The Final Curtain


Buat yang follow twitter gue @mbot atau nyantol jadi contact gue di FB kemungkinan udah baca ocehan gue tadi pagi tentang #MPshutdown ya. Intinya; MP akan fokus menjadi tempat jualan, dan nggak merasa perlu mengurus blogger yang bisanya ngoceh nggak guna kayak gue.

Sebenernya indikasi ke arah ini udah jelas kelihatan sejak MP buka kantor pemasaran di Indonesia, akhir 2010. Waktu itu sih para MPer menyambut gembira kedatangan mereka, apalagi sampe diundang tatap muka dan diskusi segala. Gue pun menitipkan banyak harapan untuk perbaikan MP lewat posting yang ini.

Multiply Indonesia Representative Office

Tapi honeymoon dengan tim perwakilan Multiply di Indonesia (selanjutnya gue sebut MIRO – Multipy Indonesia Representative Office) rasanya berjalan terlalu singkat. Awal kedatangannya aja udah kontroversial sih, dengan kasus ‘pembajakan’ account indonesia.multiply.com. Sebelum MIRO terbentuk, account itu udah ada yang punya. Pemiliknya bernama Donny Verdian. Memang nggak aktif, tapi orangnya kaget setengah mati waktu tiba-tiba account-nya pindah tangan. Pihak MIRO sih ngotot mereka udah minta izin via email, tapi yang punya nggak merasa dapet permohonan apapun. Ini sebenernya soal kecil, cuma pengambilalihan account. Account-nya udah non aktif pulak. Tapi ini gelagat nggak beresnya cara kerja MIRO.

Setelah itu bermunculan kasus-kasus ‘aneh’ seperti komentar kasar dr sebuah account yang kalo ditelusuri berasal dr Gandaria City lantai 23 (yaitu kantornya MIRO), juga ada personal message yang ‘mengancam’ sejumlah blogger karena komentarnya dianggap rusuh, hingga lenyapnya posting seorang user karena dianggap “subversif’. Juga ada kasus ajaib berupa tawaran untuk mempercantik dagangan di MP, tapi dengan minta username dan password, yang datangnya dari nomor telepon kantor MIRO. Belum lagi insiden konyol di salah satu lomba yang digelar MIRO: lombanya dipisah jadi 2 kategori: blogger dan online seller, tapi yang terpilih jadi pemenang adalah yang bahas tentang online seller, CRUT! Ini apa-apaan? Kenapa setelah ada kantor perwakilan Indonesia, blogger yang udah tahunan membesarkan MP malah diobok-obok nggak jelas gini?

Kalo gue perhatiin, titik permasalahan mendasar di MIRO adalah ketidakjelasan wewenang untuk menyampaikan informasi. Maksudnya gini: kalo mereka memposting sesuatu di account-nya, dan muncul pertanyaan dari para blogger, jawabnya lamaaa…. banget. Seringkali malah nggak dijawab sama sekali. Gue ngebayangin di kantor MIRO pegawainya pada dorong-dorongan, “eh, ini gimana nih jawabnya? Elu gih yang jawab!”

“Loh kok gue? Elu dong yang tuaan!”
“Ah nggak berani gue, tunggu boss aja deh…”Tentunya ini bikin para blogger jengkel, dan biasa lah anak-anak MP ini sambil nunggu jawban yang nggak kunjung datang main sahut-sahutan sendiri, ngasih komen yang nggak nyambung, bahkan posting foto-foto ajaib. Dan kebiasaan ini lantas disebut ‘rusuh’. Ya kalo elu ngerespon dengan bener, anak-anak ini nggak akan rusuh dong, MIRO… gimana sih?
My mind is full of fuck Jacky Chan
Salah satu personil MIRO konon pernah curhat, dia merasa serba salah menghadapi para bloggers MP. Padahal kuncinya sederhana aja: kalo orang nanya, dijawab. Kalo ternyata jawabannya ngambang / kurang jelas, ya harus siap untuk ditanya lagi. Sederhana banget kok.
Pihak MIRO sendiri berulang-kali janji akan memperlakukan para blogger sama dengan para online seller, dalam arti diperhatikan kebutuhannya. Nyatanya, silakan bandingkan sendiri keadaan group sellers vs group bloggers bentukan MIRO 🙂 Yang lebih dahsyat lagi, Stefan Magdalinski, orang yang tadi pagi bikin pengumuman akan menghapus fitur blog, nggak sampe 3 bulan yang lalu menjamin nggak akan menghapus fitur blog dari MP!

OK, hari ini kita sama-sama denger bahwa jaminan itu ternyata omong kosong. MP akan menghapus fitur blog dan fokus pada online seller doang. Sebuah langkah yang salah, menurut gue, karena:

  1. Gue yakin salah satu faktor yang menarik para online seller buka lapak di MP adalah keberadaan para blogger. Kalo gue memposisikan diri sebagai online seller MP, gue akan merasa lebih aman bertransaksi dengan blogger yang jelas identitasnya, udah punya posting banyak, punya contact banyak, ketimbang dengan user yang headshotnya masih pentol korek. Blogger bukan cuma pasar yang potensial, tapi juga lebih aman buat para seller.
  2. Seller butuh blogger untuk memberikan endorsement. Salah satu hal yang paling berharga bagi online seller adalah kesaksian para konsumen yang puas. Nah blogger digusur, dari mana mereka bisa mengharapkan endorsement? Dari sesama seller kah?
  3. Blogger MP itu mauan. Asal diperlakukan dengan baik, didengerin, nggak diancam-ancam, mereka sangat mau membantu untuk berbagai kegiatan – khususnya yang bersifat sosial. Gratis pulak. Kalo perusahaan lain harus investasi duit sangat gede untuk membentuk dan membina komunitas konsumennya, MP udah punya komunitas solid tanpa usaha (apalagi duit) sedikit pun. Ini sebenernya potensi marketing yang sangat luar biasa buat MP, apalagi mengingat anak-anak sini doyan pasang foto sampe beratus-ratus tiap kali abis bikin kegiatan.

Tapi yah, rupanya si Stefan nggak melihat ke arah situ. Reaksi gue saat ini lebih ke sebel daripada sedih atau kuatir. Memang akan capek untuk pindahan ke blog baru, tapi harus diakui lama-lama di sini emang bikin kesel.Makanya gue nggak tertarik untuk ikutan tanda tangan petisi biar Stefan membatalkan keputusannya. Juga kurang tertarik dengan usulan untuk tetap mempertahankan fitur blog dengan membayar sejumlah uang. Sebagai mesin blog, MP itu sangat ketinggalan jaman kok. Nggak bayar aja rugi, apalagi bayar. Dan rasanya makin nggak rela kalo setelah bayar pun pelayanannya masih akan kacrut kayak gini. Kata orang jawa, kalo mau hapus blog hapus aja sana, ra patheken!

So, it’s time to move on. Delapan tahun memang bukan waktu yang sebentar. Gue dapet banyak banget ilmu, pengalaman, dan yang lebih penting: teman-teman yang baik di sini. Teman-teman yang selalu bikin keluarga gue bertanya-tanya:
“Itu temen-temenmu dari mana? Temen kuliah?”
“Bukan.”
“Kantor?”
“Bukan. Dari internet.”
Delapan tahun lalu gue sendiri nggak akan kepikiran bisa berteman sedekat ini dengan orang-orang yang tadinya hanya bisa dibaca tulisannya atau dilihat fotonya di internet. Tapi ternyata bisa, dan pertemanannya udah nggak lagi terbatas di MP.
Kopdar Danau UI Pertama Multiply Indonesia
Selamat berpisah buat MP, tapi enggak buat MPersnya. Gue yakin kita masih akan tetep bisa nyambung lewat media yang b
erbeda.
 
Ini adalah tulisan terakhir gue di MP. Selanjutnya, gue akan ngeblog di ocehansimbot.blogspot.com wordpress ini aja deh. Kalian yang punya akun google, bisa ikut ngasih komen di sana dan tetep akan bisa gue kenali identitasnya.
 
Terima kasih banyak untuk 8 tahun yang luar biasa di sini.
 
-The Final Curtain is closed –
Iklan
Tinggalkan komentar

121 Komentar

  1. kenapa jadi Wp yg dipilih mas, ketimbang blogspot ?

    Suka

    Balas
    • Krn udah ada aplikasi untuk mengekspor posting ke WP dan nantinya lbh gampang utk dipindahin kalo mau ngeblog di hosting berbayar

      Suka

  2. oh kalau WP
    replyannya juga ikutan migrasi ya

    Suka

    Balas
  3. yg bikin kehilangan dari si MP ini adalah fitur proteksinya, postingan cuma bisa dibaca sama contact atau org2 tertentu. nah ini yg ribet kl mau mindahin, hrs diset jadi to everyone dulu. atau nggak ya terpaksa jadi offline..

    Suka

    Balas
  4. yak setuju, mas. ya mau gimana lagi, yaudahlah kl emang diusir. toh gw udah setahun ga nulis di sana, krn emang udah ga nyaman. paling yg bikin males adalah mindah2in postingan, meskipun ga semua postingan akan gw pindahin. bbrp dr postingan itu emang layak dihilangkan 😀 mindahin foto yg seabrek dan komen ajaib2.. gw blm ngelakuin apa2 nih buat mindahinnya.. msh males.. -_-“

    Suka

    Balas
  5. eh iya, kumpul lagi kita 🙂

    Suka

    Balas
  6. nah, ketemu lagi disini…

    Suka

    Balas
  7. btw mas agung, saya izin repost link blog ini, boleh ya? beberapa teman masih galau untuk pindah dan mencoba bertahan di sini (hya kali deh mp ga jadi ngilangin blog nya..). mudah2an post nya mas agung ini bisa mencerahkan kegalauan mereka *tsah*

    Suka

    Balas
  8. setuju, time to move on to a better place. kalaupun mp nggak jadi ngilangin feature blog nya, i’ll move anyway. nggak penting ada di tempat yang nggak mentingin kita juga 🙂 males sih, pindahan rumah dengan segala isinya… tapi ya sudahlah. time to move on. selamat pindahan, teman2 mp 🙂

    Suka

    Balas
  9. btw cara pindahin semua postingannya gmn sih mas? ada ya fiturnya?

    Suka

    Balas
  10. huaaaaaaa .. will keep following you! sampai jumpa! kalo aku pindah ke soehind.wordpress.com, bisa ikut kasi komen di blogspotnya mas mbot ga ya?

    Suka

    Balas
  11. beneran final curtain yaajadi gw ngga bakal terima email notifikasi lagi soal postingan baru elo di sini nih gung…

    Suka

    Balas
  12. sampe ketemu di google ya..agung ‘mbot’ :D. udh lama gak buka MP, gara2 serius ngebahas MP mau tutup buat bloggernya jadi aja mampir…., btw saya selalu terhibur baca tulisannya agung di MP biar dibacanya cukup di email aja dan gak sempat ngasih komen lagi 🙂

    Suka

    Balas
  13. ya ampun…terharu banget sampe’ liat hetsotnya Nanin,Nozqa dan Yunakeren niy postingan, berhasil mancing para dedengkot MP 😀

    Suka

    Balas
  14. Hikssss…. Nangis dipojokannnn

    Suka

    Balas
  15. ceile yuna ampe nongol

    Suka

    Balas
  16. maaf, blogspot maksudku hehe

    Suka

    Balas
  1. Cerita Hari Ini (2): Bersyukur itu… (2) | bijak.net

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    The making of mas ka… di Top Secret Mission: Mas K…
    Meyke Meray Wahyu di siapa yang sering kesetrum sep…
    Kiruu キルー di [2012-011] Ajaran ‘sesat…
    Tri Setyowati di siapa yang sering kesetrum sep…
    deehandut (@deehandu… di siapa yang sering kesetrum sep…
    Leones Henka Dewana di siapa yang sering kesetrum sep…
    Liya Kholida di siapa yang sering kesetrum sep…
    Lauw Christin di siapa yang sering kesetrum sep…
    Ryan Noor Arifin di siapa yang sering kesetrum sep…
    Riza Firli di Nostalgia Tentang Benda Ajaib…
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 4.167 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Jepret!

    Desain kekinian yang mengingatkan untuk terus istighfar Alhamdulillah kantor baru, mobil baru Foto keluarga pake baju baru, karena #kerenhaksegalabangsa #kerenhaksegalabangsa Ramayana challenge @kantanandana #kerenhaksegalabangsa Ramayana challenge, yay! Can you spot the difference? 
@sasha_sjam Bioskopnya dingin... #bioskop #sarung #dingin Jalur neraka
#macet #jakarta #casablanca #transjakarta Mungkin ini versi Iwan Fals yang lbh penyayang 
#mp3 #name #singer #iwanfals Pikachu versi haram, soalnya nampak blasteran sama babi
#pikachu #badut #babi #fail #bandung #gasibu
  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
    • Review: 5th Wave (2016) 17 Januari 2016
      Coba deh tonton trailer film ini:Action? Check.Alien? Check.Chloë Grace Moretz? Check.Jelas, gue langsung memutuskan nonton.Ekspektasi gue adalah film sejenis Battle Los Angeles (2011) atau War of the Worlds (2005) atau Independence Day (1996), tentang bumi yang diserang alien jahat dan berisi adegan-adegan perang seru.Begitu filmnya mulai, adegan dibuka den […]
    • Review: Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2015) 5 Januari 2016
      Tentang kenapa di sini kaum Cina ‘diperlakukan khusus’ adalah pertanyaan yang belum berhasil gue temuin jawabannya. Kenapa kita bisa santai bilang, “Si Joko Jawa, Si Tigor Batak, Si Asep orang Sunda,” tapi giliran “Si Ling Ling” mendadak kagok, lantas jadi nginggris: “Chinese”? Atau yang lebih absurd lagi: pencanangan sebutan Cina diganti jadi Tionghoa oleh […]
    • Obrolan Film Merangkap Ujian Kesabaran 9 April 2015
      Setiap orang punya penghayatan beda tentang film. Ada yang suka ngapalin berbagai detil tentang film favoritnya, ada juga yang bisa inget judul aja udah syukur. Sah-sah aja sih sebenernya. Yang bikin senewen adalah NGEDENGERIN orang-orang tipe terakhir saling ngobrol. Kemarin, karena udah kemaleman untuk jalan kaki, gue pulang naik angkot. Di dalemnya ada 2 […]
    • Review: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 6 April 2015
      Baru kali ini gue sampe merasa perlu "belajar" dulu sebelum nonton film. Ada dua pemicunya. Pengalaman nonton film Lincoln: udah mana pengetahuan gue tentang sejarah Amerika minim banget, cuma ngerti Lincoln itu anti perbudakan dan matinya ditembak, eh di filmnya muncul tokoh banyak banget yang mukanya nampak sama semua karena rata-rata berewokan.  […]
    • Battle of Surabaya: Menikmati Seriusnya Proses Jualan Film 23 Maret 2015
      Seumur-umur jadi penggemar film Indonesia, baru kali ini gue ngelihat film yang upaya pemasarannya seserius ini. Bayangin aja, filmnya belum jadi, tapi trailernya udah didaftarin ikut lomba. Eh, masuk nominasi di Golden Trailer Award, bahkan menang di International Movie Trailer Festival. Ngomong-ngomong, baru sekarang loh gue tau ada festival untuk trailer […]
    • Preview: Tomorrowland (2015) 11 Maret 2015
      Gue pertama kali nonton teaser trailer film ini tahun lalu, dan langsung memutuskan akan nonton. Adegannya bikin penasaran banget: ada seorang cewek ABG yang mendadak bisa pindah lokasi saat menyentuh sebuah pin berlogo T. Pin apa itu? Kenapa dia bisa mindahin orang? Pindahnya ke mana? Sukses banget trailernya bikin orang penasaran ingin nonton film ini.Baru […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Banyak orang gagal jalanin MLM? Bukan..mereka BERHENTI. 1 September 2016
      'Udah pernah join dulu mbak, tapi gagal….’ Pernah denger kalimat ini saat mengajak seseorang join oriflame? Saya sering..  Alasan ‘kegagalan’-nya macam-macam.. Ada yg karena modalnya mandeg gara-gara jualan produk oriflamenya sistem hutang maka menilai bisnisnya gagal , ada yg ditolak 10 orang lalu merasa gak bakat dan gagal, ada yg gak naik-naik level […]
    • Konsultan Oriflame seperti siapakah Anda: Neil Armstrong atau Lance Armstrong? 26 Agustus 2016
      Ada dua orang Armstrong yang menempati ruang khusus di hati rakyat Amerika. Keduanya berjasa, telah terbukti komitmennya, dan menunjukkan keberanian yang menginspirasi banyak orang. Namun, kisah mereka memiliki akhir yang berbeda.Yang pertama adalah Neil Armstrong, astronot Amerika. Sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, namanya kondang ke se […]
    • Bangga Jualan, Sekarang Juga! 25 Agustus 2016
      "Malu Jualan", barengan sama "Gampang Percaya Hoax" dan "Jam Karet"adalah kebiasaan-kebiasaan yang penting segera diberantas karena bikin Indonesia susah maju. Tapi "Malu Jualan" adalah yang paling parah. Beberapa waktu lalu, seorang teman yang lama nggak kedengeran kabarnya tiba-tiba muncul dengan pertanyaan, "Gu […]
    • Kerja Oriflame itu seperti apa sih? 24 Agustus 2016
      Dulu, waktu pertama kali baca tentang Oriflame, liat cerita sukses para top leader yang berhasil dapat penghasilan bulanan hingga puluhan juta, dapat mobil, jalan-jalan ke luar negeri, aku bertanya-tanya, "Ini kerjanya gimana sih sebenernya? Kok kayaknya seru banget. Nggak harus terikat jam kerja kayak kantoran tapi bisa pada punya uang jutaan!" Se […]
    • Skin Pro Oriflame, Membersihkan Wajah 5x Lebih Bersih 23 Agustus 2016
      Membersihkan wajah itu penting! Aku menyarankan metode 2 langkah untuk pembersihan wajah, yaitu: 1. Susu Pembersih 2. Toner Untuk menuntaskan pembersihan, kita mencuci muka menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Cuci muka pakai tangan saja hasilnya ternyata kurang maksimal, karena kotoran dalam pori-pori tidak bisa terangkat sepenuhnya. Orifl […]
    • Edukasi MLM untuk Abang Gojek 22 Agustus 2016
      Aku baru pulang dari training skin care di Oriflame Daan Mogot. Pulangnya seperti biasa panggil Gojek. Di jalan, abang Gojeknya tanya, kenapa ramai sekali kantor Oriflame Daan Mogot hari itu. Rupanya dia biasa mangkal di depan kantor Oriflame dan keramaian hari itu lebih dari biasanya. Aku bilang, habis ada training besar, yang pesertanya sampai 300 orang. T […]
    • Scrub Bibir ala Ida dengan Tendercare dari Oriflame 21 Agustus 2016
      Banyak downline dan pelanggan yang menanyakan, apakah Oriflame sudah mengeluarkan produk scrub untuk bibir. Sayangnya, sampai hari ini belum. Tapi kita bisa membuat scrub bibir sendiri lho, dengan memanfaatkan produk andalan Oriflame, si kecil mungil ajaib Tendercare. Silakan tonton videonya ya! Bonus: Di menit 4:55 ada kejutan khusus gara-gara shootingnya d […]
    • NovAge, Skin Care favorite aku! 19 Agustus 2016
      Soal urusan merawat wajah, aku udah buktiin sendiri deh pokoknya. Produk Oriflame yg sesuai kalau dipakainya secara KONSISTEN dan SABAR, hasilnya beneran NYATA. Sebagai yg kulit wajahnya cukup rewel--sensitif maksudnya, aku dulu takut sekali coba sembarang skin care. Soalnya salah-salah pakai produk pastiii jerawatan dan bruntusan. Ah sedih deh pokoknya. Mak […]
    • Oriflame bagi-bagi Tab Advan, ini pemenang dari teamkuu.. :-) 17 Agustus 2016
      Bulan April 2016 lalu Oriflame bikin challenge KEREN BANGET!Apalagi kalau gak bagi-bagi hadiah kan? Judul challenge-nya 'NOW OR NEVER'.Persyaratannya bisa dibilang MUDAH SEKALI lho. Para konsultan yang ingin dapat hadiah ini cukup meraih level baru 9% atau 12% atau 15% di bulan April 2016, lalu mempertahankannya di bulan berikutnya. Serta ada syara […]
    • Merawat wajah itu SABAR dan KONSISTEN. 20 Juni 2016
      Yang namanya perawatan kulit wajah itu BUTUH WAKTU ya teman2. Minimal banget hasil mulai terlihat nyata pada minggu ke 4 ya.. sekitar 28 hari, sesuai siklus pergantian kulit kita. Baca lagi, aku tulis-- 'MULAI terlihat nyata'. Bukan berarti langsung tau2 muka berubaaaaah gitu. Gak bisa. Tapi umumnya akan terlihat perbedaan pada minggu ke 4. Apalagi […]
%d blogger menyukai ini: