Iklan

Superman Returns


superman_returns

==WARNING==

Buat yang baca review ini untuk nyari referensi apakah film “Superman Returns” layak tonton atau enggak, gue sarankan jangan terusin baca. Penulisnya udah terlalu bias untuk menilai film ini secara obyektif.

Gue baru bisa memaafkan Gene Hackman di film “Behind Enemy Lines” (2001) waktu dia berperan sebagai komandan yang rela mempertaruhkan jabatan demi menyelamatkan seorang anak buahnya. Sebelum itu, gue dendam kesumat sama dia, gara-gara perannya sebagai Lex Luthor di 3 film Superman. Sebegitu kuatnya efek film Superman buat gue, sampe bisa bikin gue sebel liat tampang aktor pemeran penjahatnya!

Film “Superman Returns” ini udah seru sejak proses pembuatannya. Bayangin, sutradaranya sampe gonta-ganti 3 kali, belum lagi kehebohan waktu milih pemerannya. Satu nama yang sempet berkibar untuk memerankan adalah Nicolas Cage, yang gue sambut dengan “aduh… jangan dia dong… jangan dia… ” Bukan apa2, masa Superman kok tua dan setengah botak gitu?

Selain Cage, nama-nama seperti Josh Hartnett (Pear Harbour), Paul Walker (the Fast and the Furious), Brendan Fraser (Bedazzled), David Boreanaz (TV seri Angel), dan Jerry O’ Connell (TV seri My Secret Identity dan Sliders) juga sempet dicasting untuk berperan sebagai Superman. Semuanya gagal; yang mana membuat gue sangat lega karena nggak ada satupun yang pantes meneruskan tahta Christopher Reeve. Hartnett terlalu bloon, Walker terlalu berandalan, Fraser terlalu komedi, Boreanaz terlalu “oh lihatlah daku nan cool dan sexy”, dan O’Connell… bahkan nampak lebih bloon dari Hartnett.

Sutradara Bryan Singer yang dibajak di tengah proyek film X-Men 3 ngotot nyari pemeran Superman yang belum terkenal, seperti dulu Christopher Reeve juga bukan siapa-siapa sebelum main Superman. Untunglah tahta Superman akhirnya jatuh ke tangan orang yang menurut gue cukup ‘pantes’ yaitu Brandon Routh. Lucunya, si Brandon ini yang sebelumnya bekerja sebagai bartender di sebuah tempat boling pernah memenangkan hadiah $100 dalam sebuah lomba kostum – di mana dia berperan sebagai Clark Kent!

Routh punya bentuk muka dan postur tubuh yang rada mirip dengan Reeve. Eh… bentar, baru sadar nih: pemeran Superman yang dulu inisialnya “C.R.”. Yang sekarang “B.R.”. Berarti… buat yang punya nama Agus Rusmiyanto, Arif Rohmad, dan Alex Reksadiputra, serta yang punya nama berinisial A.R. lainnya, siap2 dari sekarang deh. – siapa tau kepilih sebagai pemeran di sequel film Superman tahun 2009. **garing**

Tapi biarpun gimana, tetep the best Superman buat gue adalah Christopher Reeve. Selain mirip dengan penggambaran tokoh Superman di komik, dia juga cocok memerankan tokoh “pembela kebenaran” karena sorot matanya yang simpatik, sikap yang “don’t worry, everything’s going to be all right” dan gerak-geriknya yang ‘berwibawa’ (halah). Sedangkan di tangan Routh, Superman menjelma jadi sosok yang lebih manusiawi, punya ego sebagai lelaki yang nggak kepingin kalah bersaing dengan lelaki lain, bahkan sedikit narsis. Keliatannya emang tren film belakangan ini begitu, ya? Berusaha memanusiakan para superhero.

Lex Luthor di film ini diperankan oleh Kevin Spacey (Pay It Forward, Dr. Evil di Austin Powers: Goldmember). Dia berhasil menghidupkan Lex Luthor yang lebih kompleks ketimbang versi Gene Hackman. Kalo ditonton lagi sekarang, Luthor versi Hackman itu sangat komik banget, lebih banyak konyolnya ketimbang jahatnya. Apalagi kalo udah muncul berdua dengan sidekicknya, si Otis. Sedangkan Spacey memerankan Luthor yang lebih berdarah dingin, licik dan berbahaya.

Lois Lane… ah, kenapa juga harus Kate Bosworth yang meranin. Menurut gue dia sama sekali nggak meyakinkan sebagai reporter senior yang pernah menang Pulitzer. Gayanya mirip mbak-mbak kantoran biasa, bagian keuangan, administrasi, atau sejenisnya. Kalo gue disuruh jadi bagian casting, gue akan menunjuk Evangeline Lily, yang lagi naik daun di serial televisi “Lost”. Cantik, nampak pintar, gesit, serta cukup atletis. Liat aja sendiri.

Ok, cukup dengan para pemainnya. Sekarang tentang cerita filmnya sendiri.

Diceritakan, Superman habis ngilang dari muka bumi selama 5 tahun. Gara-garanya para ahli menemukan tanda-tanda bahwa Planet Krypton, kampung halaman Superman, masih ada. Maka superman pergi ke sana, berharap masih ada sanak keluarga yang selamet barang satu – dua orang. Ternyata dia pulang lagi ke rumah keluarga Kent di Kansas dengan tangan hampa. Lucu, seinget gue di film Superman yang versi Reeve dulu diceritain bahwa Bapak dan Ibu Kent udah meninggal dua-duanya. Tapi… ya sud lah, suka-suka si Bryan Singer mau bikin cerita gimana, kan?

Gara-gara Superman pergi kelamaan, Lois Lane udah keburu ‘tunangan’ dengan seseorang dan punya anak satu. Yah seperti kata tokoh Doni di film Jomblo, “Cinta mungkin bisa melakukan segalanya, kecuali satu: cinta tak bisa menunggu” (halah lagi). Sementara itu, Lex Luthor berhasil bebas dari hukuman dan mulai menyusun rencana jahat. Dia berhasil menemukan rahasia kryptonite dari serpihan meteorit yang jatuh di Addis Ababa, Ethiopia. Tolong koreksi kalo salah ya, tapi seinget gue di salah satu episode serial “Smallville” pernah diceritakan tentang meteorit mengandung kryptonite yang jatuh di sana – kayaknya si Singer sengaja memasukkan detil ini sebagai trivia. Akhirnya, tentu aja Luthor memanfaatkan penemuan ini untuk mencoba mengalahkan Superman. Berhasilkah Superman menghentikan rencana jahat Luthor? (halaaaah…!)

Menurut gue, ide membuat Lois Lane udah terikat dengan seseorang bahkan udah punya anak segala adalah ide yang kreatif banget. Setting ini memungkinkan cerita berkembang ke berbagai arah, serta menjanjikan sequel yang (mudah2an) nggak terlalu mengada-ada. Adegan klasik Superman menyelamatkan pesawat jatuh juga diolah secara kreatif. Kalo di film2 Superman terdahulu penyebab pesawat jatuhnya paling cuma karena mesin mogok atau kesamber gledek (adegan ini muncul dalam berbagai versi film Superman, baik film animasi maupun film orang). Sedangkan di film ini pesawatnya mogok akibat Luthor iseng main2 dengan kristal ajaib milik Superman. Udah gitu, bukan cuma satu pesawat yang harus ditolong, melainkan dua. Pokoknya, seru deh!

Dan oh ya, satu lagi: gue bersyukur banget Singer nggak mengganti main theme-nya. Main theme yang dipake masih milik film Superman yang lama, ciptaan John Williams. Tuh lagu emang cocok banget menggambarkan kehebatan Superman, dan saking semangatnya mau nonton Superman gue nyanyiin 8 not pertamanya berkali-kali sejak dua hari sebelum nonton – bikin semua orang di sekitar gue serasa ingin gila.

Anyway, gue kasih 4 bintang untuk film ini. 5 bintang hanya gue kasih kalo pemeran Lois Lane-nya Evangeline Lily.

Referensi:

Iklan
Tinggalkan komentar

32 Komentar

  1. Mas Agung, ayoook ditunggu review Man of Steel nya ! Hehehehe…. 😀

    Suka

    Balas
    • Iya ini lg mau nonton untk kedua kalinya krn yg pertama ketinggalan 30 menit

      Suka

  2. satu lagi elo tau nggak di multiply gue cari 1 album soundtrack Superman the movienya john williams susah banget nih, tolong kasih gue ya please, thanks

    Suka

    Balas
  3. eh man elo tau nggak kalo gue ngebet banget pingin download ostnya x-men2 united tolongin donk cariin di multiply ini, ntar kasih tau gue ye!. thanks

    Suka

    Balas
  4. iya iya benar aku juga ga’ suka sama si lois lanenya,kurang mantep… tpi satu hal yg dari dulu ampe skrg kepikiran ..superman itu kan alien… tenaganya kan superb..gw yakin seorang alien ga’ bisa menghasilkan keturunan dari pembuahannya bersama manusia,secara beda gene dan ehm.. *pikir aja sendiri… *anak kecil kabur….

    Suka

    Balas
  5. reskakoko said: gud review,8 not pertama ya…hehe.. dinyanyiin sambil meragain Supy lagi lepas landas trs terbang… menuju toilet, dan orang-orang marketing cuman geleng-geleng kepala.

    jangan lupa iketin taplak di punggung 🙂

    Suka

    Balas
  6. gud review,8 not pertama ya…hehe.. dinyanyiin sambil meragain Supy lagi lepas landas trs terbang… menuju toilet, dan orang-orang marketing cuman geleng-geleng kepala.

    Suka

    Balas
  7. huehuehuehue dijadiin iklan ajah….

    Suka

    Balas
  8. gwkeren said: waktu pertama kali liat sekilas kirain iklan vco

    kalo iklan vco begini:

    Suka

    Balas
  9. baksoyado said: hehehe,, abis masih misterius sih.

    memang dibuat agak misterius, tapi secara tersirat sebenernya sih udah 99% “iya”. Antara lain ditunjukkan lewat adegan lois ngebisikin sesuatu ke superman waktu lagidi rumah sakit.

    Suka

    Balas
  10. mbot said: hmmm… nontonnya sambil ngantuk ya? 🙂

    hehehe,, abis masih misterius sih. Yg jelas si anak pasti deh punya kemampuan ‘special’, entah ada hubungannya ama superman apa gak, We’ll wait and see 😉 Diakhir film superman bilang ke si anak “you’ll be different”.

    Suka

    Balas
  1. Superman II: The Richard Donner Cut | (new) Mbot's HQ

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Iklan
  • Komentar Terbaru

    riezal bintan pada job value: solusi keadilan unt…
    pinkuonna pada Momen Pengubah Hidup
    mbot pada Momen Pengubah Hidup
    pinkuonna pada Momen Pengubah Hidup
    mbot pada Momen Pengubah Hidup
    Nita Prihartini pada Momen Pengubah Hidup
    Momen Pengubah Hidup… pada bsmr = belajar sampe mati…
    Crystal House pada siapa yang sering kesetrum sep…
    power indoarabic pada [2012-011] Ajaran ‘sesat…
    power indoarabic pada [2012-011] Ajaran ‘sesat…
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 692 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Tautan-tautan Pribadi

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Hal yang Perlu Disiapin Sebelum Nonton "A Quiet Place" 15 April 2018
      Buat yang belum tau, "A Quiet Place" menceritakan kehidupan sebuah keluarga dengan 3 anak yang hidupnya sama sekali nggak boleh berisik, karena kalo bersuara dikit aja bisa diserang oleh 'sesuatu' (no spoiler ahead).Tentunya ini sedikit menimbulkan pertanyaan bagi gue, lantas gimana kalo mereka eek. Mungkin suara ngedennya bisa diredam, s […]
    • Benarkah Pacific Rim Uprising Jelek? 25 Maret 2018
      Soal keputusan untuk nonton atau nggak nonton sebuah film kadang cukup pelik. Di satu sisi, inginnya nonton semua film yang rilis. Di sisi lain, tiket bioskop deket rumah sekarang udah mencapai 60 ribu (harga weekend). Belum termasuk pop corn yang ukuran mediumnya 50 ribu dan air putih di botol 330 ml seharga 10 ribu*. Artinya: filmnya harus beneran dipilih […]
    • Review: Designated Survivor (Serial TV 2016) 15 Maret 2018
      Semua berawal gara-gara Netflix.Di suatu hari yang selo, nyalain Netflix tanpa tau mau nonton apa, tiba-tiba trailer film ini muncul.Ida langsung tertarik. "Nonton ini aja, suami. Istri seneng nonton film yang gini-gini," katanya, tanpa keterangan yang lebih operasional mengenai batasan film yang masuk dalam kategori 'gini-gini'.Ternyata […]
    • Review: Peter Rabbit (2018) Bikin Penonton Doain Tokoh Utama Celaka 11 Maret 2018
      Biasanya film kan dikemas sedemikian rupa biar penonton bersimpati pada tokoh utamanya, ya. Biar kalo tokoh utamanya dalam posisi terancam, penonton deg-degan, berdoa biar selamat sampai akhir film. Khusus untuk film ini, gue sih terus terang doain Peter Rabbit-nya cepetan mati. Digambarkan dalam film ini Peter Rabbit adalah kelinci yang sotoy, sangat iseng […]
    • Sensasi Nonton Pengabdi Setan Bareng Emak-Emak Setan 8 Oktober 2017
      Sejak lama, Joko Anwar terobsesi dengan film horor. Menurutnya, horor adalah genre film yang paling jujur. Tujuannya ya nakut-nakutin penonton, bukannya mau ceramah, motivasi, atau menyisipkan pesan moral. Di kesempatan berbeda, gue juga pernah denger dia bilang, secara komersial film horor lebih berpotensi laku. Alasannya sederhana: karena takut, orang cend […]
    • Parodi Film: Jailangkung (2017) 26 Juni 2017
      SPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTFerdi (Lukman Sardi) diketemukan nggak sadar di sebuah rumah terpencil oleh pilot pesawat carterannya. Dia dirawat di ICU, tapi dokter nggak bisa menemukan apa penyakitnya.Anak Ferdi, Bella (Amanda Rawles), tentu kepikiran. Dia minta bantuan Rama (Jefri Nichol), seorang... yah, dib […]
    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Diamond Conference Tokyo 2018: Part 1-- Keberangkatan! 8 Mei 2018
      [Senin, 17 April 2018] Jalan-jalan Conference kali ini rasa excitednya agak sedikit beda karenaaaaa ini adalah DIAMOND CONFERENCE PERTAMA AKU... 😍😍😍😍😍😍 Selama ini aku pergi kan untuk Gold Conference, yaitu reward buat title Gold Director and up. Sedangkan seperti namanya, Diamond Conference ini adalah reward khusus buat yg titlenya Diamond and up! Selama ini […]
    • Seminar "Katakan TIDAK Pada Investasi Ilegal"-- MLM vs Money Game. 8 Mei 2018
      Diamond and up Oriflame bersama Top Management Oriflame foto bareng. Tanggal 2 Mei 2017 tahun lalu, sebagai salah satu Diamond Director-nya Oriflame, aku dapat sebuah undangan eksklusif untuk hadir ke acara Seminar Nasional yg diselenggarakan oleh Satuan Tugas Waspada Investasi dan APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia). Judul seminar ini adalah-- KATA […]
    • Sewa Modem Wifi Buat Ke jepang? Di HIS Travel Aja! 26 April 2018
      Ceritanyaaa.. aku dan agung baru aja pulang dari Diamond Conferencenya Oriflame di Tokyo.. Ada banyaaaaak banget yg pengen aku ceritain. Satu-satu deh ya nanti aku posting. Tapi aku mau mulai dari soal INTERNETAN selama di sana.. ahahahaha.. PENTING iniii! Untuk keperluan internetan di tokyo kemarin aku dan agung sempet galau. Mau pakai roaming kartu atau se […]
    • Penyebab Kapas Ini Kotor Adalah... 17 Maret 2018
      Kapas ini bekas aku bersihin muka tadi pagi bangun tidur.. Lhoo kok kotor?Emangnya gak bersihin muka pas tidur?Bersihin dong. Tuntas malahan dengan 2+1 langkah.Lalu pakai serum dan krim malam. Kok masih kotor? Naaah ini diaaaa.. Tahukah teman2 kalau kulit wajah kita itu saat malam hari salah satu tugasnya bekerja melakukan sekresi atau pembersihan?Jadi krim […]
    • Join Oriflame Hanya Sebagai Pemakai? Boleh! 16 Maret 2018
      Aku baru mendaftarkan seseorang yg bilang mau join oriflame karena mau jadi pemakai..Dengan senang hatiiii tentunyaaa aku daftarkan..😍😍😍 Mbak ini bilang kalau udah menghubungi beberapa orang ingin daftar oriflame tapi gak direspon karena dia hanya ingin jadi pemakai aja.. Lhoooooo.. Teman2 oriflamers..Member oriflame itu kan ada 3 tipe jenisnya--Ada yg join […]
    • Semua karena AKU MAU 16 Maret 2018
      Lihat deh foto ini..Foto rafi lagi asyik mainan keranjang orderan di Oriflame Bulungan dulu sebelum pindah ke Oriflame Sudirman sekarang. Tanggal 1 Juli 2010.Jam 00.20 tengah malam. Iya, itu aku posting langsung setelah aku foto.Dan jamnya gak salah.Jam setengah satu pagi. Hah?Masih di oriflame? IyaNgapain? Beresin tupo. Jadi ya teman2, jaman sistem belum se […]
    • Kerja Keras yang Penuh Kepastian... Aku Suka! 15 Maret 2018
      Dari club SBN--Simple Biznet, ada 3 orang yg lolos challenge umroh/uang tunai 40 juta.Sedangkan dari konsultan oriflame se-indonesia raya konon ada total sekitar 60-an orang yg dapat hadiah challenge ini. Inilah yg aku suka dari oriflame.Level, title, cash award, maupun hadiah challengenya gak pernah dibatasin jumlahnya! Mau berapapun jumlah orang yg lolos k […]
    • Tendercare Oriflame: Si Kecil Ajaib 14 Maret 2018
      Buat teman-teman yg pemakai oriflame, atau at least pernah liat katalognya, mungkin pernah dengar atau justru pemakai setia si Tender Care ini.Bentuknya keciiil, mungiiil, lha cuma 15 ml doang.. Eh tapi kecil-kecil gini khasiatnya luar biasa.Tender Care ini produk klasiknya oriflame, termasuk salah satu produk awal saat oriflame pertama kali mulai dagang di […]
    • Sharing di Dynamics Sunday Party 4 Maret 2018
      Agenda hari minggu ini berbagi ilmu dan sharing di acara bulanannya teh inett Inette Indri-- DSP, Dymamics Sunday Party! Yeaaaaay! Teh inet udah lama bilang kalau pengen undang aku kasih sharing di grupnya. Aku dengan senang hari meng-iya-kan. Karena buatku berbagi ilmu gak pernah rugi. Jadilah kebetulan wiken ini aku ke Bandung untuk kasih kelas buat team b […]
    • Kelas Bandung, Sabtu 3 Maret 2018 3 Maret 2018
      Ah senaaaang ketemuan lagi sama team bandungku tersayang..😍😍😍😍😍 Hari ini aku bawain materi tentang mengelola semangat.Ini materi sederhana tapi sangat amat POWERFULL.Karena betul2 bikin ngaca sama diri sendiri.Yang banyak dibahas adalah soal MINDSET. Kelas kali ini Agung Nugroho juga ikut berbagi ilmu..Bapak Diamond kasih kelas juga lhooo..😍😍😍😍😍 Seneng […]
  • Iklan
%d blogger menyukai ini: