masalah “javascript / css not allowed” – inilah penyebabnya


Udah capek-capek nulis di Word tapi begitu dicopy-paste ke MP ditolak dengan alasan “Javascript / CSS are not allowed”; emang enak?

Gue perhatiin lumayan banyak contact gue yang bertanya-tanya soal ini, maka dalam posting ini gue mencoba memberikan jawaban atas “mengapa”-nya walaupun solusinya mungkin rada kurang menarik untuk diikuti.

Paragraph style, si biang kerok

MS Word menerapkan suatu sistem formatting tulisan yang disebut paragraph style. Dengan sistem ini, kita bisa mengaplikasikan sejumlah kondisi tertentu atas sebagian dari tulisan kita secara lebih gampang dan cepat.

Maksudnya gini:
Misalnya lu lagi nulis novel dengan huruf Arial normal 11pt, spasi tunggal. Tapi beberapa bagian dalam novel lu, misalnya beberapa paragraf yang menceritakan kejadian flashback, menggunakan huruf Times New Roman italic 12pt, spasi 1.5. Apakah artinya elo harus mencari satu per satu paragraf tentang flashback dan mengedit satu per satu jenis font, ukuran font, dan spasinya? Nggak perlu begitu. Dengan paragraph style, lo bisa melakukannya dengan jauh lebih gampang.

Lo cukup membuat paragraph style dengan kondisi khusus yang lo inginkan (dalam hal ini huruf Times New Roman italic 12pt, spasi 1.5) dan lo save sebagai paragraph style baru. Nanti saat lo mau mengedit paragraf yang menceritakan sebuah kejadian flashback, lo tinggal select paragraf tersebut dan apply paragraph style yang tadi udah lo save. Maka seluruh kondisi yang udah lo tetapkan (jenis dan ukuran font, serta spasi) akan terformat secara lebih gampang, cukup satu kali klik.

Nah, sistem paragraph style di MS Word ini menggunakan sistem yang mirip dengan styling di penulisan HTML menggunakan CSS. Artinya, setiap dokumen MS Word yang lo buat secara otomatis akan menyimpan setting paragraph stylenya di bagian ‘head’ / awal dokumen. Setting ini tidak kasat mata, alias tersembunyi pada saat elo sedang mengedit tulisan lo di MS Word. Tapi begitu lo copy-paste ke MP, setting ini akan ikut terbawa dan masuk dalam tulisan lo.

Contoh

Lo sudah membuat tulisan yang lo percantik dengan segala macem warna, bold, dan italic di MS Word, lantas lo copy-paste ke MP seperti ini:


Coba deh klik checkbox “edit HTML” di sebelah kanan atas posting space, maka sim salabim, akan terlihat onderdil dalam tulisan lo yang dipenuhi kode-kode paragraph style MS Word (dalam gambar gue kasih warna kuning):


Bagian yang warna kuning itulah yang menyerupai kode-kode CSS, sehingga posting lo kena ‘cekal’ oleh sistem MP.

Kenapa sih MP melarang CSS / Javascript?

Karena kedua benda ini berpotensi menimbulkan ‘kekacauan’ yang akan merepotkan tim customer servicenya MP. Dengan CSS, misalnya, kita bisa bikin tampilan yang lebaaaar sekali sehingga menutupi iklan di bagian kanan halaman. Atau malah menjungkir balikkan posisi headshot. Atau membuat link untuk mengedit dan mendelete posting menjadi lenyap. Apabila secara nggak sengaja user membuat setting CSS yang kacau balau gini, larinya ke mana lagi kalo bukan ke customer service MP untuk minta dibetulin, kan? Pastinya ini akan merepotkan mereka, apalagi sekarang user MP udah mencapai angka jutaan orang.

Javascript malah lebih berbahaya lagi. Dengan sejumlah kode kecil, lo bisa melakukan berbagai aktifitas yang merugikan orang lain, atau minimal membuat loading page menjadi lemot.

Trus, gimana dong solusinya?

  1. Ya elo nggak usah ngetik di MS Word, langsung aja ketik di MP – toh lo juga bisa melakukan formatting seperti bold, italic, dan mengubah warna secara gampang dengan tombol-tombol yang tersedia di MP. Kalo koneksi internet lo time-based, artinya biaya internetnya dihitung berdasarkan lamanya elo konek dan itu membuat lo senewen saat ngetik karena mikirin ‘argometer’-nya jalan terus, maka lo bisa matikan dulu koneksi saat halaman posting terbuka. Nanti kalau udah selesai ngetik baru konek lagi.
  2. Jangan gunakan MS Word, gunakan Notepad atau Wordpad untuk mengetik posting lo, dijamin saat dicopy paste ke MP nggak akan kena cekal. Konsekuensinya, lo nggak bisa membuat formatting tulisan di kedua program tersebut. Di Wordpad sih bisa ganti-ganti warna dan bikin tulisan jadi bold, tapi begitu dicopy ke MP semua formatting itu akan hilang. Jadi sami mawon, di MP lo harus memformat ulang tulisan lo.
  3. Lo bisa membersihkan tulisan lo di MP secara manual, artinya lo deletin satu-satu kode paragraph style dengan mengaktifkan “edit HTML”. Ini lumayan nyebelin dan ada resiko lo akhirnya mendelete tulisan lo sendiri.
  4. Lo bisa membuat draft posting di HTML editor, misalnya Frontpage atau kalau mau yang gratis dan halal lo bisa coba pake Pagebreeze. Lo ketik yang bagus dengan segala formatting warna, bold, dllsb, lalu lo ikutin cara copy paste yang pernah gue ceritain dalam posting yang ini. Ini cara yang selalu gue pake, tapi mungkin kurang menarik buat yang rada alergi dengan program-program HTML editor.

Jadi, mau posting dengan cara yang mana? Atau punya alternatif cara posting yang belum gue ulas di sini?

Iklan
Tinggalkan komentar

46 Komentar

  1. mau tanya dong Om:..kalau copy paste dari MS Explorer ke Word, bagaimana supaya gambar dan textnya ndak berubah jadi text doang ya,..

    Suka

    Balas
  2. Ooo ngono tho..maturnuwun infone mas

    Suka

    Balas
  3. ow, gitu yaaah…baru ngeh sekarang… ^_^thanks 4 d info!

    Suka

    Balas
  4. makasih ya mBot yg baik…..kayaknya inet di kantor juga rada dodol siiih….?:)

    Suka

    Balas
  5. Sukanya pake notepad. Cuma kalo musim ujan gini repot, harus sering-sering save sebelum listrik mati. Kalo kepaksa ngambil dari word ya copas dulu ke notepad, baru ke MP. Repooot… hehe

    Suka

    Balas
  6. dbaonkagain said: link aja. dulu mbot juga suka menjarah posting orang dg link risol kribo.haa… jaman masi seru2nya mp tuh.

    haha …baru baca kompor bleduk yang satu ini, euy!Apa kabar, m’Dani?

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: