Kartu Kredit bagi Profesional Muda yang Dinamis dan Trunyukan


Pada suatu hari, seorang temen lama menelepon.

“Gung, tertarik apply ‘M********’ card nggak?” katanya menawarkan sebuah produk kartu kredit keluaran Bank P******.
“Enggak.” jawab gue saklek, mengingat kartu kredit yang gue punya sekarang udah lebih dari cukup – malah jarang dipake karena gue berprinsip “kalo nggak punya duit jangan beli” – kecuali untuk keperluan yang penting banget.
“Alaa. ayolah Gung, iseng2, iuran tahunannya murah kok, mau ya?”
“Males ah, ini yang ada aja mubazir kok!”
“Yah… itung2 bantu temen belajar jualan kan nggak ada salahnya Gung…”
Huuu… ini dia nih, senjata pamungkas. “Ya ya ya…. ya udah daftar deh daftar. Sini kirim aplikasinya!”

Singkat cerita, beberapa hari kemudian datanglah seorang salesman ke kantor. Gue isi formulir aplikasi, dan dapet hadiah boneka keledai ungu (sapa tuh namanya, yang temennya Winnie the Pooh?). Selama proses pengisian formulir, si mas sales seperti biasa promosi abis soal kartu dagangannya yang konon “didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan kaum profesional muda nan dinamis” – yang mana kalo dipikir2 sebenernya kurang pas dengan profil kroco tua pemalas yang kerjanya ngendon di balik kubikel seperti gue ini.

“Kartu ‘M********’ ini waktu baru diluncurkan penjualannya sempet mengalahkan Citibank Clear Card lho pak…!” katanya bangga. Sementara gue malah mempertanyakan sisi sebaliknya.
SEMPET mengalahkan? Berarti sekarang udah enggak dong? Penjualannya menurun, gitu? Kenapa bisa gitu?” Nah, si mas rada bingung jawabnya.

Pagi ini, lewat beberapa hari sejak kedatangan si mas sales, gue mendapat telepon dari bagian Credit Analyst ‘M******** Card’.

Dari pertama gue denger, intonasi suara si mbak penelepon ini memang rasanya udah rada kurang sreg. Gimana ya… nadanya tuh kaya hansip lagi berdialog sama maling sendal gitu, mana di latar belakang terdengar suara berisik diselingi bunyi ‘tang-ting-tang-tung-panggilan-panggilan-kepada..’ Ini orang lagi di kantor atau di terminal sih?

“Bapak sekarang bekerja di Bank XXX ya Pak?” – ini pertanyaan ke sekian dari si mbak Credit Analyst.
“Ya betul.”
“Di sana di bagian apa Pak?”
Gue sebutkan nama divisi gue.
“Oo.. udah lama pak?”
“Baru, dari awal 2005”
“Bisa bicara dengan atasannya Pak?”

Heee…? Nggak salah denger nih?
Memang yang namanya data aplikasi kartu kredit itu harus diverifikasi. Pertama dengan orangnya langsung, berikutnya dengan pihak yang berwenang di tempat kerja aplikan. Tapi caranya bukan dengan ‘minta disambungkan dengan atasan’ gini. Seharusnya, setelah nanya2 kepada gue, si mbak credit analyst itu tutup telepon, lantas usaha sendiri menghubungi pihak HRD kantor gue untuk mengkonfirmasikan data.

“Nggak bisa, atasan saya lagi keluar kantor,” kata gue. Sebenernya sih boss ada di tempat, tapi rasanya konyol aja kalo di tengah kesibukan menjelang makan siang tau2 gue manggil2 si boss, “Boss, ada telepon nih boss, dari kartu kredit bank kompetitor kita, mau menilai kelayakan gue untuk ngutang sama mereka.” Enggak banget kan?

…mau bicara dengan TEMANNYA??

Eh… taunya yang lebih ‘enggak‘ lagi adalah permintaan yang muncul berikutnya.

“Kalo gitu saya mau bicara dengan temannya deh.”

…mau bicara dengan TEMANNYA?? Wah beneran nih… si mbak kayaknya belum lulus penataran. Saat itu gue sebenernya udah ilfeel banget sama si kartu kredit profesional muda dinamis, tapi iseng juga kepingin tau apa yang akan ditanyakan seorang credit analyst kepada “teman” seorang aplikan. Telepon gue oper ke Andi, temen yang duduk di sebelah gue. Berikutnya terdengar pembicaraan satu arah antara Andi dan si mbak.

“Ya halo…”
“[…?]”
“Ya benar saya temannya.”
“[…?]”
“Wah… udah berapa lama ya? Perasaan waktu saya masuk sini dia udah ada duluan tuh. Barangkali 3 tahunan ada kali.” Nampaknya si mbak menanyakan udah berapa lama gue kerja, yang dijawab secara ngaco oleh Andi.
“[…?]”
“Rumahnya? Wah… tauk ya rumahnya di mana. Rumah lu di mana sih Gung? Tebet kalo nggak salah ya? Tebet mbak, Tebet.” Andi mulai asal jawab.
“[…?]”
GAJINYA? Waduh, mana saya tau gajinya berapa. Saya males mbak ditanya-tanya gaji, apalagi gaji orang. Udah ya mbak.”

Sehabis Andi menutup telepon, gue mengkonfirmasikan apa yang gue denger.
“Jadi… dia nanya gaji gue sama elu?”
“Iya… aneh banget kan?”

Segala sesuatu yang berkaitan dengan gaji adalah info yang paling sensitif dan hanya bisa ditanyakan kepada HRD – itupun spesifik ke bagian Payroll (penggajian). Dulu waktu gue masih kerja di HRD, gue juga sering nerima telepon orang yang mau konfirmasi data aplikan kartu kredit. Tapi berhubung gue bukan dari bagian Payroll, maka pertanyaan sejenis selalu gue oper kepada temen2 gue dari bagian Payroll, karena mereka yang berwenang menjawab – sekalipun mungkin gue tau nominal gaji yang ditanyakan.

Bapak ngasihnya nomor telepon atau nomor fax sih Pak?

Sedangkan si mbak Credit Analyst ‘M******** Card’ dengan santainya minta disambungkan dengan ‘temen gue’ lantas nanya2 soal gaji!! Luar biasa… mungkin saking muda dan dinamisnya kali, sampe trunyukan gitu. Langsung gue angkat telepon, komplen berat sama temen gue yang pertama kali nawar2in ‘M******** Card’.

“Namanya siapa Gung? Biar nanti aku proses di sini,” kata temen gue. Waduh… gue lupa nanya nama credit analyst nan muda dan dinamis tadi. Sial.

Sore hari, saat gue lagi anteng kerja seperti pegawai baik-baik, giliran HP gue yang bunyi.
“Halo, dengan Pak Agung ya?”
“Ya betul, dengan siapa ya?”
“Saya dengan R** dari P****** Bank Pak. Begini Pak. Saya mau konfirmasikan data bapak kepada kerabat yang bapak tulis di aplikasi, tapi waktu saya hubungi kok bunyinya seperti fax ya Pak? Bapak ngasihnya nomor telepon atau nomor fax sih Pak?” Oh iya maaf, saya keliru waktu itu ngasih nomor kode pos… – ya iyalah nomor telepon, masa iya gue nggak bisa bedain telepon dengan fax siiiih…
“Nomor telepon. Tapi kalau teleponnya nggak diangkat untuk beberapa lama, akan otomatis sambung ke fax. Mungkin kakak saya sedang tidak di rumah,” kata gue sabar.
“Trus gimana nih pak, saya jadi nggak bisa menghubungi kerabat dekat bapak. Ada kakak lainnya nggak yang bisa saya hubungi pak?”

Oh no, thank you. I’ve had enough of your stupid card. Lah, baru verifikasi data aja style-nya udah kaya penagihan, gimana kalo lagi nagih??

Tapi sebelumnya gue mau memastikan satu hal dulu, soalnya gue nggak yakin dengan suaranya.

“Sayangnya nggak ada mbak. Tapi mbak, saya mau tanya, mbak yang tadi siang menghubungi saya kan ya?”
“Iya, kan tadi saya yang nelepon Bapak!” jawabnya dengan nada yang setara dengan orang ngomong =Iya, kan udah gue bilangin batre bisa nyetrum kenapa masih lu jilat juga?=
“OK. Dan saya sekarang bicara dengan Mbak… R**, betul ya?”
“Iya betul pak.”
“Begini, Mbak. Mbak kan dari tadi keliatannya kesulitan ya mengkonfirmasikan data saya. Artinya aplikasi kartu kredit saya ditolak dong Mbak?”
“Oh itu nanti tergantung dari penilaian tim kami Pak.”
“Hmmm…, gimana kalo biar gampangnya aplikasi kartunya saya CANCEL aja, saya nggak jadi apply untuk ‘M******** Card’, OK?”
“Loh, kenapa pak?”
“Yah… nggak pa-pa. Saya udah kebanyakan kartu kredit, (taelaaa…) males ngurusnya. Jelas ya mbak, aplikasinya saya batal
kan. Selamat sore.”

Tentunya sehabis menutup telepon gue langsung menghubungi lagi temen gue di P****** Bank, menginformasikan nama si mbak R** beserta nomor teleponnya yaitu 021-745968*.

Mbak R**, mbak R**… lo bener2 salah pilih orang deh hari ini.

Tinggalkan komentar

70 Komentar

  1. mashavid said: Waktu konfirmasi data bag kredit analys nya nanya nya se olah2 kita baru akan mulai pegang CC.

    biar tambah seru, dari pihak kitanya juga harus proaktif mengajukan pertanyaan2 yang bisa bikin mrk serasa ingin garuk2 aspal, misal:”pak ini nanti kalo saya udah terima kartunya perlu diLAMINATING gak?”atau”tetangga depan rumah ingin ikut punya, boleh ya sekalian daftarin buat kartu tambahan. anaknya baik kok, rajin nimba.”

    Suka

    Balas
  2. aburasyidin said: gung, kalo menurutmu, kartu kredit yang paling ok dari bank yg tidak rese..kira2 apa?🙂

    wah gue juga belum nyoba banyak kartu kredit… tapi kartu kredit pertama yang pernah gue punya dan sampe sekarang masih gue pegang adalah citibank. so far pelayanannya memuaskan, bener2 24 hrs service. ada masalah apapun bisa diselesaikan lewat hotline 24 jam. sedangkan dulu pernah coba kartu kredit amex yang kerja sama dengan telkom, cuma nanya saldo pemakaian terakhir aja harus nunggu sampe jam kantor. kalo nelepon malem2 ada sih yang ngangkat, tapi ya cuma bisa basa-basi doang dan minta kita nelp balik besokannya. oh iya, kartu itu juga sangat rajin ngirim tagihan. posisi terakhir waktu gue tutup masih ada saldo plus (kelebihan bayar) sebesar 2000 perak, dan kurang lebih 6 bulan sejak tanggal penutupan masih terus berdatangan tagihan bulanan yang melaporkan bahwa gue punya duit lebih di mereka. kartu kredit yang aneh…

    Suka

    Balas
  3. ruswinar said: that’s why gw selalu engga pernah kasi rekomendasi ke temen2 gw yg blm pernah punya credit card……

    iya bener, kalo ada masalah kita ikuta nggak enak ya?

    Suka

    Balas
  4. Dulu hampir tiap hari ada sales CC ke kator gw. Tp sekarang udah pada kapok bikin aplikasi, gara2 nya yaa.. gitu deh… Waktu konfirmasi data bag kredit analys nya nanya nya se olah2 kita baru akan mulai pegang CC. Gak sopan pula.. Kasian yg terima telp di rumah, kaya Orang di teror!!!

    Suka

    Balas
  5. that’s why gw selalu engga pernah kasi rekomendasi ke temen2 gw yg blm pernah punya credit card……

    Suka

    Balas
  6. mbot said: di sini udah mengarah ke sana juga sih, walaupun masih belum sepenuhnya terorganisasi. beberapa bank yang menerbitkan kartu kredit saling bertukar informasi data nasabah yang nakal, biar sama2 terhindar dari kredit macet.

    Oh yach!! Bagus kalo gitu..lagian berguna banget buat kedua belah pihak. Buat Nasabah-nya jadi ngerem buat ngga bikin utang baru lagi , dan buat Bank jadi berkurang Nasabah yang jail..betul khan??

    Suka

    Balas
  7. gung, kalo menurutmu, kartu kredit yang paling ok dari bank yg tidak rese..kira2 apa?🙂

    Suka

    Balas
  8. cymanjunetax said: kalo gue sih gung, gue gak akan apply walopun 1001 macam kemudahan dan hadiahnya.

    asalkan kita bisa mengaturnya, kartu kredit bisa sangat mempermudah banyak urusan kok.

    Suka

    Balas
  9. ardho said: nb: emgnya knapa mst disembunyiin sih? itu kan hrsnya disebarluaskan hehe… paling gak nama banknya.. kalo mbak2nya, wah kasian jugaa.. hihihihi..😛

    soalnya gue masih rada nggak enak sama temen gue yang pertama kali nawarin, dan sekaligus nunggu perkembangan terakhir dari pihak banknya🙂

    Suka

    Balas
  10. gomak said: lagi ngejar target kali tuh mas agung,,

    iya, sekarang silakan dia kejar deh tuh target, guenya malah cancel!🙂

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    apinn95 di [2012-003] Mau gampang? Ya jan…
    Sandra Buana Sari di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    omnduut di Manusia Ibarat Kertas…
    Rezky Yayang Yakhami… di Kenapa Orang Tersinggung?
    fe13bi di Kenapa Orang Tersinggung?
    mbot di Kenapa Orang Tersinggung?
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 4.158 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Jepret!

    Dia nggak bilang pejalan kakinya manusia kan... Siapa tau yang dimaksud tokek. 
#spanduk #koplak #superindo #tokek #pengumuman #tebet Hati2 kalo nanya sama psikolog asal jeplak gini

#whatsapp #psikolog #chat #konsultasi Kamu seperti... #jemuran #hujan #inget #gombal #meme Silakan add, @bangjoni udah live di Line! Pentingnya grammar
#stiker #sticker #grammar #fail #jakarta #traffic #car Bang Joni akan live di Line! 
#chat #bangjoni One question: HOW? 
#bajaj #jakarta #parkir #got #ajaib #koplak Psychology Class of 91 Silvery Reunion. 
Reunion, reunited. Today. 
#reunion #friends #ui #psikologiui #psikologi #silvery Simbol status
#rokok #cukai #50ribu #harga #meme
  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
    • Review: 5th Wave (2016) 17 Januari 2016
      Coba deh tonton trailer film ini:Action? Check.Alien? Check.Chloë Grace Moretz? Check.Jelas, gue langsung memutuskan nonton.Ekspektasi gue adalah film sejenis Battle Los Angeles (2011) atau War of the Worlds (2005) atau Independence Day (1996), tentang bumi yang diserang alien jahat dan berisi adegan-adegan perang seru.Begitu filmnya mulai, adegan dibuka den […]
    • Review: Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2015) 5 Januari 2016
      Tentang kenapa di sini kaum Cina ‘diperlakukan khusus’ adalah pertanyaan yang belum berhasil gue temuin jawabannya. Kenapa kita bisa santai bilang, “Si Joko Jawa, Si Tigor Batak, Si Asep orang Sunda,” tapi giliran “Si Ling Ling” mendadak kagok, lantas jadi nginggris: “Chinese”? Atau yang lebih absurd lagi: pencanangan sebutan Cina diganti jadi Tionghoa oleh […]
    • Obrolan Film Merangkap Ujian Kesabaran 9 April 2015
      Setiap orang punya penghayatan beda tentang film. Ada yang suka ngapalin berbagai detil tentang film favoritnya, ada juga yang bisa inget judul aja udah syukur. Sah-sah aja sih sebenernya. Yang bikin senewen adalah NGEDENGERIN orang-orang tipe terakhir saling ngobrol. Kemarin, karena udah kemaleman untuk jalan kaki, gue pulang naik angkot. Di dalemnya ada 2 […]
    • Review: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 6 April 2015
      Baru kali ini gue sampe merasa perlu "belajar" dulu sebelum nonton film. Ada dua pemicunya. Pengalaman nonton film Lincoln: udah mana pengetahuan gue tentang sejarah Amerika minim banget, cuma ngerti Lincoln itu anti perbudakan dan matinya ditembak, eh di filmnya muncul tokoh banyak banget yang mukanya nampak sama semua karena rata-rata berewokan.  […]
    • Battle of Surabaya: Menikmati Seriusnya Proses Jualan Film 23 Maret 2015
      Seumur-umur jadi penggemar film Indonesia, baru kali ini gue ngelihat film yang upaya pemasarannya seserius ini. Bayangin aja, filmnya belum jadi, tapi trailernya udah didaftarin ikut lomba. Eh, masuk nominasi di Golden Trailer Award, bahkan menang di International Movie Trailer Festival. Ngomong-ngomong, baru sekarang loh gue tau ada festival untuk trailer […]
    • Preview: Tomorrowland (2015) 11 Maret 2015
      Gue pertama kali nonton teaser trailer film ini tahun lalu, dan langsung memutuskan akan nonton. Adegannya bikin penasaran banget: ada seorang cewek ABG yang mendadak bisa pindah lokasi saat menyentuh sebuah pin berlogo T. Pin apa itu? Kenapa dia bisa mindahin orang? Pindahnya ke mana? Sukses banget trailernya bikin orang penasaran ingin nonton film ini.Baru […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Banyak orang gagal jalanin MLM? Bukan..mereka BERHENTI. 1 September 2016
      'Udah pernah join dulu mbak, tapi gagal….’ Pernah denger kalimat ini saat mengajak seseorang join oriflame? Saya sering..  Alasan ‘kegagalan’-nya macam-macam.. Ada yg karena modalnya mandeg gara-gara jualan produk oriflamenya sistem hutang maka menilai bisnisnya gagal , ada yg ditolak 10 orang lalu merasa gak bakat dan gagal, ada yg gak naik-naik level […]
    • Konsultan Oriflame seperti siapakah Anda: Neil Armstrong atau Lance Armstrong? 26 Agustus 2016
      Ada dua orang Armstrong yang menempati ruang khusus di hati rakyat Amerika. Keduanya berjasa, telah terbukti komitmennya, dan menunjukkan keberanian yang menginspirasi banyak orang. Namun, kisah mereka memiliki akhir yang berbeda.Yang pertama adalah Neil Armstrong, astronot Amerika. Sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, namanya kondang ke se […]
    • Bangga Jualan, Sekarang Juga! 25 Agustus 2016
      "Malu Jualan", barengan sama "Gampang Percaya Hoax" dan "Jam Karet"adalah kebiasaan-kebiasaan yang penting segera diberantas karena bikin Indonesia susah maju. Tapi "Malu Jualan" adalah yang paling parah. Beberapa waktu lalu, seorang teman yang lama nggak kedengeran kabarnya tiba-tiba muncul dengan pertanyaan, "Gu […]
    • Kerja Oriflame itu seperti apa sih? 24 Agustus 2016
      Dulu, waktu pertama kali baca tentang Oriflame, liat cerita sukses para top leader yang berhasil dapat penghasilan bulanan hingga puluhan juta, dapat mobil, jalan-jalan ke luar negeri, aku bertanya-tanya, "Ini kerjanya gimana sih sebenernya? Kok kayaknya seru banget. Nggak harus terikat jam kerja kayak kantoran tapi bisa pada punya uang jutaan!" Se […]
    • Skin Pro Oriflame, Membersihkan Wajah 5x Lebih Bersih 23 Agustus 2016
      Membersihkan wajah itu penting! Aku menyarankan metode 2 langkah untuk pembersihan wajah, yaitu: 1. Susu Pembersih 2. Toner Untuk menuntaskan pembersihan, kita mencuci muka menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Cuci muka pakai tangan saja hasilnya ternyata kurang maksimal, karena kotoran dalam pori-pori tidak bisa terangkat sepenuhnya. Orifl […]
    • Edukasi MLM untuk Abang Gojek 22 Agustus 2016
      Aku baru pulang dari training skin care di Oriflame Daan Mogot. Pulangnya seperti biasa panggil Gojek. Di jalan, abang Gojeknya tanya, kenapa ramai sekali kantor Oriflame Daan Mogot hari itu. Rupanya dia biasa mangkal di depan kantor Oriflame dan keramaian hari itu lebih dari biasanya. Aku bilang, habis ada training besar, yang pesertanya sampai 300 orang. T […]
    • Scrub Bibir ala Ida dengan Tendercare dari Oriflame 21 Agustus 2016
      Banyak downline dan pelanggan yang menanyakan, apakah Oriflame sudah mengeluarkan produk scrub untuk bibir. Sayangnya, sampai hari ini belum. Tapi kita bisa membuat scrub bibir sendiri lho, dengan memanfaatkan produk andalan Oriflame, si kecil mungil ajaib Tendercare. Silakan tonton videonya ya! Bonus: Di menit 4:55 ada kejutan khusus gara-gara shootingnya d […]
    • NovAge, Skin Care favorite aku! 19 Agustus 2016
      Soal urusan merawat wajah, aku udah buktiin sendiri deh pokoknya. Produk Oriflame yg sesuai kalau dipakainya secara KONSISTEN dan SABAR, hasilnya beneran NYATA. Sebagai yg kulit wajahnya cukup rewel--sensitif maksudnya, aku dulu takut sekali coba sembarang skin care. Soalnya salah-salah pakai produk pastiii jerawatan dan bruntusan. Ah sedih deh pokoknya. Mak […]
    • Oriflame bagi-bagi Tab Advan, ini pemenang dari teamkuu.. :-) 17 Agustus 2016
      Bulan April 2016 lalu Oriflame bikin challenge KEREN BANGET!Apalagi kalau gak bagi-bagi hadiah kan? Judul challenge-nya 'NOW OR NEVER'.Persyaratannya bisa dibilang MUDAH SEKALI lho. Para konsultan yang ingin dapat hadiah ini cukup meraih level baru 9% atau 12% atau 15% di bulan April 2016, lalu mempertahankannya di bulan berikutnya. Serta ada syara […]
    • Merawat wajah itu SABAR dan KONSISTEN. 20 Juni 2016
      Yang namanya perawatan kulit wajah itu BUTUH WAKTU ya teman2. Minimal banget hasil mulai terlihat nyata pada minggu ke 4 ya.. sekitar 28 hari, sesuai siklus pergantian kulit kita. Baca lagi, aku tulis-- 'MULAI terlihat nyata'. Bukan berarti langsung tau2 muka berubaaaaah gitu. Gak bisa. Tapi umumnya akan terlihat perbedaan pada minggu ke 4. Apalagi […]
%d blogger menyukai ini: