siapa yang sering kesetrum seperti gue?


Ini sebenernya pertanyaan lama, tapi sampe sekarang masih belum gue temukan jawabannya.

Gue sering sekali kesetrum oleh benda-benda yang sebenernya nggak nyetrum.
Gue perhatiin, kebanyakan benda-benda yang nyetrum gue adalah yang berlapis chrome (biasanya pegangan pintu atau tangga) kaya gini:


Anehnya, nyetrumnya selalu pada sentuhan pertama, dan selalu pada ujung jari. Jadi kalo pertama kali gue pegang terasa nyetrum, berikutnya setrumnya hilang. Kalo lo berpikir, “ah, mungkin ini hanya perasaan dik Agung saja,” maka ada beberapa orang yang menyaksikan langsung kejadian ini dan mendengar bunyi gemertak seperti kalo kita mengadu dua kabel bermuatan listri atau kalo menyenggol kepala aki dengan ujung obeng.

Yang lebih ajaib lagi, kadang setrumannya terasa saat bersentuhan dengan orang lain. Tapi nggak semua orang, hanya orang-orang tertentu aja yang berpotensi menimbulkan setruman. Dan sensasi setrumannya terasa di kedua belah pihak, baik di gue maupun orang tersebut.

Seorang temen pernah menganalisis, kemungkinan setrum itu terjadi akibat gesekan udara kering dengan kulit gue, sehingga menimbulkan listrik statis. Lah, emang listrik statis bisa nyetrum, gitu? Setahu gue palingan cuma bisa narik potongan kertas ke sisir.

Gue udah coba googling untuk nyari jawaban atas fenomena ajaib ini, tapi belum nemu penjelasan yang bener-bener pas dengan dengan kondisi gue.

Terus terang ini cukup mengganggu karena kalo setrumnya cukup besar gue sering diliatin dengan tatapan aneh oleh orang-orang di sekitar. Jadi, gue ini kenapa sebenernya, dan apakah ada yang pernah mengalami hal seperti gue?

Gambar gagang pintu gue pinjem dari sini.

Iklan
Tinggalkan komentar

88 Komentar

  1. Samaaaa…. saya juga sering banget kesetrum barang yg gak ada listriknya hiks… Sering kali kl lg nemenin nyokap kemoterapi di RS… setiap mau dorong gantungan infus pasti kesetrum atau kl pegang pinggiran eskalator… tapi pengalaman paling gak ngenakin adalah waktu pergi ke taman safari, saat mau masuk ke area beruang kan mobil kita ada melindas kawat beraliran listrik yg gunanya agar beruang tidak bs keluar… Mantap gan… jari jari langsung kesetrum dan menyakitkan…..

    Suka

    Balas
  2. oh jadi gitu karena kulit kering. . .sering juga sih ada teman yang bilang telapak tangan kering seperti mayat emang situ pernah megang tangan mayat apa booo. . . wkwkwkwk ngeselin sih tapi bener emang kondisinya kulit ditelapak tangan kering dan ini sepertinya memang keadaan biologis cepat kering dari sananya walau sering pakai lotion namanya wanita pasti dimeja kerjanya ada perintilan macem-macem tapi itu tetap gak ngaruh karena setelah kering lagi selalu kesetrum. sama sih mostly kejadian dikantor dan gagang pintu dengan bahan stainless. saya juga baru ngalamin pas dikantor ini karena banyak banget item besi di kantor. tapi saya sempat ngira karena bahan sendal yang saya pakai dikantor bahannya bukan karet bukan juga busa saya agak susah klasifikasiin dia itu berasal dari jenis bahan apa. tapi entah saya aja atau memang kalo pakai sendal dengan material ini selalu mudah kesetrum. coba cari sendal murah dipasar malam yang kadang dijual 15ribu 2 pasang. setiap pakai sandal itu pasti selalu tersetrum. adakah jawaban lain, ada kah jawabannya karena benar-benar gak nyaman kalau pegang gagang pintu dll dan orang lain lihat seperti saya orang aneh. karena mereka enggak tersetrum. terimakasih

    Suka

    Balas
  3. saya juga.. meskipun gak sesering temen2

    Suka

    Balas
  4. duh, sama kita ya.kelompok senasib.
    sekarang pintu kantor dikasih lakban item, soalnya karyawan rata2 kesetrum

    Suka

    Balas
  5. wah senasiip, kalo saya megang daun pun bisa kesetrum, pernah saya coba pada beda daun, dan ternyata tetep aja nyetrumm, tapi kalo saya nyentuhnya perlahan-lahan anehnya enggak nyetrum.
    saya sempet aneh bangen, apa saya punya kekuatan lain?? heheh. ternyata banyak yang senasipppp….

    Suka

    Balas
  6. kalau gw sih kesetrum karena memang benda tersebut beraliran listrik, tapi sangat rendah yang bahkan orang lain gak kesetrum, gw malah kesetrum. contohnya, ujung charger HP, suami gw, adik gw pegang gk knp2. gw pegang kok kesetrum ! ngetik laptop aja gw harus angkat tangan, cuma jari aja yg sentuk keyboard untuk ngetik, karena pinggirannya pasti nyetrum gw. Herannya lagi, suami gw gk kesetrum tuh… gw doank ! gw sampe kita laptop gw batrenya bocor… sampe2 gw trauma sama listrik. pernah sekali gw ksetrum pas matiin lampu kamar mandi T_T … padahal suami gw gk pernah kesetrum. alhasil gw jadi takut kalo pas ujan, apalagi byk geluduk, gw takut kesamber petir

    Suka

    Balas
  7. kirain cuma saya doang yang mengalami hal seperti ini. bikin saya trauma kalau mau pegang besi

    Suka

    Balas
  8. yohanes hadi

     /  9 Februari 2017

    Saya setiap hari kerja mengalami hal ini setelah kursi dan seragam kerja saya diganti oleh pihak kantor (bunyinya kayak raket nyamuk). Awalnya sempat kaget dan dugaan saya karena listrik statis, setelah search google ternyata memang disebabkan akumulasi listrik statis, jadi setiap pegang logam saya siapkan kertas nutuk melapisi jari saya

    Suka

    Balas
  9. ya ampun, sering kesetrum benda tak berlistrik membawa saya kesini…ternyata banyak juga yang senasib, rata rata kerja dikantor menggunakan komputer dan bisa jadi kulit kering karna ruang ber-AC, saking seringnya kesetrum setiap mau megang benda logam pasti tak cuil cuil dulu malah gemeteran duluan 🙂 tapi kalau banyak gini ga papa lah tadinya sudah kepedean jangan jangan saya punya kekuatan khusus hihihihi

    Suka

    Balas
  10. KENZI DESRIANSYAH

     /  9 September 2016

    sama saya juga ngalamin hal yang sama belum lama sih, baru adalah seminggu ini, merasa terganggu karena lumayan sakit n bikin kaget. saya kesetrum pas nyentuh handle pintu logam dan kran air logam. Ada obatnya kah?

    Suka

    Balas
  11. di buku Conan edisi ke berapa gitu.. ada juga yang membahas masalah ini.

    Suka

    Balas
  12. Aku sering mengalaminya, aku berusaha search google tapi tidak ada yang sesuai dengan keadaanku. Sekali aku bertanya dengan dokter, dokter malah heran kenapa bisa begitu. Dia aja sebagai dokter bingung, apalagi saya? Sampai sekarang saya tidak tau apa penyebabnya. Saya merasa terganggu karena akibat setruman ini

    Suka

    Balas
    • berdasarkan beberapa reply di posting ini, kemungkinan besar penyebabnya adalah akumulasi listrik statis di permukaan kulit. Cara mencegahnya, jaga agar kulit jangan kering.

      Suka

  13. saya mengalami ini setiap hari, hal ini terjadi setiap momen pertama saya memegang gagang pintu kantor atau pun temen. namun jika sudah tersetrum sekali langsung biasa saja.
    tapi hal ini terjadi berulang setiap saya baru memegang gagang kembali, mgkn bisa sekiat 5-10 kali dalam sehari.
    sebenarnya hal ini wajar g sih? atau mgkn ada hal2 yang bisa menguranginya?
    karena memang hal ini menanggu aktivitas saya.

    Suka

    Balas
  14. saya juga sering bgt ngalamin hal ini, biasanya kalo terlalu lama duduk depan komputer mulai deh ini tangan nyetrum, nyentuh apapun bakal ngeluarin bunyi meletak kaya nyentuh sumber listrik, lumayan sakit sih… yang lucu saat suami mencium keningku, idung dia seperti tersengat listrik dan keningku juga merasa lumayan sakit disertai bunyi meletak seperti bersentuhannya dua arus listrik…

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  15. semingguan ini aku lg ngalamin kalo pegang panel flush toilet kantor, kadanng juga tombol pintu.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  16. Hi All gw juga Sama nih. Klo sentuhan kecil Ke orang lain. Ke flashdisk. Menimbulkan stroom Dan suara “trak” gitu sambil gw juga teriak. So kamu kamu harus berhati2 saat Di pom Bensin ya, klo bisa orang lain aja Yg berurusan dgn Bensin, jika terpaksa buang dulu muatan listrik mu dengan memegan bodi mobil Yg negative seperti besi Mobil (lingkaran luar lobang pematik rokok paling pas), agar terhindar Dari bahaya kebakaran.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  17. Gua bahkan ga perlu benda-benda logam. Kaca, kursi kayu, bahkan gelas beling pun sering nyetrum. Ga paham

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  18. Kemungkinan listrik statis ya? Di salah satu gudang milik perusahaan tempat saya bekerja, disediakan tiang logam yang harus disentuh pekerja yang memasuki gudang. Fungsinya untuk melepaskan energi listrik yang ada pada tubuh sehingga mengurangi resiko pelepasan energi listrik yang ditakutkan bisa memicu kebakaran *gudang bahan kimia bow*.
    Bisa digoogle cara untuk mengurangi/melepaskan listrik statis pada tubuh kita.

    Suka

    Balas
  19. alhamdulillaah,, ternyata saya tidak sendiri… saya juga setring ksetrum kalo mo pegangan di eskalator. tapi yg parah kejadian 2 hari lalu. (sblmnya mhn maaf krn hrs curhat dsni..maap mas Agung..). pada saat saya sedang di bandara bersama anak saya, saya ngambil trolley utk antri bagasi. pas lagi jalan menuju antrian pengambilan bagasi, tiba2 muncul percikan api biru dan suara pletakpletak (sprti raket nyamuk) di kaki kanan saya. pdhl dstu tdk ada apa2. hanya lantai biasa. yaahh,, saya tau ini kesetrum. pura2 cuek. pas sdh nyampe di antrian, trolley saya bersentuhan dengan putaran bagasi dan kmudian muncul percikan api biru lagi dan suara pletakpletak. ibu yg sedang antri di samping saya kaget, “apa itu barusan???”. saya msh pura2 cuek. tapi tau kalo itu ada hubungan nya dgn saya. suami sy sdh dtg utk menjemput. saya pikir baiknya anak saya di bawa keluar ktmu suami saya spy tdk repot pd saat sy antri bagasi. ku bawalah anak sy keluar di pintu kedatangan bandara dan menyerahkannya kpd suami saya. pas saya mo masuk lagi, saya kestrum lagi di pegangan pintu kaca itu. dan ;lagi2 saya cuek. sambil tunggu bagasi, saya sambil mikir kok bisa sampe separah ini dan sesering ini?? pada saat bagasi saya sdh lengkap, saya pun keluar dan mnceritakan hal ini pd suami saya. dan betapa kagetnya saya, krn suami saya berkata “mamaa,,, waktu tadi mama kasi ade’ ke papa, jempol papa kesetrum kena tangannya mama”…

    apa obatnya ya???

    Suka

    Balas
    • obatnya memegang sesuatu yang bukan penghantar listrik dan upayakan kulit nggak kering biar nggak banyak akumulasi listrik statis

      Suka

    • jangan-jangan keturunan negara api :D.
      kok bisa ya? kalo gak ada postingan dan komen2 ini kayaknya saya gak percaya.
      Amazing!

      Suka

  20. gue juga sering begini, saking penasarannya gue sampe searching searching. ehh taunya nemu yang senasib.. gue berasa jadi orang aneh dikantor karna “fenomena nyetrum” ini,,, sampe parno sendiri setiap kali harus membuka dan menutup pintu.. adakah obatnya?

    Suka

    Balas
    • sama loh sy jg sering ngalamin seperti itu dikantor akhir2 ini padahal dulu gak, tiap kali sy mw buka brankas besi seperti nyetrum dan ada bunyi seperti gemertak gitu, tp ketika temen sy yg memegang brankas tersebut tidak terjadi apa2, sy jd merasa takut, ada yang bisa ngasih penjelasan gak ya ?

      Suka

    • di beberapa komentar lainnya ada penjelasannya, silakan diulik

      Suka

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: