[being nice for dummies] #0015: Hayo siapa yang suka ngibulin kasir?


giving money

Dua hari yang lalu, gue lagi ngantri mau bayar roti saat bapak-bapak di depan gue terlibat pembicaraan dengan mbak kasir. Belanjaan bapak itu 15.000, dia bayar dengan uang 50.000 trus kasirnya bilang, “Maaf Pak, ada uang pasnya?”

Biasanya orang (baca: gue) akan jawab biar cepet aja, “Nggak ada mbak.” Biarin aja bohong, tapi nyari duit kecil kan susah. Ngapain dikasih ke kasir, yang memang udah tugasnya memberikan kembalian. Jadi, bohong dikit aja gak papa lah.

Tapi si bapak ini beda. Dia bilang, “Ada mbak, tapi maaf saya nanti akan perlu uang pas itu. Jadi, saya bayar pake uang ini aja ya?”

Besar atau kecil, bohong ya bohong. Si bapak itu mencontohkan, bahwa kalau bisa dihindari dengan sebuah penjelasan (yang sedikit repot) buat apa bohong?

Bagaimana dengan kita?

gambar gue pinjem dari sini

Tinggalkan komentar

29 Komentar

  1. Kalo aku sebisa mungkin ngasih uang pas deh…Biarin repot di kita, tapi, kalo ga begitu, recehan itu sering numpuk banyak di saku tas/celana. Ngeberat2in aja.

    Suka

    Balas
  2. gak ada, kembaliannya buat mbak aja … 🙂 (sok gak butuh duit :)) )

    Suka

    Balas
  3. kalo gue umpama ada uang pas ya gue bayarin, kalo ga ada ya mau gimana lagi, bilang aja emang ga ada uang kecil.

    Suka

    Balas
  4. Uda lama gak singgah….Rupanya udah banyak yang baru…maaf mas biasa gak pernah coment…cuma numpangn haha hihi aja…

    Suka

    Balas
  5. sebenernya sih ya, kalo belanja 15rb tapi bayar 50rb masih mending lah … paling males kalo lagi di metro mini ada yg bayar ongkos pake 50rb. Ketauan banget berusaha nuker duit. 😉

    Suka

    Balas
  6. aku biasanya memindahkan uang kecil di dompet ke dalam tas, terus dengan tampang tolol buka dompet sambil nunjukin ke mbaknya. hehehehe….Lesson learned, besok gak bohong lagi! Terimakasih mas Agung (dan Bapak Misterious itu)

    Suka

    Balas
  7. hampir gak pernah bayar pake kontan. selalu pake kartu debit. disini umumnya begitu, menghindari kriminalitas, bawa2 kontan di dompet.

    Suka

    Balas
  8. chezumar said: Cuma mecah uang di loket tiket kereta commuter,. kalau belanja di diusahakan pakai kartu debit. Lumayan gak ribet soal pembulatan angka.Soal kembalian, biasanya berusaha kompromi dengan ngasih receh yang cukup supaya dia bisa kasih kembalian uang bulat.

    jawaban lo tuh gw banget ^^

    Suka

    Balas
  9. gue .. dg bohong sih … *tunduk malu* … abisnya .. ribet klo pake nambahin alesan …

    Suka

    Balas

Ada komentar?

