membangun lingkaran rejeki pak supir


[sequel posting yang ini]

Hari ini gue tugas di luar kantor lagi. Berangkat pagi bareng-bareng temen gue dari kantor, dan alhamdulillah… supirnya bukan Kasirun.

Pak supir yang kali ini mengantar gue, sebut aja namanya Pak Wakidi (bukan nama sebenarnya juga). Di perjalanan pulang menuju kantor, gue cuma berdua aja sama dia sehingga bisa ngobrol2 banyak.

Beda banget dengan Pak Kasirun, Pak Wakidi ini murah senyum dan punya banyak bahan obrolan. apalagi dia udah lebih dari 10 tahun gabung di kantor gue.

“Saya kenal pak anu, pak anu dan pak anu sejak jaman mereka masih jadi staff marketing di cabang. Wah, sekarang udah pada jadi boss!” katanya.
“Wah Pak Wakidi banyak juga nih kenalannya. Trus gimana, sekarang masih suka nganter mereka pergi nggak?”
“Enggak, soalnya udah pada jadi boss jadi nggak pake mobil operasional lagi – udah dapet jatah mobil masing-masing. Tapi kemarin dulu saya ketemu pak anu di peresmian cabang, eh dia masih inget lho sama saya! Katanya, ‘wah, ini kawan lama ketemu lagi’. Trus tau-tau aja saya dikasih cepek (=seratus ribu). Lumayaaan… Boss-boss itu kalo ketemu saya pada baik-baik pak, ngasih duitnya gede-gede banget.”

Abis itu gue teringat Pak Kasirun yang marah-marah dan menolak nganter penumpang sampe ke rumah dengan alasan udah malem dan besokannya harus tugas pagi.
“Eh, Pak Wakidi kalo tugas malem, biasanya sampe jam berapa?”
“Ya nggak tentu, pernah sampe jam 2 pagi.”
“Trus penumpangnya ada yang minta anter pulang sampe rumah nggak pak?”
“Kalo udah malem banget gitu, dan penumpangnya cewek, biasanya minta anter sampe rumah.”
“Trus? Dianterin nggak?”
“Ya dianterin aja, kan kasihan cewek pulang malem sendirian. Biasanya nanti saya suka dikasih (uang) juga. Katanya daripada naik taksi belum terjamin keamanannya, mending dianter sama saya. Uang taksinya dikasih ke saya.”
“Trus kalo baru pulang jam 2 pagi gitu, Pak Wakidi pulang ke rumah atau enggak? kan besok paginya harus nganter orang lagi.”
“Ya pulang pak. Mobilnya saya bawa pulang aja sekalian ke rumah.”
“Loh, emangnya boleh pak, bawa mobil ke rumah? Bukannya mobil harus pulang kandang ke kantor?”
“Harusnya sih gitu. Tapi daripada mobil saya pulangin ke kantor, trus dari kantor saya pulang ke Bekasi naik motor, trus di jalan saya kenapa-napa, kan malah tambah repot pak. Besok paginya penumpang nggak ada yang nganter. Jadi ya saya minta pengertian aja sama RTK. Mereka kan bisa diajak ngomong baik-baik, kalo kondisinya kaya gitu juga mereka ngerti pak. Beres kan? Saya sih kalo bisa dibawa gampang ya cari yang gampangnya ajalah, hidup kok nyari repot.”

Menarik sekali…

Same office
Same job
+
Different approach and attitude
=
Different result
 

buat sirtub: ini bukan posting by email, tapi gue lagi buru2 jadi nggak sempet naro gambar
Iklan
Tinggalkan komentar

30 Komentar

  1. atau nyuruh pak kasirun nganterin pa wakidi

    Suka

    Balas
  2. sekali-sekali minta pak wakidi nganterin pak kasirun 😀

    Suka

    Balas
  3. ih replyan ku ngilang gitu sih?

    Suka

    Balas
  4. hehe…, cerita begini juga ada di ex-kantorku dulu. itulah yg namanya dedikasi & tenggang rasa…salam…

    Suka

    Balas
  5. hihihi…terhibur lg sama jurnalnya mbot, sederhana, tp kalo dikupas jd dalem 🙂

    Suka

    Balas
  6. banyak hikmahnyaJazakallah mas agung

    Suka

    Balas
  7. wuah….tulisan yang bagus….dari pengamatan yang juga pastinya didasari dengan perhatian …kalo gak …susahlah nulis sequel begeneee….. hebat emang ….aku pingin seperti pak Wakiditapi …aku tetep simpati sama pak Kasirunkarena….dia udah tua…sebel terus tiap hari…tapi tetep kerjapasti khan dia butuh artinyauh…aku makin penasaran pingin ketemu Pak Kasirun deh, Gung.pingin bisa bikin dia merasa berarti, lalu dia bisa tergerak buat bikin orang lain seneng juga dan berhenti mengomel karena terlalu sibuk mensyukuri hidupnya.

    Suka

    Balas
  8. Pak Wakidi org bae yg simpel, Kasirun keknya hrs dikasih prozac/seroxat krn depresi berat.. cian tar lagi bunuh diri..

    Suka

    Balas
  9. ewinsindahauss said: kaya gusdur ggak suka yg repot2 😛

    Gus Dur mah emang gak suka yang repot2 karena dia sudah bikin repot terus.. hihihihi

    Suka

    Balas
  1. memutus lingkaran setan pak supir | (new) Mbot's HQ

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: