siapa yang sering kesetrum seperti gue?


Ini sebenernya pertanyaan lama, tapi sampe sekarang masih belum gue temukan jawabannya.

Gue sering sekali kesetrum oleh benda-benda yang sebenernya nggak nyetrum.
Gue perhatiin, kebanyakan benda-benda yang nyetrum gue adalah yang berlapis chrome (biasanya pegangan pintu atau tangga) kaya gini:


Anehnya, nyetrumnya selalu pada sentuhan pertama, dan selalu pada ujung jari. Jadi kalo pertama kali gue pegang terasa nyetrum, berikutnya setrumnya hilang. Kalo lo berpikir, “ah, mungkin ini hanya perasaan dik Agung saja,” maka ada beberapa orang yang menyaksikan langsung kejadian ini dan mendengar bunyi gemertak seperti kalo kita mengadu dua kabel bermuatan listri atau kalo menyenggol kepala aki dengan ujung obeng.

Yang lebih ajaib lagi, kadang setrumannya terasa saat bersentuhan dengan orang lain. Tapi nggak semua orang, hanya orang-orang tertentu aja yang berpotensi menimbulkan setruman. Dan sensasi setrumannya terasa di kedua belah pihak, baik di gue maupun orang tersebut.

Seorang temen pernah menganalisis, kemungkinan setrum itu terjadi akibat gesekan udara kering dengan kulit gue, sehingga menimbulkan listrik statis. Lah, emang listrik statis bisa nyetrum, gitu? Setahu gue palingan cuma bisa narik potongan kertas ke sisir.

Gue udah coba googling untuk nyari jawaban atas fenomena ajaib ini, tapi belum nemu penjelasan yang bener-bener pas dengan dengan kondisi gue.

Terus terang ini cukup mengganggu karena kalo setrumnya cukup besar gue sering diliatin dengan tatapan aneh oleh orang-orang di sekitar. Jadi, gue ini kenapa sebenernya, dan apakah ada yang pernah mengalami hal seperti gue?

Gambar gagang pintu gue pinjem dari sini.

Tinggalkan komentar

79 Komentar

  1. KENZI DESRIANSYAH

     /  9 September 2016

    sama saya juga ngalamin hal yang sama belum lama sih, baru adalah seminggu ini, merasa terganggu karena lumayan sakit n bikin kaget. saya kesetrum pas nyentuh handle pintu logam dan kran air logam. Ada obatnya kah?

    Suka

    Balas
  2. di buku Conan edisi ke berapa gitu.. ada juga yang membahas masalah ini.

    Suka

    Balas
  3. Aku sering mengalaminya, aku berusaha search google tapi tidak ada yang sesuai dengan keadaanku. Sekali aku bertanya dengan dokter, dokter malah heran kenapa bisa begitu. Dia aja sebagai dokter bingung, apalagi saya? Sampai sekarang saya tidak tau apa penyebabnya. Saya merasa terganggu karena akibat setruman ini

    Suka

    Balas
    • berdasarkan beberapa reply di posting ini, kemungkinan besar penyebabnya adalah akumulasi listrik statis di permukaan kulit. Cara mencegahnya, jaga agar kulit jangan kering.

      Suka

  4. saya mengalami ini setiap hari, hal ini terjadi setiap momen pertama saya memegang gagang pintu kantor atau pun temen. namun jika sudah tersetrum sekali langsung biasa saja.
    tapi hal ini terjadi berulang setiap saya baru memegang gagang kembali, mgkn bisa sekiat 5-10 kali dalam sehari.
    sebenarnya hal ini wajar g sih? atau mgkn ada hal2 yang bisa menguranginya?
    karena memang hal ini menanggu aktivitas saya.

    Suka

    Balas
  5. saya juga sering bgt ngalamin hal ini, biasanya kalo terlalu lama duduk depan komputer mulai deh ini tangan nyetrum, nyentuh apapun bakal ngeluarin bunyi meletak kaya nyentuh sumber listrik, lumayan sakit sih… yang lucu saat suami mencium keningku, idung dia seperti tersengat listrik dan keningku juga merasa lumayan sakit disertai bunyi meletak seperti bersentuhannya dua arus listrik…

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  6. semingguan ini aku lg ngalamin kalo pegang panel flush toilet kantor, kadanng juga tombol pintu.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  7. Hi All gw juga Sama nih. Klo sentuhan kecil Ke orang lain. Ke flashdisk. Menimbulkan stroom Dan suara “trak” gitu sambil gw juga teriak. So kamu kamu harus berhati2 saat Di pom Bensin ya, klo bisa orang lain aja Yg berurusan dgn Bensin, jika terpaksa buang dulu muatan listrik mu dengan memegan bodi mobil Yg negative seperti besi Mobil (lingkaran luar lobang pematik rokok paling pas), agar terhindar Dari bahaya kebakaran.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  8. Gua bahkan ga perlu benda-benda logam. Kaca, kursi kayu, bahkan gelas beling pun sering nyetrum. Ga paham

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  9. Kemungkinan listrik statis ya? Di salah satu gudang milik perusahaan tempat saya bekerja, disediakan tiang logam yang harus disentuh pekerja yang memasuki gudang. Fungsinya untuk melepaskan energi listrik yang ada pada tubuh sehingga mengurangi resiko pelepasan energi listrik yang ditakutkan bisa memicu kebakaran *gudang bahan kimia bow*.
    Bisa digoogle cara untuk mengurangi/melepaskan listrik statis pada tubuh kita.

    Suka

    Balas
  10. alhamdulillaah,, ternyata saya tidak sendiri… saya juga setring ksetrum kalo mo pegangan di eskalator. tapi yg parah kejadian 2 hari lalu. (sblmnya mhn maaf krn hrs curhat dsni..maap mas Agung..). pada saat saya sedang di bandara bersama anak saya, saya ngambil trolley utk antri bagasi. pas lagi jalan menuju antrian pengambilan bagasi, tiba2 muncul percikan api biru dan suara pletakpletak (sprti raket nyamuk) di kaki kanan saya. pdhl dstu tdk ada apa2. hanya lantai biasa. yaahh,, saya tau ini kesetrum. pura2 cuek. pas sdh nyampe di antrian, trolley saya bersentuhan dengan putaran bagasi dan kmudian muncul percikan api biru lagi dan suara pletakpletak. ibu yg sedang antri di samping saya kaget, “apa itu barusan???”. saya msh pura2 cuek. tapi tau kalo itu ada hubungan nya dgn saya. suami sy sdh dtg utk menjemput. saya pikir baiknya anak saya di bawa keluar ktmu suami saya spy tdk repot pd saat sy antri bagasi. ku bawalah anak sy keluar di pintu kedatangan bandara dan menyerahkannya kpd suami saya. pas saya mo masuk lagi, saya kestrum lagi di pegangan pintu kaca itu. dan ;lagi2 saya cuek. sambil tunggu bagasi, saya sambil mikir kok bisa sampe separah ini dan sesering ini?? pada saat bagasi saya sdh lengkap, saya pun keluar dan mnceritakan hal ini pd suami saya. dan betapa kagetnya saya, krn suami saya berkata “mamaa,,, waktu tadi mama kasi ade’ ke papa, jempol papa kesetrum kena tangannya mama”…

    apa obatnya ya???

    Suka

    Balas
    • obatnya memegang sesuatu yang bukan penghantar listrik dan upayakan kulit nggak kering biar nggak banyak akumulasi listrik statis

      Suka

    • jangan-jangan keturunan negara api😀.
      kok bisa ya? kalo gak ada postingan dan komen2 ini kayaknya saya gak percaya.
      Amazing!

      Suka

  11. gue juga sering begini, saking penasarannya gue sampe searching searching. ehh taunya nemu yang senasib.. gue berasa jadi orang aneh dikantor karna “fenomena nyetrum” ini,,, sampe parno sendiri setiap kali harus membuka dan menutup pintu.. adakah obatnya?

    Suka

    Balas
    • sama loh sy jg sering ngalamin seperti itu dikantor akhir2 ini padahal dulu gak, tiap kali sy mw buka brankas besi seperti nyetrum dan ada bunyi seperti gemertak gitu, tp ketika temen sy yg memegang brankas tersebut tidak terjadi apa2, sy jd merasa takut, ada yang bisa ngasih penjelasan gak ya ?

      Suka

    • di beberapa komentar lainnya ada penjelasannya, silakan diulik

      Suka

Ada komentar?

  • Komentar Terbaru

    apinn95 di [2012-003] Mau gampang? Ya jan…
    Sandra Buana Sari di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    omnduut di Manusia Ibarat Kertas…
    Rezky Yayang Yakhami… di Kenapa Orang Tersinggung?
    fe13bi di Kenapa Orang Tersinggung?
    mbot di Kenapa Orang Tersinggung?
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 4.157 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Jepret!

    Dia nggak bilang pejalan kakinya manusia kan... Siapa tau yang dimaksud tokek. 
#spanduk #koplak #superindo #tokek #pengumuman #tebet Hati2 kalo nanya sama psikolog asal jeplak gini

#whatsapp #psikolog #chat #konsultasi Kamu seperti... #jemuran #hujan #inget #gombal #meme Silakan add, @bangjoni udah live di Line! Pentingnya grammar
#stiker #sticker #grammar #fail #jakarta #traffic #car Bang Joni akan live di Line! 
#chat #bangjoni One question: HOW? 
#bajaj #jakarta #parkir #got #ajaib #koplak Psychology Class of 91 Silvery Reunion. 
Reunion, reunited. Today. 
#reunion #friends #ui #psikologiui #psikologi #silvery Simbol status
#rokok #cukai #50ribu #harga #meme
  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
    • Review: 5th Wave (2016) 17 Januari 2016
      Coba deh tonton trailer film ini:Action? Check.Alien? Check.Chloë Grace Moretz? Check.Jelas, gue langsung memutuskan nonton.Ekspektasi gue adalah film sejenis Battle Los Angeles (2011) atau War of the Worlds (2005) atau Independence Day (1996), tentang bumi yang diserang alien jahat dan berisi adegan-adegan perang seru.Begitu filmnya mulai, adegan dibuka den […]
    • Review: Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2015) 5 Januari 2016
      Tentang kenapa di sini kaum Cina ‘diperlakukan khusus’ adalah pertanyaan yang belum berhasil gue temuin jawabannya. Kenapa kita bisa santai bilang, “Si Joko Jawa, Si Tigor Batak, Si Asep orang Sunda,” tapi giliran “Si Ling Ling” mendadak kagok, lantas jadi nginggris: “Chinese”? Atau yang lebih absurd lagi: pencanangan sebutan Cina diganti jadi Tionghoa oleh […]
    • Obrolan Film Merangkap Ujian Kesabaran 9 April 2015
      Setiap orang punya penghayatan beda tentang film. Ada yang suka ngapalin berbagai detil tentang film favoritnya, ada juga yang bisa inget judul aja udah syukur. Sah-sah aja sih sebenernya. Yang bikin senewen adalah NGEDENGERIN orang-orang tipe terakhir saling ngobrol. Kemarin, karena udah kemaleman untuk jalan kaki, gue pulang naik angkot. Di dalemnya ada 2 […]
    • Review: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 6 April 2015
      Baru kali ini gue sampe merasa perlu "belajar" dulu sebelum nonton film. Ada dua pemicunya. Pengalaman nonton film Lincoln: udah mana pengetahuan gue tentang sejarah Amerika minim banget, cuma ngerti Lincoln itu anti perbudakan dan matinya ditembak, eh di filmnya muncul tokoh banyak banget yang mukanya nampak sama semua karena rata-rata berewokan.  […]
    • Battle of Surabaya: Menikmati Seriusnya Proses Jualan Film 23 Maret 2015
      Seumur-umur jadi penggemar film Indonesia, baru kali ini gue ngelihat film yang upaya pemasarannya seserius ini. Bayangin aja, filmnya belum jadi, tapi trailernya udah didaftarin ikut lomba. Eh, masuk nominasi di Golden Trailer Award, bahkan menang di International Movie Trailer Festival. Ngomong-ngomong, baru sekarang loh gue tau ada festival untuk trailer […]
    • Preview: Tomorrowland (2015) 11 Maret 2015
      Gue pertama kali nonton teaser trailer film ini tahun lalu, dan langsung memutuskan akan nonton. Adegannya bikin penasaran banget: ada seorang cewek ABG yang mendadak bisa pindah lokasi saat menyentuh sebuah pin berlogo T. Pin apa itu? Kenapa dia bisa mindahin orang? Pindahnya ke mana? Sukses banget trailernya bikin orang penasaran ingin nonton film ini.Baru […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Banyak orang gagal jalanin MLM? Bukan..mereka BERHENTI. 1 September 2016
      'Udah pernah join dulu mbak, tapi gagal….’ Pernah denger kalimat ini saat mengajak seseorang join oriflame? Saya sering..  Alasan ‘kegagalan’-nya macam-macam.. Ada yg karena modalnya mandeg gara-gara jualan produk oriflamenya sistem hutang maka menilai bisnisnya gagal , ada yg ditolak 10 orang lalu merasa gak bakat dan gagal, ada yg gak naik-naik level […]
    • Konsultan Oriflame seperti siapakah Anda: Neil Armstrong atau Lance Armstrong? 26 Agustus 2016
      Ada dua orang Armstrong yang menempati ruang khusus di hati rakyat Amerika. Keduanya berjasa, telah terbukti komitmennya, dan menunjukkan keberanian yang menginspirasi banyak orang. Namun, kisah mereka memiliki akhir yang berbeda.Yang pertama adalah Neil Armstrong, astronot Amerika. Sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, namanya kondang ke se […]
    • Bangga Jualan, Sekarang Juga! 25 Agustus 2016
      "Malu Jualan", barengan sama "Gampang Percaya Hoax" dan "Jam Karet"adalah kebiasaan-kebiasaan yang penting segera diberantas karena bikin Indonesia susah maju. Tapi "Malu Jualan" adalah yang paling parah. Beberapa waktu lalu, seorang teman yang lama nggak kedengeran kabarnya tiba-tiba muncul dengan pertanyaan, "Gu […]
    • Kerja Oriflame itu seperti apa sih? 24 Agustus 2016
      Dulu, waktu pertama kali baca tentang Oriflame, liat cerita sukses para top leader yang berhasil dapat penghasilan bulanan hingga puluhan juta, dapat mobil, jalan-jalan ke luar negeri, aku bertanya-tanya, "Ini kerjanya gimana sih sebenernya? Kok kayaknya seru banget. Nggak harus terikat jam kerja kayak kantoran tapi bisa pada punya uang jutaan!" Se […]
    • Skin Pro Oriflame, Membersihkan Wajah 5x Lebih Bersih 23 Agustus 2016
      Membersihkan wajah itu penting! Aku menyarankan metode 2 langkah untuk pembersihan wajah, yaitu: 1. Susu Pembersih 2. Toner Untuk menuntaskan pembersihan, kita mencuci muka menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Cuci muka pakai tangan saja hasilnya ternyata kurang maksimal, karena kotoran dalam pori-pori tidak bisa terangkat sepenuhnya. Orifl […]
    • Edukasi MLM untuk Abang Gojek 22 Agustus 2016
      Aku baru pulang dari training skin care di Oriflame Daan Mogot. Pulangnya seperti biasa panggil Gojek. Di jalan, abang Gojeknya tanya, kenapa ramai sekali kantor Oriflame Daan Mogot hari itu. Rupanya dia biasa mangkal di depan kantor Oriflame dan keramaian hari itu lebih dari biasanya. Aku bilang, habis ada training besar, yang pesertanya sampai 300 orang. T […]
    • Scrub Bibir ala Ida dengan Tendercare dari Oriflame 21 Agustus 2016
      Banyak downline dan pelanggan yang menanyakan, apakah Oriflame sudah mengeluarkan produk scrub untuk bibir. Sayangnya, sampai hari ini belum. Tapi kita bisa membuat scrub bibir sendiri lho, dengan memanfaatkan produk andalan Oriflame, si kecil mungil ajaib Tendercare. Silakan tonton videonya ya! Bonus: Di menit 4:55 ada kejutan khusus gara-gara shootingnya d […]
    • NovAge, Skin Care favorite aku! 19 Agustus 2016
      Soal urusan merawat wajah, aku udah buktiin sendiri deh pokoknya. Produk Oriflame yg sesuai kalau dipakainya secara KONSISTEN dan SABAR, hasilnya beneran NYATA. Sebagai yg kulit wajahnya cukup rewel--sensitif maksudnya, aku dulu takut sekali coba sembarang skin care. Soalnya salah-salah pakai produk pastiii jerawatan dan bruntusan. Ah sedih deh pokoknya. Mak […]
    • Oriflame bagi-bagi Tab Advan, ini pemenang dari teamkuu.. :-) 17 Agustus 2016
      Bulan April 2016 lalu Oriflame bikin challenge KEREN BANGET!Apalagi kalau gak bagi-bagi hadiah kan? Judul challenge-nya 'NOW OR NEVER'.Persyaratannya bisa dibilang MUDAH SEKALI lho. Para konsultan yang ingin dapat hadiah ini cukup meraih level baru 9% atau 12% atau 15% di bulan April 2016, lalu mempertahankannya di bulan berikutnya. Serta ada syara […]
    • Merawat wajah itu SABAR dan KONSISTEN. 20 Juni 2016
      Yang namanya perawatan kulit wajah itu BUTUH WAKTU ya teman2. Minimal banget hasil mulai terlihat nyata pada minggu ke 4 ya.. sekitar 28 hari, sesuai siklus pergantian kulit kita. Baca lagi, aku tulis-- 'MULAI terlihat nyata'. Bukan berarti langsung tau2 muka berubaaaaah gitu. Gak bisa. Tapi umumnya akan terlihat perbedaan pada minggu ke 4. Apalagi […]
