sakitnya: mencret. obatnya: obat pilek.


Tadi sore, asisten Ida nelepon, ngabarin Rafi mencret berkali-kali hari ini. Nggak mau makan dan rewel. Ida-nya lagi ada kursus guru2 di Cipete, jadi gue langsung pulang. Untungnya pas gue temukan sore itu Rafi udah nggak terlalu rewel, cuma agak pendiem aja. Sebagai pertolongan pertama gue kasih 2 butir norit yang digerus jadi bubuk dan dijejalkan secara tipu daya.

Bertiga dengan mbak asisten, gue jalan kaki bawa Rafi ke dokter langganan deket rumah. Eh, taunya dokternya nggak praktek hari Kamis. Jadi Rafi dan mbak asisten gue suruh pulang sementara gue menuju apotik ‘Medicine Shoppe’ di Tebet Barat Dalam.

“Mbak, obat mencret apa ya yang aman buat balita?”
“Hmmm… apa ya pak? Anaknya umur berapa? Ada panas nggak?”
“Umur 1.5 tahun, nggak pake panas kok mbak…”
“Hmmm… wah, kita nggak berani ngasih rekomendasi Pak… nggak dibawa ke dokter aja?”
“Mau, tapi ternyata dokternya hari ini nggak praktek..”
“Udah coba dokter Hartaniah di Tebet Barat I? Kayaknya hari ini praktek kok…”

Maka gue telusuri jalan Tebet Barat I untuk menemukan dokter itu, dan ternyata langsung ketemu. Setelah memastikan dokternya praktek hari ini, gue pulang lagi jemput Rafi dan mbak asisten, trus balik lagi ke dokter.

Setelah acara timbang badan dan isi kartu pasien, kami masuk k ruang dokter. Pertanyaannya sama seperti di apotik.

“Ada panas?” – enggak

Bu dokter nulis2 resep, ada 4 item yang ditulisnya.

Yang pertama adalah puyer racikan, untuk obat diare.

“Ini antibiotik bukan?” tanya gue yang berprinsip sebisa mungkin nggak ngasih antibiotik kalo belum kepepet.
“Bukan,” kata dokternya

Yang ke dua obat sirup, judulnya Kaopectate. Yang ke tiga Lacto-B, bakteri pembantu pencernaan seperti yang ada di dalam minuman Yakult. Yang ke empat Ferlin, vitamin.

Dari dokter, mbak asisten dan Rafi gue drop pulang, abis itu gue balik ke Medicine Shoppe.

“Gimana pak, udah jadi ke dokter ya?” tanya mbak2 yang tadi.
“Udah, ini resepnya”

Mbak2 apotik meneliti resep yang gue sodorkan, dan rupanya masih inget dengan pertanyaannya sebelumnya.

“Pak, tadi bapak bilang anaknya nggak panas, kan?”
“Enggak.”
“Pilek?”
“Enggak. Kalo mencret, iya mbak.” (Penjelasan tambahan untuk menekankan bahwa memang benar ada kelebihan cairan, tapi dari lobang yang berbeda).
“Lah, trus kenapa ini dokternya ngasih obat panas, obat pilek, dan obat tidur?”

HUEEEH???

Mbak2 apotik menjelaskan bahwa resep dokter untuk obat puyernya berisi ramuan obat penurun panas, obat pereda flu, obat tidur, dan ehm… ANTIBIOTIK. Ini dokternya salah tulis, salah denger pertanyaan gue, asal jawab, atau sekedar sok tau, ya? Terima kasih buat para petugas Medicine Shoppe yang cukup kritis membaca resep dokter.

Gue langsung memutuskan untuk membatalkan pembelian obat puyernya, sekaligus bertekad nggak akan berobat ke dokter Hartaniah lagi.

Tips buat para konsumen, adalah hak kita untuk minta penjelasan apoteker tentang resep yang akan kita tebus. Kalo apotekernya ogah2an jawab, tinggal aja. Masih banyak apotek lain kok.

Ttd;
bapaknya Rafi, yang sekarang lagi tidur pules TANPA BANTUAN OBAT TIDUR.

Tentang alasan kenapa kita harus bijaksanaa waktu menggunakan antibiotika bisa diklik di:

  1. sembilanbulan.com
  2. republika online
  3. situs fk undip
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

56 Komentar

  1. mbot said: Yang pertama adalah puyer racikan, untuk obat diare.”Ini antibiotik bukan?” tanya gue yang berprinsip sebisa mungkin nggak ngasih antibiotik kalo belum kepepet.”Bukan,” kata dokternyaYang ke dua obat sirup, judulnya Kaopectate. Yang ke tiga Lacto-B, bakteri pembantu pencernaan seperti yang ada di dalam minuman Yakult. Yang ke empat Ferlin, vitamin.

    Dulu waktu Rascha sakit diare atau muntah2, memang pasti ada Kaopectate dalam daftar obatnya. Kaopectate itu semacam oralit yg aman untuk anak2.Lacto B juga termasuk bagus untuk anak2, terutama yang memang bermasalah dengan sistem pencernaanya. Untuk Ferlin, Mamih ngak tahu. Resep obat puyernya masih ada ngak? Kalo masih, Mamih bisa bantu check ke teman Mamih. Siapa tahu yang salah malah apotekernya. Kasihan juga si dokter kalo ternyata yang salah si apotekernya khan?

    Suka

    Balas
  2. halah.. dokternya dah kecapean kali ya… punya pasien banyak banget jadi diagnosisnya juga generik, diagnosis sama untuk tiap 10 pasien :p

    Suka

    Balas
  3. mamanaura said: bapak yg pinterrrr…btw, puyernya ga dikasih doooonggg..btw lagi, boleh kasih masukan gak?pertama: mencret ga perlu dikasih obat apapun, baik obat buat mampetin mencretnya atau mampetin muntah *kalo pake muntah*. yang terbaik adalah menjaga supaya si anak ga dehidrasi. caranya, dg memberikan cairan rehidrasi yaitu oralit. dan terus memberikan asupan cairan (susu, air sup). kedua: puyer itu bahaya loh, namanya polifarmasi. artinya macem2 obat nyampur di situ. pdhl alat penggerusnya itu kan buat gerus macem2 obat. lah klo obat2 yg digerus sebelumnya masih nempel disitu dan nyampur ama puyer si anak, kan gaswat. belum lagi kalo takerannya ga pas. belum lagi kontraindikasi, atau ada obat2 tertentu yg menimbulkan reaksi tertentu klo dicombine ama obat lain. atau mencampur dg obat lain bisa mempengaruhi efektifitas satu jenis obat. pokoknya sereeeem laaaahhhh.emang lagi musim nih mencret2.. anak tetangga jg bbrp hari yg lalu smpt mencret2..gw bilang kasih oralit aja.. dan tetap kasih cairan yg banyak. dlm 2-3 hari jg udh sembuh tuh anak, bayi 10 bulan..

    pph..baru tau kl puyer begitu..hiks..waktu kecil gue suka dikasi puyer kalo sakit..

    Suka

    Balas
  4. orchidsblau said: keputusan yg bijaksana utk tdk membli obat itu,mbak.dsini klo mencret, anak dikasih kue kering asin, dan dibantu coca cola.Jups,.slm kenal yah.

    what? coca cola?Coca cola bukannya bnykan efek negatifnya ya?wktu ikut seminar penulisan, yg penulis novel jomblo bilang, kalo dia doppingnya itu coca cola, dan waktu nulis novelnya yg mana gitu, dia minum bnyk2 tiap malem smbil nulis..hasilnya salah satu giginya harus dicabut krn aus menurut dokter giginya..Gw jg pernah dgr ada penelitian yg blg kalo coca cola bisa melarutkan gigi dan daging yg direndam coca cola..mending minum air putih aja deh yg bnyk,bisa bantu netralisir racun dlm tubuh..

    Suka

    Balas
  5. andhiny said: Knapa gak balik aja ke dokternya mas? Minta uangnya dibalikin sekalian ditanyain knapa obatnya gak seperti yang diharapkan? KAlo knapa2 sama Rafi apa si dokter mau dituntut?

    Iya bener tuh mas mbot, kalo nyokap gue pasti udah melakukan hal itu deh..he3..perlu dikasi pelajaran tu org2 ky gitu..

    Suka

    Balas
  6. Kayanya bisa dibilang malpraktek tu..emang kdg2 ada dokter yg ga berhati mulia ky2 gt, jd suka ngakalin pasennya yg awam sm bidang medecine2an..malah ktnya dokter suka ada yg kerja sama dgn perusahaan2 obat gitu dan suka dapet fee dari setiap penjualan obatnya..mgkn krn itu kali ya dokter2 ky gt suka prescribe2 obat2 yg sbnrnya ga diperluin pasiennya…gue jg pernah dgr, ada temen gue yg sakit perut terus ke dokter dan disuruh operasi usus buntu sm dokternya, pas ke dokter lain ternyata temen gue blm knp2 usus buntunya..bokap gw jg pernah wkt kencing batu, pas ke dokter, disuruh teropong dulu (untuk liat batunya di mana apa gimanaa gitu), dan br teropongnya aj udh berjuta2, blm operasinya, akirnya dicoba dulu pake minum ramuan2 tradisional dr tumbuh2an (buah mahkota dewa yg dikeringin terus direbus dan diminum airnya, dll), keluar aja gitu kencing batunya si bokap..makdikipe emg dokter2 kaya gitu..

    Suka

    Balas
  7. dokter yang semprul….

    Suka

    Balas
  8. jadi ikut nimbrung nih.. setau aku ya.. kalo anak diare or mencret tanpa tanda2 dehidrasi gak perlu kawatir.. karna mencret itu kan mekanisme alami tubuh untuk ngeluarin toksin yang ada di dalam tubuh (usus). obatnya ya gak ada soalnya itu tadi.. itu kan mekanisme alami.. selama tidak dehidrasi jadi tidak perlu dikasih apa2 .. yang penting minum yang banyak .. kalo anakku aga2 mencret aku kasih minum teh pekat tuh:)

    Suka

    Balas
  9. HAHAHAHAHA…gmana kalo ke dukun…?

    Suka

    Balas
  10. Mas, anak pertamaku juga imunisasi n berobat ke sana selama setahun pertama. Setahun lewat masih aman. Suatu saat si anak sakit panas, langsung dikasih antibiotik cair keras (yang ada stiker bulet merah tuh). Mauku sebagai orang tua, dicermati dulu panasnya dengan ngasih resep tertentu, baru kalau ga mempan kasih antibiotik. Begitu kan teorinya. Trauma dengan sebotol antibiotik untuk anak 13 bulan, aku kabur ga balik lagi.

    Suka

    Balas
  11. dokter gadungan jangan2 :))

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    Tempat Makan Bubur P… di Bubur Barito, bubur ayam teren…
    mbot di Kenapa Lu Bakal Kecewa Saat Se…
    Indrarto Jatmiko di Kenapa Lu Bakal Kecewa Saat Se…
    Lala di Kenapa Lu Bakal Kecewa Saat Se…
    mbot di Kenapa Lu Bakal Kecewa Saat Se…
    Sarah Puspita di Kenapa Lu Bakal Kecewa Saat Se…
    pinkuonna di Kenapa Lu Bakal Kecewa Saat Se…
    mbot di Kenapa Lu Bakal Kecewa Saat Se…
    mbot di Kenapa Lu Bakal Kecewa Saat Se…
    pinkuonna di Kenapa Lu Bakal Kecewa Saat Se…
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 3.912 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Jepret!

    yuk, jadi 1000 orang pertama yang pertama kenalan dengan Bang Joni!
Caranya gampang, tinggal add ID Bang Joni @bangjonibot di telegram messenger kamu, kamu langsung bisa chatting dengan Bang Joni!
kamu bisa pesan tiket pesawat, travel ke bandung, tanya info restoran,cuaca, info jalan tol, dan lain-lain.
selamat mencoba dan selamat jadi temen Bang Joni!
#bangjoni #pesan #pemesanan #info #cuaca #jalantol #kuliner #tiket #pesawat #chat Dilema
#kucing #cat #meme #animal #parenthood #kids #koplak Motor pilihan Hayati 
#hayati #motor #lelah #meme #koplak #beli One stop service
#praktis #jual #burung #reklame #jakarta #makananburung #koplak #unik #lucu Guru yang curang
#silat #pencak #pencaksilat #guru #murid #nyeker #koplak Problem kantoran
#problem #kantor #kantoran #pegawai #karyawan #kerja #koplak #meme #masalah Yang sadar kamera hanya Batman
#batman #superman #wonderwoman #dc #comic #superheroes Hampir polisi 
#jalanan #jalan #koplak #helm #kocak. #jakarta #lucu Kabar baik, Mblo. 
#sewa #pasangan #jomblo #solusi #koplak #inovasi
  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Review: 5th Wave (2016) 17 Januari 2016
      Coba deh tonton trailer film ini:Action? Check.Alien? Check.Chloë Grace Moretz? Check.Jelas, gue langsung memutuskan nonton.Ekspektasi gue adalah film sejenis Battle Los Angeles (2011) atau War of the Worlds (2005) atau Independence Day (1996), tentang bumi yang diserang alien jahat dan berisi adegan-adegan perang seru.Begitu filmnya mulai, adegan dibuka den […]
    • Review: Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2015) 5 Januari 2016
      Tentang kenapa di sini kaum Cina ‘diperlakukan khusus’ adalah pertanyaan yang belum berhasil gue temuin jawabannya. Kenapa kita bisa santai bilang, “Si Joko Jawa, Si Tigor Batak, Si Asep orang Sunda,” tapi giliran “Si Ling Ling” mendadak kagok, lantas jadi nginggris: “Chinese”? Atau yang lebih absurd lagi: pencanangan sebutan Cina diganti jadi Tionghoa oleh […]
    • Obrolan Film Merangkap Ujian Kesabaran 9 April 2015
      Setiap orang punya penghayatan beda tentang film. Ada yang suka ngapalin berbagai detil tentang film favoritnya, ada juga yang bisa inget judul aja udah syukur. Sah-sah aja sih sebenernya. Yang bikin senewen adalah NGEDENGERIN orang-orang tipe terakhir saling ngobrol. Kemarin, karena udah kemaleman untuk jalan kaki, gue pulang naik angkot. Di dalemnya ada 2 […]
    • Review: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 6 April 2015
      Baru kali ini gue sampe merasa perlu "belajar" dulu sebelum nonton film. Ada dua pemicunya. Pengalaman nonton film Lincoln: udah mana pengetahuan gue tentang sejarah Amerika minim banget, cuma ngerti Lincoln itu anti perbudakan dan matinya ditembak, eh di filmnya muncul tokoh banyak banget yang mukanya nampak sama semua karena rata-rata berewokan.  […]
    • Battle of Surabaya: Menikmati Seriusnya Proses Jualan Film 23 Maret 2015
      Seumur-umur jadi penggemar film Indonesia, baru kali ini gue ngelihat film yang upaya pemasarannya seserius ini. Bayangin aja, filmnya belum jadi, tapi trailernya udah didaftarin ikut lomba. Eh, masuk nominasi di Golden Trailer Award, bahkan menang di International Movie Trailer Festival. Ngomong-ngomong, baru sekarang loh gue tau ada festival untuk trailer […]
    • Preview: Tomorrowland (2015) 11 Maret 2015
      Gue pertama kali nonton teaser trailer film ini tahun lalu, dan langsung memutuskan akan nonton. Adegannya bikin penasaran banget: ada seorang cewek ABG yang mendadak bisa pindah lokasi saat menyentuh sebuah pin berlogo T. Pin apa itu? Kenapa dia bisa mindahin orang? Pindahnya ke mana? Sukses banget trailernya bikin orang penasaran ingin nonton film ini.Baru […]
    • Menghayati Nasib Animator Bulu 4 Maret 2015
      Browsing punya browsing, gue nyasar di berita keren ini:Read more »
    • Pameran "Life on The Silver Screen: The Fascinating Story of Indian Cinema" 2 Maret 2015
      Buat para penggemar sejarah film, khususnya film India, pameran ini pasti menarik buat kalian. Berlokasi di mal Lotte Shopping Avenue lantai 1F, Jl. Dr Satrio (Kasablanka) Jakarta Selatan, pameran ini menceritakan sejarah perkembangan seni pertunjukan di India, sejak zaman wayang sampai perfilman modern.Read more »
    • Review: 2014 (2013) 1 Maret 2015
      Tadinya film buatan 2013 ini akan rilis bulan Januari 2014, tapi batal karena situasi politik lagi memanas — kurang menguntungkan untuk film berlatarkan Pemilu Presiden kayak gini. Memangnya seberapa ‘bahaya’ sih, serempetan tema film ini dengan realita pemilu? Itu dia yang bikin gue penasaran!Read more »
    • Preview: 2014 (Rahabi Mandra dan Hanung Bramantyo) 25 Februari 2015
      Film ini cukup bikin gue penasaran, karena trailernya udah gue lihat tahun 2013, tapi tau-tau nggak kedengeran lagi kabarnya. Konon film bertemakan pemilihan presiden ini dinilai terlalu 'sensitif' untuk ditayangkan di masa-masa politik memanas itu.Nah, sekarang film ini udah kedengeran lagi kabarnya, dan konon akan mulai tayang di bioskop tanggal […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Di Rumah Aja Perlu Krim Pagi Gak Sih? 28 April 2016
      Aku baru betul2 merawat wajah 4 tahun terakhir dengan skin care-nya oriflame.  Sebelumnya sih juga pakai, tapi masih on-off gitu. Kadang pakai kadang enggak. Dan sering enggaknya dibandingin iya-nya. Masih belum sadar kalau skin care itu PENTING BANGET. Dulu mah yg dipentingin pokoknya pakai make up-nya. Alhasil make up gonta ganti segala bedak, foundation, […]
    • The One Gel Eye Liner Pencil---idola baru aku! 27 April 2016
      Aku baru suka pakai eye liner 2 tahun terakhir. Sebelumnya selalu merasa gak bisa pakai eye liner karena banyak eye liner oriflame yg cair, jadi takut beleberan.. hihihi.. Ya kan abis kalau tangannya gemeteran eye liner cairnya jadi geradakan gitu.. ahahahaha... Sampai muncullah eye liner stylo-nya oriflame. Ini ujungnya bentuk kayak spidol. Eye liner cair t […]
    • Sudah pakai krim mata? 26 April 2016
      Liat jam.. Astaga jam 12 malam! Wah asyik follow up bbrp Core Team dan ngecek AR lupa belum bersihin wajah. Kalau ngikutin males mah bisa-bisa tidur dalam keadaan cantik jelita--masih pake make up sisa seharian.. Ahahahaha.. Sayangnya tidur dalam keadaan cantik jelita gak bagus buat kulit muka kaaaan.. Jadi barusan udah pakai susu pembersih, toner, serum, kr […]
    • Rajin pakai susu pembersih yuk! 21 Januari 2016
      Mau cerita lagi soal perawatan kulit wajah yaaa.. Aku selalu menyarankan pembersihan wajah dengan 2 langkah, yaitu memakai susu pembersih dan toner. Kenapa sih pakai sabun muka saja gak cukup? Membersihkan wajah itu kan tujuannya menghilangkan keringat dan sebum kulit berlebihan yang sudah nyampur dengan kotoran-debu-polusi dsb. Selain itu juga untuk members […]
    • Skin Care Set itu PENTING! 20 Januari 2016
      'Ya ampun mbaaaak, mahaaaaal kalau beli skin care set!' Iya kaaan? Pasti diem2 komennya gitu kan yaaa kalau disarankan untuk membeli rangkaian skin care set oriflame? Skin care set ecollagen di foto ini saya dapatkan saat Gold Conference London agustus 2015 kemarin. Aku mulai pakai bulan Septembernya. Di bulan Januari 2016 ini bahkan belum habis! A […]
    • Sabtu Seru--OOM jaringan besar Syarifah Khalida 21 Desember 2015
      Alhamduah ya, ini yg punya blog masih ada di sini..hihihi.. Tiaaap kali nulis selalu diawali dengan sapu2 blog saking ini blog-nya dianggurin meluluuuu iiih.. Pokoknya janji! Mulai 2016 bakalan rutin nulis lagi disini. Gak melulu di facebook doang.. *iket kepala* Mau mulai cerita tentang Sabtu Seru tanggal 19 Desember 2015 kemarin. Alhamdulillah kan pasukan […]
    • [Oriflame Gold Conference 2015] Amazing London! 31 Agustus 2015
      Duuuh punya blog kok ya gak rajin ngisi sih sekarang2 ini ya.. Sibuk banget perasaan sama jaringan. Tapi udah bertekad baja pokoknya mau mulai aktif menulis lagiiiii.. biar banyak rekam jejak perjalanan oriflame yang bisa dibaca dan menginspirasi orang lain. Mari kita mulai dari masih hangat deh yaaa.. LONDON! 10-15 Agustus 2015 kemarin alhamdulillah aku jad […]
    • Tantangan 4 Menit Roger Bannister 11 Juni 2015
      Ini salah satu cerita yang aku bawakan saat Training Motivasi 'Inspirasi Pemimpin Sukses' di Oriflame Sudirman hari Jumat, 5 Juni 2015 lalu. Dulu tidak pernah ada orang yang mampu lari sejauh 1,6km (1 mil) dalam waktu kurang dari 4 menit. Bertahun-tahun orang mencoba dan tidak ada yang pernah berhasil. Sehingga jadi kesepakatan umum kalau tidak mun […]
    • Penolakan? ini penyebabnya. 6 Mei 2015
      Dulu pas awal2 mulai oriflame aku sama kok seperti yang lain. Penolakan adalah sarapanku, di php-in pas chat ngasi tau peluang oriflame adalah makan siangku, dan diketawain karena oriflamean adalah makan malamku. See, pagi siang malam mah abis2an sayah ditolak ya.. hahahaha Alhamdulillah masih hidup sampai sekarang.. wakakakak.. Gak usah takut ditolak, gak b […]
    • Nude Make Up ala Ida 23 Maret 2015
      Pagi tadi aku ada meeting dengan beberapa leader oriflame SBN di Citos. Lagi pengen dandan simple aja, maka pilihan jatuh pada dandanan nude. Setelah wajah bersih dan pakai pelembab, aku oleskan BB cream sampai rata.  Untuk eye shadow aku pakai dari pilihan warna di More by Demi palette. Untuk seluruh kelopak mata aku usapkan warna terang. Lalu di ujung kelo […]
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 3.912 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: