Kehidupan Pasca Multiply (bag. 1)


Walaupun perdebatan masih aja seru soal apakah Multiply sebaiknya menghapus fitur blognya atau enggak, apakah ini keputusan yang tepat, apa iya Multiply tanpa blogger akan lebih menguntungkan, atau apakah Daniel Tumiwa tukang tipu atau bukan, mari kita melakukan apa yang perlu: menyelamatkan blog kita di Multiply.

Itu, kalau lu menganggap perlu menyelamatkan blog lu. Kalo enggak juga nggak papa sik.

Secara umum ada 2 hal yang bisa lu lakukan sekarang, yaitu:

  1. Memindahkan isi blog multiply lu ke local harddisk (backup)
  2. Memindahkan blog Multiply ke layanan blog lain, dalam hal ini wordpress.com (migrasi)

1. Memindahkan isi blog ke harddisk (backup)

Kalo lu orangnya rajin dan punya banyak waktu luang, lu bisa melakukannya secara manual. Buka satu per satu posting lu di multiply, klik ‘File’ > ‘Save As…’

Kelemahannya, selain lama, cara ini juga membuat blog lu menjadi sekumpulan dokumen HTML yang tercerai berai, nggak saling terhubung satu dengan lainnya. Padahal yang namanya website kan harus ada navigasinya. Maksudnya, di masing-masing halamannya harus ada link yang kalo diklik akan membuka halaman baru.

Untunglah di luar sana ada orang pintar yang baik hati dan menciptakan sebuah aplikasi bernama HTTrack. Aplikasi ini akan menyedot sebuah website secara utuh, lengkap dengan semua link bahkan gambar dan file-file lainnya, menjadi sebuah website lokal di harddisk kita.

Caranya:

  1. Tentu aja lu harus mendownload program HTTrack-nya dulu di sini. Saran gue, pilih yang format *.exe karena setelah didownload lu tinggal double click file tersebut dan programnya akan langsung terinstall.
  2. Setelah terinstall, jalankan program. Nggak terlalu banyak yang harus disetel-setel, tinggal klik ‘Next’ terus-terusan juga beres.

Beberapa hal yang mesti lu ketahui sebelum menjalankan program ini:

  1. Buat yang demen upload foto, siapin space harddisk yang rada lowong ya. Sebagai perbandingan, blog gue yang album fotonya ‘cuma’ 200-an dengan rata-rata foto di dalamnya sekitar 20-an, ternyata berukuran hampir 3 GB di harddisk. Jadi buat kalian yang stok fotonya lebih banyak dari itu, ya mesti siapin tempat yang lebih gede lagi.
  2. Buat yang make koneksi internet volume based, siapin volume yang gedeee banget ya.
  3. Program ini bisa diputus tengah jalan. Artinya, kalo dimatiin saat melakukan proses backup, maka pada saat dinyalain lagi dia akan meneruskan dari titik terakhir – bukan dari awal lagi.
  4. Cara program ini adalah dengan melakukan scanning terhadap link-link yang ada di blog lu, lalu melakukan proses download satu per satu. Setelah itu, dia akan melakukan scanning ulang untuk membandingkan antara file yang udah ada di harddisk dengan yang masih ada di server Multiply. Nah ini kemungkinan akan menjadi masalah karena halaman-halaman Multiply bersifat dinamis. Perhatiin, kalo lu lagi buka sebuah jurnal dan ada orang yang ngasih komentar, maka komentar tersebut akan muncul dengan sendirinya tanpa perlu reload / refresh halaman kan? Ini sebenernya teknologi canggih untuk memudahkan para user nggak perlu repot merefresh halaman bolak-balik, tapi kalo lagi dibackup pake HTTrack akan cukup merepotkan. Kenapa? Karena setiap kali melakukan scanning HTTrack akan melihat halaman di server selalu berbeda dengan yang udah didownload di harddisk, sehingga dia akan berusaha mendownloadnya lagi dan lagi dan lagi dan lagi! Jalan keluarnya, lu sendiri yang harus rajin-rajin mengecek file-file yang didownload HTTrack. Tes satu per satu, apakah semua linknya udah berjalan. Kalau memang udah beres, ya udah hentikan aja kegiatannya si HTTrack sekalipun dia masih nampak sibuk mendownload.

Kalau koneksi internet dan space harddisk lu memungkinkan, gue sangat menyarankan melakukan backup dengan HTTrack ini sekalipun lu berhasil melakukan migrasi blog ke server lain. Masalahnya, migrasi ke server lain nggak bisa berjalan 100%. File2 foto, baik yang di photo album maupun yang diinsert sebagai ilustrasi jurnal, nggak ikutan kebawa. Jadi nggak ada salahnya lu punya backup yang lengkap.

UPDATE: Ternyata HTTrack nggak bisa mendownload foto! Baca keterangan lengkapnya di posting yang ini.

2. Memindahkan blog Multiply ke wordpress.com (migrasi)

Aplikasi migrasi antar blog ini dibuat secara suka rela oleh seseorang bernama Hidayat Febiansyah yang kemudian membagikannya secara gratis. Gue doakan semoga Mas Hidayat selalu dilimpahi rezeki oleh Tuhan YME, dimudahkan segala urusannya dan ditinggikan derajatnya, amin. Aplikasi ini bener-bener keren karena cara kerjanya yang sangat sederhana, namun cukup sakti untuk memindahkan journal, reviews, recipes, dan notes di Multiply ke wordpress.com LENGKAP DENGAN SEMUA COMMENT-nya. Keren banget kan? Lu bisa menemukan aplikasi blog migrator karya Mas Hidayat di sini.

Beberapa hal yang perlu lu perhatikan saat menggunakan aplikasi ini adalah:

  1. Setelah aplikasi selesai membuat file XML untuk dipindahkan ke wordpress, lu akan melihat sebuah link download. Downloadlah file pada link tersebut, tapi AWAS: yang lu download itu masih dalam bentuk zip. Sebelum diupload ke wordpress, file tersebut harus lu extract terlebih dahulu, baik menggunakan zip folder bawaan windows maupun winrar.
  2. Aplikasi ini TIDAK dapat memigrasi market, music, videos, dan links. Untuk itu lu harus melakukan migrasi secara manual.
  3. Aplikasi ini juga tidak mengcopy semua foto yang ada di jurnal / reviews / notes / recipe lu. Semua fotonya masih ada di server Multiply, jadi lu harus memindahkannya ke hosting lain kalo nggak mau jurnal lu jadi berantakan karena fotonya lenyap semua. Mengenai trik yang ‘agak’ mudah untuk memindahkan hosting foto, akan gue jelasin di posting yang berbeda.

Sementara ini dulu yang mau gue ocehin, selamat pindahan dan menempuh hari-hari baru tanpa Multiply Smile

Iklan
Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

25 Komentar

  1. Salaam.
    Testing 🙂

    Suka

    Balas
  2. ade mataho

     /  11 Oktober 2012

    Reblogged this on My Weblog and commented:
    cukup membantu

    Suka

    Balas
  3. Gung, gw gak bis aDL file .exe karena gw pakai mac. Gimana dong? HELPPPP

    Suka

    Balas
    • Ya mampir dulu ke warnet numpang download deh. Atau ke tebet aja sini. Btw, baru tau mac ga bisa download exe.

      Suka

  4. mas, untuk httrack saya juga mengalami hal yg sama. lalu saya coba winwsd dan hasilnya gak pakai muter2, lancar lebih cepat selesai tuntasnya. memang hasilnya file2 “hantu” ikut terdownload, tapi itu karena dia tidak pakai ngecek ulang seperti httrack. nah file2 “hantu” itu bisa dicuekin sih, krn nama filenya juga lebih panjang drpd file entry utamanya.

    sekalian update blog saya ttg tools utk download multiply..:)
    salam

    Suka

    Balas
    • saya juga coba si winwsd ini, tapi kalo di komputer saya masalahnya adalah dia suka tiba2 not responding bahkan merestart komputer. Mungkin resource yang dia gunakan terlalu besar, nggak sanggup dijalankan oleh komputer jebot ini 🙂

      Suka

  5. pak Agung. sy lg pake httrack ini kok ga berhasil ya? 😦 dia minta diisi proxy gt. harus diapain ini pak? help

    Suka

    Balas
    • berarti koneksi internetnya menggunakan proxy. Bisa ‘nyontek’ setting yang ada di browser. Caranya, kalo pake google chrome, misalnya, klik gambar kunci pas di kanan atas, pilih settings > advance setting, lalu lihat pengaturannya di bagian ‘network’.
      Untuk browser lain bisa cek bagian tools > connection. Ikuti proxy setting yang tercantum di situ, masukkan dalam setting httrack

      Suka

  6. Numpang nyimak..

    Suka

    Balas
  7. Mas mbot, kemaren saya putus donlod pake httrack di tengah jalan (kelamaan, kasian laptopnya). Nah kalo musalnya disubmit lagi di folder yg sama, dia bakal nerusin lagi apa nimpa donlotan yang sebelumnya?
    Thx mas

    Suka

    Balas
  8. Sialnya, aku keburu migrasi sebelum fitur komen ditambahkan mas Hidayat, ah ya stutralah, jadinya berpuas diri aja tanpa komen2 blog sebelumnya terbawa..

    Suka

    Balas
    • Diulang aja proses migrasinya, gak papa kok. Nggak akan terjadi double entry, file yang diimpor belakangan akan overwrite file terdahulu

      Suka

    • Ga akan double entry ya? Ok deh, nanti aku coba, thanks yaaa

      Suka

  9. wisnuwidiarta

     /  14 Agustus 2012

    Reblogged this on Wisnu Widiarta's Blog and commented:
    Buat teman-teman eks Multiply yang butuh backup dan pindahan ke WordPress…

    Suka

    Balas
  10. Gimana sih cara ngequote sebagian postingnya: “Sementara ini dulu yang mau gue ocehin, selamat pindahan dan menempuh hari-hari baru tanpa Multiply”

    Suka deh penutupnya!

    Suka

    Balas
    • AiltjeAug 14, 1:08 pm
      Gimana sih cara ngequote sebagian postingnya:

      Ini masih pake cara manual, dicopy terus dikasih perintah blockquote

      Suka

  11. Btw, soal halaman Multiply yang dinamis, itu pake script Java.
    Jadi coba aja waktu menjalankan HTTrack ada ngga opsinya untuk mbunuh Java-nya.

    Suka

    Balas
    • dbaonkAug 14, 11:42 am
      Btw, soal halaman Multiply yang dinamis, itu pake script Java.
      Jadi coba aja waktu menjalankan HTTrack ada ngga opsinya untuk mbunuh Java-nya.

      OK, gue coba.

      Suka

  12. oh jadi komen gue di blog lu yang lama akan tetep muncul ya. horee..

    Suka

    Balas
    • dbaonkAug 14, 11:37 am
      oh jadi komen gue di blog lu yang lama akan tetep muncul ya. horee..

      Komen dr blog MP yang dua kali lu delete itu? Iya, tetep muncul.

      Suka

  13. copas ya mas

    Suka

    Balas
  1. Summary: Export tools for our Multiply site? | how to get out of multiply?
  2. Kehidupan Pasca Multiply (bag. 2): Menyelamatkan Foto di Jurnal « (new) Mbot's HQ

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: