lagi iseng? kurang kerjaan? nggak bisa tidur? Nge-Facebox aja gih…


Buat yang rajin mampir di blognya Multiply mungkin udah pada tau ya soal ini, tapi buat gue terobosan MP yang satu ini bener2 menarik – makanya gue share di sini. Great job multiply team!!

Jadi gini: baru-baru ini MP meluncurkan fitur terbarunya yang bernama Facebox. Fitur ini memungkinkan kita untuk ngasih identitas buat contact kita yang muncul di sebuah foto – di album manapun di jagad MP raya ini!

Caranya cukup dengan mengklik wajah yang mau kita namain di foto tersebut, nggak lama kemudian akan muncul sebuah box di mana kita bisa ngisi MP ID orang yang bersangkutan. Contohnya seperti yang gue lakukan terhadap foto Chika dari album pernikahan Ade dan Bayu berikut ini:

face box multiply
Tinggal input sebagian ID orang tersebut, nanti di list di bawahnya akan muncul pilihan ID yang sesuai dengan inputan kita.

Setiap foto yang udah dikasih nama akan muncul di link “Photos of…” di bagian bawah headshot kita.

status facebox

Link “Photos of…” itu berisi kumpulan foto dengan ID kita, sekalipun foto tersebut berada di albumnya user lain. Contohnya seperti ini, kumpulan foto di link “Photos of Agung”

facebox of agung

Kenapa buat gue fitur ini sangat menarik?

  1. Mau nggak mau akan meningkatkan interaksi kunjungan antar user. Sekarang coba bayangin, kalo tiba-tiba foto di link “Photos of…” milik lo ketambahan sebuah foto baru yang memuat wajah lo. Pasti lo akan penasaran ingin lihat keseluruhan albumnya, kan? Nah, tinggal klik foto tersebut, lo akan langsung sampe di album milik orang yang memasangnya.
  2. Memfasilitasi perkenalan antar user. Misalnya, ada sebuah foto dengan beberapa orang di dalamnya. Lo tertarik dengan seseorang dalam foto tersebut: “Ih, lucu juga yah ni orang… tapi sayang gue nggak tau namanya siapa, IDnya apa…” Nah, dengan fitur facebox ini, lo tinggal mouseover nama-nama yang tercantum di bawah foto, maka akan muncul kotak di tengah foto untuk menunjukkan identitas sang pemilik wajah. Seperti ini misalnya:

    facebox multiply

    Kalo udah tau “siapa – yang mana” kan gerakan-gerakan ngajak kenalan akan sangat mudah dirancang dan dilaksanakan, bukan? 🙂

Intinya, fitur ini menunjukkan keseriusan MP untuk betulan berperan sebagai social networking service: yaitu di mana setiap anggotanya didoroang untuk terus memperluas pergaulan dan berinteraksi dengan anggota-anggota lainnya!

Tapi biar gimanapun, fitur yang sangat positif ini juga punya peluang untuk disalahgunakan. Problemnya adalah: sistem facebox tidak mampu membedakan apakah yang kita klik di tengah foto itu betulan muka orang atau bukan! Jadi bisa aja lo klik sebuah foto monyet, atau kadal, atau badak, atau mungkin yang lebih parah lagi: pantat badak… dan saat box isian muncul lo ketik deh tuh nama seseorang yang lo sebel…. bisa aja kan?

**Pasti abis ini banyak yang terinspirasi untuk iseng deh.

anyway, pesan gue: manfaatkanlah fitur ini secara positif, khususnya kalo lo lagi iseng, nggak ada kerjaan, atau nggak bisa tidur. Lumayan kan, daripada ngelamun mendingan nama-namain foto! 🙂

Kalo mau tau lebih jelas dari sumber aslinya, klik aja di sini.

Iklan
Tinggalkan komentar

43 Komentar

  1. salam kenal dari aku

    Suka

    Balas
  2. OOOww…. Gitchu toh… Teng’s wat infonya Bro’… ^,^

    Suka

    Balas
  3. Thanks ya buat infonya.. walopun masih agak2 binun.. hehe.. maklum angkatan gaptek..

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: