[being nice for dummies] #0002 Tombol Lift


Di kantor gue yang dulu, lantai gue dijaga seorang Satpam bernama Pak Tarmin.

Mengingat divisi gue nggak terlalu banyak berhubungan dengan pihak luar, sebenernya beliau nggak terlalu berfungsi sebagai “pengaman”.Tamu yang datang biasanya sesama karyawan dari divisi lain, atau paling banter salesman kartu kredit. Tugas harian beliau lebih mirip resepsionis ketimbang petugas keamanan.

Tapi toh, beliau tetep berhasil membuat dirinya menjadi istimewa di mata semua orang hanya dengan sebuah kebiasaan yang sederhana banget.

Setiap kali dilihatnya ada karyawan yang keluar dari ruangan menuju lift, beliau akan mendahului menunggu di depan lift, dan setelah menanyakan tujuan (naik atau turun?) beliau memencetkan tombol lift — lantas menemani ngobrol sampai liftnya datang.

Kebiasaan ini dilakukannya kepada semua orang tanpa pandang bulu. Mulai dari kepala divisi sampai yang kroco-kroco kaya gue ini mendapat ‘pelayanan’ yang sama. Dan beliau berhasil bikin semua orang terkesan.

Waktu ada rencana rotasi Satpam ke lantai2 lain, kepala divisi gue ngotot setengah mati minta
Pak Tarmin dipertahankan. Dan menjelang kantor gue bubar, beliau termasuk yang duluan ‘terselamatkan’ berhasil dapat pekerjaan baru – ditarik oleh salah seorang mantan karyawan yang udah pindah ke sebuah perusahaan properti.

By doing a simple favor like pushing the lift-button, he has opened the door to people’s heart.

 

Iklan
Tinggalkan komentar

16 Komentar

  1. ok bgt …..

    Suka

    Balas
  2. mbonk said: waduh punchline-nya keren banget gung..

    idem…

    Suka

    Balas
  3. mbonk said: waduh punchline-nya keren banget gung..

    ah.. terima kasih git…. jadi malu…

    Suka

    Balas
  4. omotusair said: Ini yang dinamakan bekerja menggunakan hati. Kerja bukan hanya sekedar mengejar gaji melainkan juga kepuasan batin.

    iya, sekaligus ibadah juga karena udah menyenangkan orang lain 🙂

    Suka

    Balas
  5. tianarief said: btw, perusahaan di bidang apa? bubaran karena apa?

    di BPPN mas, sekarang udah dibubarin sama negara 🙂

    Suka

    Balas
  6. wateromarch said: Udah gw duluin bilang selamat pagi, eh satpamnya ogah2an gitu, kadang2 ngga liat gitu.

    nyebelin ya ngadepin orang yang nggak nyaut kalo diajak ngomong. gue juga bete kalo ketemu supir taksi yang diem aja saat diajak ngomong. gue bukannya butuh2 amat diajak ngobrol, tapi at least saat gue lagi ngasih tau arah, gue butuh konfirmasi apakah dia denger arahan gue atau enggak.

    Suka

    Balas
  7. spinkage said: the power of simple favor!… hehe

    sometimes the simplest one is the most powerful.

    Suka

    Balas
  8. thedyingsirens said: suatu sikap yang perlu ditiru!! =)

    bener banget! inspirasi bisa datang dari mana aja, siapa aja…

    Suka

    Balas
  9. mbot said: By doing a simple favor like pushing the lift-button, he has opened the door to people’s heart

    waduh punchline-nya keren banget gung..

    Suka

    Balas
  10. Ini yang dinamakan bekerja menggunakan hati. Kerja bukan hanya sekedar mengejar gaji melainkan juga kepuasan batin.

    Suka

    Balas
  11. baik sekali pak tarmin ya. 🙂 btw, perusahaan di bidang apa? bubaran karena apa?

    Suka

    Balas
  12. mbot said: bikin semua orang terkesan.

    Wa, agak mirip kasus gw ni. Cuman di gw, gwnya yg pindah lantai. Waktu di lt. 13 dan 14, satpamnya ramah2 sekali. Suka mbukain pintu yg beratnya minta ampun. Selalu bilang selamat pagi – selamat siang. Dan penghuni lt. 13 – 14 emang klo diucapin selamat pagi – siang, selalu membalas selamat pagi/siang juga.Skr gw pindah lantai. Ngga ada lagi yg bilang selamat pagi ama gw. Udah gw duluin bilang selamat pagi, eh satpamnya ogah2an gitu, kadang2 ngga liat gitu. Di lantai ini beda gitu culture-nya. So, akhirnya gw mengikuti culture lantai ini, milih masuk dari pintu yg satunya lagi, yg ngga ditungguin satpam.Tp klo gw lagi maen ke lt. 13-14, masih tetep kok, bilang selamat pagi/siang nya.

    Suka

    Balas
  13. mbot said: By doing a simple favor like pushing the lift-button, he has opened the door to people’s heart.

    the power of simple favor!… hehe

    Suka

    Balas
  14. kavfrou said: salam buat pak tarmin ya mas.. 🙂

    insya Allah kalo ketemu ya! Udah lama banget nggak ketemu beliau, sejak bubaran kantor yang dulu itu.

    Suka

    Balas
  15. suatu sikap yang perlu ditiru!! =)

    Suka

    Balas
  16. salam buat pak tarmin ya mas.. 🙂

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: