Respon Ilfeel dari Blue Bird


Semalem, gue dan Ida naik taksi dari rumah ke BEJ dalam rangka mau naik Cititrans menuju Bandung. seperti biasa, taksi yang kami pilih adalah grup Blue Bird, salah satu Pusaka-something gitu deh. Dan oh betapa kami teramat sangat impressed oleh supirnya.

Nggak ada yang berlebihan sebenernya dari perilaku sang supir. Semuanya sebenernya perilaku standar seorang penjual jasa kepada customernya, tapi ironisnya justru perilaku seperti ini yang jarang kami temukan – termasuk dari supir-supir Blue Bird yang konon pilihan itu.

Waktu kami masuk, pak supir menyapa “selamat malam” sambil tersenyum dengan tulus. Bawa mobilnya enak, dalam arti memainkan pedal rem dan gas tidak seperti lagi mengoperasikan mesin jahit. Saat memasuki Jalan Sudirman dan lalu lintas super macet tidak menggerutu. Waktu Ida bilang, “Waduh pak, kita harus sampe sana jam 8, bisa keuber nggak ya kira-kira?” pak supir menjawab masih dengan tersenyum dengan intonasi yang terkendali “Insya Allah ibu, saya akan usahakan”. Sesampai di tujuan, pak supir memilih tempat berhenti yang sedekat mungkin dengan pintu masuk. Saat kami turun, pak supir berulang kali mengingatkan agar jangan sampai ada barang yang ketinggalan. Saat melihat kami bergegas turun karena nggak ingin membuat dia berhenti dalam posisi nanggung terlalu lama, pak supir justru menenangkan, “Pelan-pelan saja bapak, ibu, mohon diperiksa kembali bawaannya.”

Very – very – very impressive.

Saking impressednya, gue langsung mencatat nomor body dan nama supirnya, yaitu SE 1465 dengan Bapak Adamo Chairy. Terus gue pikir, perilaku seperti ini harus dihargai. Jangan cuma kalo brengsek kita komplen, tapi pelayanan yang bagus juga berhak dapet pengakuan. Maka gue menghubungi customer service Blue Bird 7971245.

“Blue Bird selamat malam”
“Malam mbak… begini, saya mau melaporkan, saya ini baru naik taksi blue bird nomor se 1465 dengan supir bapak Adamo Chairy…”
“ya…” si mbak terdengar pasrah menyiapkan diri mendengar komplen berapi-api – tapi kecele denger omongan gue selanjutnya.
“Saya mau bilang, saya terkesan sekali dengan supirnya, sangat sopan, pelayanannya sangat memuaskan. Mohon dicatat mbak!”
“Baik pak… nomornya se 1465, supirnya Adamo Chairy ya?”
“Betul mbak”
Dan you know what…. respon si mbak customer service berikutnya bener-bener bikin ilfeel:

“Tapi Pak… ini nggak ada hadiahnya lho…”
=heh?=

 

Siyal bener, jadi dia kira gue nelepon muji-muji service blue bird mengharapkan hadiah, gitu? Gile bener. Asliiii… bikin ilfeel. Emang sih mbak, sampe hari ini gue masih Melayu tulen, tapi otak gue nggak se-Melayu itu amat kok, jangan kuatir. Maka berikutnya gue bilang sama dia, dengan antusiasme yang udah berkurang 95%
“Oh saya nggak minta hadiah kok mbak. Cuma saya pikir pelayanan sebagus ini perlu dicatat biar bisa jadi teladan bagi supir blue bird lainnya. terima kasih. selamat malam.”
Damn.



Update:

Sesuai saran dari reply para pengunjung di bawah ini, maka gue mengirimkan e-mail ke manajemen BB dengan alamat businessdev@bluebirdgroup.com. E-mail yang gue kirimkan berbunyi:

From: Agung Nugroho
Sent: Monday, February 27, 2006 10:10 PM
To: Noni Purnomo
Subject: taksi bluebird group nomor se 1465

DH,

saya hendak menyampaikan pengalaman saya menumpang taksi blue bird nomor pintu se 1465 dengan pengemudi bp. adamo chairy. saya naik tanggal 24 feb 06 sekitar jam 7 malam dari menteng menuju BEJ. kesan-kesan saya, beliau menjalankan tugasnya dengan sangat baik dan memuaskan. mohon sampaikan salam dan penghargaan saya kepada beliau. sikap beliau sangat positif untuk dicontoh para pengemudi blue bird lainnya. pengalaman saya juga saya tulis di weblog saya dengan link http://mbot.multiply.com/journal/item/199

terima kasih sebelumnya

 

Gue sengaja cuma mencantumkan link tanpa menyebut-nyebut soal respon dari si mbak CS, kepingin tau apakah orang yang menerima e-mail gue merasa perlu untuk mengklik link-nya atau sekedar ngirim reply basa-basi asal. Ternyata reply yang gue terima adalah sbb:

From: Bayu Kristiadi
To: si.mbot
Date: Mar 1, 2006 6:11 PM
Subject: RE: Taksi Blue Bird Group nomor SE 1465

Yth. Bapak Agung Nugroho,

Pertama-tama kami atas nama manajemen Blue Bird Group memohon maaf atas komentar yang kurang santun dari petugas customer service kami, masalah ini menjadi perhatian khusus bagi departemen kami untuk diperbaiki, sehingga kedepannya tidak terulang lagi.

Informasi pujian untuk pengemudi SE 1465 Bapak Adamo Chairy telah kami terima, kami merasa bersyukur dan bangga memiliki pengemudi seperti Bapak Adamo Chairy ini. Secara otomatis e-mail compliment ini akan menjadi kredit point positif bagi beliau untuk menuju ke jenjang pengemudi teladan Blue Bird Group. Selain itu informasi pujian ini juga akan kami sampaikan kepada khalayak pengemudi kami lainnya agar menjadi contoh untuk diteladani.

Bapak Agung, sekali lagi kami memohon maaf atas masalah yang telah terjadi, dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian serta masukan yang telah diberikan.

Hormat kami,

Bayu Kristiadi
Customer Service Manager
Blue Birg Group

 

Artinya si penerima e-mail udah baca posting ini. Maka gue pun mengirimkan balasan:

From: Agung Nugroho
To: Bayu Kristiadi
Date: Mar 1, 2006 11:34 PM
Subject: Re: Taksi Blue Bird Group nomor SE 1465

Yth. Bapak Bayu K,

Terima kasih atas reponnya. Saya menganggap masalah yang terjadi hanyalah kesilapan individual saja yang kini sudah terselesaikan.

Semoga Blue Bird mampu untuk terus mempertahankan kualitas pelayanan terbaik, seperti yang telah diberikan oleh Bp. Adamo Chairy.

Salam,
Agung

 

Kesimpulannya: kirim e-mail lebih baik daripada nelepon CS. Jadi buat kalian yang menemukan pengalaman positif tentang pelayanan Blue Bird, kirim e-mail aja. Paling enggak kita secara nggak langsung telah memberikan reward bagi kemajuan karir pengemudi ybs. Semakin banyak pengemudi yang merasakan dampak positif dari pelayanan yang diberikannya, akan semakin memotivasi pengemudi lainnya untuk memberikan pelayanan yang sama. Pada akhirnya, customer juga yang diuntungkan.

Iklan
Tinggalkan komentar

36 Komentar

  1. ohh baru tahu kalau bisa nambah kredit point si sopir, secara selama ini kerjanya komplen melulu :p

    Suka

    Balas
  2. Hahahahaa… kebetulan cewe gw lagi ngumpulin artikel ttg bluebird buat skripsinya, ternyata crita lo semua kocak2, terkesan jujur dan spontan ( boong jg ngapain ya? jd beken juga ga :p), eh, kalo ada pengalaman lain, tulung komentarin aja artikelnya mbot yg banyak. atau… mungkin ada yg tau, orang2 iseng tapi serius yg udah bergelut didunia per-taksian terutama bluebird ( emang ngomongin apa ya, klo org bergelut sama taksi, klo bukan blue bird ?), tolong kasih linknya yaa…terakhir…. maaf niy, baru muncul udah minta tolong 2 kali. dibantu ga dibantu tetep tengku kok, (asal dibaca sampe akhir pesen ini ;))wasalam..selamat… semoga sampe tujuan (hii.. ga jelas)

    Suka

    Balas
  3. Taksi Bunglon. Sejak Juni 2005 ganti jadi PE Taksi. Warnanya persis biru muda Blue Bird.

    Suka

    Balas
  4. mbot said: udah ganti nama jadi prestasi, warnanya sama seperti group blue bird yang seri “pusaka”.

    kayaknya dah metamorfosis lagi deh gung… tapi gw lupa nama barunya apa…

    Suka

    Balas
  5. prajuritkecil said: asal bukan presiden… hehehhee.. masih ada gak sih…???

    udah ganti nama jadi prestasi, warnanya sama seperti group blue bird yang seri “pusaka”.

    Suka

    Balas
  6. kangbayu said: Menarik sekali buat jadi bahan penyelidikan…. mau kita daftar siapa aja para taksi bunglon ini?? Gw pribadi kalo nyari taksi, GAK PERNAH mau pake taksi mirip2 Blue Bird… mendingan yang Putih, Ijo, atau Kuning sekalian =P

    benarrr kang bayu…! aku juga gitu… daripada naik taxi bodongnya blue bird tauan naek Express, Dian, GAMYA atau KOSTI sekalian….asal bukan presiden… hehehhee.. masih ada gak sih…???

    Suka

    Balas
  7. Cool response… Bener kan tuh, ternyata ada credit pointnya buat si supir…

    Suka

    Balas
  8. Updated! Gue nerima e-mail respon dari Blue Bird.

    Suka

    Balas
  9. bdarma said: tapi susahnya sekarang banyak yg kelirnya mirip2 BB grup…jadinya kalo mau nyegat taksi di jalan musti nunggu sampe deket dulu….kasian yg BB asli …

    Menarik sekali buat jadi bahan penyelidikan…. mau kita daftar siapa aja para taksi bunglon ini?? Gw pribadi kalo nyari taksi, GAK PERNAH mau pake taksi mirip2 Blue Bird… mendingan yang Putih, Ijo, atau Kuning sekalian =PBtw, temennya temen kantorku baru dua hari lalu kerampokan di taksi… padahal naeknya dari PIM lhoo… Taksinya salahsatu bunglon, brand nya “Concorde”.

    Suka

    Balas
  10. spinkage said: sampe di rumah dan pas gw mau bayar.. duit gw di dompet kurang, mana di rumah ga ada orang lagi… tapi, supirnya cuma bilang “ya udah gpp pak, bukan rezeki saya aja kali…” aduh ini yg melas dia apa gw ya?

    Semoga si bapak dibales rejeki berlimpah… gak banyak lho supir taksi jaman sekarang mau pengertian… Walaupun akhirnya tetep happy ending… =)

    Suka

    Balas
  11. mbot said: kita perlu cetak kop surat “multiply indonesia” nih?lucu juga kali ya…

    Aku dukuuuuuuuuuuuuuuung!

    Suka

    Balas
  12. kangbayu said: Hmm… ide menarik… Seringkali karena fokus ke “memperoleh hak” kita suka lupa juga buat ngasi compliment saat memang pantas.Lebih lucu lagi kalau kita bisa bersuara atas suatu nama ya? Jadi suratnya bisa pake kop resmi plus stempel, biar gak disangka cuma akal-akalan temen si sopir doang? =D

    yaudah, apa kita perlu cetak kop surat “multiply indonesia” nih?lucu juga kali ya…

    Suka

    Balas
  13. update, barusan gue kirim e-mail ke blue bird dengan alamat e-mail businessdev@bluebirdgroup.com… coba kita tunggu tanggapannya ya 🙂

    Suka

    Balas
  14. ida22 said: Ini nih makanya taxi2 lain di bandung pada kalah jauuuuh bgt ama blue bird yg baru mulai beroperasi di bandung ini..tapi tuh taxi2 lain, bukannya berusaha untuk memperbaiki kualitas, malah ngamuk and demo gara2 Blue bird masuk bandung..aneh!

    iya Da, gw dulu paling ogah kalo disuruh naik taxi di Bandung, jarang banget yang mau pake argo, udah itu kalopun mau pake argo tapi AC nggak mau dinyalain…sebel deh…Syukur deh kalo skrg udah ada BB di sana 🙂

    Suka

    Balas
  15. tapi susahnya sekarang banyak yg kelirnya mirip2 BB grup…jadinya kalo mau nyegat taksi di jalan musti nunggu sampe deket dulu….kasian yg BB asli …

    Suka

    Balas
  16. gwsukaoranye said: kirim email juga bisa tuh…. ntar gw bantuin kopipas ke manager customer/ corporate image-nya BB deh….

    deuy, yang punya blue bird =))

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    mbot di My Wonder Woman
    p3n1 di My Wonder Woman
    mbot di My Wonder Woman
    enkoos di My Wonder Woman
    Rafi: manggung lagi,… di demi anak naik panggung…
    mbot di My Wonder Woman
    Johana Elizabeth di My Wonder Woman
    My Wonder Woman | (n… di Di rumah, ibu seperti wol…
    mbot di My Wonder Woman
    mbot di My Wonder Woman
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 6.574 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Tautan-tautan Pribadi

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Hal yang Perlu Disiapin Sebelum Nonton "A Quiet Place" 15 April 2018
      Buat yang belum tau, "A Quiet Place" menceritakan kehidupan sebuah keluarga dengan 3 anak yang hidupnya sama sekali nggak boleh berisik, karena kalo bersuara dikit aja bisa diserang oleh 'sesuatu' (no spoiler ahead).Tentunya ini sedikit menimbulkan pertanyaan bagi gue, lantas gimana kalo mereka eek. Mungkin suara ngedennya bisa diredam, s […]
    • Benarkah Pacific Rim Uprising Jelek? 25 Maret 2018
      Soal keputusan untuk nonton atau nggak nonton sebuah film kadang cukup pelik. Di satu sisi, inginnya nonton semua film yang rilis. Di sisi lain, tiket bioskop deket rumah sekarang udah mencapai 60 ribu (harga weekend). Belum termasuk pop corn yang ukuran mediumnya 50 ribu dan air putih di botol 330 ml seharga 10 ribu*. Artinya: filmnya harus beneran dipilih […]
    • Review: Designated Survivor (Serial TV 2016) 15 Maret 2018
      Semua berawal gara-gara Netflix.Di suatu hari yang selo, nyalain Netflix tanpa tau mau nonton apa, tiba-tiba trailer film ini muncul.Ida langsung tertarik. "Nonton ini aja, suami. Istri seneng nonton film yang gini-gini," katanya, tanpa keterangan yang lebih operasional mengenai batasan film yang masuk dalam kategori 'gini-gini'.Ternyata […]
    • Review: Peter Rabbit (2018) Bikin Penonton Doain Tokoh Utama Celaka 11 Maret 2018
      Biasanya film kan dikemas sedemikian rupa biar penonton bersimpati pada tokoh utamanya, ya. Biar kalo tokoh utamanya dalam posisi terancam, penonton deg-degan, berdoa biar selamat sampai akhir film. Khusus untuk film ini, gue sih terus terang doain Peter Rabbit-nya cepetan mati. Digambarkan dalam film ini Peter Rabbit adalah kelinci yang sotoy, sangat iseng […]
    • Sensasi Nonton Pengabdi Setan Bareng Emak-Emak Setan 8 Oktober 2017
      Sejak lama, Joko Anwar terobsesi dengan film horor. Menurutnya, horor adalah genre film yang paling jujur. Tujuannya ya nakut-nakutin penonton, bukannya mau ceramah, motivasi, atau menyisipkan pesan moral. Di kesempatan berbeda, gue juga pernah denger dia bilang, secara komersial film horor lebih berpotensi laku. Alasannya sederhana: karena takut, orang cend […]
    • Parodi Film: Jailangkung (2017) 26 Juni 2017
      SPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTFerdi (Lukman Sardi) diketemukan nggak sadar di sebuah rumah terpencil oleh pilot pesawat carterannya. Dia dirawat di ICU, tapi dokter nggak bisa menemukan apa penyakitnya.Anak Ferdi, Bella (Amanda Rawles), tentu kepikiran. Dia minta bantuan Rama (Jefri Nichol), seorang... yah, dib […]
    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Diamond Conference Tokyo 2018: Part 1-- Keberangkatan! 8 Mei 2018
      [Senin, 17 April 2018] Jalan-jalan Conference kali ini rasa excitednya agak sedikit beda karenaaaaa ini adalah DIAMOND CONFERENCE PERTAMA AKU... 😍😍😍😍😍😍 Selama ini aku pergi kan untuk Gold Conference, yaitu reward buat title Gold Director and up. Sedangkan seperti namanya, Diamond Conference ini adalah reward khusus buat yg titlenya Diamond and up! Selama ini […]
    • Seminar "Katakan TIDAK Pada Investasi Ilegal"-- MLM vs Money Game. 8 Mei 2018
      Diamond and up Oriflame bersama Top Management Oriflame foto bareng. Tanggal 2 Mei 2017 tahun lalu, sebagai salah satu Diamond Director-nya Oriflame, aku dapat sebuah undangan eksklusif untuk hadir ke acara Seminar Nasional yg diselenggarakan oleh Satuan Tugas Waspada Investasi dan APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia). Judul seminar ini adalah-- KATA […]
    • Sewa Modem Wifi Buat Ke jepang? Di HIS Travel Aja! 26 April 2018
      Ceritanyaaa.. aku dan agung baru aja pulang dari Diamond Conferencenya Oriflame di Tokyo.. Ada banyaaaaak banget yg pengen aku ceritain. Satu-satu deh ya nanti aku posting. Tapi aku mau mulai dari soal INTERNETAN selama di sana.. ahahahaha.. PENTING iniii! Untuk keperluan internetan di tokyo kemarin aku dan agung sempet galau. Mau pakai roaming kartu atau se […]
    • Penyebab Kapas Ini Kotor Adalah... 17 Maret 2018
      Kapas ini bekas aku bersihin muka tadi pagi bangun tidur.. Lhoo kok kotor?Emangnya gak bersihin muka pas tidur?Bersihin dong. Tuntas malahan dengan 2+1 langkah.Lalu pakai serum dan krim malam. Kok masih kotor? Naaah ini diaaaa.. Tahukah teman2 kalau kulit wajah kita itu saat malam hari salah satu tugasnya bekerja melakukan sekresi atau pembersihan?Jadi krim […]
    • Join Oriflame Hanya Sebagai Pemakai? Boleh! 16 Maret 2018
      Aku baru mendaftarkan seseorang yg bilang mau join oriflame karena mau jadi pemakai..Dengan senang hatiiii tentunyaaa aku daftarkan..😍😍😍 Mbak ini bilang kalau udah menghubungi beberapa orang ingin daftar oriflame tapi gak direspon karena dia hanya ingin jadi pemakai aja.. Lhoooooo.. Teman2 oriflamers..Member oriflame itu kan ada 3 tipe jenisnya--Ada yg join […]
    • Semua karena AKU MAU 16 Maret 2018
      Lihat deh foto ini..Foto rafi lagi asyik mainan keranjang orderan di Oriflame Bulungan dulu sebelum pindah ke Oriflame Sudirman sekarang. Tanggal 1 Juli 2010.Jam 00.20 tengah malam. Iya, itu aku posting langsung setelah aku foto.Dan jamnya gak salah.Jam setengah satu pagi. Hah?Masih di oriflame? IyaNgapain? Beresin tupo. Jadi ya teman2, jaman sistem belum se […]
    • Kerja Keras yang Penuh Kepastian... Aku Suka! 15 Maret 2018
      Dari club SBN--Simple Biznet, ada 3 orang yg lolos challenge umroh/uang tunai 40 juta.Sedangkan dari konsultan oriflame se-indonesia raya konon ada total sekitar 60-an orang yg dapat hadiah challenge ini. Inilah yg aku suka dari oriflame.Level, title, cash award, maupun hadiah challengenya gak pernah dibatasin jumlahnya! Mau berapapun jumlah orang yg lolos k […]
    • Tendercare Oriflame: Si Kecil Ajaib 14 Maret 2018
      Buat teman-teman yg pemakai oriflame, atau at least pernah liat katalognya, mungkin pernah dengar atau justru pemakai setia si Tender Care ini.Bentuknya keciiil, mungiiil, lha cuma 15 ml doang.. Eh tapi kecil-kecil gini khasiatnya luar biasa.Tender Care ini produk klasiknya oriflame, termasuk salah satu produk awal saat oriflame pertama kali mulai dagang di […]
    • Sharing di Dynamics Sunday Party 4 Maret 2018
      Agenda hari minggu ini berbagi ilmu dan sharing di acara bulanannya teh inett Inette Indri-- DSP, Dymamics Sunday Party! Yeaaaaay! Teh inet udah lama bilang kalau pengen undang aku kasih sharing di grupnya. Aku dengan senang hari meng-iya-kan. Karena buatku berbagi ilmu gak pernah rugi. Jadilah kebetulan wiken ini aku ke Bandung untuk kasih kelas buat team b […]
    • Kelas Bandung, Sabtu 3 Maret 2018 3 Maret 2018
      Ah senaaaang ketemuan lagi sama team bandungku tersayang..😍😍😍😍😍 Hari ini aku bawain materi tentang mengelola semangat.Ini materi sederhana tapi sangat amat POWERFULL.Karena betul2 bikin ngaca sama diri sendiri.Yang banyak dibahas adalah soal MINDSET. Kelas kali ini Agung Nugroho juga ikut berbagi ilmu..Bapak Diamond kasih kelas juga lhooo..😍😍😍😍😍 Seneng […]
  • Iklan
%d blogger menyukai ini: