[Herbalife Diary 011] Nggak sempet olah raga? Ah, masa?


“Gue ingin langsing, tapi nggak sempet olah raga. Cukup nggak kalo dengan hanya disiplin minum Herbalife aja?”

Jawabannya, sayang sekali, enggak.

Bahkan di website resmi Herbalife sendiri tertulis, “A healthy diet and regular physical activity are major factors in the promotion and maintenance of good health throughout your life.” Jadi, untuk langsing sehat ala Herbalife, olah raga juga perlu. Pertanyaannya, gimana dengan mereka yang ‘nggak sempet’ olah raga?

Pertama-tama gue perjelas dulu batasan ‘olah raga’ dengan tujuan pelangsingan adalah, “30 menit non-stop dengan intensitas sedang.” Maksudnya, intensitas di mana kita mencapai denyut nadi minimal 70% dari denyut nadi maksimal. FYI, denyut nadi maksimal kita = 220 – umur. Jadi untuk gue yang umurnya 37 tahun ini, denyut nadi maksimalnya 183. Nah, pembakaran lemak optimal terjadi saat denyut nadi gue mencapai 70% dari 183 = 128 kali per menit. Cara ngitungnya, pegang nadi yang berdenyut sambil lihat jam selama 15 detik. Hasil hitungannya dikalikan 4.

Batasan 70% itu sendiri sebenernya sangat gampang tercapai. Coba aja naik tanggal bangsa 2 – 3 lantai, atau lari-lari ngejar busway yang mau berangkat di seberang jalan – denyut nadi lu kemungkinan besar akan mencapai 70% denyut maksimal, bisa juga lebih.

Kesimpulannya: waktu yang diperlukan cuma 30 menit, batasan intensitasnya juga relatif mudah dicapai. Artinya kalau ada orang bilang dia terlalu ‘sibuk’ untuk meluangkan waktu selama 30 menit, permasalahannya biasanya cuma salah satu di antara 2: kurang niat atau kurang jeli mencari peluang.

Untuk yang kurang niat gue nggak akan bahas deh. Dari semua aspek program pelangsingan, aspek niat adalah yang paling mahal harganya karena nggak bisa didapat dari manapun kecuali dari diri sendiri. Kalo ada orang bilang, “gue ingin langsing, tapi males diet / olah raga kayak elu, gimana ya?” biasanya akan gue jawab dengan “iya ya, gimana ya?” Kalo problem lu dalam melangsing adalah niat, sori, gue nggak bisa bantu. Itu harus lu selesaikan sendiri.

Sedangkan buat yang kurang jeli melihat peluang, berikut beberapa ide yang bisa lu coba untuk mendapatkan 30 menit olah raga di sela kesibukan lu:

  • buat yang jarak kantor ke rumahnya sekitar 3 KM, ini yang paling gampang: pulang kantor jalan kaki. Kalo kecepatan jalan lu sekitar 6 KM/ jam, maka jarak itu bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Kenapa gue sarankan jalan kaki pulangnya, bukan berangkatnya? Karena kalo berangkatnya nanti sampe kantor lu keringetan, bau kelek, nggak konsentrasi kerja, ngantukan, dllsb sehingga akhirnya dipanggil boss dan saat ditanya boss lu jawab “soalnya saya baca di blognya si mbot saya harus rajin jalan kaki.” Nah, paling males deh gue tersangkut paut dalam kekisruhan karir orang.
  • bike to work
  • buat yang pulang kantornya naik kendaraan umum, turunnya nggak usah persis depan rumah. Turun beberapa halte lebih awal. Atau, yang biasanya naik ojek setelah turun dari bis, coba sekali-sekali jalan kaki sampe rumah.
  • buat yang kantornya di gedung bertingkat, coba saat mau pulang, sesampainya di lantai paling bawah naik tangga darurat lagi beberapa lantai ke atas. Baru abis itu turun lagi pake lift. Atau pake tangga lagi juga lebih bagus.
  • buat yang biasa nitip sama OB untuk beliin makan siang, sekali-sekali ikutan sama OB-nya jalan-jalan beli makan siang. Atau, cegat OBnya di pintu keluar, minta daftar makanan yang harus dia beli, terus elu yang jalan. OB-nya disuruh ngadem di kantor. Pasti dia senang (walau mungkin bingung). Asa duit tipnya nggak lu sikat aja.
  • jalan-jalan di mal memang lumayan, karena ada unsur jalan kakinya. Masalahnya kalo jalan di mal cenderung pelan, udah gitu banyak berhentinya saat nemu tulisan ‘DISCOUNT’. Makanya weekend jangan diisi dengan nge-mal, coba jalan-jalan ke bonbin atau kebon raya – pokoknya tempat yang lebih luas dan lebih memungkinkan untuk berjalan lebih cepat. Selain lebih sehat dijamin lebih irit.
  • lu selalu bisa bangun 30 menit lebih awal untuk jogging / sepedaan keliling komplek sebelum berangkat ke kantor
  • ngantornya di rumah? Malah lebih bagus lagi: beli DVD aerobic, lu bisa olah raga di ruang tamu.

Poin gue adalah: semua orang pasti bisa memasukkan 30 menit olah raga dalam 24 jam waktunya – masalahnya tinggal mau atau enggak.

Yuk, melangsing! Mau?

gambar gue pinjem dari sini

Iklan
Tinggalkan komentar

14 Komentar

  1. mbot said: jalan-jalan di mal memang lumayan, karena ada unsur jalan kakinya. Masalahnya kalo jalan di mal cenderung pelan, udah gitu banyak berhentinya saat nemu tulisan ‘DISCOUNT’

    jd inget ada temen yg habis hamil, pingin kurus, trus dia tiap hari kalo pulang kerja, jalan ke mall, tapi ga bawa atm, ga bawa kartu kredit, cumen bawa ulang untuk ongkos aja. lumayan, berhasil 🙂

    Suka

    Balas
  2. Iklan lagi, ah:http://revinaoctavianitadr.multiply.com/journal/item/78/Olahraga_untuk_orang_sibuk*lagi males nyembunyiin linkJangan di-delete iklanku ini ya, mas! :p

    Suka

    Balas
  3. 30 menit ngempi termasuk meningkatkan denyut nadi lho, apalagi kalo baca postingan yg bikin emosi ;p

    Suka

    Balas
  4. intinya bukan gak sempet, tapi males.. 😀

    Suka

    Balas
  5. rinita said: selamat…hebat euy….

    terima kasih 🙂 doakan sampe ke finish ya, 13 kilo lagi.

    Suka

    Balas
  6. ummuauliya said: niat gue hilang sejak turun 16kg, terlalu berpuas diri, naek lagi! huuuh… ditunggu kirimannya lah, blognya tentang ini jangan berenti ya, ntar semangat gue ngilang masuk kali :(( *tetep jalan kaki 30′, sepedaan, aerobik, tapiiiii makan juga banyak! wkwkwkwk

    paketnya otw, ternyata yang cair bisa dikirim via tiki JNE. Insya Allah hari ini atau besok udah bisa diterima.

    Suka

    Balas
  7. irfanlisa said: setuju, tergantung niat. Alasan yg sebenarnya bukan ga sempet olahraga, tapi males aja 🙂

    hehe iya, cuma ‘sibuk’ seringkali terdengar lebih keren daripada ‘males’.

    Suka

    Balas
  8. myshant said: emang tinggal niatnya aja kok …ada lho yg di rumah juga longgar banget waktunya, tetep bilangnya gak sempet olahraga …hihihipdhl cuma 30 menit, gak punya dvd aerobik ya tinggal skipping atau lari-lari ruang tamu-dapur 50kali, dijamin ngos2an 🙂

    iya. seminggu ada 5.040 menit. Kalo kita olah raga 30 menit 3 kali seminggu, cuma perlu mengalokasikan waktu sebesar 1,8% aja. Nggak banyak kan? Dan itu sama dengan alokasi waktu untuk nonton 1 buah film 🙂

    Suka

    Balas
  9. mbot said: 83, Total udah 19 kilo penurunannya 🙂

    selamat…hebat euy….

    Suka

    Balas
  10. niat gue hilang sejak turun 16kg, terlalu berpuas diri, naek lagi! huuuh… ditunggu kirimannya lah, blognya tentang ini jangan berenti ya, ntar semangat gue ngilang masuk kali :(( *tetep jalan kaki 30′, sepedaan, aerobik, tapiiiii makan juga banyak! wkwkwkwk

    Suka

    Balas
  11. setuju, tergantung niat. Alasan yg sebenarnya bukan ga sempet olahraga, tapi males aja 🙂

    Suka

    Balas
  12. emang tinggal niatnya aja kok …ada lho yg di rumah juga longgar banget waktunya, tetep bilangnya gak sempet olahraga …hihihipdhl cuma 30 menit, gak punya dvd aerobik ya tinggal skipping atau lari-lari ruang tamu-dapur 50kali, dijamin ngos2an 🙂

    Suka

    Balas
  13. 83, Total udah 19 kilo penurunannya 🙂

    Suka

    Balas
  14. udah turun berapa kilo lagiiih?

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: