Bakmi Akung


Ini bakmi terenak di Indonesia, menurut gue yang kalo ketemu makanan enak langsung ngasih gelar “terenak di Indonesia”.

Cocok buat para pengunjung kota Bandung di akhir pekan yang abis pegel-linu kena macet trus kelaparan; porsinya gede bangeeeet!

Sebenernya kalo dibandingkan dengan sewaktu masih berlokasi di bilangan GOR Saparua, porsinya sekarang rada mengecil. Mungkin untuk menahan agar harga tidak naik terlalu banyak. Tapi tetep aja, terlalu gede untuk dimakan sambil mengikuti tata krama John Robert Powers. Sebagai ilustrasi, pernah pada suatu waktu gue ada tugas kantor ke Bandung, dianter sopir kantor. Akibat kena macet etc etc, kita berangkat jam 1/2 11 dan baru sampe Bandung jam 3 lewat. gue pikir, nih pak sopir pastinya lapar berat, maka langsung gue ajak ke tempat ini dan gue beliin porsi full. Eh, ternyata doi nggak sanggup loh ngabisinnya. Malah dia mencurigai gue, “Pak, ini sebenernya porsi untuk berapa orang sih?”

Pilihan menunya sederhana aja: Mi atau Bihun. Masing2 dibagi jadi 2 pilihan, biasa atau yamin (pake kecap manis). Pilihan toppingnya: Baso Pangsit Somay Tahu Ceker. Lo bebas mau pesen kelima topping tersebut atau sebagian aja. Jadi, cara nulis pesanannya kurang lebih sbb:
1 Mi Yamin BPS
1 Bihun PSC
1/2 Mi BC
dst.

Berkaitan dengan ukuran porsinya yang luar biasa itu, gue sarankan kalo lo mau nyoba kelima toppingnya, mi-nya cukup pesen 1/2 porsi aja deh, daripada mubazir.

Oh iya, prosedur pemesanannya: begitu dateng lo langsung ke kasir, minta bon pemesanan. Lo tulis deh tuh pesenan lo di bon itu, trus balikin ke si kasir. Nanti sama dia lo dikasih nomer meja. Kalo udah dapet nomer meja, lo tinggal cari tempat duduk, dan pastikan tu nomer meja ada pada posisi yang mudah dilihat. Nanti waiternya akan nganterin pesanan berdasarkan nomer tersebut.

Sedikit tips untuk yang tertarik nyoba: kalo bisa dateng sebelum jam makan siang, sekitar jam 11-an gitu. Sebab mulai jam 12 sampe seterusnya, penuhnya kaya terminal Kampung Rambutan di H-2. dan kalo udah ketemu ‘peak season’ kaya gitu, lo jadi serba salah: nunggu pesenan kok nggak dateng2, tapi mau ngemil sambil nunggu, takut nanti gak sanggup ngabisin bakminya.

Tentang rasa bakminya sendiri, nggak banyak yang bisa gue ceritain. Dari segi isi nggak ada yang istimewa, sebenernya. Nggak kaya bakmi lain yang suka pake jamur atau apalah sebagai pelengkap. Cuma bakmi dan ayam, dan kalo mau kelima topping yang disebut di atas. Tapi yang jelas rasa bakminya mantap banget, sedap deh pokoknya!
Harga per porsi, termasuk minum teh botol berkisar belasan ribu, nggak sampe 20 ribu perak.

Iklan
Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

9 Komentar

  1. Halo Mbot Salam kenal, Mie favorit gue juga nih, selalu kesana kalau ke Bandung, porsinya gedang aja, selalu pesen yang ultimate BPSTC, kalau es durennya kurang seneng sih, ga cocok ama rasa santannya

    Suka

    Balas
  2. he…he..gue tiap kesana selalu keabisan ceker…gak pernah dapet.Tapi emang enak nih tempatnya.

    Suka

    Balas
  3. One of My Fav. place to eat when I was live there….Thanx for remind me ^_^ en salam kenal !!!

    Suka

    Balas
  4. mbot said: bakmi terenak di Indonesia

    wah baru tau nih ada mie spesial deket palasari. padahal, dulu kalo beli buku² ke palasari lho (mungkin masih di GOR Saparua, kali).

    Suka

    Balas
  5. myshant said: tempatnya deket gak sama gedung yg ntar buat kawinan ? -:)*buta ama bandung nih …

    sayangnya engga tuh shant..tapi “ga deket’nya bandung tuh ga sejauh di jakarta..kalo ga macet bisa di capai dalam waktu kurang dari 30 menit!cobain deh, enaaaak bgt!! :-))))Aku aja yg dah 10 tahun di bandung, baru makan di akung setelah kenal agung! hehehee.. dulu2 aku selalu ga mau di ajak kesitu ama temen2, abis pada bilang kalo porsinya banyak bgt and ada cekernya! hiii..aku kan dulu ga suka ceker, tapi sekarang doyan!hehehe…

    Suka

    Balas
  6. mbot said: Cocok buat para pengunjung kota Bandung di akhir pekan yang abis pegel-linu

    tempatnya deket gak sama gedung yg ntar buat kawinan ? -:)*buta ama bandung nih …

    Suka

    Balas
  7. Musti nyoba Bay, enak tenan nih bakmi. 7 dari 10 orang yang pernah gue ajak ke sini bilang enak, sementara dari 3 orang sisanya; 1 orang bilang yaminnya kemanisan, dan yang 2 lagi jd enek krn kekenyangan, tentunya ini masalah non-teknis jadi bisa dianulir. O iya, satu info lagi, kalo hari Jum’at dia tutup.

    Suka

    Balas
  8. He he… seumur-umur di Bandung malah gw cuma denger2 aja soal mie akung… soalnya dulu gak terlalu demen mie-mie an… =P

    Suka

    Balas
  1. Lamaran: mulai dari penampakan, baju koko dan hotel tak berjendela « (new) Mbot's HQ

Ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: