Hari-hari pertama sebagai suami-istri


Things changes after you get married, i know that.
But if i thought i’m prepared for those changed, boy, how wrong I am!

Perubahan-perubahan pertama yang gue temukan dalam sekian hari ini punya status baru sebagai suami adalah:

…jam check-out hotel

Dulu, jam gue check-out dari suatu hotel tergantung dari kualitas hotelnya. Kalo gue nginep di hotel2 asal yang emang cuma buat numpang tidur doang, gue check-out pagi2, udah dengan nenteng ransel siap berkelana keliling Bandung. Tapi kalo hotelnya cakepan dikit, gue check-out pas jam 12 teng. Kayaknya sayang kalo belum memaksimalkan seluruh fasilitas di hotel tsb.

Kali ini, berhubung event-nya special, gue nginep di Sheraton, sepulang dari gedung tanggal 3 Juli untuk check-out tanggal 4 Julinya.

Tanggal 3-nya sebenernya juga nggak terlalu optimal karena gue dan Ida baru sampe hotel sekitar jam 5, dan abis maghrib udah berangkat lagi ke Sierra. Pulang lagi ke hotel jam 1/2 10 malem.

Dan inilah yang terjadi di pagi hari tanggal 4 Juli:
Gue bangun, ucek2 mata, dan kembali untel2an di balik selimut. Ooooh… what a wonderful day, pikir gue. Matahari bersinar jinak lewat jendela. Tempat tidurnya empuk. Bantalnya banyak (gue suka tidur dengan banyak bantal, dengan salah satu di antaranya digunakan untuk nutupin muka, sama seperti kebiasaan nanin).

Tau-tau Ida nanya,
“Yang, keluarga kamu mau pulang ke Jakarta jam berapa ya hari ini?”
“Taaauk… biarin lah, urusan mereka mau pulang jam berapa.”
“Lho, nggak bisa gitu dong yang, kita kan harus ketemu mereka sebelum pulang.”
“Buat apa?”
“Loh kok buat apa, ya pantesnya gitulah, bilang selamat jalan, gitu.”
“Nggak bisa di-sms aja?”
“Ck…!”
Begitulah, di hari pertama perkawinan, sang istri telah menghardik suaminya… ah sedih… hiks …

Abis ngomong gitu Ida nelepon salah satu kakak gue. Ngobrol sebentar. Setelah nutup telepon:
“Yang, mereka mau pulang jam 10”
“Ok.”
“Yuk, siap-siap.”
“Siap-siap?”
“Siap-siap ke tempat mereka.”
“Aduuuuuuuhhhhhhhhhhhh….”
“Eee.. nggak boleh gitu dong, ayo, mandi ya…”

Damn… di pagi hari yang cerah, di dalam hotel yang indah, gue harus mandi pagi2, sarapan buru-buru, dan check out jam setengah sembilan.

..life’s soooo unfair.

…status sebagai suami/istri dalam konteks umum dan seluas-luasnya.

Pagi-pagi gue kebelet multiply.
“Yang, aku mau ke warnet dulu ya.”
“Akunya ditinggal?”
“Kamunya ada perlu ke warnet nggak?”
“Enggak.”
“Ya udah sini aja.”
“Iya deh… jangan lama-lama ya…”

Lama atau enggak memang ukuran yang sangat relatif. Rupanya 3 jam yang menurut gue sebentar itu dirasa lama buat Ida. Begitu gue pulang:
“Ih kamu…. telah meninggalkanku sebagai seorang istri ke warnet lama banget.”

Siangan dikit, mau pergi lagi. Kali ini bareng. Gue mampir ke kamar mandi dulu. Ida nanya,
“Kamu mau ngapain?”
“Aku sebagai seorang suami mau pipis dulu.”

…ngambil makan/minum, termasuk air es, mungut baju jatuh, beresin tempat tidur, dan kegiatan domestik lainnya.

Ibunya Ida rupanya telah memberikan pembekalan tentang bagaimana menjadi istri yang baik kepada anaknya. Sementara gue terbiasa selama ini ngapa-ngapain sendiri. Hasilnya adalah:

[waktu mau makan siang]
“Ida, itu Agung diambilkan nasi.”
“Mau seberapa nasinya, yang?” kata Ida sambil ngambil piring.
“Sini aku ambil sendiri juga bisa,” kata gue sambil berusaha ngambil piring di tangan Ida.
“Enggak, enggak, sini aku ambilin sebagai seorang istri,” kata Ida sambil mempertahankan piringnya
“Akunya ica iliiiii… (=bisa sendiri, bahasanya Nara, keponakan gue waktu masih cadel)” sambil terus menarik piring di tangan Ida.
“Agung, biarin Ida belajar biar dia tau aturan sedikit,” kata ibunya Ida menengahi. Ya sudahlah gue nyerah.

Abis makan, minum abis. Gue bawa gelas kosong gue menuju kulkas. Ketahuan sama Ida. Ida bangun dari duduknya. Gue jalan tambah cepet. Ida juga jalan makin cepet. Gue duluan sampe kulkas.
“Sini sini aku ambilin minumnya,” kata Ida
“Aku ica ili, ica iliiiiiiiii….”
“Agung, biar diambilkan Ida…” kata ibunya.

Sejak itu gue sadar, ternyata banyak kegiatan yang nggak lagi bisa gue lakukan sendiri. Sepatu gue basah, tau-tau udah dicuci sama Ida “…sebagai bakti seorang istri.” Baju nggeletak di lantai, karena emang kebiasaan gue kalo abis ganti baju gue buang sembarangan, dipungut sama Ida, “Liat nih, baju berantakan gini, untung ada aku sebagai seorang istri…”

Jengah banget gue diladen-ladenin, dan menurut gue nggak masuk akal banget kenapa istri musti ngeladen-ladenin suami. Hari gini, suami dan istri sama-sama capeknya, sama-sama cari duit, kenapa yang satu harus ditambahin lagi capeknya sih?

Tapi ya sudahlah, dan keliatannya Ida justru lagi seneng-senengnya main “istri-istrian”, gue pasrah aja. Mudah-mudahan lama2 dia bosen.

Pikir-pikir, Kahitna bener banget waktu bilang “Tak Sebebas Merpati”. Gue pikir, bahkan beo dalam sangkar juga relatively lebih bebas dari gue. Minimal dia bisa minum sendiri tanpa diambil-ambilin.

Keterangan gambar: Ida lagi menjalankan peran sebagai istri dengan ngebikinin kopi nescafe ice.

Iklan
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

60 Komentar

  1. Iiiiiihhh….soooo swiiiiittttt….gak sangaka t’nyata mas agungnya sebageh suami tayaaaang beneeell ama isterinyah he he he….;p

    Suka

    Balas
  2. ardho said: anda beruntung pny istri kayak mbak ida..:)

    memang… makasih 🙂

    Suka

    Balas
  3. anda beruntung pny istri kayak mbak ida..:)

    Suka

    Balas
  4. mbot said: mungut baju jatuh

    setengah jam setelah pesta selesai and kita berdua dah nyampe rumah, selesai foto2 untuk kamar pengantin..aku yg baru selesai ganti baju masuk kamar pengantin..JRENG!! ada celana ama baju pengantinnya agung teronggok di lantai..hmm…”Yang…”, aku memanggil dengan mesra…”Apa sayangku cinta?”, dengan muka berseri2..mungkin karna aku manggil dia dari depan pintu kamar pengantin dengan jari telunjuk kanan goyang2 nada mengundang…”ini apa ya?” sambil nunjuk tumpukan baju pengantinnya..’*raut muka ga jadi ceria* iya deeehhhh….”hehehehehe….trus aku mungutin tuh baju2 untuk dilipet and dimasukin ke tas-nya penyewaan baju pengantin..Ooohh..tugas pertama istri telah menyambutku even 1/2 jam setelah pesta..heheheheh

    Suka

    Balas
  5. mbot said: Rupanya 3 jam yang menurut gue sebentar itu dirasa lama buat Ida.

    2 malam berturut2 setelah hari pernikahan, aku diajak jalan2 sama agung ampe jam 1/2 2 pagi!!!! nongkrong di warnet!! dia ga mau pake internet di rumah, “ga enak”, katanya..so, yg ada nih, demi pengabdian kepada suami, aku ngintilin dia ke warnet deh… alasan lainnya, dia bilang, “mau bales dendam, dulu kan kamu punya jam malem, sekarang mau aku rapel nih..diajak pergi2 ampe pagi!!!”

    Suka

    Balas
  6. mbot said: check out jam setengah sembilan.

    check out-nya jam 10 juga kooookkkk..lupa deh kamu..hk hk hk..

    Suka

    Balas
  7. iniaku said: pertanyaan gue cuma satu: hadiah dadu dari gue udah dipake belum?

    belum sempet fa :-p ini malah nggeletak di meja komputer gue, dipungut sama adiknya dan akhirnya gue ditanya2in deh gimana caranya main ‘permainan’ ini. repot, repot…

    Suka

    Balas
  8. sorayalannazia said: iya yah…kenapa istri hrs ladenin suami terus yah kl dia bisa sendiri.

    exactly my point 🙂

    Suka

    Balas
  9. kebo said: Deeuuu yang bentar lagi nyusul….:P

    gimana, kalian udah dapet gedung?

    Suka

    Balas
  10. wahyu25 said: Dia mo naik tangga, gendong.

    waduh, yang ini enggak deh.. daripada sakit pinggang, huhuhuhuhu

    Suka

    Balas
  11. wateromarch said: : “Dulu pas di rumah makan-minum bisa ambil sendiri, kok pas merit jadi kudu dilayanin istri gitu. Kayaknya ngga pernah diajarin gitu deh.”

    nah, kan… ada bahayanya juga kalo kelamaan main istri-istrian, merusak kemandirian 🙂

    Suka

    Balas
  12. nadnuts said: kalo pngalaman gw sih gung, gak ada bosennya tuh main istri2an, apalagi kalo sang istri cinta banget sama suaminya

    kalo gitu ya amiiin deh, semoga ida nggak bosen main istri-istrian 🙂

    Suka

    Balas
  13. myshant said: brati cepetan gih punya bayi …hehe..

    ..mmm… kalo bisa ntar2 aja deh, selama ini belum puas berdua2an, pertamanya jarak jauh, pas ida udah di jakarta juga waktu ketemu terbatas karena ada kebijakan “jam malam” (nggak boleh pulang lewat dari maghrib)… sekarang cita-cita pertama gue: pingin nonton midnight sama ida.. hehehe

    Suka

    Balas
  14. wib711 said: ga ngerti…..*muka bingung*

    tenang, tenang… nanti gue jelasin japri deh..:-)

    Suka

    Balas
  15. myshant said: Wan, cari lawan dulu gih !kebanyakan tutorial gak bisa praktek ntar puyeng lho …. *nakut-nakutin*

    Huaha ha ha…*Ketawa sampe rahang pegel*Denger tuh kata mba Shant :D.

    Suka

    Balas
  16. mbonk said: lh waktu itu gue ama siape ya..

    ya ampun sigit… itu kan dadu utk penganten baru :))elo udah nyolong start ternyata yah =))

    Suka

    Balas
  17. wib711 said: Wan… Uut rumahnya di Pondok kelapa tuh…

    huhuuuyy…ada apa niyyy..ckck….

    Suka

    Balas
  18. iniaku said: pertanyaan gue cuma satu: hadiah dadu dari gue udah dipake belum?

    hehe..gue tau..da kalo gak salah gue main dadu itu ama agung..eh salah ya gung..lh waktu itu gue ama siape ya..

    Suka

    Balas
  19. bookmark… trus bandingin ntar ama postingan Agung satu tahun mendatang pas anniversary… hihihi

    Suka

    Balas
  20. mbot said: dan menurut gue nggak masuk akal banget kenapa istri musti ngeladen-ladenin suami. Hari gini, suami dan istri sama-sama capeknya, sama-sama cari duit, kenapa yang satu harus ditambahin lagi capeknya sih?

    Huebaaaaaaaat, Salute! Suami sadar gender ini ^_^ tapi, seiring waktu nanti jadi normal lagi kok Mas ^_^*btw, journalnya lucu, lagi2 gaya khas Mas Agung banget, memotret sisi lucunya pinterrrrrr ajjja!*

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    Feni Febrianti di siapa yang sering kesetrum sep…
    mbot di My Wonder Woman
    bayutrie di My Wonder Woman
    mbot di My Wonder Woman
    p3n1 di My Wonder Woman
    mbot di My Wonder Woman
    enkoos di My Wonder Woman
    Rafi: manggung lagi,… di demi anak naik panggung…
    mbot di My Wonder Woman
    Johana Elizabeth di My Wonder Woman
  • Terfavorit

  • Terbanyak diklik

  • Masukin email lu di sini agar dapat notifikasi tiap kali ada tulisan baru

    Bergabunglah dengan 6.577 pengikut lainnya

  • Twitnya @mbot

  • Agung ‘si mbot’ Nugroho

  • Arsip

  • Penunggu blog ini

    mbot

    mbot

    Seorang pegawai biasa-biasa aja

    Tautan-tautan Pribadi

    Layanan Terverifikasi

    Tampilkan Profil Lengkap →

  • RSS Nonton Deh!

    • Hal yang Perlu Disiapin Sebelum Nonton "A Quiet Place" 15 April 2018
      Buat yang belum tau, "A Quiet Place" menceritakan kehidupan sebuah keluarga dengan 3 anak yang hidupnya sama sekali nggak boleh berisik, karena kalo bersuara dikit aja bisa diserang oleh 'sesuatu' (no spoiler ahead).Tentunya ini sedikit menimbulkan pertanyaan bagi gue, lantas gimana kalo mereka eek. Mungkin suara ngedennya bisa diredam, s […]
    • Benarkah Pacific Rim Uprising Jelek? 25 Maret 2018
      Soal keputusan untuk nonton atau nggak nonton sebuah film kadang cukup pelik. Di satu sisi, inginnya nonton semua film yang rilis. Di sisi lain, tiket bioskop deket rumah sekarang udah mencapai 60 ribu (harga weekend). Belum termasuk pop corn yang ukuran mediumnya 50 ribu dan air putih di botol 330 ml seharga 10 ribu*. Artinya: filmnya harus beneran dipilih […]
    • Review: Designated Survivor (Serial TV 2016) 15 Maret 2018
      Semua berawal gara-gara Netflix.Di suatu hari yang selo, nyalain Netflix tanpa tau mau nonton apa, tiba-tiba trailer film ini muncul.Ida langsung tertarik. "Nonton ini aja, suami. Istri seneng nonton film yang gini-gini," katanya, tanpa keterangan yang lebih operasional mengenai batasan film yang masuk dalam kategori 'gini-gini'.Ternyata […]
    • Review: Peter Rabbit (2018) Bikin Penonton Doain Tokoh Utama Celaka 11 Maret 2018
      Biasanya film kan dikemas sedemikian rupa biar penonton bersimpati pada tokoh utamanya, ya. Biar kalo tokoh utamanya dalam posisi terancam, penonton deg-degan, berdoa biar selamat sampai akhir film. Khusus untuk film ini, gue sih terus terang doain Peter Rabbit-nya cepetan mati. Digambarkan dalam film ini Peter Rabbit adalah kelinci yang sotoy, sangat iseng […]
    • Sensasi Nonton Pengabdi Setan Bareng Emak-Emak Setan 8 Oktober 2017
      Sejak lama, Joko Anwar terobsesi dengan film horor. Menurutnya, horor adalah genre film yang paling jujur. Tujuannya ya nakut-nakutin penonton, bukannya mau ceramah, motivasi, atau menyisipkan pesan moral. Di kesempatan berbeda, gue juga pernah denger dia bilang, secara komersial film horor lebih berpotensi laku. Alasannya sederhana: karena takut, orang cend […]
    • Parodi Film: Jailangkung (2017) 26 Juni 2017
      SPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTSPOILER ALERTFerdi (Lukman Sardi) diketemukan nggak sadar di sebuah rumah terpencil oleh pilot pesawat carterannya. Dia dirawat di ICU, tapi dokter nggak bisa menemukan apa penyakitnya.Anak Ferdi, Bella (Amanda Rawles), tentu kepikiran. Dia minta bantuan Rama (Jefri Nichol), seorang... yah, dib […]
    • Parodi Film: Suicide Squad (2016) 14 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Amanda Waller, pejabat intelijen, presentasi di depan sekumpulan pejabat militer. AMANDA: “Kita beruntung Superman yang barusan ini, yang sekarang lagi mati suri dan dipastikan akan hidup kembali dalam film berikut karena demikianlah pakem da […]
    • Parodi Film: Bangkit (2016) 12 Agustus 2016
      SPOILER ALERT!Jangan baca kalo masih ingin penasaran dengan cerita film ini.SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!SPOILER ALERT!Ada bus kejeblos jurang. Muncul sang pahlawan, anggota Basarnas, bernama Addri. Ya, dengan 2 huruf D. Addri: “Saya akan menyelamatkan Anda semua, satu per satu. Kita mulai dari wanita dan anak-anak!”Beberapa menit kemudian, hampir semua penum […]
    • Kalo Fans Turun Tangan Ngeberesin Trailer Film 15 Mei 2016
      Hari gini, jadi produsen film 'mainstream' itu semakin nggak gampang. Masalahnya, software pembuat film makin gampang didapat, film bisa dibikin secara "rumahan" dan akibatnya: penonton makin kritis. Sepuluh tahun lalu, saat produsen film melempar trailer promosi ke pasar, kemungkinannya cuma dua: orang tertarik atau nggak tertarik. Sekar […]
    • Review: My Stupid Boss (2016) 14 Mei 2016
      Nggak kerasa udah 7 tahun sejak gue pertama kali bikin review tentang buku My Stupid Boss. Dalam kurun waktu tersebut bukunya udah masuk jilid 5, plus sempet ada antologi cerita boss-boss bego kiriman pembaca juga, dan… difilmkan!Kemarin gue kembali beruntung dapet kesempatan nonton premiere film My Stupid Boss the Movie, sebagai (kalo nggak salah) premiere […]
  • RSS Bisnis bareng Ida Yuk!

    • Diamond Conference Tokyo 2018: Part 1-- Keberangkatan! 8 Mei 2018
      [Senin, 17 April 2018] Jalan-jalan Conference kali ini rasa excitednya agak sedikit beda karenaaaaa ini adalah DIAMOND CONFERENCE PERTAMA AKU... 😍😍😍😍😍😍 Selama ini aku pergi kan untuk Gold Conference, yaitu reward buat title Gold Director and up. Sedangkan seperti namanya, Diamond Conference ini adalah reward khusus buat yg titlenya Diamond and up! Selama ini […]
    • Seminar "Katakan TIDAK Pada Investasi Ilegal"-- MLM vs Money Game. 8 Mei 2018
      Diamond and up Oriflame bersama Top Management Oriflame foto bareng. Tanggal 2 Mei 2017 tahun lalu, sebagai salah satu Diamond Director-nya Oriflame, aku dapat sebuah undangan eksklusif untuk hadir ke acara Seminar Nasional yg diselenggarakan oleh Satuan Tugas Waspada Investasi dan APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia). Judul seminar ini adalah-- KATA […]
    • Sewa Modem Wifi Buat Ke jepang? Di HIS Travel Aja! 26 April 2018
      Ceritanyaaa.. aku dan agung baru aja pulang dari Diamond Conferencenya Oriflame di Tokyo.. Ada banyaaaaak banget yg pengen aku ceritain. Satu-satu deh ya nanti aku posting. Tapi aku mau mulai dari soal INTERNETAN selama di sana.. ahahahaha.. PENTING iniii! Untuk keperluan internetan di tokyo kemarin aku dan agung sempet galau. Mau pakai roaming kartu atau se […]
    • Penyebab Kapas Ini Kotor Adalah... 17 Maret 2018
      Kapas ini bekas aku bersihin muka tadi pagi bangun tidur.. Lhoo kok kotor?Emangnya gak bersihin muka pas tidur?Bersihin dong. Tuntas malahan dengan 2+1 langkah.Lalu pakai serum dan krim malam. Kok masih kotor? Naaah ini diaaaa.. Tahukah teman2 kalau kulit wajah kita itu saat malam hari salah satu tugasnya bekerja melakukan sekresi atau pembersihan?Jadi krim […]
    • Join Oriflame Hanya Sebagai Pemakai? Boleh! 16 Maret 2018
      Aku baru mendaftarkan seseorang yg bilang mau join oriflame karena mau jadi pemakai..Dengan senang hatiiii tentunyaaa aku daftarkan..😍😍😍 Mbak ini bilang kalau udah menghubungi beberapa orang ingin daftar oriflame tapi gak direspon karena dia hanya ingin jadi pemakai aja.. Lhoooooo.. Teman2 oriflamers..Member oriflame itu kan ada 3 tipe jenisnya--Ada yg join […]
    • Semua karena AKU MAU 16 Maret 2018
      Lihat deh foto ini..Foto rafi lagi asyik mainan keranjang orderan di Oriflame Bulungan dulu sebelum pindah ke Oriflame Sudirman sekarang. Tanggal 1 Juli 2010.Jam 00.20 tengah malam. Iya, itu aku posting langsung setelah aku foto.Dan jamnya gak salah.Jam setengah satu pagi. Hah?Masih di oriflame? IyaNgapain? Beresin tupo. Jadi ya teman2, jaman sistem belum se […]
    • Kerja Keras yang Penuh Kepastian... Aku Suka! 15 Maret 2018
      Dari club SBN--Simple Biznet, ada 3 orang yg lolos challenge umroh/uang tunai 40 juta.Sedangkan dari konsultan oriflame se-indonesia raya konon ada total sekitar 60-an orang yg dapat hadiah challenge ini. Inilah yg aku suka dari oriflame.Level, title, cash award, maupun hadiah challengenya gak pernah dibatasin jumlahnya! Mau berapapun jumlah orang yg lolos k […]
    • Tendercare Oriflame: Si Kecil Ajaib 14 Maret 2018
      Buat teman-teman yg pemakai oriflame, atau at least pernah liat katalognya, mungkin pernah dengar atau justru pemakai setia si Tender Care ini.Bentuknya keciiil, mungiiil, lha cuma 15 ml doang.. Eh tapi kecil-kecil gini khasiatnya luar biasa.Tender Care ini produk klasiknya oriflame, termasuk salah satu produk awal saat oriflame pertama kali mulai dagang di […]
    • Sharing di Dynamics Sunday Party 4 Maret 2018
      Agenda hari minggu ini berbagi ilmu dan sharing di acara bulanannya teh inett Inette Indri-- DSP, Dymamics Sunday Party! Yeaaaaay! Teh inet udah lama bilang kalau pengen undang aku kasih sharing di grupnya. Aku dengan senang hari meng-iya-kan. Karena buatku berbagi ilmu gak pernah rugi. Jadilah kebetulan wiken ini aku ke Bandung untuk kasih kelas buat team b […]
    • Kelas Bandung, Sabtu 3 Maret 2018 3 Maret 2018
      Ah senaaaang ketemuan lagi sama team bandungku tersayang..😍😍😍😍😍 Hari ini aku bawain materi tentang mengelola semangat.Ini materi sederhana tapi sangat amat POWERFULL.Karena betul2 bikin ngaca sama diri sendiri.Yang banyak dibahas adalah soal MINDSET. Kelas kali ini Agung Nugroho juga ikut berbagi ilmu..Bapak Diamond kasih kelas juga lhooo..😍😍😍😍😍 Seneng […]
  • Iklan
%d blogger menyukai ini: