ini dia untungnya punya istri ikutan oriflame


Beberapa minggu yang lalu, Dewi, seorang temen kuliah yang entah udah berapa tahun nggak ketemu tiba2 nelepon gue. “Gung, mau nggak jadi responden untuk survey gue?”
“Survey tentang apa?”
“Tentang krisis global”
“Tunggu… tunggu… lo mau bikin survey tentang krisis global, trus milih gue sebagai responden? Nggak salah? Emangnya ngerti apa gue tentang urusan ekonomi makro gitu?”
“Ini umum aja kok Gung, justru kita mau liat pendapat orang yang awam soal ekonomi.”
“Oh gitu. Ya udah terserah deh. Pokoknya jangan nyesel ya kalo ternyata gue bego banget. Bentuk surveynya gimana, focused group discussion gitu?”
“Bukan, jadi nanti gue kirimin CD, lo dengerin, trus nanti gue tanya-tanyain via telepon.”

Sampe di titik ini gue yakin sebagian besar pembaca udah bisa nebak ‘survey’ macam apa yang sebenernya dimaksud oleh Dewi. Tapi mari kita lanjutkan cerita. Sekitar seminggu kemudian, datanglah CD yang dijanjikan ke kantor gue. Penampakan sekilas sih keren, di covernya ada gambar cangkir ngepul yang secara fotografi nampak sangat profesional. Tapi berhubung di kantor gue nggak sempet mikirin yang lain-lain, tuh CD gue geletakin aja di meja. Niatnya ntar kalo udah sampe rumah baru gue dengerin.

“CD apaan nih gung?” Yang tertarik malah temen yang duduk di sebelah gue, namanya Gandhi.
“Tauk. CD survey katanya. Gue juga belum denger, baru dateng,” jawab gue.
Kebetulan, si Gandhi ini adalah orang yang punya mata super. Dia jeli banget ngebaca aneka tulisan yang berukuran super kecil. Monitor komputernya aja disetel untuk menampilkan huruf – huruf super mini, mungkin ukuran 4pt kali, yang nyaris nggak kebaca sama orang biasa. Dia mengamat-amati CD itu dengan tampang tertarik, terus nanya, “Gung, NETWORK TWENTY ONE itu apa?”
OH SH*T! Gue tau banget itu apa! “Mana, emang ada tulisan ‘Network Twenty One’-nya?!”
“Ini,” kata Gandhi sambil nunjuk ring bagian dalam CD itu. Bayangin, tulisannya warna perak hologram, ditulis di atas kepingan CD yang berkilau itu, ukurannya segede tulisan catatan kaki di bagian bawah formulir setoran bank, dan tetep si Gandhi ini bisa baca. Luar biasa!
Gue jelasin sekilas Network Twenty One itu apa, Gandhi cuma manggut-manggut dan abis itu kehilangan minat terhadap si CD.

Kebetulan nggak lama kemudian si Dewi nelepon, dan langsung gue sambut dengan “Wi, kalo mau nawarin MLM ngapain pake bilang mau survey siiih….”
“Huaa… kok lo tau sih gung? Udah dengerin CD-nya?”
“Belum. Untung temen gue bermata elang.”
“Heh?”
“Ah nggak papa. Ya udah pokoknya gue udah pernah ditawarin ginian Wi, dan sori aja gue nggak tertarik deh. Lagian istri gue juga udah ikutan Oriflame tuh. Udah cukup lah satu MLM dalam kehidupan gue Wi.”
“Tapi gue mau coba jelasin dulu gung. Mungkin buat orang kantoran seperti elu, kurang tertarik dengan prospek punya bisnis sendiri ya…”
“Mmm… pernah denger kotakkue.com Wi?”
“Belum. Apaan tuh?”
“Hehehe… ah enggak. Ok, jadi kapan lu mau jelasin tentang MLM lo ini?”

Dewi memilih hari ini untuk berkunjung ke rumah gue menjelaskan “potensi bisnis di tengah krisis global”. Sebuah pilihan tepat karena hari ini Ida lagi nggak banyak pesenan. Dia dateng on-time jam 11, dan setelah pembicaraan mengarah ke MLM dia bilang, “Mungkin lebih baik gue setelin VCD presentasi tentang bisnis ini ya gung.”
“Boleh”

Videonya menampilkan ikon yang kondang banget dari bisnisnya, seorang mantan pegawai Citibank yang sekarang kaya raya menikmati ‘kebebasan finansial’-nya. Si ikon ini mulai dengan penjelasan tentang prospek kehidupan yang lebih baik, saluran penjualan, dst dst.

“Suami, skip aja langsung ke bagian skema bisnisnya,” kata Ida yang ikutan nonton dengan serius. Video gue FF ke bagian di mana si ikon mulai menggambar pohon downline dan potensi pendapatan pasif yang bisa didapat.
“Sebenernya kenapa sih elu nggak tertarik menjalankan bisnis ini gung?” tanya Dewi di sela-sela pemutaran video.
“Karena gue orangnya males ngerekrut Wi. Nggak kayak istri gue nih, dia sih hebat banget deh kalo udah urusan ngerekrut orang. Coba istri, ceritakan sekarang udah punya downline berapa di Oriflame?”
“Yah, sekitar 50 orang mbak, dalam 2 bulan…”
“Wah, cepat sekali ya!”
“Jadi gini mbak, kalo di Oriflame itu sistemnya…. oh sebentar, mungkin lebih baik saya jelasin dengan skema aja ya…” Maka keluarlah ‘map sakti’ bertuliskan “BOSS” yang selama ini jadi alat bantu Ida kalo lagi presentasi Oriflame.

oriflame vs amway
Sementara gue, diam-diam mengendap-endap balik ke depan komputer, dan kembali main internet. Alhamdulillah, gue bersyukur punya istri ikutan Oriflame, lumayan bisa jadi bemper kalo lagi diprospek MLM lain. Win-win solution, kan… yang nawarin seneng karena ketemu orang yang berminat dengan MLM, waktu gue untuk main internet nggak terganggu, dan kalo sekiranya orang tsb malah tertarik ikutan Oriflame, juga menguntungkan buat Ida, kan? Ayo siapa lagi yang mau memprospek gue MLM, nanti gue amprokin sama Ida deh!🙂

foto: adegan pertempuran seru antara 2 agen MLM tadi siang di rumah gue.

Tinggalkan komentar

33 Komentar

  1. bwakakkakakkaaaa…………

    Suka

    Balas
  2. 2 bulan dapat 50?…dasyat

    Suka

    Balas
  3. gubraks. hehehehehehe

    Suka

    Balas
  4. Gung,beberapa bulan yang lalu aku dapat telepon persiiiiissss sama kalimatnya gini nih. Mau kirim CD survey tentang global crisis. okelah ku kasih alamatnya.Dari awal aku dengerin, sumpah, ga menarik. Percakapan beberapa orang laki2 yang menunggu teman wanitanya datang, dan…aku skip lah..bertele2 untuk orang yang senang serba cepat seperti aku. Sampai ujung selesainya CD itu, aku tau akhirnya bahwa itu menawarkan peluang bisnis. Tapi sumpah..ga tau loh kalo itu N21. sampai orangnya nelepon nanya:gimana bu? udah dengarkan? Tertarik kan untuk mengetahui lebih lanjut.Aku tanya: itu bendera perusahaannya apa bu?masih kekeuh jumekeh ga mau jawab. nanti aja kita bertemu dulu.ga mau kalah, aku jawab: Bu bu, saya ga mau buang buang waktu buat urusan yang saya rasa abu2 buat saya. Ini apa toh nama bisnisnya?NETWORK 21!Astagfirullaaahh…serta merta deh gue teriak :Buuuuu….dari jaman saya kenal nama ini 9 tahun yang lalu sampai sekarang masih ga berubah buuu cara ngajak orangnyaaa??”hihihihi…Idaaaa..kalo prospek orang sana mah gampang…suruh aja bawa amagram…ida bawa deh newsletter…naaahh bandingin daaahh…banyak mana yang naik peringkat di sana apa di mariiii??secara sistem sama gitu looohhh..Aguuungg..maap yaaa panjaaang banget komennya. maklum Diamond biasa pidato minimal 15 menit! hehehe

    Suka

    Balas
  5. hahah!aduuuuhh kepikiran yaaapertandingannya seru ga???

    Suka

    Balas
  6. *guling2an*mang enak, mb dewi, kalah sama jeng ida hahahah

    Suka

    Balas
  7. mbot said: Sementara gue, diam-diam mengendap-endap balik ke depan komputer, dan kembali main internet.

    hehehehe…terus ? akhirnya bagaimana ? siapa ikut siapa ? atau win2 dua2nya

    Suka

    Balas
  8. ooooooh jadi iniiii yg menyebabkan kalian telat menjemputkuuuu? hihihihihihihi…MLM yg “tidak boleh disebut namanya itu..”wakakakakakakak

    Suka

    Balas
  9. kwakakakakakaka…aku juga ada di MLM 21 itu, tapi cuman biar dapat diskon kalau buat beli vitamin dan sabun. Sungkan aja diajakin seorang ibu-ibu. Tiap minggu diterorin sama itu ibu, disuruh ikut meeting ini, itu, murah 10rb-40rb.Kalau gak siap mental, jangan pernah deh ikut gituan karena sekalinya datang di presentasinya mereka bilang: “jangan menyerah, kalau direcruit sekali nggak mau, datang lagi, masak sih kalau sudah diajak beberapa kali nggak mau datang?”Prinsip yang gila….. *jadi curhat*

    Suka

    Balas
  10. hahahahaha …ibu uplineku emang jagoan neon :))

    Suka

    Balas
  11. ha ha makin menjamur aja nih MLM, tapi sekarang ada yg lebih gawat dari MLM, FOREX. Busyet dah sekarang semua orang pada main FOREX, orang2 yang silau oleh uang sampai ga bisa berfikir jernih – siap2 aja krisis hi hi hi

    Suka

    Balas
  12. orinkeren said: agama baru ya, mirip sembahyangnya orang kong hu cu tuh. hehehehe

    oriflame apanya orinkeren?🙂

    Suka

    Balas
  13. N21, robert angkasa ya..haha

    Suka

    Balas

Ada komentar?

  • Komentar Terbaru

    apinn95 di [2012-003] Mau gampang? Ya jan…
    Sandra Buana Sari di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    omnduut di Manusia Ibarat Kertas…
    Rezky Yayang Yakhami… di Kenapa Orang Tersinggung?
    fe13bi di Kenapa Orang Tersinggung?
    mbot di Kenapa Orang Tersinggung?
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 4.157 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Jepret!

    Dia nggak bilang pejalan kakinya manusia kan... Siapa tau yang dimaksud tokek. 
#spanduk #koplak #superindo #tokek #pengumuman #tebet Hati2 kalo nanya sama psikolog asal jeplak gini

#whatsapp #psikolog #chat #konsultasi Kamu seperti... #jemuran #hujan #inget #gombal #meme Silakan add, @bangjoni udah live di Line! Pentingnya grammar
#stiker #sticker #grammar #fail #jakarta #traffic #car Bang Joni akan live di Line! 
#chat #bangjoni One question: HOW? 
#bajaj #jakarta #parkir #got #ajaib #koplak Psychology Class of 91 Silvery Reunion. 
Reunion, reunited. Today. 
#reunion #friends #ui #psikologiui #psikologi #silvery Simbol status
#rokok #cukai #50ribu #harga #meme
  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
    • Review: 5th Wave (2016) 17 Januari 2016
      Coba deh tonton trailer film ini:Action? Check.Alien? Check.Chloë Grace Moretz? Check.Jelas, gue langsung memutuskan nonton.Ekspektasi gue adalah film sejenis Battle Los Angeles (2011) atau War of the Worlds (2005) atau Independence Day (1996), tentang bumi yang diserang alien jahat dan berisi adegan-adegan perang seru.Begitu filmnya mulai, adegan dibuka den […]
    • Review: Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2015) 5 Januari 2016
      Tentang kenapa di sini kaum Cina ‘diperlakukan khusus’ adalah pertanyaan yang belum berhasil gue temuin jawabannya. Kenapa kita bisa santai bilang, “Si Joko Jawa, Si Tigor Batak, Si Asep orang Sunda,” tapi giliran “Si Ling Ling” mendadak kagok, lantas jadi nginggris: “Chinese”? Atau yang lebih absurd lagi: pencanangan sebutan Cina diganti jadi Tionghoa oleh […]
    • Obrolan Film Merangkap Ujian Kesabaran 9 April 2015
      Setiap orang punya penghayatan beda tentang film. Ada yang suka ngapalin berbagai detil tentang film favoritnya, ada juga yang bisa inget judul aja udah syukur. Sah-sah aja sih sebenernya. Yang bikin senewen adalah NGEDENGERIN orang-orang tipe terakhir saling ngobrol. Kemarin, karena udah kemaleman untuk jalan kaki, gue pulang naik angkot. Di dalemnya ada 2 […]
    • Review: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 6 April 2015
      Baru kali ini gue sampe merasa perlu "belajar" dulu sebelum nonton film. Ada dua pemicunya. Pengalaman nonton film Lincoln: udah mana pengetahuan gue tentang sejarah Amerika minim banget, cuma ngerti Lincoln itu anti perbudakan dan matinya ditembak, eh di filmnya muncul tokoh banyak banget yang mukanya nampak sama semua karena rata-rata berewokan.  […]
    • Battle of Surabaya: Menikmati Seriusnya Proses Jualan Film 23 Maret 2015
      Seumur-umur jadi penggemar film Indonesia, baru kali ini gue ngelihat film yang upaya pemasarannya seserius ini. Bayangin aja, filmnya belum jadi, tapi trailernya udah didaftarin ikut lomba. Eh, masuk nominasi di Golden Trailer Award, bahkan menang di International Movie Trailer Festival. Ngomong-ngomong, baru sekarang loh gue tau ada festival untuk trailer […]
    • Preview: Tomorrowland (2015) 11 Maret 2015
      Gue pertama kali nonton teaser trailer film ini tahun lalu, dan langsung memutuskan akan nonton. Adegannya bikin penasaran banget: ada seorang cewek ABG yang mendadak bisa pindah lokasi saat menyentuh sebuah pin berlogo T. Pin apa itu? Kenapa dia bisa mindahin orang? Pindahnya ke mana? Sukses banget trailernya bikin orang penasaran ingin nonton film ini.Baru […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Banyak orang gagal jalanin MLM? Bukan..mereka BERHENTI. 1 September 2016
      'Udah pernah join dulu mbak, tapi gagal….’ Pernah denger kalimat ini saat mengajak seseorang join oriflame? Saya sering..  Alasan ‘kegagalan’-nya macam-macam.. Ada yg karena modalnya mandeg gara-gara jualan produk oriflamenya sistem hutang maka menilai bisnisnya gagal , ada yg ditolak 10 orang lalu merasa gak bakat dan gagal, ada yg gak naik-naik level […]
    • Konsultan Oriflame seperti siapakah Anda: Neil Armstrong atau Lance Armstrong? 26 Agustus 2016
      Ada dua orang Armstrong yang menempati ruang khusus di hati rakyat Amerika. Keduanya berjasa, telah terbukti komitmennya, dan menunjukkan keberanian yang menginspirasi banyak orang. Namun, kisah mereka memiliki akhir yang berbeda.Yang pertama adalah Neil Armstrong, astronot Amerika. Sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, namanya kondang ke se […]
    • Bangga Jualan, Sekarang Juga! 25 Agustus 2016
      "Malu Jualan", barengan sama "Gampang Percaya Hoax" dan "Jam Karet"adalah kebiasaan-kebiasaan yang penting segera diberantas karena bikin Indonesia susah maju. Tapi "Malu Jualan" adalah yang paling parah. Beberapa waktu lalu, seorang teman yang lama nggak kedengeran kabarnya tiba-tiba muncul dengan pertanyaan, "Gu […]
    • Kerja Oriflame itu seperti apa sih? 24 Agustus 2016
      Dulu, waktu pertama kali baca tentang Oriflame, liat cerita sukses para top leader yang berhasil dapat penghasilan bulanan hingga puluhan juta, dapat mobil, jalan-jalan ke luar negeri, aku bertanya-tanya, "Ini kerjanya gimana sih sebenernya? Kok kayaknya seru banget. Nggak harus terikat jam kerja kayak kantoran tapi bisa pada punya uang jutaan!" Se […]
    • Skin Pro Oriflame, Membersihkan Wajah 5x Lebih Bersih 23 Agustus 2016
      Membersihkan wajah itu penting! Aku menyarankan metode 2 langkah untuk pembersihan wajah, yaitu: 1. Susu Pembersih 2. Toner Untuk menuntaskan pembersihan, kita mencuci muka menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Cuci muka pakai tangan saja hasilnya ternyata kurang maksimal, karena kotoran dalam pori-pori tidak bisa terangkat sepenuhnya. Orifl […]
    • Edukasi MLM untuk Abang Gojek 22 Agustus 2016
      Aku baru pulang dari training skin care di Oriflame Daan Mogot. Pulangnya seperti biasa panggil Gojek. Di jalan, abang Gojeknya tanya, kenapa ramai sekali kantor Oriflame Daan Mogot hari itu. Rupanya dia biasa mangkal di depan kantor Oriflame dan keramaian hari itu lebih dari biasanya. Aku bilang, habis ada training besar, yang pesertanya sampai 300 orang. T […]
    • Scrub Bibir ala Ida dengan Tendercare dari Oriflame 21 Agustus 2016
      Banyak downline dan pelanggan yang menanyakan, apakah Oriflame sudah mengeluarkan produk scrub untuk bibir. Sayangnya, sampai hari ini belum. Tapi kita bisa membuat scrub bibir sendiri lho, dengan memanfaatkan produk andalan Oriflame, si kecil mungil ajaib Tendercare. Silakan tonton videonya ya! Bonus: Di menit 4:55 ada kejutan khusus gara-gara shootingnya d […]
    • NovAge, Skin Care favorite aku! 19 Agustus 2016
      Soal urusan merawat wajah, aku udah buktiin sendiri deh pokoknya. Produk Oriflame yg sesuai kalau dipakainya secara KONSISTEN dan SABAR, hasilnya beneran NYATA. Sebagai yg kulit wajahnya cukup rewel--sensitif maksudnya, aku dulu takut sekali coba sembarang skin care. Soalnya salah-salah pakai produk pastiii jerawatan dan bruntusan. Ah sedih deh pokoknya. Mak […]
    • Oriflame bagi-bagi Tab Advan, ini pemenang dari teamkuu.. :-) 17 Agustus 2016
      Bulan April 2016 lalu Oriflame bikin challenge KEREN BANGET!Apalagi kalau gak bagi-bagi hadiah kan? Judul challenge-nya 'NOW OR NEVER'.Persyaratannya bisa dibilang MUDAH SEKALI lho. Para konsultan yang ingin dapat hadiah ini cukup meraih level baru 9% atau 12% atau 15% di bulan April 2016, lalu mempertahankannya di bulan berikutnya. Serta ada syara […]
    • Merawat wajah itu SABAR dan KONSISTEN. 20 Juni 2016
      Yang namanya perawatan kulit wajah itu BUTUH WAKTU ya teman2. Minimal banget hasil mulai terlihat nyata pada minggu ke 4 ya.. sekitar 28 hari, sesuai siklus pergantian kulit kita. Baca lagi, aku tulis-- 'MULAI terlihat nyata'. Bukan berarti langsung tau2 muka berubaaaaah gitu. Gak bisa. Tapi umumnya akan terlihat perbedaan pada minggu ke 4. Apalagi […]
