Superman II: The Richard Donner Cut


Berdasarkan info dari Denny di posting gue yang ini, akhirnya gue berhasil nonton film Superman II: The Richard Donner Cut – FULL!! Thanks atas infonya ya Den!

Wah, nggak percuma deh komputer gue kerja lembur selama lebih dari 38 jam non-stop untuk mendownload film ini. Keren banget! Ada banyak adegan yang nggak ada di versi bioskopnya, dan runutan ceritanya juga lebih baik.

Mengingat film ini dibuat berbarengan dengan film Superman: The Movie, maka nggak heran kalo koneksi ceritanya sangat erat berkaitan. Film dibuka dengan beberapa adegan Jor-El mengirimkan 3 penjahat Krypton ke penjara kristal, disambung dengan beberapa cuplikan adegan dari film Superman: The Movie antara lain adegan Luthor meluncurkan 2 buah rudal dan aksi Superman membelokkan rudal2 itu ke angkasa luar. Rudal nyasar itu bertabrakan dengan penjara kristal dari Krypton, dan lepaslah 3 kriminal tadi.

Selain menarik karena menyuguhkan adegan-adegan baru, film ini juga memberikan penjelasan untuk beberapa ‘lubang’ di plot cerita Superman II versi bioskop, antara lain:

  • Proses Clark Kent kembali bisa jadi Superman setelah kehilangan kekuatannya. Di versi bioskop, cuma dikasih liat Clark jalan-jalan di padang es, nemu kristal hijau, trus tau2 aja udah jadi Superman lagi. Kalo di versi Donner ini, dikasih liat dialog antara Clark dan hologram Jor-El. Dalam dialog itu ada kata-kata yang di kemudian hari muncul di film Superman Returns, yaitu “the son becomes the father, the father becomes the son”. Pantesan banyak kritikus yang bilang bahwa ‘Superman Returns’ adalah kelanjutan dari Superman II dan seharusnya Superman III dan IV nggak pernah ada.
  • Proses membuat Lois Lane melupakan identitas rahasisa Clark Kent. Di versi bioskop, cuma digambarkan keesokan harinya Lois mendadak lupa siapa Clark. Sedangkan di versi Donner, dijelaskan bahwa lagi-lagi Superman terbang mengelilingi bumi dan memutar balik waktu. Seluruh kerusakan yang pernah timbul akibat ulah 3 kriminal Krypton kembali utuh seperti semula, bahkan penjara kristal mereka nggak jadi bertabrakan dengan rudal. Semua orang lupa bahwa bumi pernah didatangi kriminal super dari Krypton. Tapi dengan penjelasan ini malah timbul lubang plot baru, yaitu: kalo memang semua orang lupa, kenapa supir truk dan pemilik diner masih ingat dengan Clark yang pernah digebukin waktu kehilangan kesuperannya?

Beberapa adegan yang hilang dari versi bioskopnya antara lain adegan Lois mencemplungkan diri ke sungai untuk membuktikan bahwa Clark adalah Superman. Di film ini, Lois dua kali mencoba melakukan pembuktian: yang pertama dengan loncat dari jendela gedung Daily Planet, dan yang ke dua dengan cara yang rada ekstrim: Clark ditembak pake pistol! Selain itu beberapa adegan konyol waktu pertempuran antara Superman vs. 3 kriminal Krypton di tengah kota seperti adegan orang yang tetep nelepon walaupun box teleponnya udah ketiup angin, dan adegan orang yang rambut palsunya copot dihilangkan. Salah satu komentar Donner terhadap Superman II versi Lester adalah, “dia memasukkan terlalu banyak unsur komedi di tempat yang tidak seharusnya”.

Akhir kata, sama seperti warning gue di awal review yang ini, jangan dengerin review gue kalo filmnya film Superman. Gue udah terlalu bias! 🙂 Buat yang berminat ngopy film ini, silakan lho mampir2 ke rumah gue.

Foto-foto cuplikan adegan film ini bisa dilihat di album gue yang ini

Iklan
Tinggalkan komentar

6 Komentar

  1. Thanks mas Agung.. berkat info mu daku sudah bisa menikmati superman hasil donlod-ku…huhuhu cenaaaaang.. :))Niken

    Suka

    Balas
  2. wah.. boleh ngopy nih? asikk cuma rumah nya mbot dimana yaa???sekalian vco yang nggak pernah jadi dari dulu sampe sekarang nih.

    Suka

    Balas
  3. huhuuhuhu mauuu tapi gak punya playernya…

    Suka

    Balas
  4. betul… ini alasan lain kenapa harus secepatnya memulai kunjungan pertama ke rumah agung. *selain risol kribo tentunya…*

    Suka

    Balas
  5. belum berhasil meminjam niii…musti dicari dulu katanya ama mia…mmm.. ke rumah agung aja apa yak.. sekalian ketemu bayi rafi dan ida plus risol kribow.. 😛

    Suka

    Balas
  1. Penemuan hari ini… film Superman II versi recycle | (new) Mbot's HQ

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: