siapa yang sering kesetrum seperti gue?


Ini sebenernya pertanyaan lama, tapi sampe sekarang masih belum gue temukan jawabannya.

Gue sering sekali kesetrum oleh benda-benda yang sebenernya nggak nyetrum.
Gue perhatiin, kebanyakan benda-benda yang nyetrum gue adalah yang berlapis chrome (biasanya pegangan pintu atau tangga) kaya gini:


Anehnya, nyetrumnya selalu pada sentuhan pertama, dan selalu pada ujung jari. Jadi kalo pertama kali gue pegang terasa nyetrum, berikutnya setrumnya hilang. Kalo lo berpikir, “ah, mungkin ini hanya perasaan dik Agung saja,” maka ada beberapa orang yang menyaksikan langsung kejadian ini dan mendengar bunyi gemertak seperti kalo kita mengadu dua kabel bermuatan listri atau kalo menyenggol kepala aki dengan ujung obeng.

Yang lebih ajaib lagi, kadang setrumannya terasa saat bersentuhan dengan orang lain. Tapi nggak semua orang, hanya orang-orang tertentu aja yang berpotensi menimbulkan setruman. Dan sensasi setrumannya terasa di kedua belah pihak, baik di gue maupun orang tersebut.

Seorang temen pernah menganalisis, kemungkinan setrum itu terjadi akibat gesekan udara kering dengan kulit gue, sehingga menimbulkan listrik statis. Lah, emang listrik statis bisa nyetrum, gitu? Setahu gue palingan cuma bisa narik potongan kertas ke sisir.

Gue udah coba googling untuk nyari jawaban atas fenomena ajaib ini, tapi belum nemu penjelasan yang bener-bener pas dengan dengan kondisi gue.

Terus terang ini cukup mengganggu karena kalo setrumnya cukup besar gue sering diliatin dengan tatapan aneh oleh orang-orang di sekitar. Jadi, gue ini kenapa sebenernya, dan apakah ada yang pernah mengalami hal seperti gue?

Gambar gagang pintu gue pinjem dari sini.

Iklan
Tinggalkan komentar

89 Komentar

  1. beberapa hari ini aku juga suka merasakan setruman, contohnya dipegangan tangga dr besi gitu. Sangat mengganggu, dan setelah tersetrum tangan jadi berasa linu gitu karna merasa takut.

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: