ingin pasang shoutbox di MP? Bisa, boss!!


Kalo ngeliat dari tema pertanyaan yang masuk ke PM gue selama ini, soal shoutbox adalah yang paling banyak peminatnya. Shoutbox memang lumayan berguna untuk berkomunikasi dengan para pengunjung yang non-anggota MP.

Masalahnya, hampir semua shoutbox gratis yang beredar saat ini berbasis javascript – padahal, setting MP nggak memungkinkan untuk memasukkan elemen APAPUN yang berbasis javascript di account MP kita – kecuali untuk member premium – yang mana sekarang pendaftarannya udah ditutup. Sebagaimana pernah gue jelaskan di journal gue yang ini, TADINYA kondisi ini masih bisa diakali dengan memasang shoutbox yang tidak berbasis javascript – misalnya yang berbasis flash. Tapi sayang disayang, bunchball, penyedia layanan shoutbox flash, sekarang telah menghentikan layanannya.

Jadi, gimana? Nggak bisa pasang shoutbox dong?

Bisa, Boss!!

Untuk jelasnya, mari kita ikuti percobaan si Mbot X berikut ini:

1. Pertama-tama, Mbot X mendaftarkan diri ke salah satu layanan shoutbox gratis, misalnya Cbox. Ini sekedar contoh aja lho, karena selain Cbox ada banyak banget penyedia layanan shoutbox – masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Ada yang dlindungi dengan anti-spam, ada yang pake administrator access… macem2 deh. Silakan googling sendiri2 ya untuk menentukan shoutbox yang dirasa paling cocok.

2. Setelah mendaftar, Mbot X mendapatkan HTML code shoutboxnya.

3. Mbot X mengcopy code tersebut ke Notepad. Di bagian awal dan akhir code, dia menambahkan kode pembuka dan penutup html, <html> dan </html>

4. Mbot X mensave file notepadnya tadi menjadi HTML. Pada isian nama file, dia menambahkan “.html” di belakang nama file dan di isian ”save as type” dia memilih ‘”All Files (*.*)”

5. Mbot X membuka MP-nya, dan membuat journal baru (“Post > Blog”). Dia memberi judul dan mengisi journal baru tersebut secara asal-asalan karena nggak penting apa isi dan judulnya – yang lebih penting adalah ATTACHMENT-nya. Dia mengupload file html yang telah dibuatnya di langkah ke 4 tadi dengan mengklik tombol nomor 14 alias tombol paling kanan (gambar paperclip) di toolbar halaman posting journal.

6. Mbot X mensave journal tersebut. Agar tidak mengganggu message board dengan journal yang kurang penting, dia mengaktifkan’Advanced Posting’ dan meng-uncheck pilihan “Post to the message board”. Setelah journal berhasil disave, Mbot X mengcopy link menuju attachment tersebut dengan cara menekan tombol mouse sekunder (biasanya tombol kanan) dan memilih “copy link location” (ini untuk browser firefox, kalo pake browser lain mungkin perintahnya sedikit beda).

7. Mbot X mengedit halaman depan / ‘home’-nya dengan cara mengklik “Customize My Site” dan mengklik “edit” pada kotak di sebelah Welcome Message. Setelah terbuka box editornya, Mbot X mempaste perintah berikut:

<object type=”text/html” data=”http://link_menuju_attachment_file“>

Mbot X mengganti http://link_menuju_attachment_file dengan… yak… betul sekai, dengan link yang dicopynya pada langkah ke . Setelah itu Mbot X mengklik “Save” dan… TADAAAA…. dia sekarang telah memiliki shoutbox!

Selamat mencoba :-))

Iklan
Tinggalkan komentar

164 Komentar

  1. mbot sama mbotx bedanya apaan?

    Suka

    Balas
  2. mas mbot makasih ilmunya ya ijin copy mo buat belajar

    Suka

    Balas
  3. aduh, pak mbot, di mp q kok ga bisa ya pak ?bantuin dong pak mbot

    Suka

    Balas
  1. FAQ tentang Multiply gue | (new) Mbot's HQ

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: