[2012-011] Ajaran ‘sesat’ si Ippho Santosa


Pernah denger nama Ippho Santosa? Itu lho penulis buku 7 Keajaiban Rejeki yang antara lain mendorong kita untuk banyak-banyak pake belahan otak kanan dan sedekah kalo mau cepet kaya. Nah, akhir bulan lalu dia bikin ‘ulah’ lagi lewat sebuah akun twitter baru bernama Hanya20Ribu. Pesannya sederhana aja sih: banyak-banyaklah ngumpulin uang 20 ribuan untuk ditabung, nanti kalo udah banyak jadiin modal usaha, pasti akhirnya jadi cepet kaya. Kalo baca itung-itungan yang dijelasin di akun twitter itu kayaknya sih enak dan gampang aja ya. Padahal nggak segampang dapet online storage gratis dari Dropbox.  Antara lain dia bilang:

  • Kalau sehari kita bisa ngumpulin 5 lembar saja 20 ribuan, maka dalam 3 tahun uang Anda sudah 108 juta.
  • Kalau uang itu dipake untuk bisnis dengan keuntungan 10% aja, maka setiap bulan kita akan punya penghasilan 10,8 juta! Wow!

Wow?

Tunggu bentar.

Contoh kasusnya adalah ‘ngumpulin 5 lembar 20 ribuan dalam sehari untuk ditabung’. Selintas kedengerannya kecil ya, 5 lembar 20 ribuan. Recehan, tuh. Tapi kayaknya si Ippho ini mencoba menggiring para followernya untuk melupakan bahwa 5 lembar 20 ribuan = 100 ribu per hari! Itu mah bukan duit kecil, mas. Dan kalo ada orang yang sanggup nabung 100 ribu per hari, artinya dia nabung 3 juta per bulan. Dengan asumsi rata-rata orang hanya sanggup mengalokasikan 1/3 pendapatannya untuk ditabung, maka yang bisa ngikutin ‘tip mudah’ ini hanya mereka yang penghasilan bulanannya 9 juta ke atas!

Ini mirip hitung-hitungan Presiden Suharto kalo lagi tatap muka sama petani, tahun 80-an dulu:

“Penghasilannya berapa Pak?”

“Lima ribu sebulan, Pak Presiden…” (di masa itu US Dollar cuma 500 perak, jadi ini setara dengan 10 dollar).

“Wah banyak sekali! Artinya, setahun sudah 60 ribu! Bayangkan kalau sudah sepuluh tahun, berapa?”

“Eee… enam ratus ribu, Bapak Presiden”

“Nah, banyak kan? Luar biasa sekali, seorang petani bisa punya penghasilan 600 ribu!”

*penonton tepuk tangan dengan wajah setengah mikir, “errr… kayaknya ada yang salah, tapi apa ya?”

Tapi ya okelah. Maksud Ippho adalah mengubah mindset orang yang selama ini mikir nabung itu sulit karena hidup udah pas-pasan. Bagian situnya gue setuju. Yang bikin gue rada meringis adalah 2 twitnya berikut ini:

twit hanya 20 rb

Perhatikan kata-kata yang dia pilih; NEMU / KETEMU 20 ribuan.

Gue yakin dia bukan asal-asalan / kebetulan menggunakan istilah NEMU / KETEMU 20 ribuan ini. Ini pasti sengaja, untuk menanamkan kesan bahwa aktivitas menabung itu mudah dan nggak membebani. Tapi dia lupa efek samping kata-kata tersebut pada sebuah rumah tangga di Tebet…

“Suami, pinjem dompetnya sini!”

“Mau buat apa, istri?”

“Siniin cepet!”

“…” (menyerahkan dompet dengan bingung)

“…” (membongkar dompet dengan beringas) “Nah! Istri NEMU 20 ribuan ini! Yes! Terima kasih, suami!”

“Mau buat bayar apaan sih?”

“Ada, lah!”

Hari berikutnya…

“Suami! Kenapa sih kantong celananya isinya dua ribuan gini!” (sambil menggeledah celana kotor yang nyaris masuk cucian)

“Ya namanya juga kembalian. Kenapa emangnya?”

“Kenapa dari tadi istri nggak NEMU dua puluh ribuan?!”

Hari berikutnya lagi…

“Suami, lihat nih, istri NEMU dua puluh ribuan tiga biji! Asik!”

“Wow! Nemu di mana?”

“Di dompet suami!”

“Wow…”

Bukannya mau pelit sama istri, tapi kalo nggak rajin-rajin ngecek isi dompet bisa terjadi adegan berikut:

“Nasi pecel sama empal dan kerupuk, semuanya jadi 16 ribu, mas…”

“OK… sebentar ya mbak… LAH, INI KENAPA DOMPET GUE MENDADAK ISINYA DUA RIBUAN 4 LEMBAR GINI!?

Setelah mengalami serangkaian penggeledahan dan perampasan paksa, barulah gue menemukan biang keladinya yaitu twitter si Ippho ini. Dia sendiri nggak menjelaskan kenapa harus 20 ribu yang jadi sasaran, kenapa nggak 10 ribu atau 100 ribu sekalian. Tapi kalo perkiraan gue, nominal ini dipilih karena posisinya pas: nggak kekecilan sehingga lama terasa efeknya, juga nggak kegedean sehingga memberatkan. Yang jelas, nasib duit dengan total nilai yang sama dapat berbeda tergantung formasi lembaran-lembarannya:

formasi duit aman

formasi duit tidak aman
Buat Ippho, kalo ada rencana bikin sequel akunnya dengan ‘Hanya100Ribu’, saran gue mending pikir-pikir lagi kali ye!
Iklan
Tinggalkan komentar

137 Komentar

  1. saya dulu sempet kerja di tempat nya mas Ippho loh hehe keren juga ini pake SEO nya 🙂 walau untuk sesuatu macam ini…. miris ^^

    Suka

    Balas
  2. Untuk yang punya AKUN ini jangan memfitnah orang itu sesat? jangan merasa diri anda paling benar, kesimpulan nya adalah Mas Mbot YTH, blm faham banget apa yg di maksud oleh Guru saya Ippho Santosa…. Guru besar saya dibilang SESAT ??? pesan untuk MAS Mbot YTH / yg punya AKUN ini: “berfikir dulu sebelum bertindak”… semoga anda mendapat hidayah dan Allah memafkan atas lisan Anda.. Aamiin….

    Suka

    Balas
  3. bagus dari pada sebungkus rokok…kalo gak sedekah kan bukan Allah akan menggati 10 X….so 100000 kalikan aja 10 …ente tinggal pikir…

    Suka

    Balas
  4. krisna firdaus

     /  14 Agustus 2016

    salah om. Dibukunya mas Ippho ditulis “asal pake uang sendiri…”
    “Kalau sehari kita bisa ngumpulin 5 lembar saja 20 ribuan, maka dalam 3 tahun uang Anda sudah 108 juta.” itu cuma contoh, nabungnya juga nggak harus 5 lembar per hari kali!

    Suka

    Balas
  5. tulisanya terlalu mendidik…hehehehehe

    Suka

    Balas
  6. Ha ha ha ha ha ha haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!

    Suka

    Balas
  7. Hahahahahaha…
    Inilah orang2 yang dimaksudkan mas Ippho …
    “Orang Kiri” makanya kalok mikir itu nganan dlu jangan ngiri :v
    semua yang di bilang mas ippho tuh sesuai dengan pengalaman ane, itu semua emang bener 🙂
    mending jdi orang kanan aja deh :p
    atau yang punya blog ini masih Vocah yah :p
    mikir dlu kalok mau posting

    Suka

    Balas
  8. Kalau aku sih jarang2 ketemu duit 20ribuan, jadi kalau ketemu ya ditabung aja. Nah itulah yg mungkin ditanamkan mas Ippho, bukan menyuruh kita ngabisi uang hanya buat ditabung, biar bagaimanapun mas Ippho motivator yang handal dan bijah, lah kita?? tidak ada apa2nya, niat beliau juga baik. Kita2nya aja lagi menanggapinya.

    Suka

    Balas
  9. Menurut ane ga ada yang perlu dipermasalahkan dari tulisan ini. Tulisannya jujur, logis dan sama sekali ga ada unsur provokasi… Tapi kok ada yg terprovokasi. Mungkin karena bacanya terlalu serius, kayak baca rumus matematika…. -_- Hadeuh

    Suka

    Balas
  10. kasian saya yg punya ini blog kalau segera tida di hapus maka akan menjadi saham dosa untuk nya ini akan mengalir karnna jelas ini menghujat orang lain

    Suka

    Balas
  11. Oh my god saya lg nyari email Ippho dan nyasarnya ke blog ini.. surprise ad aorang seperti om mbot yang memiliki pemikiran anti mainstream. Sebenarnya ane masih tahap pencarian jati diri(ngapain malah curhat) sampe baca buku2 ippho yang emang bisa memotivasi.. dan bisa ngebaca tulisan ini.. selain memotivasi diri saya perlu banget nih belajar berpikir “anti mainstream” kaya om.. 😀

    Suka

    Balas
  12. sudah sudah, jangan tindas yg punya akun blog ini, krn dia sudah tertindas.

    Suka

    Balas
  13. haha… lucu tenan. ternyata banyak orang yg ga bisa bercanda. tulisan mbot agung ini kan hanya menyoroti sisi jenaka dari seorang yg mengikuti saran ippho, kok bisa jadi tempat orang buang hujat semau-maunya dari para fanatikus ippho. saya yakin dari tulisan ini mbot tidak membenci ippho, apalagi sampe sirik.

    …dan yg aku suka, mbot tidak mau meladeni hujatan! anteng aja dia sambil mesam-mesem melihat banyak orang yg salah paham.

    Suka

    Balas
    • haha memang, ngapain buang waktu menjawab orang-orang yang ‘terlalu cerdas’ sehingga nggak paham artinya kata yang diapit tanda kutip.

      Suka

  14. dewasa om dalam berfikir, jgn maunya disuapin mulu….
    ngaka ane baru baca post ini, ente iri sama ippoh ya kenapa dia banyak yg suka sama dia dan ente mau jadi seperti dia??
    20 ribu itu juga di ambil dari cara yg halal lah om, moso dengan cara senonoh seperti org yg tidak berpendidikan saja pola pikirnya…
    semua org punya cara sendiri2 dengan menyampaikan kata2 / ungkapan om, contoh om mbot pakai kata “SESAT” itu juga g bagus, ippoh hanya menggunakan kata dalam dirinya yaitu “NEMU” itu bisa banyak arti loh…
    jgn maen ngejudge klo dia slah besar dan ente bener, penilaian anda bisa jadi bumerang buat anda 😀
    pakai cara pikir orang berpendidikan ya om,. coba ditelaah lagi….

    Suka

    Balas
  15. Baru liat gue mbot blognya dihujat rame-rame gini.
    Seru juga. :))))

    Suka

    Balas
  16. Terserah elu mas mau ngikutin saran mas Ippho atau enggak? kan nggak ada juga salahnya nabung 100 rb sehari??? yang kaya yang nabung kan bukan mas Ippho nya??? dan mas Mbot jg gitu juga dong menafsirkan ajaran mas Ippho sesat, emangnya sekarang elu sudah berani sedekah berapa???

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: