Penemuan hari ini… film Superman II versi recycle


Sensor internet di kantor gue makin lama makin ngeselin: tiap kali ngeklik sebuah link, ada 90% peluang akan kena sensor. Kadang yang disensor suka nggak masuk akal, seperti misalnya link menuju situs Himpsi Jaya (Himpunan Psikologi) – dengan alasan termasuk situs ‘professional organization’. Memangnya kenapa sih, takut gue nyari kerjaan lain di luaran, ya?

Karena mau buka ini itu kena block melulu, akhirnya kalo lagi iseng di jam makan siang gue lebih banyak main-main di wikipedia. Awalnya cuma iseng aja, daripada nggak browsing sama sekali, tapi lama-lama gue ketagihan juga main di wiki. Yang bikin seru adalah, dengan nyasar-nyasar asal klik link yang ada di sana, kadang-kadang gue nemu informasi yang sama sekali baru.

Salah satunya adalah tentang keberadaan film yang berjudul Superman II: The Richard Donner Cut. Jadi ceritanya, waktu shooting film Superman the Movie tahun 1977 dulu, rupanya Richard Donner sang sutradara juga udah mulai mengambil gambar untuk sequelnya, Superman II. Jadi film Superman I dan II dishoot secara simultan.

Tapi karena ada berbagai perselisihan dengan sang empunya proyek yaitu Alexander dan Ilya Salkind, Donner meninggalkan proyek Superman II setelah 75% adegan selesai dishoot. Posisinya sebagai sutradara lantas digantikan oleh Richard Lester.

Tahun 2006, Donner mendapat kesempatan untuk meneruskan proyeknya yang tertunda dan merilisnya dalam bentuk DVD. Konon, 51% gambar yang muncul di film Superman II versi Richard Donner ini belum pernah disaksikan penonton sebelumnya, karena dulunya dibabat oleh Richard Lester di meja editing dengan berbagai alasan. Selain itu, Donner juga menambahkan beberapa computer generated special effects, agar filmnya bisa memuaskan ekspektasi penonton jaman sekarang yang tentunya udah lebih tinggi daripada penonton tahun 80-an. Walaupun bukan yang pertama kali terjadi dalam sejarah, tapi peristiwa ini adalah peristiwa yang sangat jarang; di mana seorang sutradara kembali meneruskan film yang pernah digarapnya – bahkan udah pernah rilis di tangan sutradara yang berbeda.

Gue sendiri belum nonton film ini, tapi penasaran banget ingin liat kayak apa sih Superman II versi Donner ini. Seru kali ya? Kalo ada yang punya info di mana gue bisa beli DVDnya, kabar2in ya!

Update: Hore! Udah berhasil nonton film ini. Reviewnya bisa diklik di sini;. 

Gambar cover DVD dan keterangan lengkap tentang film Superman II: The Richard Donner Cut bisa diklik di halaman wiki yang ini. Sedangkan cerita seputar kontroversi di balik pembuatan film Superman II bisa diklik di sini.

Iklan
Tinggalkan komentar

28 Komentar

  1. mbot said: lantas ngetawain dalam pengertian…. turut prihatin, gitu?

    adisucipto jangan indahkan kalimat yang ini ya… ini bisa-bisanya mbot aja 😀

    Suka

    Balas
  2. mbot said: hard to buy. :-p

    kamu memang pemalas. selalu tak mau berusaha lebih keras.contoh teman kamu adisucipto dong.sana berdiri depan kelas. ;p

    Suka

    Balas
  3. dbaonk said: maap ya adisucito yg ganteng, bukan ngetawain dalam pengertian ngetawain lho.

    lantas ngetawain dalam pengertian…. turut prihatin, gitu?hard to buy. :-p

    Suka

    Balas
  4. mbotx said: denny… denny… behave ya… nggak boleh ngetawain orang kaya gitu..

    ups… sory oom. habis kebayang udah download 3 hari 3 malam, lalu pas nonton bengong liat filmnya : jadi untuk film kayak gini kompie gw nyala 3 hari 3 malem?maap ya adisucito yg ganteng, bukan ngetawain dalam pengertian ngetawain lho.

    Suka

    Balas
  5. denny… denny… behave ya… nggak boleh ngetawain orang kaya gitu… buat adicusipto, iya, ini memang film jadul, namanya juga si donner nerusin proyek lama yang terbengkalai gitu

    Suka

    Balas
  6. adisucipto said: ternyata pelemnya jadul ya…

    ngakak baca ini *gila ni komentar polos banget*

    Suka

    Balas
  7. Akhirnya Selesai juga download di torrent fiuh 3hari 3malam komputer gak mati….ternyata pelemnya jadul ya…

    Suka

    Balas
  1. Superman II: The Richard Donner Cut | (new) Mbot's HQ

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: