[sayembara] unsolved mystery: headshot animasi – SOLVED!


Setelah 3 tahun lebih gue bercokol di MP, masih ada satu hal yang masih bikin gue penasaran yaituL headshot beranimasi.

Dulu waktu baru join MP, sebagaimana kebiasaan gue kalo nemu ‘mainan’ baru, gue coba segala cara untuk ‘memainkannya’, termasuk mencoba memasang headshot animasi gif. Waktu itu gagal: image animasi gif yang seharusnya bisa gerak, begitu dipasang sebagai headshot langsung diem dan hanya menampilkan frame pertamanya aja. Gue langsung berkesimpulan: oh, berarti kita nggak bisa pasang gambar bergerak sebagai headshot.

Eh, ternyata nggak lama kemudian gue nemu seorang user yang dengan suksesnya menggunakan animasi gif sebagai headshot, yaitu ballzieee.

Walaupun nggak kenal, waktu itu gue langsung sok akrab aja mengirimkan PM kepada ybs, untuk nanya apa sih rahasianya sehingga dia bisa make headshot beranimasi. Sayangnya, dia sendiri juga nggak tau. Katanya, “i also dont know. this pic is the only pic that works for me… the rest however do not :(“

Masih penasaran, gue kirim PM ke customer service, mengajukan pertanyaan yang sama. Tentunya nggak lupa menyertakan link menuju accountya si ballzieee itu sebagai bahan referensi. Ternyata, customer service juga nggak tau. Mereka malah bilang, seharusnya image2 beranimasi nggak akan jalan kalo dijadiin headshot, karena yang akan muncul hanya frame pertamanya aja. Lah, terus, gimana dengan headshotnya si ballzieee itu? Kok bisa jalan animasinya? Mana gue taaaaauuuuu… begitu mungkin jawab customer service MP seandainya mereka bisa bahasa Indonesia.

Berdasarkan reply dari balzieee, dia bilang hanya image ini yang berhasil jalan animasinya di headshot, sementara image lainnya nggak jalan. Artinya, ada setting animasi gif yang memungkinkan image tersebut bergerak di headshot, dan ada yang enggak. Pertanyaannya sekarang, setting apakah yang membedakan?

Dengan program Adobe ImageReady gue mencoba berbagai kemungkinan. Mulai dari dithering, kompresi, pilihan warna, jumlah frame, durasi per frame, transparansi, resolusi, matte, interlace… rasanya semua udah gue coba, masih belum berhasil juga. Sebagai kelinci percobaan siapa lagi kalo bukan headshotnya si mbotx 🙂 Ini sebenernya nggak penting-penting amat sih,  tapi  penasaran aja rasanya kalo ada satu hal  yang  sampe 3 tahun gini belum ketemu juga rahasianya.

Oleh karena itu, gue mau bikin sayembara aja deh:

Buat siapapun yang bisa mengajari gue cara membuat sebuah animasi gif (atau format lainnya) bergerak di headshot, gue akan memberikan hadiah berupa 2 (DUA) buah tiket harga weekend nonton di Djakarta Theatre atau bioskop lain yang sekelas PLUS 2 (DUA) kotak popcorn PLUS 2 (DUA) cola. Buat yang tinggalnya di luar kota, hadiahnya akan gue transfer dalam bentuk uang tunai ke rekeningnya. Serius!

Jawaban harus diposting sebagai reply di journal ini, atau diposting di account kalian dan dilink dari sini. Kalau ada lebih dari satu orang yang bisa menjawab dengan benar, hadiah akan gue berikan kepada jawaban benar yang pertama.

Inget ya, yang gue tanyakan adalah cara membuatnya, dan BUKAN minta dikirimi image yang bisa bergerak sebagai headshot. Kalo sekedar nyari image yang bisa gerak di headshot sih nggak usah susah2 tinggal save aja headshotnya si balzieee, kan?

gambar: contoh animasi gif yang sayangnya nggak mau bergerak di headshot.

Tinggalkan komentar

116 Komentar

  1. just sign in,baru lahir, 🙂 cman menyimak aza, commentnya keren-keren 🙂 saya jg mo belajar lebih banyak, matur suwun,sugeng dalu 🙂

    Suka

    Balas
  2. mampir mas…

    Suka

    Balas
  3. hi.. baru baca nih..kirain hadiahnya kalo ce dijadiin istri kalo co dijadiiin saudara seperguruan…(hi hi hi.. mangap.. kek sayembara kerajaann aja soalnya..)

    Suka

    Balas
  4. awangfaisal said: yang di delete semua string paling bawah…semuanya.. coba deh, pasti bisa

    kl yg di del terakhir doank bs khan

    Suka

    Balas
  5. haha… lucu

    Suka

    Balas
  6. anjingtanah said: Solving the mystery

    kerabatku yang ogeb.mestinya tunggu 3 tahun lagi…sudah gitu tak ambil hadiahnya pulak.betul-betul ogeb.

    Suka

    Balas
  7. yang di delete semua string paling bawah…semuanya.. coba deh, pasti bisa

    Suka

    Balas
  8. akhirnya… thanks bro

    Suka

    Balas
  9. Salam kenal…., Thank’s ya… atas info HS-nya, dah jalan but belon masih belum sempurna animasinya….

    Suka

    Balas
  10. maaf, nda tau nih…kalau da tau , info2 ya….thanks..

    Suka

    Balas
  11. thanks banget, mau nyoba dulu ach…………………..

    Suka

    Balas
  12. tanks buat mr anjing tanah dan mr mbot gue mo coba juga bikin mudah2an bisa he…3x (^_^)

    Suka

    Balas
  13. Subhanallah ………… kapan MP ane bisa kaya MP nt akhi…

    Suka

    Balas
  14. jokodinejad said: Gan ajarin saya buat chatbox dong…please dan saya juga pengen naruhnya di sisi kanan seperti punya Juragan….tararengkyu Gaaaannn

    silakan klik http://mbot.multiply.com/journal/item/303

    Suka

    Balas
  15. Gan ajarin saya buat chatbox dong…please dan saya juga pengen naruhnya di sisi kanan seperti punya Juragan….tararengkyu Gaaaannn

    Suka

    Balas
  16. thank you sir

    Suka

    Balas

Ada komentar?

