Behind the scene: Game di Halal Bihalal MP


Whuaaah… capek banget hari ini, tapi seru bangeeet..!

Mungkin nggak banyak yang bisa gue ceritain di sini, mengingat gue nggak sampe 12 jam ikutan dalam acara yang diskedul untuk 2 hari ini, tapi mayan lah ya, itung2 preview buat yang nggak sempet hadir. Gue yakin paling lambat Senin foto2 udah mulai bermunculan di MP. Dan yakinlah, jumlahnya akan buanyaaaakkkk banget!!

Cerita gue dimulai hari Kamis 10 November kemarin. Rapat pleno panitia. Gue dan Ida ngumpul di PlaNgi bareng Iwan, Nozqa, Wiku, Bayu, Ade, Ciput dan tentunya ibu bupati, disusul Wib dan Soraya yang muncul belakangan dan Sigit yang muncul belakangan banget. Ada Nanin juga, nggak sengaja ikutan rapat krn dia baru pulang fitness dan langsung mendaftarkan diri ikut Halal Bihalal. Secara gue kebagian megang game untuk hari Sabtu pagi, semua pada nanya-nanya kayak apa gamenya – dan gue cuma bisa ngasih gambaran selintas aja karena konsep gamenya emang belum gue susun! Hehehe… Toh, besokannya (Jum’at) masih ada hari, pikir gue.

Jum’at 11 November 2005. Pagi-pagi gue udah niat mau cari tukang reparasi tivi, mengingat minggu depan udah mulai ngantor lagi. Eh tau2 ibu gue nitip beliin obat di pasar baru. Abis beli obat pulang ke rumah, sholat Jum’at, pergi lagi untuk urusan “bisnis”, mampir kantor Shanti ngambil pepaya untuk dibawa besok, jemput Ida yang lagi training di Caringin – deketnya Hero Terogong, pulangnya mampir makan bakmi bloon di Theresia, trus sampe rumah pergi lagi ke rumah kakak gue di Sunter untuk minjem mobil. Abis ngambil mobil, gue pesen pastel untuk jatah potluck di Holland Bakery Cikini, belanja-belanja dikit di Hero, baru nyampe rumah. Liat jam, udah jam 9 lewat… trus pikir-pikir: nah lo, gue belum nyiapin apa2 untuk game besok!! Matiiii….!!

Maka malem itu gue ngebut nyiapin game sebisa-bisanya. Yang pertama game Potongan Lagu. Masing-masing peserta dapet 1 kertas kecil bertuliskan satu kata dari sebuah lagu. Waktu nerima kertas itu, mereka nggak tau bahwa itu adalah bagian dari sebuah lagu. Tantangannya adalah gimana cara mereka menemukan kelompoknya (yaitu peserta-peserta yang megang teks dari lagu yang sama) tanpa berunding – hanya dengan membacakan kata yang mereka pegang itu aja.

Berhubung gue nggak tau pasti akan ada berapa jumlah orang yang hadir besok pagi (karena pesertanya kan ada yang dateng sore, ada yang minggu pagi, etc), terpaksa deh gue siapin 5 lagu untuk dipotong-potong: “Aku Seorang Kapiten”, “Naik Kereta Api”, “Topi Saya Bundar”, “Bintang Kecil”, sama “Burung Kakak Tua”.

Dah, beres satu game. Selingan: muncul Bayu dan Ade, Ade-nya mau nginep karena mau berangkat bareng besok. Kembali pada game. Kembali mengalami proses alam di mana kalo udah memasuki tahap desperate dikejar deadline, suka muncul ide-ide yang bermanfaat. Gue tau2 keinget sama game “Win Lose or Draw”: 2 kelompok peserta bersaing adu cepet menebak petunjuk yang digambar di atas flipchart. Tapi berhubung besok belum tentu ada tempat untuk naro flipchart, maka gue modifikasi sedikit jadi game bernama “Body Language”. Cara mainnya: 4 orang maju mewakili kelompok. Kepada wakil kelompok yang 4 orang ini ditunjukkan kartu yang memuat sebuah kata terdiri atas 4 huruf. Tugas wakil kelompok memposisikan tubuhnya sedemikian rupa membentuk huruf sehingga kelompoknya bisa menebak kata apa yang dimaksud.

Sebenernya rada was-was juga untuk make game ini, karena belum pernah diujicoba sebelumnya. Yang namanya game tuh selalu nggak terduga; kadang yang di atas kertas bakal seru ternyata garing, atau sebaliknya – game yang kayaknya udah basi ternyata malah disambut meriah. Tapi, kalo nggak pernah diujicoba kita nggak akan pernah tau ini game akan seru atau garing!

Setelah nemu game ke dua dan nyiapin kartu2 petunjuknya, sebenernya gue masih punya 1 ide game lagi. Konsepnya mirip sama segmen “Tebak Wajah” di kuis Berpacu Dalam Melodi: kepada peserta ditunjukkan 4 potongan gambar wajah secara berurutan di layar, makin lama makin jelas wajahnya tapi makin kecil hadiahnya. Yang terpikir sama gue, karena besok nggak mungkin menampilkan potongan wajah, maka soalnya diganti dengan cuplikan informasi. Makin ke belakang makin jelas siapa yang dimaksud, tapi nilainya makin kecil. Cuma akhirnya ide ini gue drop karena udah kemaleman dan gue juga udah nggak mood nulis2 kartu petunjuk banyak2. Mungkin bisa dipake kapan2.

Selain itu gue juga melengkapi diri dengan sedotan, aqua botol, kertas dan spidol. Alat2 ini fleksibel untuk dipake main game dalam ruangan, bisa jadi banyak kemungkinan. Ditambah dengan game Mystery Guest yang udah beberapa kali gue mainin di kantor2 sebelumnya. Kalo game yang ini andalan deh, pasti bisa bikin suasana jadi seru. Cara mainnya mirip sama kuis Siapa Dia di TVRI dulu. Bedanya, ada 4 orang yang disembunyin di balik layar, tapi hanya 1 yang jadi mystery guest. Sisanya sekedar jadi pengecoh aja. Tugas peserta adalah nebak siapakah yang jadi mystery guest itu, dengan cara mengajukan pertanyaan tertutup (yes / no question). Nanti mystery guestnya ngejawab dengan isyarat yang udah ditentuin, misalnya mengetuk satu kali untuk “Ya” dan dua kali untuk “Tidak”. Tadinya juga sempet kepikiran mau bawain Helium Stick seperti yang gue mainin di acara ini, tapi males bawa2 tongkat pelnya

Seluruh persiapan baru beres jam 1/2 2 saja, dan gue langsung bablass… tidur sampe pagi.

Hari ini, tanggal 12 November; bangun rada kesiangan jam 6, sarapan bubur Tanjung yang nomor 3 terenak di Indonesia, Nanin dateng ontime jam 7 sementara gue belum mandi, dan baru nggelinding jam 8. Sampe lokasi jam 1/2 11 lewat, sementara di jadwal harusnya ice breaker game mulai jam 10. Pritha menyambut Ida dengan pertanyaan,

“Es-nya manaaaaa….?”

“Es apaan??”

“Es breakeeeeerrr….”

Huhuhuhu, nyindir keterlambatan kami rupanya….. maap deh maaaap…!

Game akhirnya baru mulai jam 11 lewat, dibuka dengan game Potongan Lagu. Berhubung jumlah pesertanya 20-sekian, maka gue pake lagu “Topi Saya Bundar” dan “Aku Seorang Kapiten” yang total jumlah potongan katanya 26. Hasilnya sedikit mengejutkan karena yang seharusnya cuma terbentuk 2 barisan ini malah jadi tiga; orang-orang yang kebagian teks ‘Kapiten’ eyel-eyelan nggak mau ngegabung karena masing-masing ngerasa udah melen
gkapi lagunya. Untung akhirnya mereka insyaf dan mau bergabung. Kelompok dengan lagu Topi dinyatakan sebagai pemenang.

Sejak game pertama ini maka peserta terbagi jadi 2 kelompok, kelompok Topi dan kelompok Kapiten. Game ke dua, mendadak gue kepikiran bikin game tambahan. Gamenya ece-ece banget: masing2 kelompok harus mengirim wakil maju. Wakil yang dikirim maju harus memenuhi 5 syarat: (1.) Gabung di MP sebelum 2005 (2.) jumlah contact 100-250 orang (3.) Id-nya mengandung angka (4.) tampilan MP-nya berwarna (nggak putih polos). dan (5.) Pernah jualan sesuatu di Market-nya MP. Wakil yang dikirim ke depan maksimal 5, tapi makin banyak wakil yang dikirim, nilainya makin kecil. Jadi nilai maksimal 50 diberikan untuk kelompok yang bisa memilih 1 wakil yang memenuhi 5 kriteria tsb. Kalo yang dikirim maju 2 orang, maka nilainya 40, dst.

Ini game ece-ece dalam arti kurang seru karena kurang terasa kompetisinya, tapi bagus untuk pengenalan antar anggota kelompok. Untuk bisa ngirim wakil ke depan, mereka harus saling kenalan dulu di kelompok masing-masing kan? Game ini dimenangkan oleh kelompok Kapiten yang ngirim 2 wakil, sementara kelompok Topi kirim 3.

Game berikutnya: Mystery Guest. Kedua kelompok sukses menebak identitas Widji melalui serangkaian pertanyaan yang makin lama makin nggak jelas seperti “Apakah Anda punya pacar di Rawamangun?” “Apakah Anda yang waktu itu ikut Ari jalan-jalan ke rumah Latief?” dan “Apakah Anda mirip Tora?”==> pertanyaan yang ini dianulir karena menyangkut fisik.

Game ke-empat, “Body Language“. Komentar-komentar peserta di awal permainan sempet bikin gue pesimis karena pada bilang ‘huruf apa tuh, nggak jelas!” sementara keempat peraga di depan udah jungkir balik. Shanti malah sampe rebah di lantai demi dedikasinya memperagakan huruf J. Untungnya, setelah lewat beberapa soal peserta mulai bisa menangkap bentuk-bentuk huruf yang diperagakan dan akhirnya seru sendiri. Pheeeewww….. lega. Game ini akhirnya dimenangkan kelompok Kapiten sekaligus mengukuhkan kelompok ini sebagai juara umum.

Jam 12 makan siang, dilanjutkan dengan acara diskusi Forum Multiply For Humanity bersama Ciput. Ini molor 2 jam dari jadwal, seharusnya jam 1 jadi jam 3 aja gitu. Sekitar jam 6 gue Ida dan Nanin beranjak pulang. Ade nggak ikutan pulang, sehingga tempatnya di mobil digantikan oleh Uthe.

Buat panitia, thanks banget buat segala upayanya bikin acara ini terlaksana. Kalian semua emang TOP ABIS !! Ditunggu liputan dan foto-fotonya.

Tinggalkan komentar

26 Komentar

  1. mbot said: kalian semua satu gank sih ya…!

    hihihi…iya …ade’ juga bisa dapetin diskon ..:))

    Suka

    Balas
  2. myshant said: eh, coba bawa id card gue waktu pesen di holland bakerymayan tuh, diskon 15% lho ….:)

    hahaha… ade kan ikut juga waktu ngambil kue, dan ngomong hal yang sama. sayang dia lagi nggak bawa kartu itu. kalian semua satu gank sih ya…!

    Suka

    Balas
  3. mbot said: gue pesen pastel untuk jatah potluck di Holland Bakery Cikini

    eh, coba bawa id card gue waktu pesen di holland bakerymayan tuh, diskon 15% lho ….:)

    Suka

    Balas
  4. mbot said: kalo gitu hari ini bisa diposting dong ya

    besok pagi deh potonya diposting, hari ini CD yg berisi poto2 Cipanas, ketinggalan di rumah ..huhuhu …ada poto kelilipan tomat, boleh diposting juga ??😀

    Suka

    Balas
  5. myshant said: mas alan juga sempet motret, lumayan banyak jugasebenernya mau posting dari senen, tapi aku cuti 2 hari menyambut pembantu baru :p

    siiip… kalo gitu hari ini bisa diposting dong ya🙂

    Suka

    Balas
  6. mbot said: yang punya cuma Wiku… krn semua orang terkesima berusaha nebak, cuma dia doang yang inget motret

    mas alan juga sempet motret, lumayan banyak jugasebenernya mau posting dari senen, tapi aku cuti 2 hari menyambut pembantu baru :p

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    apinn95 di [2012-003] Mau gampang? Ya jan…
    Sandra Buana Sari di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    mbot di Manusia Ibarat Kertas…
    ganganjanuar di Manusia Ibarat Kertas…
    omnduut di Manusia Ibarat Kertas…
    Rezky Yayang Yakhami… di Kenapa Orang Tersinggung?
    fe13bi di Kenapa Orang Tersinggung?
    mbot di Kenapa Orang Tersinggung?
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 4.158 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Jepret!

    Dia nggak bilang pejalan kakinya manusia kan... Siapa tau yang dimaksud tokek. 
#spanduk #koplak #superindo #tokek #pengumuman #tebet Hati2 kalo nanya sama psikolog asal jeplak gini

#whatsapp #psikolog #chat #konsultasi Kamu seperti... #jemuran #hujan #inget #gombal #meme Silakan add, @bangjoni udah live di Line! Pentingnya grammar
#stiker #sticker #grammar #fail #jakarta #traffic #car Bang Joni akan live di Line! 
#chat #bangjoni One question: HOW? 
#bajaj #jakarta #parkir #got #ajaib #koplak Psychology Class of 91 Silvery Reunion. 
Reunion, reunited. Today. 
#reunion #friends #ui #psikologiui #psikologi #silvery Simbol status
#rokok #cukai #50ribu #harga #meme
  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
    • Review: 5th Wave (2016) 17 Januari 2016
      Coba deh tonton trailer film ini:Action? Check.Alien? Check.Chloë Grace Moretz? Check.Jelas, gue langsung memutuskan nonton.Ekspektasi gue adalah film sejenis Battle Los Angeles (2011) atau War of the Worlds (2005) atau Independence Day (1996), tentang bumi yang diserang alien jahat dan berisi adegan-adegan perang seru.Begitu filmnya mulai, adegan dibuka den […]
    • Review: Ngenest: Kadang Hidup Perlu Ditertawakan (2015) 5 Januari 2016
      Tentang kenapa di sini kaum Cina ‘diperlakukan khusus’ adalah pertanyaan yang belum berhasil gue temuin jawabannya. Kenapa kita bisa santai bilang, “Si Joko Jawa, Si Tigor Batak, Si Asep orang Sunda,” tapi giliran “Si Ling Ling” mendadak kagok, lantas jadi nginggris: “Chinese”? Atau yang lebih absurd lagi: pencanangan sebutan Cina diganti jadi Tionghoa oleh […]
    • Obrolan Film Merangkap Ujian Kesabaran 9 April 2015
      Setiap orang punya penghayatan beda tentang film. Ada yang suka ngapalin berbagai detil tentang film favoritnya, ada juga yang bisa inget judul aja udah syukur. Sah-sah aja sih sebenernya. Yang bikin senewen adalah NGEDENGERIN orang-orang tipe terakhir saling ngobrol. Kemarin, karena udah kemaleman untuk jalan kaki, gue pulang naik angkot. Di dalemnya ada 2 […]
    • Review: Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015) 6 April 2015
      Baru kali ini gue sampe merasa perlu "belajar" dulu sebelum nonton film. Ada dua pemicunya. Pengalaman nonton film Lincoln: udah mana pengetahuan gue tentang sejarah Amerika minim banget, cuma ngerti Lincoln itu anti perbudakan dan matinya ditembak, eh di filmnya muncul tokoh banyak banget yang mukanya nampak sama semua karena rata-rata berewokan.  […]
    • Battle of Surabaya: Menikmati Seriusnya Proses Jualan Film 23 Maret 2015
      Seumur-umur jadi penggemar film Indonesia, baru kali ini gue ngelihat film yang upaya pemasarannya seserius ini. Bayangin aja, filmnya belum jadi, tapi trailernya udah didaftarin ikut lomba. Eh, masuk nominasi di Golden Trailer Award, bahkan menang di International Movie Trailer Festival. Ngomong-ngomong, baru sekarang loh gue tau ada festival untuk trailer […]
    • Preview: Tomorrowland (2015) 11 Maret 2015
      Gue pertama kali nonton teaser trailer film ini tahun lalu, dan langsung memutuskan akan nonton. Adegannya bikin penasaran banget: ada seorang cewek ABG yang mendadak bisa pindah lokasi saat menyentuh sebuah pin berlogo T. Pin apa itu? Kenapa dia bisa mindahin orang? Pindahnya ke mana? Sukses banget trailernya bikin orang penasaran ingin nonton film ini.Baru […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Banyak orang gagal jalanin MLM? Bukan..mereka BERHENTI. 1 September 2016
      'Udah pernah join dulu mbak, tapi gagal….’ Pernah denger kalimat ini saat mengajak seseorang join oriflame? Saya sering..  Alasan ‘kegagalan’-nya macam-macam.. Ada yg karena modalnya mandeg gara-gara jualan produk oriflamenya sistem hutang maka menilai bisnisnya gagal , ada yg ditolak 10 orang lalu merasa gak bakat dan gagal, ada yg gak naik-naik level […]
    • Konsultan Oriflame seperti siapakah Anda: Neil Armstrong atau Lance Armstrong? 26 Agustus 2016
      Ada dua orang Armstrong yang menempati ruang khusus di hati rakyat Amerika. Keduanya berjasa, telah terbukti komitmennya, dan menunjukkan keberanian yang menginspirasi banyak orang. Namun, kisah mereka memiliki akhir yang berbeda.Yang pertama adalah Neil Armstrong, astronot Amerika. Sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, namanya kondang ke se […]
    • Bangga Jualan, Sekarang Juga! 25 Agustus 2016
      "Malu Jualan", barengan sama "Gampang Percaya Hoax" dan "Jam Karet"adalah kebiasaan-kebiasaan yang penting segera diberantas karena bikin Indonesia susah maju. Tapi "Malu Jualan" adalah yang paling parah. Beberapa waktu lalu, seorang teman yang lama nggak kedengeran kabarnya tiba-tiba muncul dengan pertanyaan, "Gu […]
    • Kerja Oriflame itu seperti apa sih? 24 Agustus 2016
      Dulu, waktu pertama kali baca tentang Oriflame, liat cerita sukses para top leader yang berhasil dapat penghasilan bulanan hingga puluhan juta, dapat mobil, jalan-jalan ke luar negeri, aku bertanya-tanya, "Ini kerjanya gimana sih sebenernya? Kok kayaknya seru banget. Nggak harus terikat jam kerja kayak kantoran tapi bisa pada punya uang jutaan!" Se […]
    • Skin Pro Oriflame, Membersihkan Wajah 5x Lebih Bersih 23 Agustus 2016
      Membersihkan wajah itu penting! Aku menyarankan metode 2 langkah untuk pembersihan wajah, yaitu: 1. Susu Pembersih 2. Toner Untuk menuntaskan pembersihan, kita mencuci muka menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Cuci muka pakai tangan saja hasilnya ternyata kurang maksimal, karena kotoran dalam pori-pori tidak bisa terangkat sepenuhnya. Orifl […]
    • Edukasi MLM untuk Abang Gojek 22 Agustus 2016
      Aku baru pulang dari training skin care di Oriflame Daan Mogot. Pulangnya seperti biasa panggil Gojek. Di jalan, abang Gojeknya tanya, kenapa ramai sekali kantor Oriflame Daan Mogot hari itu. Rupanya dia biasa mangkal di depan kantor Oriflame dan keramaian hari itu lebih dari biasanya. Aku bilang, habis ada training besar, yang pesertanya sampai 300 orang. T […]
    • Scrub Bibir ala Ida dengan Tendercare dari Oriflame 21 Agustus 2016
      Banyak downline dan pelanggan yang menanyakan, apakah Oriflame sudah mengeluarkan produk scrub untuk bibir. Sayangnya, sampai hari ini belum. Tapi kita bisa membuat scrub bibir sendiri lho, dengan memanfaatkan produk andalan Oriflame, si kecil mungil ajaib Tendercare. Silakan tonton videonya ya! Bonus: Di menit 4:55 ada kejutan khusus gara-gara shootingnya d […]
    • NovAge, Skin Care favorite aku! 19 Agustus 2016
      Soal urusan merawat wajah, aku udah buktiin sendiri deh pokoknya. Produk Oriflame yg sesuai kalau dipakainya secara KONSISTEN dan SABAR, hasilnya beneran NYATA. Sebagai yg kulit wajahnya cukup rewel--sensitif maksudnya, aku dulu takut sekali coba sembarang skin care. Soalnya salah-salah pakai produk pastiii jerawatan dan bruntusan. Ah sedih deh pokoknya. Mak […]
    • Oriflame bagi-bagi Tab Advan, ini pemenang dari teamkuu.. :-) 17 Agustus 2016
      Bulan April 2016 lalu Oriflame bikin challenge KEREN BANGET!Apalagi kalau gak bagi-bagi hadiah kan? Judul challenge-nya 'NOW OR NEVER'.Persyaratannya bisa dibilang MUDAH SEKALI lho. Para konsultan yang ingin dapat hadiah ini cukup meraih level baru 9% atau 12% atau 15% di bulan April 2016, lalu mempertahankannya di bulan berikutnya. Serta ada syara […]
    • Merawat wajah itu SABAR dan KONSISTEN. 20 Juni 2016
      Yang namanya perawatan kulit wajah itu BUTUH WAKTU ya teman2. Minimal banget hasil mulai terlihat nyata pada minggu ke 4 ya.. sekitar 28 hari, sesuai siklus pergantian kulit kita. Baca lagi, aku tulis-- 'MULAI terlihat nyata'. Bukan berarti langsung tau2 muka berubaaaaah gitu. Gak bisa. Tapi umumnya akan terlihat perbedaan pada minggu ke 4. Apalagi […]
%d blogger menyukai ini: