From MP to WP: More Blogging, Less Drama


Gue memang belajar ngeblog dari jalur yang ‘salah’, yaitu dari Multiply. Kenapa ‘salah’? Karena Multiply itu bukan (sepenuhnya) blog. Multiply adalah blog oplosan, karena dicampur dengan social networking.

Apa bedanya?

Berikut adalah definisi versi gue sendiri, yang gue rangkum dari berbagai sumber:

Blog: sebuah website yang biasanya dikelola secara pribadi, di mana posting-posting tersusun secara kronologis.

Social networking: sebuah layanan online yang memfasilitasi interaksi antar para anggotanya dengan notifikasi real-time dan konsep follow (misalnya: Twitter, Foursquare, Path)

Perpaduannya jadi kayak apa sih?

Multiply: Fasilitator Ke-Kepo-an sejak 2004

Awal tahun 2004, sebelum ada Multiply, kalo elu ngeblog di layanan blog ‘klasik’ seperti Blogspot atau WordPress, elu harus berusaha keras untuk mendapatkan pengunjung. Elu harus rajin-rajin mampir ke blog tetangga, mereply satu postingnya, memperkenalkan diri, lantas berharap sang empunya blog mau balas mampir ke blog lu. Sukur-sukur kalo dia mau langganan RSS Feed lu. Dan kalau pun dia balas mampir ke tempat lu, lu nggak akan pernah tau apakah yang mampir itu dia atau orang lain. Yang lu tau hanyalah statistik berapa jumlah orang yang udah baca tulisan lu. Tapi lu nggak bisa tau, siapa aja orang-orang itu. Kecuali kalo elu hacker jagoan yang kelebihan waktu dan rela menghabiskan waktu untuk menelusuri IP para pengunjung blog lu satu per satu.

Di Multiply, semua itu dipermudah dengan sistem Contact dan Message Board. Kalo elu ingin blog Multiply lu rame pengunjung, yang perlu lu lakukan adalah menambah contact sebanyak-banyaknya. Begitu permohonan lu untuk menjadi contact disetujui oleh pemilik blog tetangga, maka setiap kali lu bikin posting baru, para contact lu akan dapet 2 notifikasi: 1 – lewat email, 2 – lewat Message Board yang ada di sistem Multiply. Kurang lebih seperti ini skemanya:

Bukan hanya itu. Kalo posting lu mendapat reply dari para pengunjung, notifikasi tentang reply tersebut juga akan muncul di Message Board.

Si C meninggalkan reply di posting si A dan si B. Kedua reply lu tersebut akan diberitakan dalam Message Board.

Masih ada lagi: kalo elu mengubah akses tulisan lu, misalnya dari ‘for contact only’ menjadi ‘for everyone’, sekali lagi tulisan lu akan muncul di Message Board.

Pendek cerita, sistem Multiply bener-bener dirancang biar para anggotanya bergaul seakrab mungkin, seintens mungkin. Multiply bahkan menyediakan informasi tentang siapa aja yang udah mampir membaca tulisan lu, seperti ini:

Selain itu lu juga bisa menelusuri aktivitas seorang anggota Multiply di blog lu: posting mana aja yang dia baca, dan hari apa aja dia mampir. Komplit dan cocok banget untuk orang-orang dengan sifat… kepo!

Lanjut: memanfaatkan sistem Multiply untuk memperluas jaringan – klik angka 2 di bawah ini

Iklan
Laman: 1 2 3 4 5
Tinggalkan komentar

49 Komentar

  1. halo gung. ini lia yg dulu stelivena di MP. apa kabar dirimu & ida? gw sempet mindahin blog yg dr MP ke blogger & WP, tp abis itu males nerusin 😀 gw malah baru tau dulu di MP banyak drama begini. berarti gw beruntung waktu itu hehe. yg gw nyesel sih gak sempet kenalan betulan ama salah satu kontak gw di filipin soalnya koleksi lagunya bagus2.

    Suka

    Balas
    • Hai Lia, kabar baik! Iya, sayang ya sekarang udah nggak ada lagi layanan online yang bisa buat sharing lagu gratisan kayak MP.

      Suka

  2. chiemayindah

     /  27 Juli 2013

    Ya ampuunn emang MP se drama itu ya? Baru tau setelah baca tulisan ini. blog saya pertama kali ya di WP.

    Suka

    Balas
    • Tergantung bergaulnya sama orang2 macam apa sik 🙂

      Suka

    • chiemayindah

       /  27 Juli 2013

      hmm, iya juga sih. kalau ngutip kata kunci dulu pas kondisi debat jaman sekolah : ya semua kembali pada manusianya. udah itu titik, gak bisa didebat lagi 😀

      Suka

  3. Jadi inget jaman2 penuh drama di MP…
    Dulu pernah jadi bagian drama itu, tapi sekarang sudah terbebas dari semuanya. Legaa rasanya gak usah lihat drama lagi.

    Suka

    Balas
  4. Yang drama2 pada pindah ya…jadi terhindar deeeh…

    *ngrusuhin lapak agung dulu*

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: