facebook vs. multiply


Mana yang lebih keren, facebook atau multiply? Setelah beberapa bulan ngutak-atik facebook, akhirnya gue bisa menarik kesimpulan. Berikut pandangan gue, dari berbagai segi:

Networking
Untuk urusan memperluas network, FB lebih unggul. Secara intuitif dia aktif menawarkan orang-orang yang mungkin kita kenal, di halaman home. Dan kalo diperhatiin, orang-orang yang ditawarkan FB dalam menu ‘people you may know” itu diurut dari yang jumlah kesamaan teman yang terbanyak. Maksudnya gini: misalnya si A dan si B sama-sama berstatus temannya teman kita, maka si A yang kenal 5 orang dari teman-teman kita akan disodorkan lebih dulu ketimbang si B yang cuma kenal 2 orang dari teman-teman kita.
Selain itu, FB juga rajin mengabarkan teman-teman kita yang kena tag di album orang lain, karena besar kemungkinan si pemilik album ternyata teman kita juga.
Kayaknya, kalo MP berprinsip “buatlah network seperlunya aja”, sedang FB bilang “ayo tambahin dong network lu!”
Aplikasi
Hanya ada di FB, tapi bukan berarti jadi “plus factor” dibandingkan dengan MP. Emang kalo lagi nggak ada kerjaan dan lagi nggak ada yang mau ditulis, asik juga ngutak-atik application, tapi benda ini lebih sering mengganggu. Pernah tercatat 101 application yang minta diapprove, dan dalam sehari gue coba ladenin satu per satu. Eh 2 hari kemudian udah muncul lagi 101 invitation. Edan.
Sharing link dan external pages
Di fitur ini FB juga unggul. Nggak perlu repot2 upload foto, tinggal paste link yang mau dishare dan secara otomatis FB akan menawarkan foto apa yang mau dihotlink dari halaman yang kita post.
Customization
MP jelas lebih unggul, halaman FB nggak bisa dipersonalisasi tampilan warna dan background-nya.
Navigasi
MP menang di sini. Setiap account punya sistem navigasi yang jelas dalam klasifikasi ‘journal’, ‘photos’, ‘calendar’, dsb dalam posisi yang mudah dilihat. Jadi pengunjung bisa dengan mudah menemukan posting-posting yang udah lewat. Sedangkan di FB kadang posisinya nyelip, tergantung dari selera si pemilik account.
Upload Foto
Nah untuk fitur yang satu ini MP jauh lebih unggul. Semalem gue coba upload foto dengan jumlah yang sama ke FB dan MP. MP lewat aplikasi Auto Uploader, FB lewat Java Uploadernya. Hasilnya, foto di MP terupload dalam waktu kurang dari setengah jam, sementara di FB butuh 4 jam lebih! Itupun ternyata error, nggak semua berhasil terupload. Selain itu, ukuran foto di FB selalu diresize ke ukuran kecil, nggak ada opsi untuk menampilkan full size image. Bahkan kalo dibandingkan antara Java Uploader versi MP vs versi FB, MP lebih unggul karena foto yang akan diupload tinggal di-drag-and-drop, sementara di FB harus browse folder. Oh iya, selain itu juga ada batas maksimal 60 foto per album di FB.
Tag Foto
MP sedikit lebih unggul karena untuk tagging foto tinggal klik fotonya dan tambahin tagnya. Di FB harus ada 2 klik tambahan.
Akses Eksternal
Semua tulisan yang kita posting di MP, selama diset ‘everyone’, bisa dibaca semua orang sekalipun bukan anggota MP. Tulisan di FB hanya bisa dibaca para anggota FB. MP lebih unggul di segi ini.
Quote Reply
Di FB kita nggak bisa mengutip reply orang, akibatnya menyulitkan kalo mau mengomentari reply dalam jumlah banyak. MP lebih unggul di sini.
Update Status
Hal kecil yang lumayan membantu untuk saling menginformasikan aktivitas terakhir kepada para teman. Sayangnya di MP nggak ada.
Kesimpulannya, FB ideal untuk memperluas network, kenalan sama temen baru, ketemu temen lama, dan iseng-iseng main application. Tapi untuk ‘etalase’ portfolio, sharing pengetahuan, MP lebih unggul.
Iklan
Tinggalkan komentar

124 Komentar

  1. Aku newbie di mp juga fb..Mohon bimbingan para suhu disini…Hicks…

    Suka

    Balas
  2. hahahaha,,,lucu, lucu…tapi artikel ini TOP BGT. Sumpah dah..kalo saya sih gunakan aja keduanya. Gampang toh,,,hehe

    Suka

    Balas
  3. om.. pinjem tulisannya yah.. bole tak? tante kuw maksa bikin FB niy..

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: