Slumdog Millionaire


slumdog millionaire posterSetelah “As Good As It Gets”, baru kali ini gue nemu film drama yang layak dikasih bintang 5 dengan keyakinan penuh. Maksudnya, kadang saat ngasih bintang 5 gue sadar bahwa akan ada banyak orang lain yang belum tentu rela ngasih penilaian yang sama. Untuk film ini, gue yakin sebagian besar penontonnya akan sependapat dengan gue.

Mulai dari tema ceritanya aja udah nggak biasa. SM bercerita tentang Jamal Malik, seorang pemuda yang nggak berpendidikan, datang dari kawasan kumuh di Mumbai, India, yang berhasil menjawab hampir semua pertanyaan dalam kuis “Who Wants To Be a Millionaire”. Pada episode pertama kuis itu, Jamal tinggal menyisakan 1 pertanyaan lagi, pertanyaan utama senilai 20 juta rupee, ketika waktu tayang habis. Shooting di-break untuk dilanjutkan keesokan harinya, sementara Jamal diciduk polisi karena dicurigai berbuat curang dalam kuis.

Saat diinterogasi polisi, tergambar lewat adegan-adegan kilas balik serentetan peristiwa menyedihkan dalam hidup Jamal, yang secara kebetulan membuat dia mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar.

Sebelumnya gue mau minta maaf dulu dengan pengakuan bahwa gue bukan penggemar film, ataupun aneka hal lain yang datang dari India. Rasanya sekumuh-kumuhnya Jakarta, masih lebih kumuh kota-kota besar di India. Setiap kali nonton berita tentang India, yang terbayang di benak gue adalah sebuah tempat yang panas, macet, sampah berceceran, dan aroma-aroma aneh berseliweran di udara.

Gawatnya, film ini justru sangat mengedepankan potret India, khususnya Mumbai, dari sudut pandang yang paling kumuh dan jorok. dari segi kenyamanan, film ini memang nggak sepenuhnya ‘nyaman’ untuk ditonton. Baru mulai aja penonton udash disuguhi adegan-adegan memualkan seperti misalnya si Jamal yang disiksa pake setruman listrik sampe berceceran ilernya. Disambung dengan adegan-adegan kilas balik tentang kehidupan si Jamal kecil yang hidup berdesak-desakan di sebuah perkampungan kumuh yang nampak sangat bau dan sumpek. Adegan paling ‘menohok’ bagi gue adalah cara yang ditempuh Jamal untuk ketemu langsung dengan bintang idolanya, Amitabh Bachan. Buat yang abis makan kenyang sebelum nonton film ini, silakan tahan napas saat film mulai menayangkan adegan helikopter Amitabh mendarat…

Secara keseluruhan, SM adalah cerita tanpa basa-basi tentang anak-anak jalanan yang mencoba bertahan hidup tanpa orang tua. Yang menarik adalah bagaimana film ini menampilkan adegan demi adegan yang pada dasarnya sangat ‘ngenes’, tapi pada saat yang bersamaan juga nggak nampak berusaha untuk membuat penonton terharu-biru dan merogoh tisu. Yah, hidup memang keras dan tidak adil, tapi bukan berarti harus diratapi – begitulah pesan yang gue tangkap. Jamal adalah orang dengan ‘one track mind’ – dia seperti nggak peduli dengan segala ketidakadilan dan penderitaan karena fokus pada satu hal yang jauh lebih penting untuk dikejar.

Sebagai sebuah karya visual, SM habis-habisan mengolah berbagai jurus pengambilan gambar sehingga hasilnya bener-bener edan. Yang paling berkesan buat gue adalah pengambilan adegan kejar-kejaran antara Jamal kecil dengan para petugas keamanan yang di-zoom-out secara vertikal, makin lama kameranya makin jauh meninggi ke langit, sambil terus menyorot para tokoh yang berubah jadi titik-titik kecil berlarian di tengah labirin perumahan kumuh. Sinting!

Para pemain bocah pemeran tokoh Jamal kecil dan kumpulannya perlu dikasih bintang tersendiri. Bagian casting-nya sangat berhasil menemukan masing-masing 3 orang pemain yang sangat mirip untuk tiga tokoh utama yang beranjak dewasa – sehingga penonton ngggak merasa kehilangan koneksi waktu pemeran tokohnya berganti-ganti.

Setelah film selesai, gue menjadi sangat maklum kenapa film ini berhasil memborong penghargaan di berbagai ajang perfilman internasional. Bener-bener sebuah film dengan pesan yang sangat kuat – dan bikin para penonton melangkah keluar bioskop dengan satu pertanyaan mengganjal: “Apa yang udah gue lakukan untuk membuat hidup lebih adil buat para Jamal-Jamal lain di sekitar gue?”

Posting terkait film lainnya bisa diklik di blog Nonton Deh ya!

Tinggalkan komentar

34 Komentar

  1. mamajos said: jadi pengen nonton, masih muter gak ya di bandung ? hehehehehe

    Masih ci, di PVJ

    Suka

    Balas
  2. Kamis ini mo nonton mas, thanks reviewnnya😉

    Suka

    Balas
  3. waaaaaaaaaaaaaaaaah tapi kok belum turun

    Suka

    Balas
  4. Temanya hmpir sama kyk Laskar Pelangi yaa kl dinegara kita….cm kok gk bisa lbih se “WAH” SlumDog yak????

    Suka

    Balas
  5. wah seru neh keknyalama banget ya di Surabaya blom tayang nehhhhjadi ketinggalan neh:)

    Suka

    Balas
  6. wah jadi harus nonton nih

    Suka

    Balas
  7. saya jugaaaaa….setuju kasih lima bintang untuk film inikeren bangetdan kisah jamal-latika nya juga mengharukan. Gak menye2, gak terlalu dominan di filmnya, tapi sukses bikin semriwing

    Suka

    Balas
  8. hi jamal!

    Suka

    Balas
  9. rikigede said: gue jadi gak mau makan opor ayam setelah nonton adegan si jamal nyebur kolam t**k. (sori spoiler)

    *ngakak*eh, tapi si pemeran Jamal Cilik mah ga keberatan tuh…Malah seneng lagi!karena “itu”-nya dari peanut butter dan coklat lho!

    Suka

    Balas
  10. kueereeeeeeeeen bangeet!!ga heran dapat 8 oscar. sayang di sini ga ada blitz, jadilah nonton dari bajakan😀

    Suka

    Balas
  11. guwe yang sakit mata apa emang salah ngetik, menohok e nya kebalik, memualkan juga keselip. Hihihihi…Pengen nonton, tapi masih repot. makasih reviewannya. akhirnya gimana? *gak seru*

    Suka

    Balas
  12. natali25 said: film ini dapet berapa penghargaan bu ida??

    8 oscaaaaaaar!

    Suka

    Balas
  13. ida22 said: menang oscaaaaaaaaaaaaar!!!!

    film ini dapet berapa penghargaan bu ida??

    Suka

    Balas
  14. menang oscaaaaaaaaaaaaar!!!!

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    apinn95 di [2012-003] Mau gampang? Ya jan…
    Sandra Buana Sari di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    omnduut di Manusia Ibarat Kertas…
    Rezky Yayang Yakhami… di Kenapa Orang Tersinggung?
    fe13bi di Kenapa Orang Tersinggung?
    mbot di Kenapa Orang Tersinggung?
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 4.157 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Jepret!

    Dia nggak bilang pejalan kakinya manusia kan... Siapa tau yang dimaksud tokek. 
#spanduk #koplak #superindo #tokek #pengumuman #tebet Hati2 kalo nanya sama psikolog asal jeplak gini

#whatsapp #psikolog #chat #konsultasi Kamu seperti... #jemuran #hujan #inget #gombal #meme Silakan add, @bangjoni udah live di Line! Pentingnya grammar
#stiker #sticker #grammar #fail #jakarta #traffic #car Bang Joni akan live di Line! 
#chat #bangjoni One question: HOW? 
#bajaj #jakarta #parkir #got #ajaib #koplak Psychology Class of 91 Silvery Reunion. 
Reunion, reunited. Today. 
#reunion #friends #ui #psikologiui #psikologi #silvery Simbol status
#rokok #cukai #50ribu #harga #meme
  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
    • Review: 5th Wave (2016) 17 Januari 2016
      Coba deh tonton trailer film ini:Action? Check.Alien? Check.Chloë Grace Moretz? Check.Jelas, gue langsung memutuskan nonton.Ekspektasi gue adalah film sejenis Battle Los Angeles (2011) atau War of the Worlds (2005) atau Independence Day (1996), tentang bumi yang diserang alien jahat dan berisi adegan-adegan perang seru.Begitu filmnya mulai, adegan dibuka den […]
    • Review: Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2015) 5 Januari 2016
      Tentang kenapa di sini kaum Cina ‘diperlakukan khusus’ adalah pertanyaan yang belum berhasil gue temuin jawabannya. Kenapa kita bisa santai bilang, “Si Joko Jawa, Si Tigor Batak, Si Asep orang Sunda,” tapi giliran “Si Ling Ling” mendadak kagok, lantas jadi nginggris: “Chinese”? Atau yang lebih absurd lagi: pencanangan sebutan Cina diganti jadi Tionghoa oleh […]
    • Obrolan Film Merangkap Ujian Kesabaran 9 April 2015
      Setiap orang punya penghayatan beda tentang film. Ada yang suka ngapalin berbagai detil tentang film favoritnya, ada juga yang bisa inget judul aja udah syukur. Sah-sah aja sih sebenernya. Yang bikin senewen adalah NGEDENGERIN orang-orang tipe terakhir saling ngobrol. Kemarin, karena udah kemaleman untuk jalan kaki, gue pulang naik angkot. Di dalemnya ada 2 […]
    • Review: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 6 April 2015
      Baru kali ini gue sampe merasa perlu "belajar" dulu sebelum nonton film. Ada dua pemicunya. Pengalaman nonton film Lincoln: udah mana pengetahuan gue tentang sejarah Amerika minim banget, cuma ngerti Lincoln itu anti perbudakan dan matinya ditembak, eh di filmnya muncul tokoh banyak banget yang mukanya nampak sama semua karena rata-rata berewokan.  […]
    • Battle of Surabaya: Menikmati Seriusnya Proses Jualan Film 23 Maret 2015
      Seumur-umur jadi penggemar film Indonesia, baru kali ini gue ngelihat film yang upaya pemasarannya seserius ini. Bayangin aja, filmnya belum jadi, tapi trailernya udah didaftarin ikut lomba. Eh, masuk nominasi di Golden Trailer Award, bahkan menang di International Movie Trailer Festival. Ngomong-ngomong, baru sekarang loh gue tau ada festival untuk trailer […]
    • Preview: Tomorrowland (2015) 11 Maret 2015
      Gue pertama kali nonton teaser trailer film ini tahun lalu, dan langsung memutuskan akan nonton. Adegannya bikin penasaran banget: ada seorang cewek ABG yang mendadak bisa pindah lokasi saat menyentuh sebuah pin berlogo T. Pin apa itu? Kenapa dia bisa mindahin orang? Pindahnya ke mana? Sukses banget trailernya bikin orang penasaran ingin nonton film ini.Baru […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Banyak orang gagal jalanin MLM? Bukan..mereka BERHENTI. 1 September 2016
      'Udah pernah join dulu mbak, tapi gagal….’ Pernah denger kalimat ini saat mengajak seseorang join oriflame? Saya sering..  Alasan ‘kegagalan’-nya macam-macam.. Ada yg karena modalnya mandeg gara-gara jualan produk oriflamenya sistem hutang maka menilai bisnisnya gagal , ada yg ditolak 10 orang lalu merasa gak bakat dan gagal, ada yg gak naik-naik level […]
    • Konsultan Oriflame seperti siapakah Anda: Neil Armstrong atau Lance Armstrong? 26 Agustus 2016
      Ada dua orang Armstrong yang menempati ruang khusus di hati rakyat Amerika. Keduanya berjasa, telah terbukti komitmennya, dan menunjukkan keberanian yang menginspirasi banyak orang. Namun, kisah mereka memiliki akhir yang berbeda.Yang pertama adalah Neil Armstrong, astronot Amerika. Sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, namanya kondang ke se […]
    • Bangga Jualan, Sekarang Juga! 25 Agustus 2016
      "Malu Jualan", barengan sama "Gampang Percaya Hoax" dan "Jam Karet"adalah kebiasaan-kebiasaan yang penting segera diberantas karena bikin Indonesia susah maju. Tapi "Malu Jualan" adalah yang paling parah. Beberapa waktu lalu, seorang teman yang lama nggak kedengeran kabarnya tiba-tiba muncul dengan pertanyaan, "Gu […]
    • Kerja Oriflame itu seperti apa sih? 24 Agustus 2016
      Dulu, waktu pertama kali baca tentang Oriflame, liat cerita sukses para top leader yang berhasil dapat penghasilan bulanan hingga puluhan juta, dapat mobil, jalan-jalan ke luar negeri, aku bertanya-tanya, "Ini kerjanya gimana sih sebenernya? Kok kayaknya seru banget. Nggak harus terikat jam kerja kayak kantoran tapi bisa pada punya uang jutaan!" Se […]
    • Skin Pro Oriflame, Membersihkan Wajah 5x Lebih Bersih 23 Agustus 2016
      Membersihkan wajah itu penting! Aku menyarankan metode 2 langkah untuk pembersihan wajah, yaitu: 1. Susu Pembersih 2. Toner Untuk menuntaskan pembersihan, kita mencuci muka menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Cuci muka pakai tangan saja hasilnya ternyata kurang maksimal, karena kotoran dalam pori-pori tidak bisa terangkat sepenuhnya. Orifl […]
    • Edukasi MLM untuk Abang Gojek 22 Agustus 2016
      Aku baru pulang dari training skin care di Oriflame Daan Mogot. Pulangnya seperti biasa panggil Gojek. Di jalan, abang Gojeknya tanya, kenapa ramai sekali kantor Oriflame Daan Mogot hari itu. Rupanya dia biasa mangkal di depan kantor Oriflame dan keramaian hari itu lebih dari biasanya. Aku bilang, habis ada training besar, yang pesertanya sampai 300 orang. T […]
    • Scrub Bibir ala Ida dengan Tendercare dari Oriflame 21 Agustus 2016
      Banyak downline dan pelanggan yang menanyakan, apakah Oriflame sudah mengeluarkan produk scrub untuk bibir. Sayangnya, sampai hari ini belum. Tapi kita bisa membuat scrub bibir sendiri lho, dengan memanfaatkan produk andalan Oriflame, si kecil mungil ajaib Tendercare. Silakan tonton videonya ya! Bonus: Di menit 4:55 ada kejutan khusus gara-gara shootingnya d […]
    • NovAge, Skin Care favorite aku! 19 Agustus 2016
      Soal urusan merawat wajah, aku udah buktiin sendiri deh pokoknya. Produk Oriflame yg sesuai kalau dipakainya secara KONSISTEN dan SABAR, hasilnya beneran NYATA. Sebagai yg kulit wajahnya cukup rewel--sensitif maksudnya, aku dulu takut sekali coba sembarang skin care. Soalnya salah-salah pakai produk pastiii jerawatan dan bruntusan. Ah sedih deh pokoknya. Mak […]
    • Oriflame bagi-bagi Tab Advan, ini pemenang dari teamkuu.. :-) 17 Agustus 2016
      Bulan April 2016 lalu Oriflame bikin challenge KEREN BANGET!Apalagi kalau gak bagi-bagi hadiah kan? Judul challenge-nya 'NOW OR NEVER'.Persyaratannya bisa dibilang MUDAH SEKALI lho. Para konsultan yang ingin dapat hadiah ini cukup meraih level baru 9% atau 12% atau 15% di bulan April 2016, lalu mempertahankannya di bulan berikutnya. Serta ada syara […]
    • Merawat wajah itu SABAR dan KONSISTEN. 20 Juni 2016
      Yang namanya perawatan kulit wajah itu BUTUH WAKTU ya teman2. Minimal banget hasil mulai terlihat nyata pada minggu ke 4 ya.. sekitar 28 hari, sesuai siklus pergantian kulit kita. Baca lagi, aku tulis-- 'MULAI terlihat nyata'. Bukan berarti langsung tau2 muka berubaaaaah gitu. Gak bisa. Tapi umumnya akan terlihat perbedaan pada minggu ke 4. Apalagi […]
%d blogger menyukai ini: