Penemuan hari ini… 20ribu: ditarik nggak nih?


Uang pecahan 20 ribu

Gambar duit dipinjem dari sini

Beberapa hari yang lalu Nanin ngasih liat sms pemberitahuan bahwa duit pecahan 20 ribu yang baru. Waktu itu gue pikir, palingan sms iseng.

Eh taunya hari ini Ida juga nyebut2 soal itu, tapi lebih lengkap disertai alasan: uang itu mau ditarik karena ada kesalahan penulisan nama pahlawan yang wajahnya terpampang di situ. Tertulis “OTO ISKANDAR DI NATA”. Seharusnya, menurut Ida yang sering nginep di rumah oomnya di Otista, penulisan nama yang benar sesuai dengan papan nama jalan adalah“Otto Iskandar Dinata.
Malemnya, sebelum gue nulis journal ini, gue search di google tentang urusan tarik menarik ini, dan nemuin bantahan dari BI. Menurut BI, “tidak benar uang 20 ribu akan ditarik, dan penulisan nama sudah benar serta sudah mendapat persetujuan dari pihak keluarga / ahli waris pahlawan ybs”.

Pertanyaannya sekarang, kalo memang cara penulisan nama beliau seperti yang tercantum di uang, jadi nama jalan otista yang sejak berpuluh-puluh tahun membentang itu salah dong? Kalo salah, kok pihak keluarga nggak protes / berusaha merevisi? Sebaliknya, kalo cara penulisan yang benar adalah yang seperti ditulis di nama jalan, dan yang ditulis di uang salah, keterlaluan amat BI berkeras gak mau narik uang itu. Kan ironis, tujuan memajang figur pahlawan di uang adalah sbg bentuk penghargaan, tapi di sisi lain membiarkan penulisan nama yang salah adalah tindakan yang kurang ajar. Terus terang gue sih agak curiga sama BI. Kalo dari kejadian yg udah2 sih pemerintah dengan mengatasnamakan stabilitas nasional suka nutup2in masalah. Gue baru percaya kalo udah ada pengumuman dari pihak keluarga.

Jadi untuk sementara, gue koleksi dulu tuh duit2 20-ribuan baru. Kalo beneran ditarik, bakal jadi collector item yang harganya mahal. Kalo nggak jadi ditarik? yah, itung2 nabung.

Iklan
Tinggalkan komentar

7 Komentar

  1. adiputra said: tapi kalo otto seinget gue dari dulu sih emang pake double

    iya………….mestinya tuh…jadi selama ini kita belajar sejarah, spellingnya salah donk?!!jadi buku sejarahnya mesti diganti… bukan uangnya??

    Suka

    Balas
  2. mbot said: duit pecahan 20 ribu yang baru.

    jarang dapet 20ribuan baru sihtapi bagus warnanya, kaya’ duit monopolintar nyimpen juga deh …

    Suka

    Balas
  3. mbot said: Rute bis ke Muara Karang: naik apapun sampe kota, terus naik bis ukuran sedang warna biru, nomer 02.

    yang ini pasti karena pengalaman ida yg mau ngajar di kiderland muara karang ya ??hue he he …tapi lebih enak ke kotanya naik busway ajah ya ..cepet

    Suka

    Balas
  4. emang tuh nggak tau otto atau oto yang benar…tapi kalo soal nama jalan, memang kadang2 ajaib sih…seperti h. agus salim…tiba-tiba jadi k.h agus salim…padahal siapa juga yang kiai…tapi kita keluarganya nggak protes juga…karena ngerepotin sendiri…tapi kalo otto seinget gue dari dulu sih emang pake double “t”

    Suka

    Balas
  5. yg jelas gue ampir ketepu duit 20rebuan disangka duit serebuan buat bayar bajaj….bwakakakak kampret!

    Suka

    Balas
  6. aku sih biasa suka nyimpen uang satu macem selembarjadi klo ada apa apa bagus buat ditaruh foto album whehehe (note: bukan album koleksi)wahh gue juga minta mami gue bantu koleksi dehbiarpun ngga ditarik khan bisa buat koleksikasih tau anak cucu gue klo dulu BI sering bermasalah n ini salah satunya heheheduit oh duit oh duit… u control our life …. $$ (eh salah mestinya Rp)

    Suka

    Balas
  7. maiuehiaeh.. iya, kemaren juga aku punya tuh duit 20 ribuan ituh.. emang t nya cuma satu!! tapi betenya diambil sama ade tingkat tuh duit.. aku ga kepikiran sampe jadi uang langkaaaaa!! aarhhhgg!!! kembalikaaann uangkuuu!!

    Suka

    Balas

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: