan cukup pake yang 2GB udah bisa yutupan. Dulu pake paket BB full service, malah pulsa suka raib mendadak, entah kesedot buat bayar charge apa yang nggak dicover paket BB full service

    Suka

    Balas
    • Kemungkinan kesedot untuk srreaming, tp memang gak pernah ada keterangan jelas berapa kuota streaming yg dianggap wajar.

      Suka

  16. Saya pake android keluaran smartfren, paketnya juga murah, 49 ribu unimited benar! ponsel android ga perlu mahal (kecuali buat maen game, samalah kayak komputer) yang penting smart menggunakannya.

    BB masih tetap saya pake karena kelebihannya di push email yang masih lebih cepat dan aplikasi BBM-nya masih unggul untuk group chat/multi chat dan multi group, serta notifikasinya paling bagus menurut saya seperti update status (yah cuma itu kelebihan BB yang saya rasakan, sebulan juga cuma diisi paket mail smartfren BB yang harganya 44 ribu, saya cuma pake BB jadul yang harganya 400 ribu, Huron 8830, tahan banting ini BB😀. Sebelumnya pake Storm 1 surepress touchscreen yang layarnya sudah kedap-kedip, dijual cuma dihargai murah, pernah ganti sparepart sekali total harganya sama dengan beli baru, parah!

    Intinya yang beli Z10, bodoh sebodohnya, karena cuma makan gengsi, tapi apa iya ngangkat gengsi tuh? hahaha….

    Suka

    Balas
    • Belum tentu karena gengsi sih, bisa juga karena nggak tau alternatif lain di luar BB. Makanya dibuat posting ini, kali2 bisa membuka wawasan.

      Keren juga pake Huron, bisa jadi incaran kolektor tuh!🙂

      Suka

  17. semakin senanglah saya yang emang gak pernah mau pake BB dari dulu…
    #saatnya ganti android OS yg baru… lalalala…🙂

    Suka

    Balas
  18. hahaha.. duluuuu seorang teman mencela-cela android dan di samsung galaksi, katanya klk restart or nyalain lo tinggal beol gak scanning2 tuh medianya… disuruhnya lah gue yang naif ini pakai BB. dan scr para klien punya BB juga ya sudha,pakai BB deh.. sambil beli samsung galaksi di kemudian hari.. nyatanya.. yah anda sudah bisa menebak ya hahahhaha

    kelemahan di gue cuma satu: agak susah touchscreen.. jari ulekan semua soalnya😀

    Suka

    Balas
  19. eyiq

     /  10 Juni 2013

    jadi pengganti torch 2 yang pantes apa dong? saya gaptek nih..

    Suka

    Balas
    • Yang bagus Javelin Dek, pilih yg masih ada bolanya ya biar lebih asik

      Suka

  20. Nanya dong, paket yang 49 ribu itu, paket apa ya?

    Suka

    Balas
    • Paket Galaxy Plan namanya, hanya bisa dipake di ponsel2 tipe Galaxy keluaran Samsung.

      Suka

    • paket kayak gitu asik amat. ada ngga ya paket semacam Xperia Plan
      (heu maunya mentang-mentang makenya xperia :D)

      Suka

    • Yah mungkin bisa diusulkan ke Teloomsel. Tp operator lain, kalo gak salah XL juga punya paket murah kayak gitu.

      Suka

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    apinn95 di [2012-003] Mau gampang? Ya jan…
    Sandra Buana Sari di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    omnduut di Manusia Ibarat Kertas…
    Rezky Yayang Yakhami… di Kenapa Orang Tersinggung?
    fe13bi di Kenapa Orang Tersinggung?
    mbot di Kenapa Orang Tersinggung?
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 4.158 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Jepret!

    Dia nggak bilang pejalan kakinya manusia kan... Siapa tau yang dimaksud tokek. 
#spanduk #koplak #superindo #tokek #pengumuman #tebet Hati2 kalo nanya sama psikolog asal jeplak gini

#whatsapp #psikolog #chat #konsultasi Kamu seperti... #jemuran #hujan #inget #gombal #meme Silakan add, @bangjoni udah live di Line! Pentingnya grammar
#stiker #sticker #grammar #fail #jakarta #traffic #car Bang Joni akan live di Line! 
#chat #bangjoni One question: HOW? 
#bajaj #jakarta #parkir #got #ajaib #koplak Psychology Class of 91 Silvery Reunion. 
Reunion, reunited. Today. 
#reunion #friends #ui #psikologiui #psikologi #silvery Simbol status
#rokok #cukai #50ribu #harga #meme
  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
    • Review: 5th Wave (2016) 17 Januari 2016
      Coba deh tonton trailer film ini:Action? Check.Alien? Check.Chloë Grace Moretz? Check.Jelas, gue langsung memutuskan nonton.Ekspektasi gue adalah film sejenis Battle Los Angeles (2011) atau War of the Worlds (2005) atau Independence Day (1996), tentang bumi yang diserang alien jahat dan berisi adegan-adegan perang seru.Begitu filmnya mulai, adegan dibuka den […]
    • Review: Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2015) 5 Januari 2016
      Tentang kenapa di sini kaum Cina ‘diperlakukan khusus’ adalah pertanyaan yang belum berhasil gue temuin jawabannya. Kenapa kita bisa santai bilang, “Si Joko Jawa, Si Tigor Batak, Si Asep orang Sunda,” tapi giliran “Si Ling Ling” mendadak kagok, lantas jadi nginggris: “Chinese”? Atau yang lebih absurd lagi: pencanangan sebutan Cina diganti jadi Tionghoa oleh […]
    • Obrolan Film Merangkap Ujian Kesabaran 9 April 2015
      Setiap orang punya penghayatan beda tentang film. Ada yang suka ngapalin berbagai detil tentang film favoritnya, ada juga yang bisa inget judul aja udah syukur. Sah-sah aja sih sebenernya. Yang bikin senewen adalah NGEDENGERIN orang-orang tipe terakhir saling ngobrol. Kemarin, karena udah kemaleman untuk jalan kaki, gue pulang naik angkot. Di dalemnya ada 2 […]
    • Review: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 6 April 2015
      Baru kali ini gue sampe merasa perlu "belajar" dulu sebelum nonton film. Ada dua pemicunya. Pengalaman nonton film Lincoln: udah mana pengetahuan gue tentang sejarah Amerika minim banget, cuma ngerti Lincoln itu anti perbudakan dan matinya ditembak, eh di filmnya muncul tokoh banyak banget yang mukanya nampak sama semua karena rata-rata berewokan.  […]
    • Battle of Surabaya: Menikmati Seriusnya Proses Jualan Film 23 Maret 2015
      Seumur-umur jadi penggemar film Indonesia, baru kali ini gue ngelihat film yang upaya pemasarannya seserius ini. Bayangin aja, filmnya belum jadi, tapi trailernya udah didaftarin ikut lomba. Eh, masuk nominasi di Golden Trailer Award, bahkan menang di International Movie Trailer Festival. Ngomong-ngomong, baru sekarang loh gue tau ada festival untuk trailer […]
    • Preview: Tomorrowland (2015) 11 Maret 2015
      Gue pertama kali nonton teaser trailer film ini tahun lalu, dan langsung memutuskan akan nonton. Adegannya bikin penasaran banget: ada seorang cewek ABG yang mendadak bisa pindah lokasi saat menyentuh sebuah pin berlogo T. Pin apa itu? Kenapa dia bisa mindahin orang? Pindahnya ke mana? Sukses banget trailernya bikin orang penasaran ingin nonton film ini.Baru […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Banyak orang gagal jalanin MLM? Bukan..mereka BERHENTI. 1 September 2016
      'Udah pernah join dulu mbak, tapi gagal….’ Pernah denger kalimat ini saat mengajak seseorang join oriflame? Saya sering..  Alasan ‘kegagalan’-nya macam-macam.. Ada yg karena modalnya mandeg gara-gara jualan produk oriflamenya sistem hutang maka menilai bisnisnya gagal , ada yg ditolak 10 orang lalu merasa gak bakat dan gagal, ada yg gak naik-naik level […]
    • Konsultan Oriflame seperti siapakah Anda: Neil Armstrong atau Lance Armstrong? 26 Agustus 2016
      Ada dua orang Armstrong yang menempati ruang khusus di hati rakyat Amerika. Keduanya berjasa, telah terbukti komitmennya, dan menunjukkan keberanian yang menginspirasi banyak orang. Namun, kisah mereka memiliki akhir yang berbeda.Yang pertama adalah Neil Armstrong, astronot Amerika. Sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, namanya kondang ke se […]
    • Bangga Jualan, Sekarang Juga! 25 Agustus 2016
      "Malu Jualan", barengan sama "Gampang Percaya Hoax" dan "Jam Karet"adalah kebiasaan-kebiasaan yang penting segera diberantas karena bikin Indonesia susah maju. Tapi "Malu Jualan" adalah yang paling parah. Beberapa waktu lalu, seorang teman yang lama nggak kedengeran kabarnya tiba-tiba muncul dengan pertanyaan, "Gu […]
    • Kerja Oriflame itu seperti apa sih? 24 Agustus 2016
      Dulu, waktu pertama kali baca tentang Oriflame, liat cerita sukses para top leader yang berhasil dapat penghasilan bulanan hingga puluhan juta, dapat mobil, jalan-jalan ke luar negeri, aku bertanya-tanya, "Ini kerjanya gimana sih sebenernya? Kok kayaknya seru banget. Nggak harus terikat jam kerja kayak kantoran tapi bisa pada punya uang jutaan!" Se […]
    • Skin Pro Oriflame, Membersihkan Wajah 5x Lebih Bersih 23 Agustus 2016
      Membersihkan wajah itu penting! Aku menyarankan metode 2 langkah untuk pembersihan wajah, yaitu: 1. Susu Pembersih 2. Toner Untuk menuntaskan pembersihan, kita mencuci muka menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Cuci muka pakai tangan saja hasilnya ternyata kurang maksimal, karena kotoran dalam pori-pori tidak bisa terangkat sepenuhnya. Orifl […]
    • Edukasi MLM untuk Abang Gojek 22 Agustus 2016
      Aku baru pulang dari training skin care di Oriflame Daan Mogot. Pulangnya seperti biasa panggil Gojek. Di jalan, abang Gojeknya tanya, kenapa ramai sekali kantor Oriflame Daan Mogot hari itu. Rupanya dia biasa mangkal di depan kantor Oriflame dan keramaian hari itu lebih dari biasanya. Aku bilang, habis ada training besar, yang pesertanya sampai 300 orang. T […]
    • Scrub Bibir ala Ida dengan Tendercare dari Oriflame 21 Agustus 2016
      Banyak downline dan pelanggan yang menanyakan, apakah Oriflame sudah mengeluarkan produk scrub untuk bibir. Sayangnya, sampai hari ini belum. Tapi kita bisa membuat scrub bibir sendiri lho, dengan memanfaatkan produk andalan Oriflame, si kecil mungil ajaib Tendercare. Silakan tonton videonya ya! Bonus: Di menit 4:55 ada kejutan khusus gara-gara shootingnya d […]
    • NovAge, Skin Care favorite aku! 19 Agustus 2016
      Soal urusan merawat wajah, aku udah buktiin sendiri deh pokoknya. Produk Oriflame yg sesuai kalau dipakainya secara KONSISTEN dan SABAR, hasilnya beneran NYATA. Sebagai yg kulit wajahnya cukup rewel--sensitif maksudnya, aku dulu takut sekali coba sembarang skin care. Soalnya salah-salah pakai produk pastiii jerawatan dan bruntusan. Ah sedih deh pokoknya. Mak […]
    • Oriflame bagi-bagi Tab Advan, ini pemenang dari teamkuu.. :-) 17 Agustus 2016
      Bulan April 2016 lalu Oriflame bikin challenge KEREN BANGET!Apalagi kalau gak bagi-bagi hadiah kan? Judul challenge-nya 'NOW OR NEVER'.Persyaratannya bisa dibilang MUDAH SEKALI lho. Para konsultan yang ingin dapat hadiah ini cukup meraih level baru 9% atau 12% atau 15% di bulan April 2016, lalu mempertahankannya di bulan berikutnya. Serta ada syara […]
    • Merawat wajah itu SABAR dan KONSISTEN. 20 Juni 2016
      Yang namanya perawatan kulit wajah itu BUTUH WAKTU ya teman2. Minimal banget hasil mulai terlihat nyata pada minggu ke 4 ya.. sekitar 28 hari, sesuai siklus pergantian kulit kita. Baca lagi, aku tulis-- 'MULAI terlihat nyata'. Bukan berarti langsung tau2 muka berubaaaaah gitu. Gak bisa. Tapi umumnya akan terlihat perbedaan pada minggu ke 4. Apalagi […]
%d blogger menyukai ini: